Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Pajak Progresif sudah berjalan sekian waktu dan berlaku bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu.. Nah bagaimana caranya biar gak kena pajak progresif yang suka bikin mumet kepala? Berikut ini ada trik dan cara hindari pajak progresif versi Kobayogas.com.. Salah satu kuncinya adalah jangan males!

motor banyak kudu siap juga pajak progresif nya lads

Pajak progresif dikenakan oleh pemerintah untuk mereka yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu, berlaku untuk motor dan mobil meskipun perhitungannya terpisah. Progresif motor ya berlaku hanya untuk motor ke 2, 3, 4 dan seterusnya, begitu juga mobil, pajak progresifnya hanya berlaku seputaran mobil ke dua, tiga dan seterusnya. Bagus deh, kebayang gak sih kalau dicampur baur? Modiar pisaaann. Kunci trik hindari pajak progresif bagi KBY memang ada satu yang utama, ulah hoream, jangan malas!

TRIK HINDARI PAJAK PROGRESIF

Pajak progresif gak pandang bulu lads, selama nama tersebut ada tercantum dalam Kartu Keluarga ya kena hitungan, mau itu adik, kaka, papa, mama, selingkuhan dlsb, pokoknya kena. Pajak progresif juga gak peduli apakah motor atau mobilnya sudah dijual atau hilang, pokoknya selama STNK belum diblokir dan namanya masih terekam belum dihapus di data base samsat ya akan terkena pajak progresif.. Lalu gimana trik hindari pajak progresif?

makin banyak ya makin gede pajak progresif nya

Jangan malas! Ya, itu menjadi pembelajaran bagi KBY.. terlebih ketika harus membayar pajak progresif saat si Zeref CBR250RR datang ke rumah.. kaget oiii.. ternyata KBY kena progresif ke 5! Edaaann.. Jumlahnya juga gelo pisan wkwkw.. Lah apa aja tuh ya sampai progresifnya ke 5 gitu, KBY jadi bingung sendiri.. itulah akibat malas! Malas ngecek dan blokir motor motor yang sudah tidak ada karena dijual dan ada juga yang hilang (scoopy).. Yang scoopy malah dianggap udah diblokir karena kan sudah lapor kehilangan saat itu, ternyata gak!

Akhirnya tadi pagi, dengan kondisi badan yang kurang fit sebenarnya akibat flu ketularan dari orang rumah, KBY paksakan untuk datang ke Samsat Kebon Nanas Jakarta Timur.. Sampai disana langsung ke loket B2 tempat pajak progresif.. Setelah meminta daftar kendaraan yang dimiliki KBY dengan menunjukkan KTP terlihatlah daftar motor yang memang menjadi pengenaan pajak progresif.. Ternyata benar, totalnya ada 5 termasuk si Zeref CBR250RR.. dan terlihat juga Scoopy masih ada disitu.. Juga Beat Karbu yang sudah dijual tahun 2011 lalu.. gila ni orang berarti kaga bayar pajak selama 6 tahun wkwkwk..

CARA BLOKIR STNK dan PAJAK PROGRESIF

Dari daftar tersebut juga ketauan kalau namanya ada dalam kartu keluarga ya akan terkena pajak progresif lads. Jadi gak ngaruh beda nama tapi satu kartu keluarga.. Buktinya dari 5 motor, 3 diantaranya nama istri semua.. maakkk.. apa baru berlaku tahun ini ya? So biar gak bulak balik atau ribet, nih dicatat apa saja yang harus disiapkan untuk memblokir STNK dan menghindari pajak progresif.. Gratis Tanpa Dipungut Biaya!

dokumen untuk blokir STNK kendaraan

  1. Kalau mau tau kendaraan apa saja yang STNK nya belum diblokir silakan berikan KTP ke petugas untuk diprint. Nanti daftarnya keluar..
  2. Kalau kendaraan atas nama nama sendiri, siapkan materai, fotokopi KTP dan kartu keluarga dan jangan lupa isi formulir yang disediakan di loket, gratis!
  3. Kalau kendaraan atas nama sendiri ditambah ada nama istri/ adik/ kakak dlsb, siapkan juga foto kopi KTP dan Kartu keluarga sesuai KTP.. formulirnya terpisah jadi masing masing..
  4. Setelah diisi semua, formulirnya di foto kopi juga lads untuk dicap dan kita pegang
  5. Kembali sekitar 4 hari untuk mengecek apakah STNK sudah diblokir atau belum
  6. Siapkan uang secukupnya untuk bayar parkir dan jajan kalau lapar 😀

Nah dari kelima motor tersebut, 3 buah motor KBY blokir STNK nya, sisanya gak karena memang masih dipake.. Lumayan penghematan buat tahun depan.. hehe.. Semoga bermanfaat.. Ingat lads, Trik Hindari Pajak Progresif adalah jangan Males buat ngecek dan blokir STNK kendaraan yang sudah tidak ada!

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

70 KOMENTAR

  1. Apa otomatis taun depan pajaknya turun mang? Jelasin juga dong berapa persen untuk setiap kendaraan yg kena progresif? Hehe

  2. Owh iya kita perlu nunjukin surat keterangan gk kang buat ngasih tau kendaraan kita udah dijual atau hilang?

  3. tanya dong mang, masih bingung dengan pajak progresif, kalau dalam satu keluarga ada ayah, ibu dan anak 1, trus masing2 punya sepeda motor 1 buah atas nama masing2 (ayah, ibu, anak), itu kena pajak progresif gak mang?
    nuhun.

