market share

Kobayogas.com – Perang show off market share akhirnya di gelar, setelah Honda duluan melalui Press Release-nya yang KBY dapatkan 12 Juni lalu, kemudian disusul Yamaha yang dipost oleh lek IWB di melalui artikelnya per hari ini. Sebelumnya Otomotifnet sudah melangsir data penjualan keduanya yang kembali diberitakan oleh EA’s Blog… Bukti penjualan Sport Honda mulai mendekati dan Yamaha harus hati-hati…

Berikut beberapa kutipan yang dilansir melalui Press Release Honda:

Penjualan Melonjak 59%, CB150R StreetFire Dongkrak Pasar Motor Sport Honda

Jakarta – Honda CB150R StreetFire produksi PT Astra Honda Motor (AHM) semakin diminati pecinta motor sport Indonesia seiring dengan lonjakan penjualannya pada Januari-Mei tahun ini yang mencapai 58,8%. Hal ini membuktikan semakin tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap motor sport Honda.

Sejak diluncurkan pada Desember 2012, Honda CB150R StreetFire mampu menyedot perhatian pecinta motor sport Tanah Air. Dalam lima bulan pertama tahun ini, model sport Honda ini mampu terjual 102.653 unit atau berkontribusi signifikan 52,1% terhadap total penjualan motor sport Honda.

new-vixion-vs-cb150r-1274999354

Penjelasan di atas baru dari StreetFire Lads….

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjang Januari-Mei tahun ini, total penjualan sepeda motor sport nasional tercatat sebanyak 484.605 unit atau tumbuh 12,2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, sepeda motor sport Honda berhasil terjual 197.101 unit atau tumbuh melampaui pertumbuhan pasar motor sport nasional yaitu meningkat signifikan 33,6% dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini mengantarkan AHM menguasai 40,7% pangsa pasar motor sport nasional.

Selain Honda CB150R StreetFire, pencapaian penjualan motor sport Honda juga ditopang penjualan model lainnya seperti Honda Verza 150 yang terjual 67.916 unit atau melonjak 44,9% dibanding penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 46.860 unit. Model sport Honda lainnya tercatat Honda MegaPro yang terjual 24.372 unit dan Honda CBR series dengan angka penjualan 2.155 unit.

Penjelasan di atas adalah dari sisi Verza 150

Sedangkan sebagaimana yang disebutkan pada artikel lek IWB, KBY belum menemukan kata-kata atau kalimat peningkatan penjualan sekian persen dari pihak Yamaha (jika ada yang bisa memberikan dengan senang hati loh agar lengkap), Yamaha hanya menekankan bahwa mereka masih memimpin penjualan motor sportnya sejak Januari s.d Mei 2014 (hanya tersalip pada bulan Januari saja, selebihnya tetap memimpin).

Yang KBY kawatirkan adalah, meskipun Yamaha masih memimpin, namun sebenarnya tidak ada peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, atau jikapun ada, persentasenya tidaklah signifikan sehingga mungkin tidak perlu dipublish persentasenya.

Inti dari show off atau psy war ini adalah bahwa kedua kubu menunjukkan keunggulannya masing masing, namun terlihat pihak Honda lebih percaya diri akan peningkatan penjualannya. Ingat, ini terjadi dengan belum diluncurkannya Honda K45 alias CBR Lokal lads… dan seperti yang telah KBY bahas pada artikel sebelumnya, angka selisih 25,401 unit itu tidaklah seberapa jika dibandingkan kekuatan Honda… Jika Yamaha tidak melakukan penetrasi dan strategi marketing yang tepat, tidaklah mengherankan jika dua – tiga bulan ke depan, kejadian bulan Januari tahun ini akan kembali terulang dan mungkin saja tidak akan bisa tersalip lagi…

Mangga digeber lads…

69 COMMENTS

  1. 3-0
    haha.. ronaldo gak berkutik, malah nani yang lebih aktif…

    benahi dulu dealer2 dan sales2 kurang ajar..
    tidak sedikit konsumen yang antipati dengan kelakuan mereka2 itu.
    orang punya duit mau beli motor kok malah dipersulit sama penjualnya… piye iki…?
    mending pindah ke dealer tetangga.., lebih mudah dan lebih cepat.

    • Waduh dah jebol lagi? Lagi mantau blog temen2 nih hehee… siapa yangketiga? tanggung nih

      Iya ya, pembeli kita ini kan masih banyak yang gak mau ribet dan mutungan, barang yang dipengen dipersulit, mereka bisa langsung pindah ke lain hati…

  2. nasib yamaha akan seperti kawasaki …..yg rame dibicarakan di media ,tp realitanya MS gak sampe 2%. makanya jangan sok jumawa………… HONDA elegan tp mematikan.

  3. 4-0 timnas Jerman pengemar Ina U-19 ternyata.
    Mau Honda atau Yamaha yang menang, bodo amat ra pateken ra ngagas ra ngefek wong ra ngopeni aku ha ha

  4. tahun ini sport honda masih kalah kok om,, cuma tipis banget, setipis irisan bawang,, di semester 2 akan ada bulan dimana sport honda nyalip yamaha kayak bulan januari..

    k45 bukan volume maker,, maksimal 5.000 unit per bulan, posisinya seperti flagship tapi nga terlalu flagship juga, mungkin 3/4 flagship lah.. lebih berfungsi sebagai pendongkrak image..

    nah kalo image udah naik, baru penjualan sedikit positif akan naik,, volume maker selanjutnya adalah sport touring 250, walaupun nga sebesar kontribusi dari yg 150, tapi volumenya setidaknya lebih dari k45, dan ini cukup buat menutup selisih penjualan (tahun selanjutnya) dari yamaha yg setipis irisan bawang tadi..

    we will see..

