satria-fu injeksi
Kobayogas.com – Hola lads, Suzuki Satria FU injeksi memang sudah terkena jepretan kamera sembunyi sembunyi alias spy shot.. Tapi tahukah lads kalau ada fitur unik pada Satria terbaru ini?

Fitur unik pada Satria FU injeksi ini adalah dilengkapi dengan rem semacam ABS tapi versi murah.. Loh piranti ABS kok unik? Bukannya biasa aja kang Kobay? Eit tunggu dulu, yang unik itu penjelasan tentang ABS-nya seperti yang dijelaskan oleh admin Laskar Suzuki via artikelnya sebelah sini..
“Tetapi yang bang admin lumayan tertarik pada pembahasan keunggulan Petal Disk Brake pada SUZUKI Satria F150 Fi. Menurut beliau (pemilik bengkel racing TRM -red) selain berfungsi sebagai pendinginan untuk rem cakram sendiri karena bentuknya seperti kipas, petal disk brake juga dapat membersihkan kaliper rem dari kotoran dan debu yang menyelinap diantara komponen disk brake saat musin hujan.”
“Dan keunikannya lagi menurut beliau, disk brake model petal dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah. Ini karena piringan cakram yang secara bergantian luas dan menyempit pada permukaannya, sehingga rem tidak akan terkunci penuh saat master rem ditekan. Hal ini juga dibuktikan oleh istri bang admin sendiri yang telah mengujicobakan kehandalan rem petal pada SUZUKI Satria F150 Fi beberapa waktu yang lalu.”
Satria_FU_Injeksi_Livery_MotoGP kobayogas
Livery MotoGP kok lucu yah liatnya, hmmm…..

Nah gimana? Unik kan? Tanpa modul Anti-lock Brake System namun sang Satria FU injeksi ini memiliki disc brake alias rem cakram model petal yang dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah.. hihihi..Hebat deh.. bisa gak laku nih perusahaan pembuat modul ABS nantinya… 😀

Tapi intinya yang ingin disampaikan dari disc brake Satria FU injeksi yang bertipe wave alias bergelombang/ tidak bulat ini adalah, stabil performanya (kepakemannya) karena dengan permukaan yang variatif maka panas dari gesekan rem akan lebih cepat terbuang dibanding jenis bulat.. Kalau pakem atau tidak sih tergantung kanvas remnya juga..

Sebagai informasi tambahan, jika ingin memiliki rem ala ABS versi murah seperti pada Suzuki Satria FU injeksi ini gampang lads.. Tinggal latih tangan kanan (untuk rem depan) agar terbiasa mengocok tuas rem dengan cara tarik – lepas – tarik – lepas secepat mungkin sehingga kanvas rem tidak sempat mengunci dan ban pun tidak akan ngepot..

Kenapa harus begitu? Karena sistem ABS pun bekerjanya seperti itu, dengan tempo yang lebih cepat dalam satu detik.. jepit-lepas begitu seterusnya. Namun itu hanya terjadi saat sensor membaca adanya panic braking alias tekanan berlebih pada kinerja rem yang mengakibatkan rem serta roda mengunci..

Eh by the way kalau direm penuh kira kira tetep ngunci gak ya roda si Satria FU injeksi itu? 😀

rem belakang satria fu injeksi

Baca juga artikel artikel NEW PRODUCT lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

67 COMMENTS

  1. Sepertinya kaliper belakang udah nggak pakai Nissin ya om Kobay? Kunstruksinya sedikit berbeda terutama di baut kuncian kampasnya..
    Atau mungkin desas desus itu benar,tentang campur tangan pihak Brembo buat pengereman FU injeksi..

  2. Lebar tipis lebar tipis, lebar lebih kuat mencengkramnya tipis lebih ringan cengkramanya gitu kan mang

  3. kalau bilang pake Petal Disc Brake sudah benar.boleh tanya keMbah Google apa”Kelebihan”Petal Disc Brake.tapi kalau dibilang Pake ABS versi Murah atau apa aja selama masih pake kata ABS itu “Salah”.coba aja Rem diSalju maka ABS berfungsi tapi Petal Disc Brake akan membikin Roda kaya papan Ski.

