CBR

Inden Motor Tahun 2016 Saat Mau Bayar Ditagih BBN Tahun 2017.. Jangan Mau!

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Produk baru yang akan tampil beberapa bulan kemudian biasanya diberikan kesempatan inden bagi konsumen yang ngebet pengen punya, biar cepet dong saat produk baru resmi diluncurkan nanti. Nah bagaimana kalau inden motor tahun 2016 menjelang serah terima ditagih BBN 2017? Jangan mau!

Artikel ini KBY buat atas seijin pembaca blog yang menanyakan via email kepada kobayogas.com, so ada cerita apa yang disharing oleh mang Penz Kal ini? Ayo kita simak bareng bareng sebagai pembelajaran dan pengalaman kita semua, geber mang..

Kang, salam geber. Saya selama ini selalu mengikuti blog kobayogas.
Kebetulan saya agak kebingungan dan ingin bertanya.
Saya salah satu peng-inden yamaha aerox 155 tipe s dari bulan desember 2016 di salah satu dealer yamaha di bandung. Kebetulan hari ini tgl 8 maret 2017 saya dihubungi pihak dealer bahwa motor nya sudah ada.

Pertanyaan saya:
1. Apa betul harga yg saya dapat itu mengikuti harga skrg? Bukan pada saat saya inden? Pdhl saya sudah membayar tanda jadi saat inden.
2. Saya di beritahu harga motor nya jd 26jt 200rb. Apakah betul saya harus membayar lagi biaya BBN sebesar 1jt dan biaya SKCK 200rb? (maksudnya STCK kali ya? – KBY) Jadi total yg saya bayar sebesar 27jt 400rb.

Semoga kang Kobayogas bisa membantu menjawab pertanyaan saya.
Terima kasih

Tentu KBY tidak maen telan begitu saja, beberapa pertanyaan pun KBY ajukan agar yakin kalau si penanya ini tidak berniat bc produk tertentu.. Yang pertama, agar mang Penz mengecek kembali kwitansi atau tanda terima pembayaran tanda jadi. Apakah ada tulisan kecil seperti “harga tidak mengikat dan sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu”..  juga apakah kena biaya progresif? Begini jawabannya

Kalo di kuitansi nya sih ga ada tulisan apa2 mengenai harga kang.
Yang saya tau sih harga OTR aerox 155 tipe s per bulan maret untuk wilayah bandung itu 26jt 200rb. Dan setau saya untuk harga OTR itu seharus nya sudah termasuk biaya BBN kan?
Tetapi sales Yamaha nya tetap meminta saya untuk membayar lg biaya BBN sebesar 1jt diluar harga OTR tersebut kang.
Apakah betul biasa nya kalau beli motor baru itu kita harus bayar lagi biaya BBN meskipun harga motornya sudah OTR?

Oke berarti kasusnya saat inden harga memang belum diumumkan, dan hal itu wajar saja kan memang momennya adalah perkenalan produk bukan langsung jualan karena harga akan diinformasikan kemudian. Yang jadi concern nya adalah apakah harga yang akhirnya sudah diumumkan tersebut dikenakan lagi biaya BBN tarif baru 2017? Kalau soal harga oke lah, karena kan diumumkannya juga belakangan.. Tapi BBN diminta lagi karena tarif baru?

Menurut KBY sih gak fair ya, inden dilakukan bulan Desember 2016 dan itu sudah dapat dikatakan deal kontrak, sementara tarif baru biaya pembuatan STNK/ BPKB (BBN) baru diberlakukan bulan Januari 2017. Seharusnya tarif lama BBN tersebut mengikat kepada harga yang sudah diumumkan, jadi OTR Rp. 26.2 juta tersebut sudah seharusnya termasuk BBN tanpa diminta lagi tambahan biaya, kecuali memang kena progresif ya, itu beda lagi.. si Zeref CBR250RR KBY cuma kena progresif kok. Jadi apa saran KBY?

Gini aja colek managernya, minta keterangan yang pasti.. kalau ternyata jawabannya sama ama sales terus masih penasaran juga, kontak Yamaha pusat biar makin yakin kalau uang ghoib itu ternyata memang dikenakan..

Nah kalau sudah dapat jawaban dari pusat dan ternyata sepaham dengan dealer terkait, maka memang menjadi kewajiban pembeli untuk membayar BBN tarif baru, no complaint. Lalu bagaimana hasil dari proses mang Penz Kal tersebut? Alhamdulillah, lancar dan gak perlu bayar BBN tarif baru, mang Penz hanya dikenakan biaya STCK sebesar Rp. 200rb. Well everybody happy.. eh ga tau deng sales sama managernya mah wkwkwk… Ada yang pernah mengalami hal yang serupa gak lads?

