Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr..  Indonesia mungkin boleh berbangga dengan penjualan sepeda motor yang mencapai 6.487.430 unit di tahun 2019 lalu (Baca : Data AISI 2019 ). Tapi apakah angka jutaan unit tersebut sudah menjadikan negara kita ini sebagai negara dengan penjualan sepeda motor terbesar di dunia? Kalau lads menebak iya, tetoottt, salah! Wkwkwk.. Ternyata dengan angka sebanyak itu masih ada lagi negara lainnya yang memiliki angka penjualan yang lebih tinggi bahkan jika dibanding dengan Ibu Pertiwi ini. Negara mana kah yang mampu menumbangkan Indonesia dari segi penjualan sepeda motor? Ini dia daftar 10 besarnya..

PENJUALAN MOTOR SELURUH DUNIA

Tahukah lads kalau sepanjang semester pertama di tahun 2019 kemarin, data penjualan sepeda motor di seluruh dunia mencapai angka 30jutaan. Untuk totalnya belum diketahui hingga akhir semester 2019. Namun sebagai indikasi total bisa kita jadikan acuan dari data penjualan sepeda motor sepanjang tahun 2018..

Data ini dirangkum oleh situs Motorcycledata.com dari beberapa negara didunia (tidak semua negara), dari hasil rekap tersebut didapatkan lah angka sebesar 62 juta unit sepeda motor terjual sepanjang tahun 2018, angka ini dikatakan naik sebesar 1,8% dari tahun sebelumnya. Sementara untuk rekor penjualan terbanyak sepanjang masa adalah 67,4 juta yang pernah didapat pada tahun 2014 lampau.

NEGARA PENJUAL SEPEDA MOTOR TERBANYAK DI DUNIA

Lalu negara mana yang paling banyak menjual sepeda motor di dunia? Ternyata juaranya adalah India lads! Lho bukannya China ya? Kan dengan penduduk terbanyak juga? Lads gak salah kalau menebak seperti itu karena awalnya China memang merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia sebelum tahun 2015 lalu.

Sejak 2015 pemerintah China telah memberlakukan pelarangan sepeda motor masuk ke perkotaan, pelarangan tersebut telah membuat angka penjualan di Cina jadi makin menurun. Selain itu penyebab lainnya adalah pertumbuhan industri sepeda motor di India yang pesat, sehingga dapat menyalip Cina dengan gap yang besar (lihat tabel di bawah).

Setelah Tiongkok barulah Indonesia tercinta masuk sebagai negara dengan pasar sepeda motor terbesar dengan peringkat ke 3 di dunia. Untuk lebih detailnya lads bisa lihat datanya dibawah ini :

10 Negara Dengan Angka Penjualan Sepeda Motor Terbesar di Dunia

1. India : 21,5 Juta unit
2. China : 15,5 Juta unit
3. Indonesia : 6.383.111 unit
4. Vietnam : 3,39 Juta unit
5. Pakistan : 1,9 Juta unit
6. Thailand : 1,78 Juta unit
7. Filipina : 1,59 Juta unit
8. Mexico : 1 Juta unit
9. Brasil : 957.000 unit
10. Taiwan : 762.000 unit

Nah bisa terlihat kan jauhnya jarak antara posisi 1, 2 dan 3? Lebih jauh lagi dari Cina ke Indonesia, sekitar 9 juta unit. Sementara makin ke bawah makin rapat persaingannya, liat antara Pakistan, Thailand dan Filipina, hanya sekitar ratusan ribu unit saja. Bahkan antara Mexico dengan Brazil hanya selisih puluhan ribu lads.

Sementara Jepang sebagai produsen terbesar sepeda motor malah gak masuk dan hanya menempati urutan ke-16 setelah disalip Sri Langka di tahun 2018. Dan tahun 2019 kemarin Jepang hanya menjual 300ribuan unit saja masih kalah dengan Malaysia yang menjual 500ribuan unit. Sedangkan Amerika walaupun menjadi negara dengan populasi penduduk yang lebih besar dari Indonesia, tapi untuk angka penjualan sepeda motor belum bisa masuk 10 besar. |KBY

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

10 KOMENTAR

  1. Total sekitar 53 jutaan motor setahun, sehari 1 liter setahun hampir 2 milyar liter, 10 milyar liter dalam 5 tahun, itu kira² baru perhitungan motor doang belom yg lain. .

  2. Kolaborasi scoopy dan supercab saja sudah mencakup ” Penjualan Total ” dari sebelah secara jumlah Global ?
    Supercab 60 jt jauh lebih laku daripada vixong yang tandem sama Reject15
    .
    .
    Gerah.

  3. Y eksport yang namanya Produk Global 3 ratusan ribu unit
    Ngahaem Eksport model n produksi lokal bisa 3 ratusan ribu unit juga ??

    Kalau dibandingkan antara Y indo dan H thai sebagai pemasok global , jomplang banget bedanya.

    Kesimpulan lebih kurang , aset Y indo hanya setara dengan Pabrik olie Ngahaem ?
    Atau Y global setara dengan setengahnya Ngahaem ? Hot Sunday

Yuk Tinggalin Jejak Lads..