Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tanpa adanya Data AISI sebagai sumber data kita semua dalam mengetahui jumlah penjualan sepeda motor nasional memang agak agak terasa hambar yes. Kondisi tersebut menuntut kita jadi kudu kreatif, mencari info info di luar negeri, salah satunya ya ini Top 10 Merek Motor Terlaris Di Eropa tahun 2019, selain bisa mengetahui merek motor apa yang paling laris di sana, kita juga bisa tahu negara mana di eropa yang paling banyak menjual sepeda motor. Jawabannya mengejutkan! Kuy geser ke bawah dan jangan lupa subscribe atuuhh hehehe..

Yah karena gada Data AISI, juragan warung asal Tasikmalaya mang Asep Warungasep.net jadi kreatif banget kepo kepo di luar sana wkwkwk.. Thanks deh mang Asep. Dan tau gak lads? Ternyata tak hanya di Indonesia atau Asia saja, pabrikan sayap tunggal Honda juga merajai penjualan sepeda motor di Eropa. Bahkan merk motor Jepang ini bisa mengalahkan pabrikan motor โ€œAkamsiโ€ eropa seperti BMW, KTM, Triumph, Piaggio Group dll. Honda memimpin pasar dengan 13,9 % market share, bagaimana dengan merek Jepang lain terutama kompetitor dekatnya yaitu Yamaha?

Menurut data yang dirangkum oleh Motorcycledata.com, dari 28 dari 37 negara di Eropa (tidak termasuk negara pecahan Soviet seperti Rusia, dll) selama tahun 2019 kemarin mencatakan angka penjualan sebanyak 1.698.971 unit. Jutaan ya, tapi angka tersebut masih terbilang kecil, kurang lebih setara dengan angka penjualan sepeda motor di Thailand selama setahun. Bahkan dibandingkan negara tercinta ini hanya sekitar seperempatnya saja, Indonesia setahun bisa 6 jutaan unit! ( Baca : Data AISI Tahun 2019 : Honda Jualan 4,9 Juta Unit, Yamaha 1,4 Juta, Suzuki dan Kawasaki Turun ?ย ).

baca juga: Motor Akan Dilarang Melintas Di Jalan Nasional Indonesia!

Sepeda motor Honda menjadi merk motor paling laris di Eropa lads, sepanjang tahun 2019 kemarin Honda telah mencatatkan penjualan sebanyak 243,463 unit, angka tersebut dikatakan meningkat 9% dibanding tahun 2018. Dengan angka tersebut, Honda memimpin market share sekitar 13,9 persen. Rival terkuatnya adalah Yamaha yang berada ditempat kedua dengan angka penjualan 170 ribuan unit, sedangkan jagoan asal Italia, Piaggio Group (Vespa, Aprilia, Motoguzzi dll) berada ditempat ke-3. Bahkan Kymco, pabrikan asal Taiwan mampu bertengger di 5 besar!

Untuk lebih detailnya lads bisa lihat data dibawah ini :

10 Merk Motor terlaris 2019 di Eropa

  1. Honda : 243,463 unit
  2. Yamaha : 170.321 unit
  3. Piaggio : 161.790 unit
  4. BMW : 106.639 unit
  5. Kymco : 70,019 unit
  6. Kawasaki : 68,512 unit
  7. SYM : 67.516 unit
  8. KTM : 62,185 unit
  9. Peugeot : 48,834 unit
  10. Triumph : 2% market share

Dari 10 besar tersebut, nama nama produsen motornya rata rata kita kenal semua, kecuali mungkin 1 yaitu Peugeot, iyes, PUG lebih dikenal di Indonesia sebagai merek mobil, meski belakangan ini mereka memasukkan skutik andalannya yaitu Peugeot Django 150, nih artikelnya Test Ride Singkat Peugeot Django 150. Apakah di eropa andalannya skutik yang sama? Bisa jadi.

KEMANA SUZUKI DAN DUCATI?

Dari 10 nama kok Suzuki dan Ducati gak masuk top ten? Iya juga ya, nah untuk data penjualan Ducati mencapai 53.389 unit, itupun dihitung secara total penjualan global dengan market terbesar berasal dari China dan Brasil, sedangkan Eropa penjualan Ducati hanya naik 1,4% saja.

Suzuki? Sudah tahu kan kalau salah satu produk andalannya di Eropa bakalan ada yang discontinue yaitu Burgman series (Baca : Laku Cuma Ratusan Unit, Suzuki Burgman Mau Disuntik Mati! ), jadi sudah jelas menurun penjualannya. Yang mengejutkan adalah motor legendaris andalan Amerika, Harley Davidson, kabarnya di Eropa sana penjualan motor Amerika ini terus mengalami penurunan dan kurang diminati konsumen.. Hmm.. Di Indonesia padahal tau sendiri yes.