    • Kalau saya justru gak liat 250 cc Honda sbg volume maker… Tp memang bnr sih K45 lbh sebagai product image, produksinya akan sesuai permintaan pasar.. Kalau bagus, efek ke bawahnya yg bermain, CBSF bisa meningkat terus produksinya…
      Tapi kalau 5000 unit, K45 sepertinya bisa lebih… Krn ini 150cc fairing terjangkau pertama Honda, bisa jadi hits tergantung penampakan aslinya bagus dan rapih atau tidak….

  5. Weh mau jadi negara motor mungkin negara kita ini…kalo tiap tahun ratusan ribu motor baru lahir berjejalan….

  6. trademark yamaha… kesalip baru nangis.
    verza sangat menarik scr fungsional. gaya ga jyadul amat, torsi awal joss. kualitas ga buruk amat. hard worker.
    kalo mau jualan tampang yo silakan ke pinggir kasih jalan yg mau lewat.

  7. biar yang pusing orang pabrikan aja …….sebagai konsumen…saya g terpengaruh apalagi sampe mikir gimana2………….yg jelas klo saya mau beli motor milih yg terbaik mnrt saya ( paling laris belum tentu yg terbaik) masih banyak faktor utk menilainya sesuai kebutuhan, tentunya cari2 informasi / referensi dulu di blog2 yg blogernya netral…misalnya blog ini salah satunya.

    • Woooww saya tersanjung edisi 36 hehe…

      Keknya setipe nih, saya ga terlalu terpengaruh merek, yg ptg value sesuai keinginan dan ekpektasi saya….

    • Kalau nyaman menurut ay agak berbeda ya, ada kemungkinan pindah jika produk baru sayap ini tyata tdk sesuai ekpektasi… Gak maksa ttp kudu beli…kalau fanatik mah gak liat merek lain lagi, bagus jelek sikat hehhee

  8. Tandanya semakin banyak bapak2 yg suka ngalangin jalan tuh. Bayangin aja di jalan raya selebar jln daan mogot bawa motor cuman 20 km/jam, dikira jalanan komplek apa?

  9. Woh tinggal nunggu waktu kayaknya apalagi plan kerawang udah tahap finising yg katanya bakal buat produksi khusus semprot,apalagi mindset motor irit ya honda sangat kuat

  10. buat ane beli motor tuh kayak beli tamiya, pilih motor yang part2 3rd partynya buanyak, kek byson, gak usah nyari partmotor udah banyak yang nawarin.

  11. keknya yimm bakal mentok produksinya, kudu bikin pbrik baru biar ga indent mengular. kl skrang ahm yg mentok produksinya karna cm 1 line sport.

  12. Betul sis Yogas …
    Itu belum termasuk CBR150R CKD ala AHM dan next year CBR250RR V-Twin ala AHM juga. Namun YIMM pun belum memasarkan R15 dan R25 secara masif kan ? Sejauh ini masih inden dan dikirim sedikit sesuai kapasitas produksi.

    Lain cerita dgn CBR150R CKD, kayaknya begitu launching langsung siap ribuan unit. Beda strategi dgn YIMM yg memajukan launching meski produk tersebut belum digeber produksinya, bahkan R25 baru akan diproduksi semester 2 ini. Istilahnya YIMM mau memancing rasa penasaran publik utk sejenak berhenti dan mengalihkan niat utk R15 dan R25.

    Yang jelas AHM sangat mampu sekali utk menjungkalkan YIMM dari singgasana sport, promosi gratis via gelaran MotoGP yg ternyata lebih banyak Repsol Honda Team yg memenangkan. Padahal YIMM berusaha keras ber-marketing ria di situ via acara MotoGP, kuis, dan nobar di sejumlah kota dgn memboyong R15-nya.

    Sebetulnya momentum ada di AHM, sebagai langkah awal tentunya dgn launching CBR150R CKD dan All New Vario 150. Utk CBR250R V-Twin tahun depan saja. Toh R25 pun baru diproduksi semester 2, jadi ndak terlalu ketinggalan amat.

      • Yup
        Ntar juga lambat laun CB150SF bisa kalahkan NVL. Minusnya CBSF hanyalah ban yg kurang lebar dan tutup tangki “jendol”. Sisanya bagus kok, headlamp oke, 6 persneling, DOCH. Makin banyak terlihat di jalan sekarang, populasinya meningkat.

  13. selama blm ada yg sekelas perja, Yakin sy mah pasti YIMM kesalip. Jgn2 Yimm mulai galau. Mau h2h vs AHM geber MArket share apa mau Jualan di kelas segmentif ala Kaoskaki. ujung2nya duit vs gengsiiiiii

  14. kejepitttt….honda no 1 di dunia baik mobil & motor laku …mesin honda durabitasnya paling topp..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..