OLED BMW

Kobayogas.com – Hola lads, sepertinya belum lama ya kita semua menikmati era lampu LED. Kasta tertinggi dari sebuah teknologi terkini dari suatu lampu atau sistem penerangan…

Nah beberapa tahun ke depan, bisa jadi lebih cepat, teknologi penerangan (kita sebut saja lampu ya) berteknologi laser akan dapat kita nikmati pada kendaraan!.. Yaaa mungkin memang masih dimiliki oleh kendaraan kelas mewah atau premium.

Namun seperti halnya teknologi LED, yang awalnya digunakan untuk senter atau lampu-lampu kecil seperti lampu interior mobil misalnya, kini LED sudah jauh lebih murah dibandingkan awal-awal pembuatannya. Kini kita pun dapat menikmatinya nyaris di seluruh aktivitas keseharian hingga kendaraan kesayangan, seperti sein/ sign, speedometer hingga headlamp.

Seperti Apa Laser Headlight?

BMW hampir memastikan diri menjadi produsen otomotif pertama yang memproduksi lampu depan berteknologi laser –disebut laserlight- pada mobil. Plug-in hibrida i8 rencananya jadi produk pertama yang menggunakan. Pabrikan asal Jerman itu menyatakan, terapan teknologi ini tidak hanya bisa digunakan mobil, namun laserlight akan disematkan pada sepeda motor BMW di masa depan.

“BMW laserlight adalah pencahayaan ideal sebagai sumber cahaya utama kendaraan. Menggabungkan performa dan keamanan yang efisiensi. Hasilnya, pengalaman berkendara jauh lebih nyaman dan aman. Semua faktor penting tersebut akan sangat sempurna jika diterapkan pada sepeda motor BMW”.

Dikatakan, jenis lampu yang menyerupai cahaya matahari (terangnya, bukan silaunya) seperti LED misalnya, sudah banyak diproduksi di mobil-mobil baru, dan kini LED tidak asing lagi buat konsumen mobil, namun tidak demikian untuk sepeda motor. Kelebihan berupa jangkauan, kekuatan, dimensi, dan bobot dirasa akan sangat berguna buat tunggangan roda dua, terutama saat berkendara di malam hari.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2011, aplikasi laser pada sumber cahaya utama kendaraan dianggap sebagai inovasi hebat untuk sistem penerangan. Pada i8, kekuatan cahaya yang dihasilkan dua kali lebih baik daripada jenis LED. Konsumsi daya 30 persen lebih irit dan lampu jauh sanggup menerangi hingga 600 m.

OLED Akan Lebih Dulu Diterapkan

Naahh menurut Kompas.com, BMW kini sedang mengembangkan lampu berteknologi organic light emitting diode (OLED), untuk mobil dan sepeda motor!! Tak seperti LED, lampu ini menggunakan lapisan semikonduktor tipis, yang terbuat dari polimer organik untuk memproduksi cahaya. Diklaim, teknologi ini akan membuat lampu lebih tidak mudah panas dan hemat energi.

Dijelaskan, bahwa kelemahan LED adalah memendarkan cahaya dari satu poin sudut, sehingga tampak kurang terang ketika dilihat dari sudut lain. Itu mengapa LED harus menggunakan reflektor untuk mengurangi efek ini, dan membuat area sorotan cahaya lebih luas. Sementara OLED mampu berpendar ke area lebih luas tanpa mengurangi intensitas cahaya dan tak perlu reflektor.

Lapisan semikonduktor OLED sangat tipis, kira-kira 150 kali lebih tipis dari rambut manusia, gila tipis banget! Lapisan ini diikat dengan lapisan konduktif di antara dua plastik film atau kaca. Jika ditotal, semua lapisan itu hanya setebal 0,8 hingga 1,5 mm. (kompas.com)

OLED BMW 2

Belum Sepenuhnya Pada Motor

Sayangnya, hingga saat ini, teknologi OLED belum sepenuhnya dapat diterapkan pada lampu-lampu sepeda motor, hanya cukup dan pas digunakan sebagai lampu belakang. Sementara untuk lampu rem dan sein butuh bantuan untuk membuatnya cukup terang. Solusinya, menambahkan LED ketika mengenalkan konsep desain lampu ini.

