Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Kini konsumen Indonesia diberikan dua pilihan menarik di kelas motor terabas atau kelas adventure, ada Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys X-250. Keduanya meskipun ada perbedaan namun sama sama mengusung kapasitas mesin yang sama yakni 250cc.. CRF250 Rally melakukan pendekatan all rounder dari aspal hingga off-road, sementara Kawasaki Versys X250 lebih kental nuansa petualangan jarak jauh.. Mana yang cocok untuk dipilih oleh konsumen? Ini dia Honda CRF250 Rally vs Kawasaki Versys X250!

honda crf250 rally vs kawasaki versys x250

Sebenarnya memang masih kurang afdol sih mengingat KBY belum pernah melakukan test ride Kawasaki Versys X-250 meski singkat sekalipun, namun impresi awal dengan duduk di atasnya sih sudah dilakukan.  Dengan mencoba memberikan informasi selengkap mungkin, ini dia Honda CRF250 Rally versus Kawasaki Versys X250..

Menurut KBY, baik CRF250 Rally dan Versys X250 keduanya membidik target pasar yang sama di kelasnya, yaitu kelas adventure, tepatnya kelas 250cc. Pun begitu, pada dasarnya keduanya dibangun dari basic genre yang berbeda. CRF250 dari dirt bike/ trail sementara Versys dari adventure tourer. Jadi memang akan kembali pada konsumennya, mana yang lebih mewakili karakter masing masing…

versi tourer lebih mahal 9 jutaan

Kawasaki Versys X-250

Tak seperti Honda, Kawasaki lebih memilih untuk menurunkan karakter motor dari keluarga motor petualang/ adventurenya, yaitu apalagi kalau bukan genre Versys 650/1000 ketimbang dari klan KLX/KX 250. Ini sangat jelas kemana arah Kawasaki dalam memilih produk untuk calon konsumennya.. Sayangnya dari sisi desain, Versys X250 seperti kebingungan, akhirnya tampil bersahaja jika tak ingin disebut sederhana, bahkan dari belakang sudah kayak Megapro FI heehe..

Basis mesin yang diambil untuk Versys X-250 adalah mesin milik Ninja 250FI yang juga serupa dengan Z250FI. Mesin dengan 2 silinder 250cc yang sebenarnya punya karakter tourer dibandingkan mesin sport 250cc double silinder lain di kelasnya. Karakter tenaganya berisi di bawah dan tengah dengan kenaikan power yang cenderung linear (rata) dibandingkan dengan YZF-R25 atau CBR250RR yang eksplosif. Karakter ini cocok untuk menjelajah.

Infonya, Chasis Versys 250 dikembangkan dari nol dan dirancang lebih kuat dibandingkan keluarga 250cc lain untuk memastikan motor bisa memanggul beban yang besar, seperti penumpang dan variasinya (box dll) dengan prediksi seringkali digunakan melalui medan jalan yang buruk. Suspensi depan yang sayangnya masih konvensional dirancang lebih besar ketimbang milik sang adik Ninja 250Fi (41mm vs 37mm).

Kelebihan Kawasaki Versys X250:

  1. Karakter mesin tourer nyaman untuk cruising jarak jauh. Sifat 2 silinder juga membuat menjelajah pada kecepatan medium ke atas terasa lebih nyaman dibandingkan 1 silinder.
  2. Suara 2 silinder lebih merdu
  3. Tenaga lebih besar
  4. Jok didesain lebih nyaman untuk sendiri maupun berboncengan. Chasis sebagai tourer memungkinkan load yang lebih besar.
  5. Daya jelajah jarak jauh, tanki 17 liter dengan konsumsi kecepatan jelajah antara 23-24 km/liter bisa menjangkau jarak 408 km.
  6. Tinggi tempat duduk (hampir 10 cm lebih rendah drpd CRF250 Rally) cenderung bersahabat
  7. Ada opsi rem ABS
  8. Speedometer digital
dari belakang kok mirip megapro

Kekurangan Kawasaki Versys X250:

  1. Desain atau bentuk Versys yang memang terlihat bulky dan tidak seatraktif CRF250 Rally
  2. Versys (berat 170kg) nampaknya tidak selincah dan sefleksibel CRF250 Rally (berat 156kg) dalam menghadapi medan dirt. Pada kondisi medan dirt yang medium, motor seberat 170 kg (ABS) ini mungkin akan kesulitan.
  3. Area jelajah terbatas
  4. Suspensi masih telekospik.
  5. Lampu lampu belum LED
  6. Meski jok rendah tapi saat diduduki shock tidak turun, jadi sedikit menyulitkan di sini.

*sebagian diambil dari 7leopold7.com

HONDA CRF250 RALLY

Keunggulan dari motor all rounder Honda ini untuk KBY adalah karena sudah mengetesnya secara langsung, dua kali.. Pertama pada trek terbatas (baca: First Ride Honda CRF250 Rally) dan kali kedua pada trek yang jauh lebih menantang (baca: Test Ride Honda CRF250 Rally di Habitat Aslinya).. Dari sisi ini KBY hanya akan membandingkan yang sekiranya relevan dengan performa dari Kawasaki Versys X250 saja..

Jika Kawasaki ingin Versys X-250 digunakan sebagai motor penjelajah jarak jauh dengan karakter jalanan mulus hingga buruk, Honda dengan CRF 250 Rally sedikit ingin lebih jauh lagi, jauh bukan untuk jarak tapi lebih ke experience.. Versys tentunya punya batasan ke trek yang cenderung sulit dilewati, namun tidak untuk motor sejenis CRF250.. hutan, gundukan ekstrim, pasir, kerikil, gunung, lumpur dll siap dihajar bersama trail Honda ini..

