Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Akhirnyaaaa, selubung itu dibuka juga, eh maaf telat ya, pengen segera bikin tapi ingin memastikan sudut ke sudut dari skutik gede ini.. Skutik besar berkapasitas 250cc 1 silinder terlaris di Indonesia, Yamaha XMax 250 diperkenalkan ke hadapan khalayak di IMOS 2022 hari rabu 2 Nopember 2022 kemarin!! Menjadi saksi langsung melihat unitnya di depan mata, seperti apa sosok keluarga maxi Yamaha di kelas 250cc tersebut? Apakah masih sesuai dengan yang opini pada artikel artikel sebelumnya? Nah ini dia first impression dari Yamaha XMax 250 2023 baru!! Menurut KBY sih ini fix bakal ngehits lagi seperti pendahulunya!

Untuk sementara lupakan andai andai seperti – andai saja Honda Jepang memberikan lampu hijau kepada AHM untuk melokalkan Forza, karena itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat dan faktanya, hanya Yamaha X-Max 250 yang merupakan produk lokal dan menjadi pusat produksi untuk area Asia (beberapa sumber menyebutkan termasuk eropa).

Kuy gaskeun bahas skutik bongsor yang ternyata harganya cuma 66 juta saja!! Kirain bakal tembus 70 jutaan loh mengingat perubahannya yang signifikan.. Mantapppp. Yang mau nonton videonya langsung di bawah ini..

FIRST IMPRESSION YAMAHA XMAX 250 2023

Tidak ada yang berbeda! Antara XMax 300 eropa yang sudah rilis lebih dulu dengan Yamaha X-Max 250 2023 Indonesia.. Yak kecuali kapasitas mesin pastinya. Artinya GPS-nya pun masih diberikan, dan gak main main GPS-nya diset up oleh Garmin! Wah jaminan nih..Layar GPS tersebut berada di speedometer bagian bawah yang sudah TFT display..

Yamaha-XMAX-2023 speedometer

DESAIN

Well ok, let’s be fair, mungkin karena efek foto sebelumnya, ekspektasi dan bayangan KBY adalah seperti pada kakaknya, si T-Max, tapi begitu melihat langsung baru deh sadar kalau kelasnya memang berbeda wkwkkw.. Sooo memang tidak wow banget – karena ekpektasi di awal tersebut – tapi sudah layak dapat acungan jempol.. Bagian plastik yang dulu terkesan besar dan lebar karena pengaplikasian speedometer analog, kini mengecil dan Yamaha menurut KBY sudah sukses untuk “menyembunyikan” kekosongan tersebut.

Bagian pengoperasian saklar operasional terdapat banyak perubahan, KBY gak terlalu ingat satu persatu, tapi yang jelas beda.. terutama di setang bagian kiri. Bagusnya, tombol dan saklar tersebut dihiasi dengan warna piano black.. cantik dan mewahnya dapat!!

Dari sisi material plastik dan juga cat, di mata KBY tidak ada perbedaan dengan versi terdahulu yang mana memang sudah baik.. Hanya saja jika diperhatikan, panel bodi di XMax 250 2023 sekarang ini lebih banyak yang kena labur cat dibanding plastik hitam kosong/ mentah.. Nice!!

Bagian depan alias muka, memang sangat bisa debatable sih, di versi terbaru ini terlihat lebih dower ke bawah dibandingkan versi lama yang lebih tirus.. Mengapa? Itu karena Yamaha membuat efek huruf “X” pada DRL dan garis lampu utama.. jadi garis ke bawah samping itulah yang membuat efek melebar. Efek langsungnya sih seperti satria berwajah angkuh/ arogan..

Xmax 250 2023

Bodi samping hingga ke belakang, terlihat bahwa Yamaha memperbaiki ergonomi bagi penumpang yang sering diledek turun dari XMax kaki ngangkang akibat terlalu lebar.. wkwkkw.. Nah ini dibagian bodi samping dimana biasanya paha sampai lutut menempel, kini terlihat lebih ramping dengan lekukan ke dalam..

Yamaha Xmax 250 2023

Mantapnya, dari sisi kapasitas bagasi ternyata alih alih mengecil akibat bodi samping yang dibuat ramping tersebut, malah menurut mata KBY sih lebih besar.. tepatnya mungkin lebih panjang kali ya.. kalau yang lama lebih lebar memang.. cmiiw..

