CBR

Video Top Speed Yamaha Xabre, Sekelebat Namun Cukup Memikat..

test ride xabre 7

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Top Speed, suka tidak suka hal tersebut adalah yang paling sering ditanyakan selain akselerasi. Top speed nya berapa? Kenceng gak?

Pertanyaan lumrah yang kerap terlontar jika urusannya adalah sebuah motor berjenis sport, jangankan jenis sport, wong kadang skutik aja ditanya kok top speed nya berapa wakakaka.. padahal dari sisi peruntukkan, jelas sebuah skutik bukan buat adu kencang sebenarnya, ya gak? So, bagaimana dengan top speed Yamaha Xabre ini?

Namanya top speed gak pernah disengajain kecuali memang sedang tes di sirkuit, namanya dipakai harian, jalanan itu variatif ada lancar ada macet.. Tapi kalau ada kesempatan ya dicoba, semampunya, seamannya. Disinilah top speed Yamaha Xabre mampu diraih hingga 119 km/jam dalam waktu yang cukup singkat dan trek terbatas.

top speed Xabre 150 jalan raya
Top Speed Yamaha Xabre, sanggup 119 km/jam dengan cukup cepat

Kok bedanya top speed Yamaha Xabre yang 119 km/jam gak terlalu jauh juga ya dengan sport fairing Honda, New CBR150R yang di dapat pada angka 125 km/jam (baca: Top Speed Honda All New CBR150R). Jika dilihat dari margin angka sih iya. Tapi jika diketahui dari situasi dan kondisinya ya berbeda lads..

Perbedaannya, saat All New CBR150R meraih top speed ada pada circumstance nya.. Bersama All New CBR150 KBY masih ada keraguan untuk gas pol mengingat jalanan merupakan jalan dua arah dan ada persimpangan di TMII.. Sementara untuk Yamaha Xabre, KBY pede abis karena jalan satu jalur dan tidak akan ada yang melintas di jalur tersebut, akibatnya gas pol bisa dilakukan.. Hanya sayang treknya tidak panjang.

Banyak parameter yang menyebabkan top speed Yamaha Xabre ini (pada trek yang kobayogas.com test tentunya) mentok hanya di 119 km/jam.. Yang pertama paling terasa adalah tinggi keseluruhan dari sang Xabre, dengan center of gravity tinggi maka kendaraan memiliki tahanan udara yang tinggi pula..

Akibatnya meskipun tenaga terasa sangat baik menurut KBY, namun karena dimensi Yamaha Xabre, tenaganya pun tertahan. Kedua, karena Yamaha Xabre 150 merupakan jenis naked bike, tidak ada windshield bagi pengendara untuk tuck-in alias ngumpet.. angin menerpa motor dan pengendara sekaligus. Jadi kalau ada motor dengan kubikasi sama namun jenis sport fairing bisa lebih kencang, ya wajar hehe..

Terakhir, trek yang kurang memadai, sesuai yang tampak pada video, jaraknya hanya sekitar 600 meter.. itu pun belum sampai ujung sudah ada kendaraan yang menghalangi Yamaha Xabre, sehingga KBY harus menarik rem.. Jika lurus panjang, KBY rasa top speed Yamaha Xabre pada angka 128-130 km/jam dapat diraih..

Pun begitu, angka top speed Yamaha Xabre tersebut sudah jauh lebih baik ketimbang saat KBY mencobanya di atas aspal sirkuit go-kart alias Sentul kecil beberapa waktu lalu yang hanya mencapai 81 km/jam (baca: Top Speed Yamaha Xabre Di Sirkuit Sentul Kecil)

Nah bagaimana menurut lads top speed Yamaha Xabre 150 ini? Sekelebat tapi cukup memikat kan ya?

disclaimer: Sangat tidak disarankan untuk dicoba apalagi dibuktikan. Artikel top speed Yamaha Xabre ini hanya sharing semata.

link via handphone

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3237 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

53 Comments

  1. Ternyata iparku inden xabre, mau siap2 modif biar ready pas unit dtg.
    -gear depan blkg berapa mata? Mau gedein aksel
    -ukuran (lebar) velg depan blkg berapa inch? Mau gambotin ban
    -accu bawaan berapa ampere? Mau tambah lampu
    -Spek busi? Mau ganti copper murni

