Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Menjelang lebaran, masyarakat Indonesia kerap menggunakan waktu libur untuk kembali ke kampung halaman untuk melepas rindu dengan keluarga maupun sanak saudara. Terlebih kini kita dimudahkan dengan pilihan transportasi umum dan kendaraan pribadi untuk perjalanan jauh. Bila menggunakan transportasi umum, lads bisa mencari tiket murah untuk pilihan transportasi darat, udara dan laut yang sebaiknya dipersiapkan secara jauh hari, biar dapet dong tiketnya. Lain halnya kalau kita memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Khusus yang mudik pake motor, kepoin dulu yuks 5 tips mudik aman dan nyaman menggunakan motor dibawah ini yang harus diperhatikan mengingat rasio keselamatannya paling rendah dibanding mode transportasi lainnya. Geberrrr
1. Kondisi tubuh dan psikis yang baik.

Saat melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor roda dua, sebaiknya kita melakukan persiapan fisik dan mental yang baik. Hal tersebut berguna agar stamina dan psikis kita menjadi lebih terlatih saat mengendarai motor dengan jarak yang cukup jauh. Lakukan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, dan tidak melakukan kegiatan fisik yang berlebihan, biar gak gampang capek di jalan lads. Untuk melatih fisik, Anda bisa rutin untuk mengendarai selama dua hingga tiga jam lamanya diselingi istirahat kecil. Hindari mengkonsumsi kopi dan minuman berenergi yang berlebihan sebelum mudik. Karena yang berlebihan itu gak baik, betul?

2. Cek kondisi motor.

Setidaknya ada empat bagian penting kendaraan bermotor yang harus diperiksa saat hendak melakukan perjalanan jauh. Bagian penting tersebut adalah roda (ban), lampu-lampu, rem, dan mesin menjadi bagian prioritas bila akan melakukan servis di bengkel ataupun diperbaiki sendiri. Pada roda atau ban, bisa mengecek kondisi ban, jari-jari atau velg, dan rantai yang menjadi penggerak roda.

Untuk lampu-lampu harus berfungsi dengan baik karena penerangan bisa menjadi alat komunikasi pengendara dengan pengguna jalan lainnya. Pastikan juga sistem pengereman berfungsi baik, cek ketebalan dan kebersihan kampas rem. Terakhir adalah cek kondisi mesin, pastikan oli dalam kondisi baik serta cukup dan mesin memiliki tenaga yang terbaik untuk berkendara seperti menyalip atau menanjak.

3. Perlengkapan berkendara untuk keamanan.

Agar keselamatan kita terus terjaga, jangan lupakan yang namanya perlengkapan safety yang lengkap. Siapkan helm (full face/ open face), jaket, sarung tangan, celana panjang dengan bahan tebal, sepatu, serta masker untuk berkendara dalam perjalanan jauh. Boleh juga lads menambahkan alat pelindung lainnya seperti deker, rompi pelindung angin dan jas hujan dengan warna yang mencolok, agar mudah terlihat pengendara lain utamanya saat kondisi gelap/ minim penerangan.

Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor 1

4. Patuhi tata tertib berlalu lintas.

Ini yang lebih sulit sebenarnya lads hehe.. Jalur mudik di pulau Jawa terkenal padat dengan jutaan kendaraan baik pribadi maupun umum melalui jalur protokol setiap harinya. Oleh karena itu, pengendara harus beretika lalu lintas secara baik. Disiplin dan etika saat mengendarai motor menjadi hal yang penting untuk keselamatan Anda. Utamakan rasa saling menghormati sesama pengendara jalan. Usahakan untuk terus bersabar menyikapi masalah, dan kendalikan motor dengan aman. Perhatikan serta patuhi juga rambu-rambu lalu lintas agar pengendara dan pengguna jalan lainnya untuk menciptakan suasana aman saat mudik.

5. Rencana perjalanan.

Itinerary atau rencana perjalanan yang terjadwal dengan baik akan memudahkan kita untuk mengenali jalur yang akan dilewati. Catat titik-titik penting atau rawan, serta nomor darurat seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lainnya. Hindari bawa barang berlebihan dan gunakan fasilitas jasa pengiriman bila ada barang yang harus dibawa saat mudik ke kampung halaman Anda. Untuk beristirahat bisa menggunakan posko-posko kendaraan bermotor yang tersebar di seluruh jalan protokol Indonesia. Atau seperti biasa, masjid, musholla maupun pom bensin. Bahkan beberapa komunitas juga menyiapkan posko istirahat bagi biker loh..

posko all biker SSCI

Ada tambahan dari 5 tips di atas, siapin juga minuman dan makanan secukupnya, apalagi jika berpuasa, saat berbuka di jalan lads bisa membatalkan dengan minuman dan makanan yang sudah di bawa.. Ingat ya, tubuh kita punya alarm yang kadang diabaikan, udah kerasa letih tapi kita suka merasa masih kuat, padahal tubuh sudah minta istirahat, akhirnya sering terjadi kecelakaan karena reaksi dan reflek menurun akibat tubuh sudah lelah..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

18 KOMENTAR

  1. 7. Klo bawa barang jgn ngagokan alias bawa barang bawaan seergonomi mungkin jgn smpe susah manuver apalagi ngalangin rider lain

  2. 8. Harus tau jalan pulang (rute)

    Pengalaman pulang kampung pake motor, ngikutin orang masuk jalan kampung taunya dia dah nyampe rumah, mana perjalanan masih jauh, kirain jalan tikus eh taunya eng ing eng………

    Wkwkwkw

  3. Lha kalo yang kesehariannya kerja jadi ojol gimana mang? Sehari bisa 100km sampe 200km perjalanan, eces laah kalo touring pulkam, udah tahan banting, hehe.

  4. Atrikel KTM SE side mufler ga ada kolom komengnya mang…
    Mentang2 espegehnya syantek2…
    Trus kolom komengnya dihilangakn..
    Wkkakakakkak

  5. Kang Kobayashi mau nanya.

    Ada bau bau Honda akan mengadakan Bale santai Honda kaya mudik mudik sebelumnya gak? Suwun

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.