  4. Suzuki mulai ketularan penyakit tetangga sebelah yang suka membodohi konsumen. Mana ada rem ABS model gitu? Kalau panic braking ya pasti nge-lock beda dgn ABS asli. Yang kayak begini bisa membahayakan jiwa rider yang kurang ngerti, dikira sama aja begitu ngerem malah ndlosor…. Siapa yg mau tanggung jawab???

  5. ABS paling sederhana minim memiliki 2 sensor.(yg canggih lebih banyak).pertama”Sensor Kecepatan”fungsinya mematikan modul ABS bila kecepatan dibawah standart Pabrik(5-15km/jam)maksudnya saat parkir diturunan ABS off kalo buka tutup meluncur dong.dan roda slip di10km/jam oke aja.Sensor keDua”Sensor Rem Mengunci”saat Rem diInjak Sensor membaca bila Roda terkunci saat kecepatan diatas standart pabrik(5-15km/jam).disalju Tul dikit Roda terkunci.diIndonesia jalan becek tak beraspal.jadi Modul ABS akan On.

    • Setuju ada tapinya
      Waktu lagi riding pakai nmax abs di daerah pegunungan berbatu (bukan aspal atau cor blok) ada gejala aneh
      Pas tanjakan ga ada masalah kecuali shock breaker bikin badan bergetar
      Tapi pas turunan, jalanan tanah berbatu
      Pas rem ditekan tiba2 bunyi sensor berbunyi dan abs bekerja setiap melewati gundukan atau ban pas menghantam batu
      Turunan memang agak curam
      Saya kaget kok sensitif bgt abs nya
      Saya test lg rem saya panteng alias rem di tekan stabil motor meluncur kebawah ketika melewati menghantam batu atau lubang pasti abs aktif
      Berarti disini kerja abs bukan hanya panic brake dari ridernya tapi juga karena faktor eksternal tadi
      Sory oot om kobay

      Kalo untuk dari laskar suzuki itu cuma melebih lebihkan saja soal abs versi hemat, menurut saya yg mendekati hasil dari abs ya cbs nya honda bukan dari denyutannya tapi jarak pengereman lebih pendek, soal teknik pengereman cbs itu depan dulu lalu baru belakang. Ini juga meminimalisir ngesot
      Pernah ngoba bang kobay, gunakan rem depan saja, rem belakang saja, keduanya ditekan bersama2, tekan depan dulu baru belakang, belakang dulu baru rem depan
      Dan hasilnya jarak terpendek pengereman adalah rem depan dulu baru rem belakang
      Test dulu memakai vario cbs dan variotech 110 dan hasilnya terbukti om
      Kalo penasaran silakan di coba sendiri
      Semoga bermanfaat

      • Hehe si om dpt poin saya, intinya memang gada itu ABS versi murah tanpa diberikan modul… Itu gimmick Laskar aja.. Jgn smp kita jd terlena .

        Om, menurut saya ABS Nmax itu terlalu sensitif, entah settingannya atau modulnya yg aneh.. Terutama sebelah kiri. Masa gak panic braking aja bergetar, apa gak pegel tuh rider kekkekekekeke.
        Sejauh saya bawa motor ber ABS sih gada yg kek gitu ya.. Hanya saat dites panic braking aja baru terasa getar, itu pun gak sebanyak Nmax punya getarannya..
        Itu kenapa ay gak pilih yg ABS hehe..

      • Wah si om baru join Yah, welcome to my blog hehe.. Kalau sering baca si om pst tau kebiasaan saya mengerem seperti apa, yaitu selalu mengandalkan rem depan dulu hehehe

      • setujuuuuu, om…
        saya sudah riset sndiri, belajar panic braking scenario di dobel disc brake mx ane..
        kira2 hasilnya memang pas dgn apa yg ente sampaikan..
        sip..!