Setelah tahun merek motor apa yang paling laris di eropa, sekarang kita lanjut bahas seputar negara eropa yang paling banyak menjual sepeda motor. Ternyata lads, Prancis menjadi negara dengan angka penjualan tertinggi, disusul Italia dan Spanyol. Untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini :

10 Negara Eropa Paling Banyak Menjual Motor

  1. Prancis : 306.977 unit
  2. Italia : 260.522 unit
  3. Spanyol : 215,327 unit
  4. Jerman : 193.076 unit
  5. Turki : 152,196 unit
  6. Inggris : 107.551 unit
  7. Belanda : 76,117 unit
  8. Belgia : 52,849 unit
  9. Swiss : 42,731 unit
  10. Polandia : 41,782 unit

Sayangnya memang kurang detail untuk bagian negaranya yah, penasaran juga di masing masing negara merek motor apa saja yang meraja, pasti ada sih datanya. Yang jelas untuk Kymco sendiri menurut sumber internal PT Smart Motor Indonesia pemegang lisensi Kymco di Indonesia, produk mereka laris manis di Perancis, terutama K-XCT 200.

Kalau di area Amerika sendiri gimana ya? Harley sudah pasti masuk 10 besar kayaknya. |KBY

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

18 KOMENTAR

  1. Sekedar info tambahan Honda terlaris di eropa berkat skutik SH series ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, sedangkan yamaha yang menjadi penyumbang terbesar nya justru dari seri MOGE (MOTOR GEDE) yaitu MT07 , MT09, XSR series, R1 dan R1M ( ER ONE EM) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  2. Di eropa H dengan big bikenya ( 500 to Up cc ) bisa menjual 7 varian . Sedangkan Y cuma 4 varian.
    Metik 300 cc forza 300 jagoan , xmax 300 jauh d bawah…untuk 125 juga dipegang Forza 125
    , xmax125 juga jauh d bawah.
    Yang unik adalah ,penjualan pcx 125 jauuuuuuuuuuhhhhh diatas nemex 125 ( pantes berKapal kapal dibalikin k indo – recycle )
    Khusus untuk SH sangat merata laris manisnya ! Ediaaan. ๐Ÿ‘ Kalau dirata2kan Gapnya , maka rerata jualan Y itu Sepertiga doang dari jualan H gak beda juga dengan negara2 diAsia. ( Diluar china dan india ) . Kalau disini H nyaris 5 jt..Y nyaris 1.4 jt ( setara dengan jualan beat yang juga nyaris 1.4 jt ), yaah sepertiga +- bukan?
    Tahun depan akan banyak yang bakal diDaurUlang lagi dari Y ( butuh inovasi baru 6 klep plus Lintah buat isep bensin ) …sementara, jangan gunakan standar Samping hingga jadwal Recall dikeluarkan..kalau untuk sekedar mematikan lampu mil ,silahkan datang k bengkel resmi terdekat ๐Ÿ‘ eiiitt jangan lupa ,siapkan balsem dan tukang urut langganan..karena tangan kaki dan zelangkangan kesemutan dan Kram ๐Ÿ˜‚

  3. @Bdt mantab, link yang dibagi sbg bukti… Di benua australia penyumbang terbesar dr Honda adalah cb125e ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ (mocil lagi mocil lagi)… Dan Yamaha yang jadi best sellernya di australia juga sama seperti di eropa yaitu MT07, tidak mengejutkan… Dipasar global seri mt07 memang luar biasa larisnya padahal ini moge berharga ratusan juta sob ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚

  4. lho kok yamaha cuma jual 170.321 unit sih mang? ini jumlah moge nya aja kali, yamaha kan ekspor banyak banget nmax xmax ke eropa . . .

    mang kobay dibayar kali ni saya honda supaya ngasih info yang ga valid!

  5. kita tau , gak di indo gak secara global…harga H itu selalu lebih mahal dari Y , bayangkan H bisa unggul dalam Penjualan 2 Per 3 diatas Y dalam penjualan didunia.
    Dan dalam urusan jualan yang dicari tentu Margin- keuntungan.
    Contoh
    3 R lebih mahal dari R1 … Hmm , keuntungan yang diambil H itu bisa nyaris 2 x lipat keuntungan yang diraih Y
    H
    I
    N
    G
    G
    A
    Entry level

    Begitulah bisnis yang sebenar benarnya dari pertunjukan H
    Menjual paket eklusive namun bisa laris manis dan nomor 1.
    Bukan menjual Paket murah dan tetap tak mampu eksis untuk berada paling atas ..
    Sekedar balik modal? Suzi juga jago ๐Ÿ˜‚

  6. Katanya nmax laris manis di erofa,

    kok total semua jenis motor cuma 170 rb an?

    Jgn jgn kaya kasih r3 di 4 bulan pertama as baru jual?

    Laporan ke fby 1 bulan lagu 3000- 4000, faktanya cuma 500.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..