  2. “Yang pertama paling terasa adalah tinggi keseluruhan dari sang Xabre, dengan center of gravity tinggi maka kendaraan memiliki tahanan udara yang tinggi pula:

    Benar sekali, Kang Kobay. Di majalah “Cycle World” saya pernah baca mengapa moge menang akselerasi thd mobil sport, tapi top speednya moge kalah. Menurut Cycle World karena moge “aerodynamically dirty” dibanding mobil sport, sehingga pada kecepatan tinggi maka hambatan udaranya tinggi.

    “Jadi kalau ada motor dengan kubikasi sama namun jenis sport fairing bisa lebih kencang, ya wajar hehe..”

    Menurut Cycle World juga gitu, dan memang itu gunanya fairing, untuk membuat motor lebih aerodynamic shg hambatan udara pd kecepatan tinggi berkurang.

  3. Kalau memang larinya pelan ya akui saja,tdk usah bnyak alasan.kagok atuh kang kalau 128 km/jam mah,bisa 180 km/jam kitu kang,hehe.

  4. Besok request artikel ‘berapa top speed yamaha xabre dalam kondisi hujan pake helm half face’
    :p

  5. bicara naked itu bicara style, bukan top speed tp cruise speed. kalo bicara fairing kita bicara speed, power, dan race. kalo ada yg bilang motor fairing itu untuk style dan naked itu untuk speed ya itu orang emang asli GOBLOG.

    :v

  6. setelah liat langsung hrus ane akuin nih motor lumayan rapih… soal style asli non mainstream dan mudah2n ngga rame yang beli.. usd di raba kayak besi kosong.. cat rangka terlalu biasa … beberapa bagian besi kasar.. plastik kondom tangki agak rengggang atau emng begitu.. tp ane akuin harga segini joss bgt 😀

  7. jadi intinya gmana kang kobay, apakah xabre ini cocok dan nyaman klo untuk dipakai harian yg melewati jalanan macet dan padat?

  8. “dengan center of gravity tinggi maka kendaraan memiliki tahanan udara yang tinggi pula..”

    rancu nih kang kalimatnya… mungkin lebih ke riding position kali ya yang mempengaruhi tahanan angin,bukan centre of gravity..

    • Makin tinggi kendaraan (Center of gravity) maka stream Line ny juga kurang, stream line kurang ya tahanan angin atau coefficient drag nya tinggi.. Mau bungkuk kek gmn juga gakan nolong banyak mang 🙂

  9. Oalaah, mungkin gini kang kalimatnya biar gak multi tafsir, “dengan POSISI TITIK CENTER of GRAVITY yang lebih tinggi maka kendaraan memiliki tahanan udara yang tinggi pula…”

    Kata TINGGI pada kalimat bisa menjadi Multi tafsir antara “Nilai” atau “POSISI LETAK”.

    CMIIW

    • Hehe.. Center of gravity itu kan titik atau pusat gravitasi.. Jd Center of gravity tinggi sebenarnya sudah sangat menjelaskan mang hehhe..
      Bahasa baku di dunia otomotif sih sebenarnya untuk menunjukkan tinggi atau rendah/pendeknya sebuah kendaraan.

      Kaya misalnya Fortuner dan pajero, itu Center of gravity nya tinggi.. Kalau sedan rata rata rendah.. Makanya sedan bisa cenderung lebih stabil dan kencang di kecepatan tinggi

  10. “Kaya misalnya Fortuner dan pajero, itu Center of gravity nya tinggi.. Kalau sedan rata rata rendah.. Makanya sedan bisa cenderung lebih stabil dan kencang di kecepatan tinggi ”

    Mungkin yang mang koba maksud adalah Ground Clearance (GC) kali ya soal Center of Gravity ini. Fix saya sudah paham.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Test Ride Harian Yamaha Xabre 150, Di Jalan Raya Keluar Wataknya Aslinya! | KobaYogas.COM
  2. Video Suara Mesin Yamaha Xabre vs Honda New CB150R, Mana Yang Paling Cocok? | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..