    • Iya om kobay, saya juga hampir ga pernah pake rem belakang
      Cuma kadang terdesak pake rem belakang waktu pas jalanan agak licin saja
      Saya dah lama lho baca blog om kobay, hehew. Cuma kasus ini saya angkat lg
      Oiya soal nmax itu benar terlalu sensitif tanpa panic brake dari ridernya saja abs bisa aktif sendiri
      Kalau soal rem abs di wave disc oleh laskar wong gendeng itu ya menyesatkan

  6. kalau Rem kita tanpa ABS ndak perlu repot2 mengocok tuas rem.ndak ada mamfaatnya bila mau bersaing dgn ABS yg berdenyut terProgram dgn perhitungan Pabrik dari hasil riset.tekan aja Tuas rem seperlunya bila dengar roda terkunci lepaskan dan Rem ulang secepatnya.begitu seterusnya.jadi Rem dilepas saat “Roda terkunci””dari suara dan perasaan roda slip”.bukan dikocok2 berirama.

    • itu namanya sistem threshold, dan itu cara ay drpada sistem pulse macam ABS hehehe.. lebih seneng rem pol smp titik maksimalnya, lepas trus tarik lagi..
      mobil motor sama aja hehe

  7. Halah. Admi laskar suzuki kerjaan nya ngeles aja kaya bajaj. Over aja kalau kasi info ttg suzuki. Abs versi murah.ninja 250 juga bergelombang disc nya kgak di bilang abs versi murah.abs kok murah, Abs dr hongkong!!!!

  8. Abs versi murah? Ninja 250 juga bergelombang disc nya. Tapi kagak di bilang abs versi murah. Admin laskar susubasi selalu over kalo kasi info. Abs kok murah. Abs dr hongkong.

  9. Istilah ABS murah kayaknya kurang pas ya,, mau gimanapun konstruksinya sistem rem nya nggk masuk ke sistem ABS mang , di kawasaki athlete juga dari dulu pakai disc brake kayak gtu,,,

  10. Teorinya si masuk akal. Dgn permukaan disk yg bervariasi, maka kepakemannya juga bervariasi. Dari dulu memang banyak yg sdh make. Dan ABS versi murah berarti dari dulu sdh ditemukan. Coba kita tanya ahli sejarah roda 2, alias Kang Eno Anderson, sejak kapan permukaan cakram petal disk ini mulai trend, serta fungsi sebenarnya dari petal disk brake…

    Kang Enooo… Ooohh Kang Eno… Alhamduuuuu-Lillaaaaahh… 😀

  11. bingung mau komen apa. lalu abs nya dmana? kl mau dibilang murah yg fungsinya utamanya ga ilang donk. ya katanyalah abs krn dlam selang oli ada kabel yg ngatur kelistrikan rem bla bla bla… rasa2nya lebih masuk akal.

    • Aduhhhh.. hilappp… ciakakakkaa…. ini hape saya aneh mang, ga bs push email. Bbm aja mst dibuka dulu baru pesan bs masuk. Rek dibanting 5 bln deui ka lunas. Punten pisan mang. Aslina hilap. Paingan kamari teh asa aya mu leungit. Ciakakakkaa…

  12. walau udah latihan tetep aja abs gk bakal bisa digantiin ama reflek kita.
    ane selalu rem dengan cara kocok, tapi pas ane kaget secara reflek ane bakal rem tapi lupa kocok. dalam pikiran dah kepikir pasti jatoh, kalo kgk motor baret gua yg baret, dan der jatoh karena ban depan nge lock.
    munafik lah yg bilang abs kgk penting banget (bilang aja kgk kuat karena harganya mahal)
    salam motor non abs sejuta umat

  13. jah , admin laskar sizuka kebanyakan dikocok kali ya, ada” pernyataannya, ntar kalo anak alay yang make motor asal panic brake gara” kemakan info dari tuh admin trus kecelakaan gimana… yang mau tanggung jawab siapa?

  14. ABS murah itu
    Adalah derivatif dari Antilock Brake Sys, yg mengalami pergeseran,
    jadi abreviasi abs kalau konteksnya kaya gini ya itu tadi
    asal brenti syukur

Yuk Tinggalin Jejak Lads..