Kobayogas.Com –  Hola lads, sala geber… Email kiriman pembaca kali ini mengisahkan pemilihan dua sport bike 250cc fairing berbeda karakter mesin.. Satu dua silinder satu lagi 1 silinder. CBR250RR vs KTM RC250.. mana yang terbaik untuk dipilih?

Kang sy silent rider nya kang kobay.setiap hari sy pantengin blog akang.sy minta pendapatnya.sy tertarik dengan motor klas 250 cc. 1.cbr 250rr 2.ktm rc 250.menurut kang kobay lebih bagus mana dari spek dan kualitas.kalo maslah harga sy gak peduli.salam dari sy lesmana silent rider dari bogor

Saya pengguna ER6N langsiran 2012 Kang.. Yang dicari dari keduanya adalah kualitas masing masing, tingkat kenyamanan, sama after salesnya. Makasih kang sebelumnya.

Les Mana

Hatur nuhun mang Lesmana atas emailnya, saya coba jawab ya.. Begini, kebetulan keduanya berbeda dari sisi spek mesin lads.. Jadi membedakan dan memisahkan keduanya dapat dikatakan relatif mudah.. CBR250RR 2 silinder sementara KTM RC250 1 silinder..

Bicara mana yang terbaik, itu yang agak sulit. Tapi sejatinya, menurut KBY pribadi, keduanya merupakan yang terbaik di kelasnya masing masing! Honda CBR250RR merupakan the best 250cc 2 silinder fairing sport bike, sementara KTM RC250 yang terbaik di kelas fairing 250cc single silinder.. Jadi mana yang harus dipilih?

KTM RC200

Gampang sih, kalau suka dua silinder ya CBR250RR, kalau gak peduli sama dua silinder, dan merasa single silinder cukup, maka KTM RC250 merupakan pilihan terbaik yang dapat dipilih. Apalagi saat ini harga KTM sedang mengalami perubahan kebijakan, tak lagi semahal dahulu. Bagaimana kalau bicara performa dan handling kang? Mana yang lebih direkomendasikan nih?

baca juga: Komparasi CBR250RR vs Ninja 250FI vs Yamaha R25

Jujur aja, KTM RC250 belum pernah dicoba, yang sudah itu RC200 dan RC390, tapi KBY yakin gak terlalu beda jauh dengan RC250.. Semuanya belum di tes on sirkuit, jadi kalau totalitas handling gak bisa head to head 100%.. jadi kita bahas secara performa overall di atas jalan raya biasa aja ya.. Menurut KBY dari performa mesin CBR250RR masih yang terbaik.. oke single silinder KTM RC250 torsinya udah kerasa banget di bawah, tapi begitu di atas, langsung ngeden/ ketahan gada tenaga tambahan.. suara mesin dan knalpot pun kurang menggairahkan..

Belak belok alias kelincahan di jalan raya, keduanya 11-12, ringan dan mudah dikendalikan, hanya saja KTM RC250 agak menyulitkan untuk putar balik, apalagi kalau punya tinggi pas pasan hehe.. Kemudian untuk kenyamanan, KBY merasa suspensi belakang RC250 lebih empuk dan nyaman dibandingkan milik CBR250RR.. tapi kalau ergonomi terutama jarak jauh, berbalik CBR250RR yang masih di atas KTM..

Finishing alias kualitas juga terbaik di kelasnya masing masing, perakitan keduanya rapi jali dan halus punya.. begitu juga dengan kualitas plastiknya. Untuk fitur, CBR250RR ada beberapa tingkat di atas KTM RC250, dengan speedometer full digital yang besar dan mudah dilihat, 3 riding mode, lap timer, serta throttle by wire.. Untuk detail, RC250 lebih baik, seperti sein pada spion, jok belakang yang seakan menyatu dengan bodi.

After sales service.. Harus diakui Honda lebih banyak bertebaran namun yang perlu diketaui tidak semua AHASS bisa handle CBR250RR, hanya dealer dengan status Wing atau Big Wing yang bisa.. Sementara KTM sedang berbenah memperbanyak dealer dan service point dengan lokasi terbaru ada di Bandung, Ciateul..

