Kobayogas.com – Hola lads, salam begerrrr eh geberrr.. Akhirnya masa penantian selama 15 tahun itu lunas sudah!! Ducati kembali menjadi juara dunia lagi..!! Sejak dipersembahkan oleh Casey Stoner pada 15 tahun lalu atau tepatnya di tahun 2007 lampau, Ducati tak pernah menjadi juara dunia lagi – hingga tahun 2022 ini.. Sudah sangat banyak dana digelontorkan sejak saat itu dan banyak juga pembalap hebat yang berkali kali gagal dalam usaha merengkuh juara dunia.. hingga Francesco “Pecco” Bagnaia lah yang akhirnya mampu meraihnya dengan usaha terakhir di MotoGP Valencia yang menjadi seri penutup MotoGP musim 2022 ini..

JUARA DALAM KETIMPANGAN?

Meski sudah menjadi juara dunia namun banyak pengamat – yang selain mengucapkan selamat – juga memberikan komentar bahwasanya juaranya Ducati dan Pecco Bagnaia di musim 2022 ini belum 100 persen karena kehebatan mereka.. Maksudnya gimana ya?

Jadi menurut mereka, Pecco dan Ducati belum tentu bisa juara dunia apabila Honda dan Marc Marquez dalam kondisi 100 persennya.. Wah ini mah rumus andai andai dong? Iya sih.. jika, andai, apabila, kalau wkkwkw.. Ini sih artinya berlaku buat juara dunia 2020 (Marc mulai cidera) dan 2021 (Marc absen full). Ah juara dunia ya juara dunia sih, apapun yang terjadi di belakangnya.. ya gak lads? Yang penting gak curang!!

Eh tapi bicara kecurangan, Ducati juga sering diledek menjadi tim yang curang – dalam arti menjadi anak emas Dorna sejak beberapa tahun belakangan. Utamanya karena mereka banyak diberikan privilege dalam mengembangkan motor terutama dari sisi aerodinamika .. Mengapa? Karena selama ini, kalau pihak tim Jepang yang melakukannya duluan (inovasi), sudah hampir pasti bakal ditolak Dorna mentah mentah wkwkwk.. Entahlah, faktanya sih gitu..

Jadi mau gak mau tim Jepang ini jadi “pengekor” dari sisi inovasi aerodinamika.. seperti melihat dulu Ducati ngapain, bikin sesuatu kemudian disetujui, baru deh mereka ikutan wkwkkw.. Ya lah daripada duluan dah yakin bakal mentok dari sisi perijinan kan..

However, jalannya balapan cukup seru meski minim aksi salip menyalip terutama di 10 lap terakhir.. Justru di lap lap awal yang beringas, sampai adanya sentuhan fisik antara Fabio Q vs Pecco yang mengakibatkan salah satu winglet Ducati besutan Pecco copot – dan ini yang disinyalir membuat dirinya tak bisa perform all out..

Fabio sendiri tidaklah buruk, pembalap andalan Yamaha ini kembali menunjukkan bahwa mental-nya sudah kembali di dua race terakhir.. Tetap tenang dan meskipun gagal podium namun posisi ke 4 sudah lebih baik dari Pecco yang berada di posisi ke 9..

Marc Marquez kembali gagal podium setelah crash di posisi ke 4, disusul oleh Jack Miller yang ikutan jatuh padahal sedang di posisi ketiga..

SUZUKI JUARA DI PENUTUP MOTOGP 2022

Meskipun yang juara dunia adalah Pecco Bagnaia, namun yang mengharukan adalah tampilnya Alex Rins yang all out di MotoGP Valencia ini.. tak ada kesalahan sedikitpun!! Memimpin sejak lap 1 hingga akhir, Rins dapat dikatakan menjadi juara sejati di sini.. suatu kado perpisahan yang sangat indah dan berarti bagi Suzuki dari Rins.. ugh kok sedih ya.. hiks..

