Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski demand alias permintaannya secara global belum mendekati mesin konvensional alias mesin bensin, namun motor listrik kini semakin dilirik. Pabrikan raksasa asal Jepang pun “dipaksa” ikutan, termasuk Honda. Wuyang Honda telah memperkenalkan 3 motor listrik baru untuk model global Honda di tahun 2023, kini mereka merilis produk skuter listrik khusus untuk pasar domestik dengan label Honda UGO GT 2023. Molis baru ini merupakan kembaran Honda EM1 e: dengan kearifan lokal China tapi hadir dengan desain yang lebih sporty, fitur lebih lengkap termasuk rear disc brake dan juga lebih canggih karena bisa connect smartphone.

Pada perhelatan IIMS 2023 kemarin ini, AHM memboyong motor listrik terbaru yang diberi nama Honda EM1. Motor ini belum dijual resmi, hanya sebatas flexing untuk di perkenalkan dan mengetes ombak pasar EV di tanah air. Karena versi standar, motor ini memiliki kesan inferior jika melihat spek dan fiturnya. Ditambah adanya rumor jika motor listrik Honda ini akan dijual dengan harga sekitar Rp. 25 jutaan, hmm.. memang sih nama Honda, tapi tentunya calon konsumen punya ekspektasi lebih akan motor listrik pertama Honda jika mereka akan membelinya.

honda em1 ugo

HONDA UGO GT 2023

Cina, merupakan market motor listrik yang menggeliat luar biasa dalam kurun waktu 3 tahun ini.. Ingat motor terlaris di dunia tahun 2021 lalu? Nomor satu memang masih Honda, namun tengok di posisi ke dua, ada nama Yadea! Ini versi jumlah di dunia loh.. dan angkanya gak kecil, 4.8 juta unit! Hampir bisa dipastikan jumlah ini sekitar 80 persennya pasti di pasar lokal..

10 Merek Motor Terlaris Di Dunia 2021, Nomor Dua Mengejutkan!

Artinya apa? Honda – yang diwakili oleh Wuyang Honda – sangat paham akan prospek sepeda motor listrik di Cina. Oleh karena itu, kalau hanya berbekal Honda EM1 doang pasti tajinya akan berkurang dan konsumen lokal di sana bisa bisa gakan melirik produk ini. Maka lahir lah versi yang lebih sporty dan canggih berlabel U-GO GT!! Apa saja perbedaannya sih?

HONDA U-GO GT vs EM1

Sekarang kita coba bandingkan kedua produk skuter listrik tersebut. Sekedar flashback, basic Honda EM1 adalah Honda U-GO yang dimana sudah lebih dulu rilis di China pada tahun 2018 silam, dan baru tahun 2022 kemarin motor ini diboyong ke Eropa sebagai produk global dengan nama yang berbeda, yakni EM1 e:. Bisa dibilang di Cina lah skutik ini lahir.

Honda UGO GT 2023

Keduanya menggunakan basic desain yang sama, termasuk mesin yang berada di hub/as roda belakang serta rangkanya dengan dek rata seperti skutik konvensional saat ini. Bedanya ada pada system charging dan model baterai, jika Honda U-GO versi standar menggunakan model fixed dengan direct charging, sedangkan Honda EM1 menggunakan model power package yang bisa dicopot, ditukar dan diisi ulang di tempat pengisian khusus yang terintegrasi.

LEBIH POWERFUL

Tapi ada yang berbeda dengan Honda U-GO GT versi 2023 yang rilis di negeri Tiongkok ini, dimana skuter listrik tersebut kini menggunakan 2 buah baterai Lithium ion dengan kapasitas yang lebih besar yakni 5000W 96(V)/30(AH). Sehingga Honda UGO GT diklaim mampu mencapai jarak 150 km dalam sekali ngecas (dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam) dan top speed kini mencapai 86 km per jam. Not bad..

Tentu saja menjadi lebih baik dibanding EM1 EV yang hanya bertenaga 1200W dan topspeed 53 km per jam saja. Tak hanya itu, UGO GT juga dijejali dengan fitur yang lebih lengkap. Sebut saja jika EM1 masih pakai kunci kontak mekanis biasa laiknya Honda Beat series, si U-GO GT sudah pakai smart key system alias keyless.

LEBIH CANGGIH

Dari smart key atau keyless, kita beralih ke bagian dashboard, area dimana pengendara akan sering melirik ke sana, apalagi kalau bukan speedometer. Yak kali ini speedometernya jauuuhh lebih keren!! Jika sebelumnya hanya bulat laiknya Honda Genio 110, kini bentuknya persegi 6 seperti milik Yamaha R25.. Yang jelas jauh lebih enak dilihat hehe.

Honda UGO GT 2023 speedo

UGO GT 2023 terbaru juga lebih canggih dan modern karena sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi cerdas Wi-Box yang dikembangkan sendiri oleh Wuyang-Honda. Waah, kapan Honda AHM nelurin hal yang sama nih wkowkwokwok…

Honda UGO GT 2023 connected

LEBIH STYLISH

Dari segi desain, UGO GT juga lebih sporty dengan stripe grafis yang lebih dinamis. Dan untuk menunjang tampilan secara keseluruhan, area setang alias kemudi juga mendapatkan revisi, jika EM1 pakai pakai cover batok sedangkan U-GO GT terlihat aura adventurenya berkat stang model telanjang ala motor petualang, yak jadi mirip dengan Honda Beat Street jika di Indonesia.

Gaya sporty juga bertambah berkat penggunaan rem belakang cakram alias rear disc brake.. beuhhh Aerox aja kalah ini maaahh.. Fitur unggulan lainnya seperti double shock belakang, rem cakram depan, velg model castwheel, lampu serba LED, serta bagasi luas dibawah jok masih dipertahankan.

HARGA HONDA UGO GT 2023

Untuk harga Honda U-GO GT versi 2023 ini pihak Wuyang Honda membanderolnya dengan harga ¥19.900 atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya ada di angka sekitar Rp. 44jutaan. Model ini dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna merah dan kuning.

Kalau di Indonesia hadir dengan status lokal, kemungkinan harganya bisa mirip mirip sih.. So ini motor listrik yang tampil dengan penuh gaya, lebih ke flexing dibandingkan fungsionalnya, menarik sih hihihi…

Honda UGO GT 2023 yellow Honda UGO GT 2023 red

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini