nmax pakai shell advance ax7 scooter

Kobayogas.COM – Hola lads, salam geber.. Hari ini Shell Lubricants (pelumas) mengadakan beberapa kegiatan loh, salah satunya lads sudah mengetahuinya dan bahkan mungkin juga sudah membacanya.. Itu loh perkenalan dan launching rangkaian pelumas Shell untuk skutik..

Nah selain acara perkenalan tersebut, sejauh yang KBY tahu saat hadir di acara Shell Lubricants tersebut ya, ada juga yang namanya ganti oli motor gratis!! Tentu bukan untuk umum hehe, untuk komunitas yang diundang oleh Shell di acara tersebut dan juga bagi media yang hadir, tak terkecuali KBY dong dong dong 😀 (we love gratis 😛 )

Nah awalnya jujur aja nih KBY masih ragu, ganti gak ya, karena di dalam mesin si Frozen Yamaha NMax yang KBY bawa masih ada Shell Helix Astra yang baru mencapai jarak 2,702 km (see pict). Kan rencananya mau dites sampai gak enak 😛 Tapi dipikir pikir kesempatan juga mencoba performa dari oli Shell Advance AX7 Scooter 10/40 synthetic based tersebut, yaudah kesimpulan pun diambil, kita ganti oli!..

Penggantian oli dengan menggunakan pelumas Shell Advance AX7 Scooter 10/40 pada Yamaha NMax milik KBY tersebut di lakukan di area belakang restoran Rolling Stones jalan Ampera Jakarta.. Penggantian pelumas dilakukan setelah para awak kerja selesai melakukan makan siang, ya lah emangnya robot? Robot aja perlu dicharge 😀

shell advance ax7 scooter

Penggantian pelumas Shell Advance AX7 Scooter 10/40 seharga Rp. 45 ribu ini caranya standar lah ya, setelah baut carter di buka, dan didiamkan sejenak, kemudian disemprot kompresor melalui lubang pengisian oli agar cairannya cepat keluar, oia kompresornya dijamin sudah bebas dari kandungan air.

Shell Advance AX7 Scooter 10/40 semi sintetis ini ukuran satu botolnya 0,8 liter, sementara jumlah oli untuk Yamaha Nmax adalah 0,9 L atau 900 ml. Karena KBY ingin pas akhirnya satu botol pun dibuka lagi dan ditambahkan sekitar 100 ml. Iya dong kalau kurang memang enteng sih tapi perlindungannya berkurang, belum lagi nanti kalau olinya menguap, kalau isi kelebihan tar larinya berat hehehe..

nambah buka botol baru biar 900 ml
nambah buka botol baru biar 900 ml

Acara belum sepenuhnya usai, tinggal acara Diskbrek sih, Diskusi Bareng Komunitas, cuma karena kudu balik ke kantor (maklum kuli lads) akhirnya KBY cabut duluan, sekalian tes performa dong dari jl Ampera ke Pancoran.. Nah gimana hasilnya setelah mengganti pelumas dengan Shell Advance AX7 Scooter 10/40 dengan PurePlus dan Active Cleansing Technology ini?

Yang harus digarisbawahi adalah, ini pelumas baru, pelumas baru ya biasanya enak enak aja hehe.. Tapi ada juga perbedaannya, misal tenaga lebih enteng dan torsi terasa powerful meskipun ada juga yang mesin hanya terdengar lebih halus tapi tenaga cenderung sama saja. Nah Shell Advance AX7 Scooter 10/40 ini ternyata bereaksi cepat efeknya lads..

jarak tempuh oli sebelum diganti
jarak tempuh oli sebelum diganti, ini nih asiknya Yamaha Nmax

Yamaha NMax yang tenaga bawaannya sudah enak, makin uenakkk lagi, torsi dari bawah terasa lebih padat dan tarikan di tengah hingga atas terasa makin yahud dan enteng (efek air filter Ferrox juga sih – intermezzo iklan).. Si Frozen NMax sanggup menyentuh 114 km/jam loh di bypass sebelum kudu ngerem hehe. Jarang jarang secepat itu top speed di dapat.

Konsumsi BBM juga membaik, di awal cuma 29,5 km/liter pas sampe rumah menjadi 30,2 km/liter, padahal digeber loh. Ahhh itu kan oli baru kang, wajar lah..heheh, bener sih. So tunggu saja nanti kalau sudah mencapai 1000 km yah, sesignifikan apa perubahannya.. Stay tune di Kobayogas.com yo lads…

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

49 COMMENTS

  1. Sebenernya kalo lagi buang oli gtu kurang baik kalo di semprot pake udara kompresor, kenapa?
    Karna di dalam oli tersebut kan ada gram” nya, nah pas di semprot itu bukannya pada keluar, tapi malah nyebar” ke bagian” mesin lainnya mas..
    Lebih enak kalo ganti oli itu ya motor dari semalem gk di pake terus paginya buang oli nya, tunggu deh ampe bener” g netes lagi …

    • tujuan dibiarin semalaman buat apa om..?? kalo saya sih, keluarin oli pada saat mesin masih panas (gak panas banget) trus miring-miring kan motor. karena kalo hanya mengandalkan standar tengah, oli masih ada di dalam bak mesin

  2. ini ax7 apaan sih kok harganya dibawah gocap..? kemaren adek gw ngisiin yg buat supra jg cm 40ribuan..

