berdiri: Sandy Topan NS, Pringgo, Ilham Kafemotor. Duduk: KBY, Hadi Nusantara Sportbike
berdiri: Sandy Topan NS, Pringgo, Ilham Kafemotor. Duduk: KBY, Hadi Nusantara Sportbike

Kobayogas.com – Satu kesempatan emas KBY dapatkan saat berlebaran di Bandung, yaitu bertemu dedengkot blogger otomotif Nusantara.. Bro Ilham Kafe Motor… Siapakah beliau?

Berawal dari ajakan om Pringgo (pringgo.com) untuk silaturahim pada hari Kamis 31 Juli 2014 kemarin di Ngopi Doeloe bersama beberapa blogger dan modifikator motor asal kota Bandung, KBY meluncur ke lokasi dimana om Pringgo dan Ivan Vanzmotoblog.com sudah menanti.

BLOG INSPIRATIF

Start blogging sejak 2006 atau tepatnya Desember 2006, bro Ilham mengakui bahwa bukan dirinya yang pertama ngeblog di dunia otomotif. Disebutkannya bahwa yang pertama kali berkecimpung dalam dunia blogging otomotif adalah bebeksableng, namun begitu, Kafe Motor yang dibuat bro Ilham adalah blog penyemangat bagi para senior blogger di Nusantara, sebut saja Indobikers (Mbah Dukun Satar), Mas Tri (triatmono.net), Stephen Langitan, Girifumi, Alonrider (lek Nadhi) lalu disusul oleh Kang Haji Taufik, Pringgo, Imas Maskurmambang dll kemudian lahir generasi Iwan Banaran, Pertamax 7, Bonsai biker sampai blogger blogger newbie saat ini termasuk KBY.

Namun jika kita menyimak artikel bro Saranto disini, diketahui bahwa jika Multiply dihitung sebagai media untuk nge-blog, maka bro Saranto, bro Temmy dan Donodomo adalah salah satu pioneer blogger karena mereka sudah melakukannya sejak 2005 hingga Multiply dihilangkan dan beralih ke wordpress.

Kembali ke Kafemotor, ketertarikan bro Ilham akan roda dua adalah lebih kepada modifikasi, tak ayal jika artikel seputar modifikasi motor menjadi artikel yang paling banyak menghiasi blognya, artikel-artikel yang ada pun menjadi referensi bagi para pengunjung blog saat itu terutama seputar tips-tips modifikasi.

blogger nusantara

STOP BLOGGING

Lalu mengapa bro Ilham stop nge-blog? Mengakui dosanya (:D) bro Ilham mengaku bahwa awalnya bukan passion yang menghilang dari dirinya untuk nge-blog lagi, adalah waktu yang benar-benar menyita waktunya bahkan untuk sekedar menuangkan apa yang ada di kepala, hal tersebut berjalan cukup lama sehingga bisa dibilang, saat mempunyai waktu, mood-nya sudah hilang begitu pula dengan passionnya…

Hal yang wajar yang mungkin bisa terjadi pada kita semua, terakhir terjadi pada sahabat KBY, bro Saranto, kesibukan, tidak ada waktu, mood hilang, atau bahkan passion terhadap isi artikel blog tersebut berangsur-angsur punah… hal-hal tersebut yang memang dapat membuat seorang blogger ‘menghilang’ dari dunia blogsphere. Kecuali, mungkin, nafkahnya ada di blog, ya tidak bisa stop lah ya, mau makan dari mana nanti keluarga? Hehehe…

Arantan, KBY, Marco, Luca, -, Ignes, Sergi dan Tommy
Bersama Saranto – Master Piaggio yang menjadi inspirator KBY tentang Vespa bersama tim Piaggio INA

PASSION TERHADAP OTOMOTIF

Pun begitu, hasrat terhadap otomotif tidak ikut menghilang lads, Ayah dari satu istri dan satu putri ini tetap saja cinta pada roda dua, itu mengapa sang pemilik Thunder 250, Ninja 250 R dan CBR 150 iniΒ  mengajak dua modifikator asal kota Bandung untuk bergabung bersama kami. Kang Hadi dan Kang Sandy dari bengkel Nusantara Sportbike.

