CBR

Email Pembaca: Pilih Honda Supra GTR 150 Atau Yamaha MX King?

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Sektor Bebek super kini memiliki dua pilihan setelah MX King sempat melenggang sendirian.. Dengan hadirnya Supra GTR 150, mana yang cocok bagi pengunjung blog yang sedang bingung ini? Supra GTR 150 atau MX King? Cekibrot lads..

supra gtr150 vs mx king

Salam kenal kang Kobayogas, nama saya Nuswan.

Saat ini saya lagi pertimbangin 2 motor bebek super. Pertimbangan ke bebek super adalah saya kurang suka matic karena ring roda 14 dan wheelbase pendek bikin ajrut2an kalo pake di jalan umumnya. Saya pernah pake Suzy Spin 2x (lk 2 taun) dan Vartech 125 selama 2th. Pemakaian buat kerja Bintaro-Kemayoran PP (lk 60 km per hari).

Saat ini sudah tidak ada aktifitas ngantor pakai motor, jadi Vartech dilego tukar old CB150R. Tiap hari motor dipakai antar 2 anak kecil sekolah, dan sesekali touring dengan teman2 kantor. Puas sekali dengan performa CB150R, cuma riding position yang saya gak kuat. Sudah coba modif jok, pasang raiser, ganti stang byson n tiger, tapi tetap memang saya lebih demen posisi duduk tegak dibanding racy. Sempat ngelamun “gimana seandainya body Megapro dikasih mesin CB150” kayaknya terwakili aspirasi saya. Duduk santai tapi performa mesin OK.

Pertanyaan saya :
1) Apakah pertimbangan pilihan bebek super sudah tepat? Sementara waktu opsi N-Max saya tidak pertimbangkan karena saya suka sensasi manual

2) Untuk keperluan pemakaian rutin dalam 1 bulan sbb:
– tiap pagi antar 2 anak sekolah
– weekend dipakai boncengan pacaran sama istri
– weekend touring dengan jarak 400-500km PP
– tidak ada keperluan belanja berat (misal bawa galon aqua atau tabung gas)
– posisi riding luar kota nyaman sd 3 jam baru istirahat
– tenaga OK dan mesin gak ada ngempos walau jalan lama

apakah bisa dipenuhi oleh Supra GTR 150 atawa MX King?

3). Jika iya, mana yg lebih direkomendasikan? Supra GTR atau MX King?

Saya bukan FBH maupun FBY. Merk apapun saya OK selama optimal sesuai kebutuhan dan tentunya value for money.

Ditunggu ya masukannya kang Yogas.. Terima kasih banyak sebelumnya.

Salam,

Nuswan

Hmm.. jawabannya agak susah karena keduanya sebenarnya mirip mirip.. tapi sensasi mesin supra gtr 150 lebih sporty apalagi dia sudah 6 speed yang bisa membuat mesin bekerja lebih rileks di trek yang panjang hingga efisiensi bbm pun bisa diraih.. Raungannya pun khas mesin dohc dengan tenaga ala sonic tapi lebih “sopan”, mesinnya pun bisa berkitir lebih tinggi hingga bisa dapat sensasi hi rev..

baca juga: Supra GTR 150 vs MX King, Sang Raja Terdesak!

mang asep test ride supra gtr 150
mang asep test ride supra gtr 150

Hanya dari sisi desain Supra lebih merata, tidak terlalu sporty tapi tidak terlalu bebek juga. Suspensi diset agak keras dengan garpu depan besar membuat Supra gak perlu kawatir mau dibawa kemana aja.. Sisi penerangan lebih stylish karena lampu depan sudah menganut LED..