Motor BMW apa yang sudah memakai OLED ini? Prototipe lampu belakang OLED sudah diterapkan untuk BMW K1600GTL. Untuk lampu rem dan sein diberi tambahan LED konvensional. Susunan ”hibrida” ini membuat pendaran cahaya menjadi sangat bervariasi, bahkan sanggup mengeluarkan efek tiga dimensi. Ajibbbb…

Sumber BMW mengatakan akan sanggup menyiapkan sepeda motor dengan teknologi lampu ”OLED hibrida” dalam dua atau tiga tahun ke depan. Sedangkan dalam jangka waktu lebih panjang lagi, produsen kendaraan asal Bavarian ini akan memproduksi lampu rem dan sein, bahkan lampu depan hanya dengan teknologi OLED.

Wah keknya masih lama nih ternyata lads hehehe.. geber dulu lah..

sumber dan foto: kompas.com

terang, tak silau, jangkauan jauhhh
terang, tak silau, jangkauan jauhhh

Baca artikel lainnya ya lads, dan terima kasih sudah bantu sharing 🙂

96 COMMENTS

  1. pernah liat katalognya bmw m4, ada paket optional kayanya sih lampu ini cuma nmbah 100tiao kok
    #tepokjidat

  2. Bentar lagi ada lampu TFT… Trus lanjut lampu Super AMOLED… trus ada lagi Lampu IPS yang sudut terangnya 70°… trus entar ada lagi yang dilapis lapisan anti scratch kayak Gorilla Glass atau Rhino Glass….
    *efek langganan majalah pul** 😀

  3. Yang OLED udah pernah nonton di NHK. Bentuknya kaya koyo n warnanya cendrung ke oranye. OLED di Jepang udah banyak dipake buat stand buah di supermarket, warna buah jadi keliatan lebih seger.

  4. inget….lampu yg ditempel dikaca mobil belakang,,,bentuknya garis2..mediannya kayastiker transparan ,,,,biasanya buat lampu rem,,,,dulu taun brapa ya…lupa,,

      • Perasaan sama aja klo laser sinarnya mirip matahari warna sinar juga mirip,di kerjaan ada soalnya om,kecuali yg buat sunat mungkin beda…xixixixi

      • Laser disini mgkin gak direct nyorot, mgkin dipantulin lagi. Blm tau jg sih. Tp imo, produsen gakan gegabah bikin apalagi kalau menyangkut safety. Apalagi ini BMW dan Audi hehehe

  5. baru BMW yg ngembangin? Nunggu 10taunan baru ada di mobil produksi T*M 😀
    LED di mobil udah oke,,tapi LED di motor kurang joss Om
    buat ujan2 masih kurang terang
    LED or OLED buat sein ama brake lamp ok lah,,but not for lampu depan (sementara)

  6. Mgkn yg dimaksud laser kek lampu mainan anak2 ato yg dpake buat nyorotin pemain bola di pihak lawan itu yak

  7. Ada yang lebih keren lagi, gue duga kedepannya tiap orang bisa custom dan buat mobil sendiri malah 😀

    Karena skrg 3D printer dah bisa buat mobil hanya dalam waktu 44 jam, bisa jalan! Memang mesin dan drive shaft dllnya masih beli dari Renault, tapi berarti kedepannya bisa jadi mobil dijual pretelan dan konsumen tinggal gabung parts sesuai selera dan print body sendiri! keren banget, kalo di hp kaya project Ara. Nama mobilnya Strati kalo ga salah, bodynya jadi kaya serat karbon gitu. Tapi pasti masih perlu riset soal safety, aerodinamika, rabilitas, dll. Tapi seenggaknya gue meliat arahnya kesana, plus mobil akan terkoneksi pula dengan jaringan kedepannya.

  8. Laserlight bmw dah bukan rencana lagi btw, mas. Kan mobilnya dah produksi massal dari tahun kemarin. Di pameran mobil tahun kmrn aja dah diboyong ke Jakarta kan walau display aja.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..