  4. Mau tanya mang kobay, motor yg sudah dijual bbrpa thn yg lalu tpi masih nama saya, nah saat saya blokir. Efek dri pemilik motor yg sudah saya blokir itu apa ? Terimakasih mang kobay

  5. Bang Kobay… motor jg kena progresif??? Kok saya gak kena ya? Pdhl ada bbrp unit jg dan msh pemilik serta alamat yg sama.
    Klo mobil iya… sy kena progresif…

  6. Kalo di jawa timur motor 250cc kebawah gak kena progresif. Tapi kalo 250cc keatas baru kena progresif.
    Ane dirumah ada 7 motor gak ada yg kena pajak progresif.
    Yang mobil pada kena progresif. Ane pake daihatsu teroris eh terios trus adik pake ertelu n kakak pake inopah.

  7. Di Sulawesi Selatan juga tidak diberlakukan pajak progresif untuk sepeda motor dibawah 250 cc

  8. KALO CUMA BEGITU MAH TAU ANE MANG….. ANE KIRA PINJAM NAMA TETANGGA YG BELUM PUNYA DAN GAK BAKALAN PUNYA MOTOR….. WKWKWKWKWKKW

  9. saya pernah punya pengalaman menyebalkan ttg progresif ini tahun 2016 kemarin

    udah antri di samsat outlet berjam-jam, pas datengin loket, katanya ada progresif, padahal riilnya motor cuma ada satu, alhasil kudu ke kantor samsat

    anehnya 2015 bayar pajak motor yg sama, data progresif ga ada dan lancar aja setelah ngantri

    ??

  10. klo gitu motor di rumah ada 4 dan mobil ada 3 -_- alamak selama ini kena progresif toh pantes mahal bayar pajak 2 motor saya.

  11. Betul, jangan malas urus surat blokir bila kendaraan hilang atau telah dijual (kondisi pembelinya belum balik nama / tidak bayar pajak). Walaupun memang agak sedikir rinet urus surat blokir. Saya pernah urus: 1. Ke polsek minta surat kehilangan 2. Ke polda metro jaya blokir (tidak langsung jadi hari itu juga alias dua kali balik) 3. Ke samsat ciledug membawa surat dr polsek & dari polda metro jaya.

    • Kalo blokir krn ranmor hilang gbsa cuma pake KK, ktp, sama fotokopi stnk aja? Atau Harus pake surat pengantar blokir dari polsek, terus surat disposisi dr polda baru ke samsat?

  12. Saya juga pas kemarin bayar pajak kaget kok bisa lebih mahal dari tahun sebelumnya, pas coba bandingin dengan fotocopyan tahun kemarin ternyata kena progresif ke-3. Coba browsing tentang pajak progresif, eh ketemu artikel sekarang progresif jadi per kk bukan nama lagi. Rencana pengen mutasi ke Depok berhubung tnkb juga habis tahun depan, soalnya sekarang masih atas nama sodara di Jakarta. 😀

  13. seperti nya aturan baru y mang.. coz saia 1 kk sampe terakhir bayar pajak tahun kemarin ga kena progresif, ada 4 motor beda nama tapi 1 kk.. klo tahun ini blm bayar..

  14. Saya baru tahu kalo ada pajak progresif untuk seluruh jenis motor yg masih dalam satu KK… Setahuku di Jawa Tengah yg kena pajak progresif hanya motor yg 200 CC keatas… Aku domisili di Klaten… Ada motor 5 unit dirumah yg atas namaku 3 unit dan atas nama istri 2… tapi semuanya tidak ada yg kena progresif… yg CC diatas 200 cuma punya 1 yaitu Scorpio… Apa itu aturan baru tahun 2017 yaa?

  15. wah kl tau gitu mending beli motor bodong…. nggk kena pajak,,, kl bosen tinggl dibuang aja di tmpat sampah…

  16. Mas mau tanya,, untuk motor di bawah 200cc kena pajak progresif juga ngga?? Saya baru tanya ke petugas Samsat daerah saya di Semarang. Katanya ngga perlu di blokir karena motor di bawah 200cc. Motor saya NMAX, tapi sudah dijual ?. Makasih sebelumnya.

  17. mas mau tanya dong,, klo kita sudah beli motor baru tp STNK blm jadi,,, nah motor yg lama baru diblokir setelah 3hari motor baru turun…kira kira kena pajak progresif gak ya

    • tetep kena, karena prinsipnya setidaknya 3 bulan sebelum beli motor. Karena situs mereka juga kudu update setidaknya sebulan. sori mang masuk spam euy

  18. Bang mau tanya dong, kalau motor hilang pemblokiran STNK-nya tetep sama kayak gitu atau gmn?
    Soalnya saya ke Samsat Bekasi disuruh minta surat permohonan pemblokiran dari Polsek untuk ke Polda baru nanti ke Samsat Bekasi lagi bang

  19. Bang berarti kalau kehilangan motor harus blokir ke Polda metro jaya dulu ya, gabisa langsung seperti postingan di atas?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..