Sementara bicara desain sporty, justru ada di MX King, meski bagian depannya agak kurang mendukung desain buritan yang sudah ciamik..lampu depan masih bohlam tapi lampu rem justru sudah LED dengan bentuk yang keren. Meski masih mengusung mesin SOHC dan 5 speed tapi dari sisi sport feeling, MX King malah lebih kental karena tuas persneling yang mirip motor sport, yaitu cuma satu di bagian depan.. Bicara kenyamanan MX King juga sedikit lebih baik, suspensinya empuk begitu pula dengan joknya..

sonic-vs-mx-king

Bicara fitur, MX King nyaris menang di semua sisi apalagi bicara fitur pada speedometer, konsumsi bbm ada, gear position ada, hingga average speed.. Keduanya memiliki rem yang mumpuni. Bicara handling, Supra GTR 150 menang sedikit berkat perpaduan ukuran ban yang pas dan suspensi firm.

Bicara akomodasi keduanya sama saja, gada ruang penyimpanan memadai, tapi emang ga sering bawa barang ya jadi ga masalah. Sekarang tinggal pilihannya mau lari kemana? Lebih ke performa atau stylish?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements
About Kobayogas 3157 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

54 Comments

  1. Jika ada rencana kelak,utk di modif pakek arm limbah moge, cbr 600, r6, atau gsx 600, pakek mx king, cukup papas dinding luar arm bagian ass nya kanan dan kiri (bsa pakek ban 180/55, tapi larinya kedodoran, apa lagi goncengan ckckckc) cuma enak di pandang jika mesin standart , Gir depan tidak gendong mx king, supra 150 gir masi gendong, gk kuat gir gendongnya bisa patah tu ass gir.
    (kalo minat limbahnya silakan dtng ke Kips Motor kebun kacang limbah se sampai moge 1000cc ada )
    Eh jadi promosi, sory kang

  2. Hampir dari semua kriteria ane mau rekom mx king, tp posisi riding mx king sedikit bongkok jika d banding gtr, dari sensasi mesin jg menang gtr tp jangan lupa kemracak di mesinnya itu, klo suka nge feel sama mesin mending jauh” deh sama generasi mesin gtr ini, berasa ganggu buat yg suka nyetir alusan

    • Setuju, berdasarkan pengamatan selama pakai memang ada kelemahan suara kresek2 ini, meskipun di RPM lebih dari 4000 suaranya samar ketutup oleh suara air flow yang masuk ke saringan angin.

      Suaranya berasa ilang waktu anak duduk di depan; atau saat saya taruh jas hujan dan sepatu hujan di dek depan. Agaknya itu suara kresekan teredam sama material jas hujan yang soft

    • Bener kang.. tapi ada fakta menarik juga. Salah satu pertimbangan saya ke GTR ini karena oportunis, ada yang lagi BU dan jual di harga di bawah 15 juta untuk pemakaian di bawah 3 bulan hehehehe….

      Terus terang kalau head to head kondisi baru memang agak pait kalo ambil GTR, secara harga sudah hampir 22jt

  3. Bicara desain….ane lebih prefer ke MX-King. Memang sih awalnya bagian depan itu agak kurang serasi tapi jika dibandingkan dengan Supra GTR, weleh…malah masih lebih baik MX-King. Alasannya? Desain Supra itu kayak revo 110. Garis tegasnya ngga membentuk karakter sehingga tak ada aura wah. Tapi ya itu beda orang beda selera sih.

    Kalo buat jarak jauh juga ane lebih prefer ke MX-King, busa jok empuk itu sungguh sangat menolong. Pantat ngga cepet panas, ngga mudah pegel. Dan setidaknya ada bagasi walaupun ukurannya kecil banget.

    dan lagi kalo suka modif, MX-King itu banyak pilihannya. Mau aksesoris, mau part racing,sudah banyak tersedia.

  4. Vote MX King…busa jok n suspensi empuk.. Fitur menang Mx king, variasi banyak, mesin tangguh n ga ada bunyi2 aneh kyk gen CB150 yg dipake Gtr, kelebihan Gtr cm di tarikan atas yg berasa lebih panjang ketimbang mx king..iritnya kurang lebih sama tp klo buat geber2an malah menurut saya borosan Gtr..buat yg suka jalan jauh Gtr ga cocok krn busa jok tipis n keras.

