Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Paling tidak ada sekitar 55 blogger dan vlogger nasional yang terlihat memadati pabrik motor Honda (Astra Honda Motor) yang terletak di Dawuan Karawang pada hari Sabtu lalu.. Pabrik yang biasanya cukup sepi dari aktivitas di akhir pekan mendadak sontak ramai oleh suara suara pengunjung yang penasaran ingin melihat proses pembuatan motor buatan Indonesia ini.. Memang tidak semua plant aktif, yang saat itu ada aktivitas hanya Plant 4 yang memang tak pernah sepi karena membuat skutik yang konon terlaris di dunia.. Honda Beat!

Tercatat ada para sahabat blogger yang datang dari luar pulau Jawa, yaitu Sulawesi (Makassar), Bali dan Kepri (Kepulauan Riau – Batam).. Sisanya ya yang ada di pulau Jawa, selain Jakarta ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.. Ruaammee beud dah pokoknya.. Kesempatan kali ini memang layak ditunggu tunggu, karena selain temu kangen dengan dulur blogger lain, juga ada beberapa rekan blogger yang KBY belum pernah bertemu, seperti Kang Iwan MotoGokil, Gesang Potret Biker, Anang Cozz (Jatim), Daeng Alice Pramac rodaduamakassar (Makassar), yang paling ditunggu Mase Eko Prant Satuaspal (Jateng) dan  yang paling heboh blogger Klenik Lek Yudi Batang (Cirebon)!

ada yang kenal gak?

Memang sayangnya gak sempat foto bareng dengan semuanya karena acara yang begitu padat.. Maklum Bekasi lagi lucu lucunya soal macet, tiga proyek jalan digeber sekaligus dalam waktu yang bersamaan, akibatnya beberapa rekan blogger yang berangkat langsung dari Bandara Halim kudu kena macet berjam jam, acara pun molor dan terpaksa dipadatkan hehe.. Gapapa yang penting sudah ketemuan dan silaturahim!

ferboes dan iwan motogokil

Nah segera saja setelah kami semua mengisi perut yang keroncongan dan acara sudah dibuka, kami digelandang untuk memasuki area pabrik dimana sudah menunggu banyak banget part part motor yang siap dirakit di masing masing jalur.. Yang pertama kali kami lihat adalah lini produksi skutik fenomenal (mungkin) sejagad raya dari sisi penjualan, Honda Beat!.. Bahkan saking tingginya apresiasi AHM terhadap Honda Beat, terdapat patung skutik tersebut dari aluminium di halaman depan pabrik loh… Mesin uang alias ATM gitu loh hehe.. Tanpa Beat, mngkin saja gakan pernah ada Honda CBR250RR 😀

tuh patung honda beat di ujung

Plant Karawang ini terdiri dari Plant 4 yang memproduksi khusus motor matic (Beat dan Vario) sedangkan untuk Plant 5 untuk memproduksi motor Sport seperti All New CBR250RR, CBR150RR serta CB150R. Kami er diajak keliling dua plant ini, awalnya kita berkeliling di plant 4 mengintip produksi motor Honda Beat kemudian dilanjutkan berkeliling ke Plant 5 mengintip produksi motor All New CBR250RR. Yang asik, meskipun besar pake banget tapi pabrik ini benar benar resik.. bersih benerrrr..

Kami bersama-sama mengintip lebih detail cara pembuatan dan perakitan sebuah motor dari mulai proses pencetakan crankcase, pembuatan rangka, hingga perakitan unit honda beat yang menurut perhitungan internal, cukup 20 detik saja untuk membuat rakitan motor menjadi satu unit motor yang utuh siap dijual ke dealer, tapi peraturan di dalam pabrik memang gak bisa diabadikan dengan kamera, semua HP dan kamera milik blogger dan vlogger disimpan hehe.. Tapi tenang, KBY ada foto foto saat plant IV diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla saat itu, ya kondisi mirip mirip lah ya..

Meski ini kunjungan yang kedua kalinya masuk ke dalam dan melihat proses perakitan sepeda motor, tapi asyik juga sih melihat ketrampilan mereka yang sudah terbiasa dan terlatih, tahu dimana posisi memasukkan baut, mengencangkan, memasang parts, mengisi oli bahkan mengisi bensin..! Tahap terakhir sang motor dilakukan dyno singkat dengan digeber (nah motor baru aja udah digeber tuh hehe) dan dicek fungsi fungsi kelistrikannya.. Kalau semua oke baru deh langsung ke tempat penyimpanan..

menuju ruang dyno dulu

Selesai dari Pabrik Plant IV, blogger dan motovlogger sejatinya akan ke Pekan Raya Jakarta, tapi ya itu, karena mepet akhirnya PRJ dibatalkan dan diganti dengan acara makan malam saja.. Di sini situasi mulai panasss.. adanya live music bikin Mbah Wiro naik ke atas panggung untuk menyumbangkan dua buah lagu, lalu ada Kang YB ikut, ferboes dan terakhir Alki yang dapat teriakan more.. more.. more practice wkwkwk. Gak deng, dapat applause luar biasa karena suaranya mirip Michael Bubble..  Lagu terakhir adalah lagu wajib Kemesraan yang dinyanyikan oleh para peserta yang hadir disana.. wah terhura dah…

Baru deh lepas itu kita semua beristirahat di hotel dan esok harinya pamit pamitan untuk kembali ke rumah masing masing.. Terima kasih banyak kepada Astra Honda Motor (AHM) dan All Hail Blogger dan vlogger Indonesia!!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

30 COMMENTS

Yuk Tinggalin Jejak Lads..