KBY persingkat, secara umum dari sisi desain dan penampilan, Yamaha XMax 250 2023 ini gada cacatnya, masih sebaik dahulu dan bahkan lebih baik.. iya lah namanya juga All New kan.. Pendekatannya memang berbeda dari sang rival Forza yang flamboyan dan elegan, Xmax menetapkan garis desainnya wajib sporty, makanya banyak garis garis tajam sepanjang tubuhnya..

lampu rem Xmax 250 2023

Mungkin ini debatable, di satu sisi KBY ga masalah dengan bentuk brake lamp NMax ya, sayangnya di X-Max malah dibuat mirip.. Maksud KBY andai dibuat berbeda meski masih satu nafas.. Soalnya dari jauh bisa saja dianggap NMax wkkwkw.. Itu doang

FITUR

Meski tak sempurna – kalau dengerin keinginan pengamat gakan ada habisnya wkwkwk – tapi area panel meter Yamaha layak diberikan jempol dan apresiasi.. Memang bisa lebih baik dari sisi cover plastik yang mungkin bisa dibalut plastik glossy black piano, tapi kembali lagi ke kebijakan harga, tentu saja tidak akan bisa mencapai harga kompromi.. Meski KBY pikir, untuk kaum di level ini, nambah 2-3 juta lebih mahal asal lebih mewah gak masalah..

Oke ke fitur.. dah lah ini mantap abis.. Kalau melihat dari apa yang ada di speedometer dua tingkat tersebut, bagian atas konsisten untuk speedometer – mantau kecepatan, dengan informasi lainnya seperti odometer, trip 1 dan trip 2 serta fuel bar.. Yang bisa dirubah hanya tripmeter saja.. Sayang displaynya mengingatkan pada NMax lawas facelift..

Xmax 250 2023

Nah yang bawah barulah bisa disebut full function, dari GPS, rubah mode display, average speed, average BBM, mengatur musik, termometer, temperatur mesin, trip time, accu/ baterai, lengkap lah.. juga display-nya bagus meskipun bisa lebih tajam, sepertinya bisa disetting sih kontrasnya..

ERGONOMI

Tidak ada isu di sektor ini, masih 11-12 dengan yang lama, joknya kalau dirasakan sedikit lebih ramping dari yang lama ya.. lebih ergonomis bentuknya dan tentu saja, tetap empuk dan nyaman.. Kalau posisi riding sih sama lahhh.. bisa disetel pula kan posisi setangnya.. santai atau agak racy/ sporty..

Xmax 250 2023

HARGA

Ini dia kejutan sebenarnya.. dengan segala yang baru termasuk kini lampu lampu ALL LED, Yamaha hanya memberikan kenaikan sebesar 3-4juta..! Harga terakhir itu KBY lupa.. sekitar 62 jutaan.. Kirain dengan banyak hal baru, harga Yamaha XMax 250 2023 bakal 70 juta lebih atau mepet 70 juta.. Ternyata gak.. Hanya 66 juta saja untuk semua warna dan tersedia satu varian saja..

Nah apakah kenaikan 3-4 juta tersebut menurut lads worthy? Mangga komentarnya.. sementara itu, Allahuma sholli ala Muhammad..

Xmax 250 2023

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

22 KOMENTAR

  1. Wah…gagah mang kobay diatasnya .

    Ada peningkatan sih , dari obeng sekarang pake kunci L

    Kapan tes Drive mang kobay ?😂

  2. Apakah teori sinting delman masih dianggap laku di segmen 250? Setau ane sih sekarang tinggal sintingnya aja😂. BTW nice try lah.

  3. Dulu mang kobay gk kadi beli xmax gara-gara bentrok sama cbr250rr

    Nah di facelift kali ini,bakal beli gk mang?
    Atau bentrok kebutuhan si sena sama adiknya? wkwkwkwkw

  4. Mang… Mang… Mau nanya..?
    Kenapa sih mang kalau cewek naik xmax duduknya posisinya miring semua kaya difoto mang kobay…
    Jawab ya mang..???

    Awas lho kalau jawab pake nada CEPMEK gue sleding pake velg palang purba…

  5. Keren sih , nunduk lampunya dah kayak adv atau v125 , nanti facelift tinggal pasang lampu tanduk atau alisnya 😂

  6. Yang biru lipatan perutnya ga banget ini mang. Dah gaskeun beli satu, ajak nyai touring ke undip jenguk si sulung. Jgn lupa lwt jln. Tol Kahyangan Wonosobo, tapi rem kaliper ganti dulu nissin samurai depan blkg

Yuk Tinggalin Jejak Lads..