Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber… Kalau lads pernah melihat secara langsung calon sport fairing 250cc terbaru Honda, yaitu CBR250RR pernahkah lads memperhatikan sektor muffler alias knalpot kembarnya? Ada kah yang unik dari bagian itu?

knalpot honda CBR250RR

Kalau belum sempat melihat langsung atau sudah lihat tapi tidak memperhatikan, silakan dilihat lagi dengan seksama jika ada kesempatan kali kedua, knalpot CBR250RR di bagian pangkal sebelum terbagi dua bagian di mufflernya ada satu bagian yang terlihat seperti dicoak sehingga menjadi datar.. letaknya persis di bagian belakang foot step sebelah kanan (iyalah kan knalpot adanya di kanan kali hehe)..

knalpot honda cbr250rr

Ternyata coakan yang membuat bagian atas knalpot CBR250RR menjadi datar tersebut bukan semata mata memang dicoak iseng atau tanpa fungsi lads hehe.. Mau tahu apa tujuan dibuat datar di bagian itu? Nah foto yang dicapture dari video hasil test tim otomotif.net tersebut menjelaskan secara gamblang fungsi dari coakan tersebut..

unik-knalpot-cbr250rr-bisa-jadi-footstep-1

Ternyata fungsi dari coakan datar pada bagian atas knalpot CBR250RR tersebut adalah agar sepatu tidak mentok pada knalpot lads.. dengan asumsi sedang dalam kecepatan tinggi, kaki rider biasanya mundur sedikit, telapak kaki bagian depan berada di footstep. Dengan demikian posisi kaki akan menjadi lebih mundur.. jika knalpot tidak dicoak atasnya maka bagian tumit akan mentok dan membuat kagok pengendara..

ini dia ternyata fungsinya
ini dia ternyata fungsinya

Karena di bagian kiri itu bebas hambatan (jalan tol kali) maka tidak ada masalah untuk footstep bagian kiri, sedangkan bagian kanan tanpa adanya coakan bisa mengganggu konsentrasi sang rider.. Selain itu, jika nanti sang pemilik misalnya ingin mengganti dengan footstep model underbone/racing yang biasanya berposisi lebih mundur dari standar, maka penempatannya tidak akan terhalang oleh knalpot..

Semua dengan asumsi sang pemilik tetap mempertahankan knalpot standar CBR250RR ya, dan tidak menggantinya dengan muffler aftermarket.. Bagaimana? Sudah jelas kan ya? Hehehe..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

14 COMMENTS

  1. Eraaa tangki di coak pd th 2000-2005 uda lewat
    Eraaa rangka yg coak uda modife aliran cafe racer Dll sampai skrng masi eksis
    Skrng knalpot di coak
    Tar jok motor di coak, supaya yg bawak mudah buang angin, demi kesehatan…..
    Besok coak apa lagi ya……..

    Bener ya kata nye yg standart 68 jeti Abs 74 jeti, sampai ke sumbagut yg biasa 74 yg Abs 80 jt, biasa selisi 6 jt gitu dari harga jakarta kelas 250 cc macem merek sebelah, 80 jt uda R25 kaki limbah moge ni ckckckckc

  2. Itu dibuat sengaja buat kaki penumpang ketiga,biar GA gantung, Honda paham bikin motor ganteng nan fungsional bisa bawa banyak cabe2an

Yuk Tinggalin Jejak Lads..