Oleh karena itu, 1 silinder pada 250cc nya dirasa paling pas, torsi besar dan greget namun tetap berkarakter halus disematkan pada CRF250.. Meski halus namun kalau diajak bengal, wheelie doang sih hal yang sangat mudah dilakukan.. Suspensinya yang empuk di setiap karakter jalan membuat CRF250 Rally unggul di segala medan..

Kelebihan Honda CRF250 Rally

  1. Suspensi empuk dan nyaman
  2. Swing Arm aluminum ala moge
  3. Handling cukup lincah
  4. warna dan desain macho, aktraktif dan eye catching
  5. Mampu melibas segala medan
  6. Lampu depan LED
  7. Speedometer digital
  8. Performa mesin
  9. Shock depan USD

Kekurangan Honda CRF250 Rally

  1. Tinggi, meskipun setelah diduduki shocknya turun, menyulitkan bagi rider bertinggi kurang dari 165cm
  2. Minim fitur
  3. Tangki yang kecil kurang mantap untuk jarak jauh
  4. Kurang pas buat berboncengan
  5. Tanpa opsi ABS

KESIMPULAN

Setelah membaca info di atas lads pastinya jadi lebih tahu bahwa keduanya meski sama sama dijual untuk konsumen penyuka adventure di kelas 250cc namun keduanya memiliki pendekatan dan tujuan yang berbeda meski ada kemiripan. CRF250 Rally lebih kepada penggunaan ekstrim, bagi mereka yang suka tantangan lebih, sesuai genre nya yang lebih ke dirt bike. Sementara Versys X250 menawarkan keasyikan berpetualang jarak jauh. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak overlap secara prinsip.

Keduanya pun tidak haram jika memang dipilih untuk digunakan harian dan lebih banyak menghabiskan waktu di atas aspal mulus. Namun bila lads membutuhkan motor adventure dengan hobi nyerempet ekstrim plus tambahan sedikit jangkauan jelajah, CRF250 Rally mungkin motor yang tepat.

Namun jika lads lebih memilih menikmati perjalanan dengan jelajah jarak jauh dan lebih sering berduaan ditambah fleksibilitas akomodasi dan kemampuan yang cukup dalam melibas medan off road ringan, maka Versys X250 lah pilihannya. Gak bingung lagi kan?

Harga Honda CRF 250 Rally Rp. 63,025juta, harga Kawasaki Versys X-250 mulai dari Rp. 62,3jt (City) dan Rp. 73,1jt (Tourer)

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Kobayogas Channel
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

31 COMMENTS

  1. selisih 10 juta ? untuk full aksesoris ?
    mending crf deh mang…
    btw onda gk ngeluarin cb250x dari mesin 250rr?

    • Imho untuk CB250X tetep lbh ngena pake mesin 250 single cyl deh bro.. Krn mesin RR terlalu sport minded, utk motor2 jelajah lbh cocok yg ringan, torsi di putaran bawah..
      CB500X sekalipun, walau sudah 2 cyl, tp cc nya gede (cc gede silinder sedikit karakter lebih ke torsi) dan imho karakter nya memang gag sporty2 amat, sejauh yg ane pernah cobain mesin nya sangat smooth, kecuali yg CB500X nya ya torsi lbh terasa jengat di RPM rendah di banding yg CBR nya..
      Yaa walaupun memang sport+ nya RR memang njengat juga sih.. Tp lbh praktis n fuel economic si single cyl (lbh cocok utk jarak jauh)

  2. Beda kelas, kayaknya beda karakter konsumen juga
    Kawi versys itu kelas adventure
    Kalo honda rally lebih ke motor enduro atau bisa juga disebut miniatur crf450 dakkar…
    Kalo honda mau masuk ke segmen versys maka mereka harus memasarkan versi mini dari cb500x misal pake mesin cbr250rr dikasih body style kayaknya cb500x dan dikasih nama cb250x

  3. Kalo bawa versys ntar diolok2 soale body baik dr samping maupun dr belakang 90% persis MEGIPRET termasuk cat abu2nya juga😂

  4. Sebagai rider yg sering Turing kesumatra.
    Ana perlu kasih tau untuk antisipasi begal saat dijalan.

    Rata2 begal memakai motor onroad.
    Motor sport 2tak
    Matik oprekan.
    Bebek super 150
    Sport gl-cb oprekan
    Tanpa plat nomor.
    Salah satu kisahnya ada di blog ana.

    Pengalaman pribadi seumur hidup ana Turing motor kena begal 3 kali.

    Dan Turing mobil 1kali kena begal.
    Alhamdulillah mereka gagal semua.

    Nah disini ana prefer crf rally karena kelincahannya dan off-road accomodation.

    Meskipun sebenarnya ana suka Versys 250.

    Motor lincah meskipun tidak kencang bisa dengan mudah memperdaya orang yg berniat jahat.
    Meskipun tenaga juga perlu untuk torsi.

    Tapi sepengalaman ana.
    Torsi 0-100kpj yg diperlukan sama kelincahan dan kemampuan off-road

    • Hahahaha…..
      Kayanya disana mah kalo udah lewat Maghrib ,
      mending melipir cari masjid.
      Kalau perlu nginep di hotel,
      Kalo punya duit lebih.
      Kapok dah sok berani jalan malam disana….

      Nyawa taruhannya….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..