Sudah kang. Terima kasih banyak saran nya. Pas saya datang ke dealer untuk pelunasan, saya ngotot tidak mau bayar tambahan biaya BBN 1jt nya. Kalau tetap harus bayar, saya akan laporin ke Yamaha pusat. Akhir nya saya cuma bayar tambahan biaya SKCK 200rb.

Harga normal motor nya 26,2jt.Sabtu kmrn motor nya sudah dikirim ke rumah kang. Hehehe. Terima kasih banyak kang.

   

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainnya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3427 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

50 Comments

    • Makanya jagan beli yamaha kok kesannya ribet ya skr mau beli yamaha…semua sales nya naikin harga sesuka hati dr 500rb sampek 1juta..ane beli CBR250RR tgl 27 desember 2016 ikut otr 2016 (62,300,000 otr malang kota) dapet cashback lagi 700rb yang lebih keren dapet no rangka 2017 dan stnk 2017 tentunya…so far ane apresisai dealer honda…konsumen adalah raja..di perlakukan seenaknya ga usah beli bro..kita yg punya uang mereka yg butuh kita. Market share 17% nasional aja kok macem2 ini yamaha.

    • pengalaman dulu pas indent r15 online, sales atau daeler upping prices, alhasil lapor ke yamaha pusat, dibuat keterangan kejadian, beberapa hari kemudian dealer “cium tangan” minta maaf sembari dikasih bonus oli 3 biji buat jatah servis rutin wkwkwkw

  1. Masih dibiarin juga nih oknum sales merk Y, yang minat bakal makin ogah beli kalo gini mah….

  2. Ini penyakit dealer2x yamaha yg bikin penjualan terpuruk..pengalaman saya waktu itu pengen kredit nmax,muter 3 dealer yamaha deket rumah pengen pakai BAF tapi ngga bisa katanya sudah ngga kerjasama dengan BAF,dan harus pakai lainnya yg angsuran nya lebih mahal dari BAF..akhirnya ngga jadi beli karena dongkol

    • laporin pusat aja coba. saya dulu juga di tawarin yg bukan adira dll. tappi saya tetep minta BAF yg lebih murah angsurannya.

  3. Nice info. Jd apakah hal seperti itu bisa dikategorikan penipuan? Mau makan uang haram tuh orang dealer.

  4. Jd apakah hal seperti itu bisa dikategorikan penipuan yak? Mau makan uang haram tuh orang dealer.

  5. kan sudah disebut kalo harga OTR per MARET itu 26,2jt. jadi 1juta itu sih semacam BIAYA PREMAN.

  6. Harga deal awal 26,2jt masa tiba” ada kenaikan harga pake alesan BBN periode tahun yang baru. Pungli itu mah. Toh kalo kita beli kendaraan baru yang dapet diskon ahir taun & surat” baru keluar taun depan. Harga tetep kena yang setelah diskon ahir taun.

  7. kenapa sales yamaha banyak yang nakal ya..saya juga pas mau beli R15 tahun 2015 gitu juga..akhirnya laporin ke pusat..bubar deh tuh sales..kalo mang kobay perlu email percakapannya..saya siap share sebagai bahan masukan ke sesama konsumen hehehe

  8. Kasus seperti ini bisa di laporin ke polisi gk sih mang?? Cox ada unsur penipuan atau mungkin pungli..

  9. Bisa jadi ini dikarenakan penjualan yamaha yg sedikit, sehingga pendapat sales2 nya juga terbatas, dgn cara spt ini mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Beda dengan sales honda, yg penjualannya banyak, maka penghasilanpun juga bertambah, meskipun mungkin ada juga sales honda yg sperti ini, tapi tidak terexpose…

    • banyak yang antri? whattt?
      liat MS yamaha, 20% kok banyak yang antri.

      monggo tuduh saya FBH karna bawa2 MS, tp emang kenyataanya dikit yang beli kok (gak pake antri kalo beli)

  10. lagi-lagi konsumen ditodong upping price

    gmana MS gak mau mengkeret keriput klo ujung tombak penjualan malah pungli demi keuntungan pribadi, blum lagi menyulitkan konsumen yg mau beli cash

    wooeyy eling … Suzuki udeh mulai bangun tidur tuh

  11. Kang kobay, pertengahan Februari saya mu inden nmax tp dealer ga mu didp seminggu kemudian harga naik 100rb, tapi dealer ga mu didp juga katanya yg ABS item ga tahu kapan datangnya, tgl 1 Maret harga naik lagi 400rb, akhirnya saya batal inden , masa 1 bulan 2X naik harga

  12. Kalo ane di mintain 400 rb untuk pajak progresif Aerox. Saat di tanya kenapa semahal itu, salesNya bilang karena motor ke 1 nya Z 250. Emang gitu ya? Pencerahannya mang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..