Hasil Akhir Di Valencia 2022

  1. Alex Rins
  2. Brad Binder
  3. Jorge Martin
  4. Fabio Quartararo
  5. Oliveira
  6. Joan Mir
  7. Luca Marini

Daftar Juara MotoGP Era Premier

Sementara itu Pecco sah masuk ke dalam daftar juara dunia sejak era berganti menjadi MotoGP di tahun 2002, siapa saja mereka? Cekidot..

Tahun Pembalap
2002 Valentino Rossi (Honda)
2003 Valentino Rossi (Honda)
2004 Valentino Rossi (Yamaha)
2005 Valentino Rossi (Yamaha)
2006 Nicky Hayden (Honda)
2007 Casey Stoner (Ducati)
2008 Valentino Rossi (Yamaha)
2009 Valentino Rossi (Yamaha)
2010 Jorge Lorenzo (Yamaha)
2011 Casey Stoner (Honda)
2012 Jorge Lorenzo (Yamaha)
2013 Marc Márquez (Honda)
2014 Marc Márquez (Honda)
2015 Jorge Lorenzo (Yamaha)
2016 Marc Márquez (Honda)
2017 Marc Márquez (Honda)
2018 Marc Márquez (Honda)
2019 Marc Márquez (Honda)
2020 Joan Mir (Suzuki)
2021 Fabio Quartararo (Yamaha)
2022 Francesco Bagnaia (Ducati)

Itulah lads, hasil MotoGP Valencia 2022 beserta daftar juara sejak era MotoGP dari tahun 2002 hingga 2022.. Sampai bertemu di musim 2023 dengan pertanyaan apakah Marc Marquez akan comeback? Atau Yamaha melakukan improvement signifikan dan menjadi juara dunia lagi, atau.. kembali Ducati mempertahankan gelarnya?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

50 KOMENTAR

    • Statement pelipur lara yang sangat tepat!!!??. Ane sebenarnya berharap DiaNgaplo podium 1 disini, sayangnya Sijuka Inline KW itu membuyarkan segalanya ,??,..jadi gagal deh ngeliat orang mabok maki2 di dashcam ,??? hehehe

    • Apa niat Mang Kobay menampilkan statistik 2002-2021? Mau mancing kerusuhan kah?? Atau mau kasi pencerahan ke SmartBenYek bahwa Hahon masih diurutan 1 (baca: satu) dalam peraih kemenangan terbanyak??? Ane bertanya2 dalam hati..wakakak

    • Ktm, aprilia, ducati, yamaha, suzuki semua udah kebagian juara seri. Cuma pabrikan kampas rem mbit yg kagak kebagian. Rugi bandar cakk ?

    • Juara dunia tetaplah juara dunia .
      Tapi tidak dipungkiri , berjibaku melawan Marc full musim dan bisa menang adalah bukti rider tsb memang pembalap hebat .
      3 rider dan pabrikan berbeda dalam 3 tahun , juga bukti bahwa rider dan pabrikan belum ada yang ‘ sedikit ‘ mendominasi .
      Moga musim depan kita bisa lihat yang sesungguhnya ?
      Sayang…Suzi dah ga da .
      Apa Yhm butuh syarat lagi ?
      ?

    • Sekalian statistik dari tahun 1990 biar keliatan ada pabrikan yang 13 tahun ga jurdun, wkkkkkkk

  1. Congratss Pecco!! Tapi benchmark ternyata masih kalau Hahon Mamakes 100% ya????. Faktanya sih memang 3 tahun terakhir belum ada jurdun yang back to back… Can’t wait 2023 season.

    • mm93 kan lagi bantuin tukang bangunan, kan lagi bangun istana yg sebentar lagi dipake leha² menikmati 8 titel jurdun. gak usah sedih ya cuk ?

    • Yang lain biar sibuk ngejar gelar juara ( bersyarat ) , Marc lagi sibuk persiapkan motor musim depan.
      Dari 2013 Marc itu hobi main pasir …kok masih aneh saja di 2022 ini ya .
      Jangan ditutup faktanya…bahwa hobi main pasir bisa punya 6 gelar malah ?