Kesimpulannya, seperti disebut di atas, suka dua silinder dengan suara stereo yang merdu ya CBR250RR, suka racing look dan desain unik serta gak peduli 1 atau 2 silinder ya KTM RC250.. Saat ini CBR250RR dihargai Rp. 62,8 juta tipe standar sedangkan KTM RC250 harganya Rp. 48juta..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

39 COMMENTS

  1. Klo kaga peduli sama harga , ane vote cbr250rr , paling tidak utk after salesnya di big wing atau wing dealer .. lebih mengerti tentang motor itu sendiri, tp klo ngomong soal harga.. ktm rc250 layak di pinang .. yap betul sekali kata mang kobay.. semuanya terbaik di kelas pemegang cylinder yg di anut ..

  2. Kemarin ke Kaskus mu baca2 tentang Duke 200,cus tahun depan mu cari motor baru. Pas lihat biaya perawatannya, gua langsung angkat tangan dah. MT15 aja dah kalau keluar.

  3. cbr250rr lah
    sdh paling update package 250, semua mimpi biker sdh ada dlm 1 pake motor
    rc250 kalopun judulnya KTM tp ttp buatan india, yg kualitas nya so- so

    • oh jadi klo buatan India China itu so-so? klo so-so, kenapa ktm juga jualan tuh motor di seantero us dan europe? blum merek eropa lain yang pake produksi sana? yg penting itu QCnya

  4. Pngen bli motor, pilihannya cbr, dan KTM, ngomongin after sale, yaudah ga usa milih, udh jelas cbr,

      • Mksd nya gmn nih Om Martin? Ane udh pernah nyoba hampir semua, yah skedar coba2, tapi emg ga bs d pungkiri lho, KTM geter nya masih lumayan annoying sih, ga beda juah feel nya sm xabre.. 2 silinder tetap unggul jauh dr sisi vibrasi mah…

        Nah,skrg dr ergonomi,Bro Lesmana ini nyaman nya yg jinjit atau ngga? Bro tingginya berapa, klo tinggi sih jelas ga masalah riding KTM, tp klo tinggi pas pasan mending CBR, seat height nya msh cukup bersahabat IMHO..
        Dan Bro Lesmana lbh suka power atau torsi? Jelas bgt pilihannya dr segi itu..

    • Rata2 big 1 cylinder 250cc keatas pasti lebih kerasa getaran
      Er6.. ducati.. harley….bikin dunia bergetar wwkw

  5. Kalo ane sih plih ceber e.
    secara real tnga n diliat enak dimata dari sisi depan,kanan,kiri,blkng oke. 172 kpj lo kang. walau ada nyang glangsar duluan pertama didunia. ap jokinya yg govlok ap motornya yg kurang saftynya…

    ingat iklanya #TOTALprotolnya itu ngeriiii

  6. Saran ane sih kalau suka yang anti mainstream ya ambil RC250 250 aja. Keren loh pake brand Austria, tapi ya itu resikonya pake motor Eropa. Kalau punya banyak uang angkut aja CBR 250 RR.
    Beli RC 250 aja, sisa uangnya bisa buat beliin racun buat tuh RC 250. Hahaha

  7. pilih KTM aja, klo bisa tahan cari model 2017 euro 4, knalpotnya beda…, lagian udah punya ER6 khan? lebih kenceng dari cbr malah….

    after sales bener, gak semua bengkel Honda nanganin cbr baru ini, klo ganti oli atau radiator, di rumah juga bisa…

    satu lagi, beda 20an juta harganya, bisa buat apa aja tuh duit…

  8. Kalo udah punya er6, berarti kemungkinan motor 250cc nya cuma buat seneng2an doang
    Alias nambah koleksi d garasi aja
    Klo memang iya kaya gitu saya saranin KTM aja kali ya
    Toh er6 juga 2 silinder, mungkin dgn rc250 yang single bs dapet pengalaman yang berbeda
    Terus masalah biaya perawatan sih saya yakin kalo udah mampu ngerawat er6 harusnya mampu juga ya ngerawat KTM heheh

  9. Saran saya sih ambil cbr 250rr aja atau all new ninja 250 yg gak tau keluarnya kapan walaupun isu nya pake turbocharger

  10. Yah kalo saya lebih milih KTM aja 1 cylinder, lha kalo ambil cbr yah sama aja 2 cylindernya dg ER6n kalo tadi bener punya ER6

Yuk Tinggalin Jejak Lads..