  3. si bolang baru ganti merk sebelah 2 minggu lalu (20W40). penasaran tadi ikut ganti pake ax7 1 L 10W40, langsung berasa euy… beda emang…
    kita lihat ratusan kilometer berikutnya

  4. Ijin share dikit, ane pernah pake oli ini tp yg buat motor bebek.
    Dan memang tarikan terasa lebih ngacir, sesuai dgn tagline oli ini “Dengarkan Tarikannya” akan tetapi oli ini bikin mesin jd lbh cepat panas. Kemudian stlh 2000km ane coba droptest pake dipstick ke tissue, ternyata oli ini menjadi sangat encer, karena ketika ane angkat itu dipstick oli sudah netes dgn sendirinya (pertanda bahwa Viscosity-nya sudah Out of Grade). Padahal ane droptest ini oli pas waktu mesin dingin. Tanpa pikir panjang ane lngsng ganti oli, ane khawatir, pas oli dingin aja dah encer kayak gini, apalagi pas mencapai suhu kerjanya, bisa-bisa kayak spt air encernya. Karena jika terlalu encer ane takut gak bisa melindungi mesin dgn sempurna.

    Tapi ane blm coba yg buat matik ini. Jd tdk tahu apakah karakter oli ax7 scooter ini sama dgn saudaranya yg buat bebek ato gak.

    • nice share mang.. kesimpulan sementara yang bisa ay tarik, oli yang dipakai gak untuk jarak tempuh jauh yah

  5. Oom Kobay, mau nanya..
    Bulan Mei ini kira2 udah ada yang jual belum yah di pasaran ? soalnya sempet baca di warung sebelah katanya mulai distribusi dari shell nya sendiri nanti di bulan Juni.
    Kepengen nyoba yang AX5 buat Vario CW taun 2007..

  6. enak mana sama shell helix astra yang udah kena 2000an km (dan kalau masih ingat, komparasi saat shell helix astra masih baru gimana)

  7. Wew.. yg ax7 scooter d bilang udah yahud.. gmn nanti kl shell ngeluarin yg versi ultra buat scooter.. ultra yahud ya mang?

  8. huf rada males kalo ganti oli harus beli 2 botol wkwk, enakan yg 1 liter langsung tuang
    dari castr*l juga ada tuh activematic 10w30 di SnD, tapi ya itu harus beli 2 botol buat nmax

      • beuhh langsung aja wkwkwk.. share ya nanti, ay juga pengen tau berapa lama “enaknya” ini oli..

      • Iya mang nanti ane share deh insya Allah..abis itu coba oli sesat deh mang..hehehe buat perbandingan aj…

        Di buku panduan kan 10w30.. Trus pake 10w40.. Gak ada masalah kan mang… Honda kan oli 10w30 recomanded nya

      • gak sih.. cuma makin encer makin ngacir, makin enteng putaran/gerakan pistonnya..

      • Berarti lebih enak fastron y mang di banding ax7 ..kesimpulannya. Udh pernah nyoba yg fastron techno gak mang

        Ax7 lebih enak dibanding hx astra . okey..jadi hx astra SINGKIRKAN dulu.. Langsung terlihat pilihan urutan mana nya ..

      • Pengen test aje ax7 scooter smpe kilometer 1500..masih enak gak ya..
        Tapi tadi nyoba gas AWAL ngibrit mang..padahal SAE lebih kental sedikit dari oli PABRIKAN.. Pas ane buka tuh oli PABRIKAN memuai mang..berkurang sedikit ..

        Skrng malah pengen nyoba oli sesat mang..nunggu ini oli dulu ..baru ganti.
        Kalo review nya gmn mang enakan ax7 ini apa oli sesat fastron tarikannya? Ente kan udh coba 2 duanya

      • sayangnya fastron ay celupin di PCX, emang lebih enak, tapi biar gmn juga tenaga NMax masih lebih baik dan responsif, dalam hal ini AX7 lbh baik dari shell helix astra sebelumnya di awal awal baru ganti pada NMax

      • Wah.. free nya minta minimal helix hx8 gitu mang, kan sama2 shell

  9. nmax saya masih pake smua bawaan pabrik..untuk tembus 120km/jam..ga ada masalh …oli..masih yamalube..filter masih bawaan pabrik..hampir setiap hari..saya geber terus dr awal dapet..bulan 4 kmaren..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..