  5. Mang kobay, sinyalemen komen bahwa Honda produk kepikunan orang tua produk gagal ini GTR lahir belakangan nyontek segmen mx king tapi lebih buruk segala sisi, payah buat honda

    • sya punya cb150r sepupu punya mx king ga ada yg nama nya klotok2 ga ada yg nama nya ngebul 8000 rpm jgn mau d bodohi orang bro ,,, motor klo d rawat dan pake nya normal ga akan ada masalah

      • Produk keterlaluan bodoh ini insinyur hontha Mang kobay, payah bener dah mendesign produk gk enak dilihat mata material plastik paling rendah di kelas nya cat juga gk menarik, mesin klotok-klotok klw dipakai lama gak enak bener gen GL, Megapro, tiger,cb150, masih kebawa di tahun 2016 ini.. low quality hanya mengejar keuntungan semata motor hontha,,,, motor hontha cocoknya jualan matic 125cc & 110cc saja 2 klep

  6. Untuk jarak jauh lebih enak pakai GTR. Jok keras bisa pakai cover jok. Untuk desain GTR kalah telak, hanya menang di ukuran ban depan.

  7. – weekend touring dengan jarak 400-500km PP- pilihan GTR/MX king memang mau berapa kali mampir SPBU.

    Pilihan yg aneh. 🙂

  8. Sya sih lebih recomended mx king ..
    Klo Supra GTR…berasa bawa Revo 2007
    Kebetulan sya user revo 2007
    Untuk performa plus minus coba sendiri…

  9. em ex king lebih ke anak mudaan,, GTR ke bapak-an, elegan..
    beda stylenya,,

    cuma yg ane tau karena yamamah shocknya empuk, gampang ambles lama2,, kalo merk sayap aga keras tapi awet.. plus minus,

    kalo kata ane sih klo udh bekeluarga & punya anak, mending ganti matic macem Nmax / Vario gan.. lebih terakomodasi (belanja, antar anak, bawa galon, turing, rilex juga)

  10. Ane udah coba 22nya dan ane lbih milih…
    Vote mx king
    Lebih nyaman(suspensi empuk namun stabil saat high speed)
    tarikan oke (meskipun ga se wuss GTR)
    dan riding position masih bisa dibilang nyaman (meskipun ga senyaman GTR posisinya)
    fitur banyak
    Harga masuk akal

    Kalau mau wuss2 dengan posisi nyaman
    kaki2 padat
    Out of the box (karena mx king udah mainstream)
    Ga masalah sama disain dan harga ( maniak supra)
    silahkan Pilih GTR

  11. mx king lah,kalo supra bagus sih cuma kurang serek kalo diliat jiwa,dan itu banyak yang ngakuin,soal mesin emang dohc emang diatas 6percepann pla,cuma yang 11-12 lah ama sohc,emang mau sengebut apa sih hehe..

  12. KALO KATA AYE….KAGAK 2-2NYA
    MAU MX KEK,GTR KEK,LU BAWA JALAN TETAP AJA DIKIRA TUKANG OJEK!
    KALO MAU GAYA PLUS MAKNYUS PERFORMANYE..PAKE REAL MOTOR SPORT ATAU BIG SCOOTER KAYAK KAWASAKI ER6N ATAU YAMAHA TMAX

  13. tetep aja dua2nya gen bebek
    gak bakal nyaman buat jalan jauh, yakin deh

    pertama, travel shock yang pendek berakibat redaman yang mantul2 (terutama yang depan, rata2 bebek 9cm, sport bisa 10-12cm, yang belakang sport bisa 15cm, sedang bebek sekitar 12cm) makin pendek travel makin terasa efek kasarnya jalan)
    kedua, bodi yang ringan, center of gravity rendah, lincah memang tapi gak mau kan kalo lagi ngebut terhempas ma bis2, bahkan lindas lubang jalan pasti goyang juga karena efek shock tadi
    ketiga, tiap 2-2,5 jam pasti mampir pom bensin

    kalo buat jalan jauh tetap aja lebih nyaman sport

  14. btw touring 500km tiap weekend tu kmn gan? jkt-sby ? ga ancur badan ente pake bebek ?hehehe. ane vote mx. mesin uda teruji bertaun2. jok lebar, ada bagasi kecil, finishing jempolan, speedo lengkap. supra kl suka finishing matte bagus, suspensi aga keras tp kayaknya enak buat ngacir, proporsi bodi & kaki2 lebih imbang, lampu2 udah led.