Cukup banyak pengetahuan baru tapi lama yang didapat oleh KBY dari kedua modifikator tesebut, seperti perbedaan antara kaliper dan rem konvensional dan radial, cukup sering dengar namun KBY belum paham sebenar benarnya dari perbedaan tersebut, sekarang sih sudah tahu dong hehe… Kami juga berdiskusi seputar topik yang hangat di dunia blogsphere juga tentang watermark pada foto/renderan (diskusi ini akan KBY buat pada artikel terpisah).

Bengkel Nusantara Sportbike

Juga ada tips seputar knalpot, ingin tenaga bertambah tapi ogah berisik terutama saat masuk gang? Mudah, kedua modifikator ini punya trik yang bisa dibuat bagi lads sekalian, akan KBY bahas terpisah ya. Selain itu juga ada diskusi seputar penerapan modifikasi dengan menggunakan limbah moge yang pas dan sesuai dengan motor yang akan di modif, tidak asal pasang dan tidak asal ada duit motor jadi.

Kedua modifikator ini menyebut bahwa mereka selain memodifikasi juga berperan sebagai konsultan, dalam arti semua modifikasi yang dilakukan harus laik jalan, tahan lama, pantas dan kuat. Mereka lebih senang berdiskusi terlebih dahulu dan tidak langsung mengiyakan apa yang diinginkan konsumen.

Terima kasih kepada bro Ilham Kafemotor serta duo modifikator Nusantara Sportbike, bincang-bincang dan diskusinya sangat bermanfaat, mengasyikkan serta inspiratif sekali bagi blogger newbie seperti KBY, semoga kita dapat bertemu kembali dalam waktu dekat.

foto-foto: by Pringgo.com

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

46 COMMENTS

  1. Blog ini jangan sampe menghilang ya Bro..walopun ente banyak yg bilang blogger jemuran bagi saya ndak apa2..yg penting eksis, have fun dan menyebar ilmu

    • Hahahaa duh beneran terharu saya ada yg komen kayak gini… Amiiinn.. Insya Allah ini tempat saya meluangkan pikiran seputar hobi saya di otomotif…

      Tapi mohon maaf kalau saya gak seperti yang lain yg sering update soal berita…saya lebih mirip ke Arantan, cenderung lebih banyak berita dan artikel milik sendiri, pemikiran sendiri, serta pengalaman sendiri…

  2. Jiahhhhh…. orang lama banget nih Bro Ilham… dari beliau pula sangat banyak berjasa bagi biker tanah air mengenal dan mengetahui keunggulan motor bajaj. Salam ya dari ompuns…… sejak awal beliau ngeblog sampai off ane selalu ikut …. ( sy ngeblog sejak 2004 , trutama di blogspot yg dulu amat tenar tp bkn blog otomotip , kunjungin blog mati suri ane dong bang http://funs.blogspot.com )

  3. wah wah… selama ini saya jadi silentreader di berbagai blog motor, tapi langsung tertegun begitu liat foto mas ilham… yang ternyata beliau adalah sesepuh blogger roda 2 di tanah air… salut!
    saya kenal mas ilham via kerjaan nih (sama2 di koalisi FOINI), dan memang mas ilham orangnya sangat berwawasan lho dan sangat ramah.

    salam ya om kalo ketemu sama mas ilham. makin sakses dan semoga rajin ngeblog lagi di kafemotor. thx

  4. ah kalo si saranto sih gw pikir dia itu berhenti ngeblog karna udh tua aja.. lagipula, gaya ngeblognya gak srti yg lain.. so long perve saranto

Yuk Tinggalin Jejak Lads..