CBR

Mesin New Mega Pro FI Lebih Inferior Dari Kompetitor? Masbuloh?

NMP-FI

KBY – Honda Megapro PGM FI telah hadir, dengan sederet perubahan mengiringi kemunculannya ke khalayak umum. Tapi ada satu hal yang mengganjal, dari sisi KBY dan mungkin saja pertanyaan yang sama juga muncul di benak pengunjung blog terpencil ini. Kenapa saat sudah menganut pengabutan bbm secara injeksi kok power dan torsinya malah menurun?

Padahal jika ditelisik melalui spesifikasinya, kapasitas mesin naik walau hanya 0,3cc dari Megapro karbu lama. Oia kalau dilihat stroke alias langkah pistonnya juga ada penambahan 0,4mm dari 57,8mm menjadi 57,84mm, secara teori dangkal sih torsinya harusnya ikutan naik seperti BBM dan dollar hehehe. Sedangkan kompresi tetap sama.

NMPFI spek
Spek FI
Spek karbu
Spek karbu

Sebagaimana brosur, tenaga terpangkas dari 10,1 kW (karbu) menjadi 9,8 kW (FI), torsi awalnya 12,8 Nm (karbu) menjadi 12,3 Nm… lumayan drop 0,5 Nm loh. Simak spek Verza berikut ini:

Spek Verza
Spek Verza

Mesin Verza identik dengan New Megapro bahkan Megapro FI hanya sedikit lebih powerless dari keduanya dengan bobot lebih ringan. Malahan torsi Verza lebih nonjok daripada Megapro FI.  Nah sekarang bicara power to weight ratio atau sering disebut juga PWR.

Berat kosong Verza: 129 kg, Power: 13.21 PS. PWR = 0,102

Berat kosong NMP karbu: 136 kg, Power: 13,73 PS. PWR = 0,101

Berat kosong MPFI: 135,5 kg, Power 13,32 PS. PWR = 0,098

Nahhh bagaimana jika dibandingkan dengan rivalnya sesama air cooled yaitu Byson? Simak nih speknya.
image

Terlihat ternyata PWR Byson adalah sebesar 13,73/137 = 0,100. Jadi secara hitungan, Megapro FI adalah yang paling buncit. Well itu memang hitungan di atas kertas, dan belum ada satupun dari motor di atas yang pernah KBY coba. Weleh buta dong? KBY out of opinion bahwa yang paling masuk akal untuk sementara ini alasan speknya malah menurun adalah karena demi efisiensi bbm, yang penting power secara keseluruhan tidak drop secara drastis sehingga tidak menjadi masalah besar bagi ridernya.

Kita lihat saja nanti impresi bagi KBY seperti apa saat di tes hari Kamis besok, at least walau tidak seimbang tapi patokannya bisa dari Old Vixion, NVL dan CBSF karena kebetulan ketiganya dah pernah KBY coba, malah Ovi pernah KBY bawa ke kantor PP.

Thanks for reading lads…

About Kobayogas 3423 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

58 Comments

  1. teu nanaon gan..
    hari gini bukan nyari kenceng, tapi nyari aman & nyaman –> kalo ane sih
    yang penting dengan pemakaian & perawatan normal (tentu saja sekali-kali heavy duty) jangan sampai ada M A S A L A H K O N Y O L kaya si cibi apa cebong apa cabe apalah itu nama sepupunya sebodo amat lah!!!

  2. nmp fi ngejar irit om kobay 😉

    nitip info om, smoga berguna (siapa tahu bsa buat bahan artikel) 😀

    ada supermoto mesin plek dan pke vixion yaitu anak perusahaan honda = Honda Montesa (pke blok vixi) kerjasama minarelli (anak perusahaan yamaha)

    seandainya fbnya tahu wkwkwk

    tmbahin http : // w

    ww.motot.net/wiki/HM_CRM/CRE

    ww.ecees.org/hm-crm-f-125-x/

  3. sangat ironis….
    ditengah koar2 fans beha soal honda paling superior dan palig powerfull dan [paling paling lainnya….

  4. pernah lawan new mp karbu boncengan pake f1zr. motor saya mentok di 110kmh. mp kesusul ngak bisa ngejar. tapi ngak tau ridernya emang udah gaspoll pa blum. sbelum nya tu mp motong saya dan motor2 lain yg didepan.

  5. yang ributkan masalah naik turunnya power itu rata2 orang yg gak punya atau belum pernah merasakan bro,coba tanya yg pake.. kayaknya mereka cuek aja tuh, lagian sekencang2nya 150 cc setiap biker tahu dong limitnya,kalo dipaksa bakalan pendek umur mesinnya,jadi kadang diubah… kalo pengen yakin sih,coba aja dua-duanya baru bikin perbandingannya.
    * cuma opini pribadi 😀

  6. weleh weleh kkkk
    tapi kalo Merknya Honda haram di bilang lemot 😀
    Lemot = Lembut kalo logonya sayap sengkleh
    Lembut = Lemot kalo logonya garpu karat :mrgreen:

  7. sekenceng-kenceng motor NMP Karbu/Injeksi, ga akan tembus lebih dari 130kpj, dengan kondisi “standariyah” pabrikan 😀 toh, peruntukan motor 150cc – 200cc, BUKAN untuk “speed oriented”, tapi lebih ke “Fun to Ride” 😀

    kalo memang dirasa kurang mempuni versi ‘standariyah’ dari NMP Karbu/Injeksi, ya silahkan modikasi mesin/pengapian ringan aja. Porting n Polish, Busi Platinum, Jetting Karbu/Setel CO Injektor dibikin basah dikiiiiiiiiiiiiiiiiit dan Koil TiRev, Ane rasa cukup kok, kalo Ane sih rombakan 4 item itu di NMP Karbu Ane, sudah dirasa cukup 😀 kalo urusan Koil, do with your own risk, takutnya salah hehehehe

    imho 😀

  8. yg paling faham strategy bisnis ya HONDA sendiri. dan memang terbukti paling TOP dlm bisnis otomotif. belum ada dlm sejarah yamaha bisa ngalahin honda dimanapun

Yuk Tinggalin Jejak Lads..