  15. dulu aku pakek mx 135, kepingin supra 150 + iklan potongan 1 jt pakek stnk bebek

    kecewa ma mesin ngak bisa halus, walau mesin ngak mudah stres, tabi brisik n geter sampek stang

  16. kalo saya sih GTR, soalnya udah coba jarak jauhnya sih, katanya dia nyari posisi yg tegak , ya GTR itu :3 kalo penasaran coba dua2nya aja :v

  17. Klo suka modif mending mx king,….ane pemakai hsx 125fi,terus trang kecewa sama gen supra yang sekarang,kualitas mesin sama body kalah jauh sama gen supra yang karbu.

  18. Mas nya udah coba Verza blom ?
    Nambah stang fatbar sama raiser Udh rasanya kayak naik trail
    Torsi nya brengos, buat bocah duduk di depan /tidur tengkurep juga bisa..wkwk , sama suaranya yg ngebass abis

    Ane ada ocb sama Verza, dua2 nya asik ko buat jln jauh
    Yg ocb coba ganti stang mp trus pake raiser posisi nya di Mundurin, busa jok tambahin dh biar empuk

  19. Mx king enak ko..handlingnya..nyaman joknya,tp performa pas di perkotaan…..supra gtr shock depan lbih besar..tp redam getaran msih ckup terasa di jln jele,n mseinya enak sih anteng,cm jok keras..(ane udah coba 2 nya)

  20. Oom Kobayogas,

    Thanks a lot pertanyaan via email saya sudah di-reply. Saya nggak nyangka ternyata reply nya oom posting di web ini.

    Finally, keputusan saya ambil sesuai dengan point2 pertimbangan di atas yang sudah oom sampaikan; dan jatuh kepada Supra GTR 150. Saya gak sempat coba MX King, tapi dari pengalaman pakai GTR ini selama hampir sebulanan, ini motor bener2 ajib banget. Gak berasa capek di pinggang kayak kalo pake old CB150R; gak berasa capek body karena mental-mentul kalo pake matic. Dari sisi penampakan kombinasi black-red matte juga sopan banget buat sekali2 dipake ngantor. Gak keliatan terlalu racy.

    Kemarin saya pasang GIVI E-65, ganti spion model tomok plus ganti grip gas Harris Performance. Udah beberapa kali PP Bdg-Jkt dan bener2 recommended buat jalan jauh.

    BBM hitungan full to full saya dapat sekitar 1:46; jadi kalo pulang ke Bdg dari Bintaro sampai Bdg masih bisa dipakai jalan2 dikit baru isi lagi sebelum pulang ke Jkt

  21. Wah telat bgt baru baca ni email pembaca..
    Cuma mau sumbang saran :
    Dengan kebutuhan seperti di atas, cocoknya jupiter mx 150 (bukan mx king) dan bukan pula supra gtr.
    Kenapa saya rekomen jupiter mx 150 walaupun saya owner supra gtr :
    – kebutuhan si agan untuk mayoritas harian dengan 2 anak tentunya butuh motor yg lebih rendah jaraknya ke tanah, lebih empuk busa joknya, perpindahan gigi depan-belakang.
    – tenaga mx 150 juga sudah mencukupi koq untuk turing jarak jauh, tapi saya ga pernah coba tuh mx 150 tuk turing apakah mesinnya ngempos di perjalanan jauh atau ga. Yg saya rasakan ketika naik supra gtr jalan turing, performa mesin tidak ngempos walau jalan selama 10 jam menempuh jarak 370 an km. Dengan berat beban boncengan 140kg, mendaki dan kencang. Waktu istirahat 1 jam. Soal performa mesin supra gtr okelah..
    – untuk jalan turing jarak jauh dan mendaki, mesin supra gtr sangat bisa dihandalkan.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..