  2. Berharap kaya 2013, waktu lorenzo posisinya sama kaya fabio,
    Beberapa lap awal JL ngelambatin racepace waktu lead di depan.
    Eh ternyata Marc ga bisa ke distract, ya udah ngacir aja deh dia, jadi biarpun Marc ending nya jurdun, tapi lorenzo masih bisa dangak tinggi naik podium tertinggi di akhir musim.

    • Memang berat buat siapapun saat Marc tsb selalu hampir ada di tiap seri.
      2013 Marc sudah menunjukkan hobinya main pasir , gak main2 termasuk banyak bolos k gravel Tapi masih bisa keluar sebagai juara dunia . ?

  3. 13 lap to go…
    Puol gasss puoll….

    6 lap to go puoll gas puoll …… Sampe ngeden

    Pecco pura2 jatuh juga ga ngaruh.

    Puoll gas puoll .
    Akhirnya mewek juga di Paddock
    ?

    • Terbukti hanya euforia Vale46 yang bisa “membantu” jualan Yiamaap dimasa jayanya.?…KorengJo dan DiaNgaplo tak sukses menarik animo..yekan? Lhaa Team46 malah pakai Ducita kok gak yang mesin biru2? Alamat gagal marketing lagi kah kalau begini?? Semoga nggak lah ya…

      • Hnda hanya ketolong jualan nya oleh ngastra, tanpa ngastra H hanya selevel suzuki jualan nya di global baik motor dan mboil nya ?

        • Jualan motor Hnd d dunia udah nyentuh 10 juta.
          Yahama masih diangka 2 jutaan
          Puoll gas puoll
          ?

  4. Semakin didepak udah luntur di motor , gak lama lagi luntur juga yg di wearpack
    Puoll gas puoll…..
    Mewek digarasi ?

  5. Astra hebat ya..bisa menolong brand global ?..tapi kok gak tertarik mereka terhadap Yiamaap produk Sang Sulthon Semart??…aneh!! Ehh tapi gak juga sih, masyarakat non-smart dan Mbenyek juga gak nolongin. Termasuk yang punya warung dah gak beli lagi ni produk semart..ntah knapa..uppsss??? #prok3x

  6. BTW PaittJo apa kabarnya? Kok masih jarang visual di jalan? Ketinggalan jauhh dengan Sikupi yang jadi kompetitor langsungnya, bahkan masih seringan ketemu Paria160 yang beda genre dan lebih mahal…apa terjadi????. Mang Kobay bantu beli satu napa? Jangan shalawat mulu…wakakak.

  7. Rossi sbg owner tim VR46 tidak pernah pakai seragam ducati ya, hmmm memang aura sulton sulton Y terlalu kuat ?

    • Intinya dia lebih yakin adiknya si Luca bisa bersinar pakai Ducita..yekan? Liat aja kemarin langsung deh pecicilan ama Peco. Paddock biru kabarnya (dari warung Beneran) langsung matiin TV lantaran ngenes liat selebrasi Ducita???..faktanya margin unggul 91 poin hanyut ke laut…so sad

  8. 6 lap lagi…..
    Puoll gas puoll
    Croooooottt …… Pecco mereng miring santai d belakang.

    Akhirnya puoll gas puoll….
    nangis bombay di Paddock
    ?

  9. Udahan ni? Gitu aja? Gak asik!!! Hehehehe?..akhir kata ane sampaikan..yang utama itu bantu beli bukan sekedar jurdun yaaaa…taon kemaren juara motobiji dan wesbeka tapi
    jualan tetap mentok aja sampai2 Myong S(ekarat) kena penggal..kesian kannn

  10. Yah sudah dibahas ama om kobay… Kenyataanya emang gitu om.. ini salah satu misi dorna menjadikan brand eropa jurdun.. dengan segala cara termasuk ECU made in italy yg dipaksakan utk motor2 jepang.. ya wajar ducati jadi motor terbaik segrid…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..