Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Krisis atau mungkin tepatnya masalah global yang sedang dihadapi Suzuki terkait diesel gate (baca: Kasus Diesel Gate Suzuki) memang membuat pabrikan berlogo S asal Hamamatsu ini harus mengetatkan ikat pinggang guna persiapan dana yang sangat tidak sedikit dalam kasus tersebut. Selain imbas ke MotoGP yang sudah mengumumkan secara resmi mereka mundur di akhir musim 2022 ini, untuk lokal pun juga efeknya terlihat. Tidak terlihat adanya booth motor Suzuki di PRJ 2022 alias Jakarta Fair tahun ini!

Padahal bagi kebanyakan pabrikan (otomotif), mungkin saja tahun 2022 ini menjadi kebangkitan mereka dalam mencari cuan. Terutama mengingat akibat pandemi C19 yang membuat ajang pameran atau pesta rakyat seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) absen selama 2 tahun, 2020 dan 2021.

burgman street 125 di PRJ

Yak, PRJ alias Jakarta Fair memang baru diperbolehkan kembali diselenggarakan pada tahun 2022 ini lads, mengingat potensi kerumunan di pesta rakyat Jakarta tahunan ini sangat masif dan luar biasa. Jadi wajar kalau banyak pihak pabrikan semangat dan membuka booth di PRJ tahun ini, tak hanya otomotif, pendukungnya seperti aksesoris dan apparel bahkan fashion serta makanan pun kembali memeriahkan Arena Pekan Raya Jakarta.

Pada hari Kamis 9 Juni kemarin, KBY memanfaatkan waktu setelah kelar dari acara Kawasaki (baca: Kawasaki Rilis KLX 230 2022) dengan berkeliling melihat lihat arena PRJ.

Pada dasarnya lokasinya sama dengan IIMS 2022 kemarin, tapi lebih ramai dan lebih padat sehingga terlihat siap untuk meriah lads!! Kalau masuk dari pintu utama yang ada patung Soekarno, di sebelah kanan langsung disuguhkan Booth Honda, di sebelah kiri ya musuh abadinya, Yamaha wkwkw.. Posisi ini seingat KBY gak pernah berubah dari tahun ke tahun di PRJ.

Memilih untuk melewati gang Honda dulu, selain pabrikan sayap kepak, lads akan bisa melihat Adira Finance di sebrangnya Honda, kemudian helm world class KYT, ada juga INK dan NHK. Juga banyak boot makanan seperti Kapal Api atau Orang Tua.

KBY fokus mencari booth otomotif sih tepatnya. Akhirnya menemukan NIU, motor listrik dari Cina yang lagi booming karena menempati posisi 10 besar di dunia dengan pertumbuhan tertinggi (baca: Merk Motor Terlaris di Dunia 2021). Niu satu booth dengan Italjet (baca: Skutik Sultan Italjet Dragster 200).

Sebelahnya ada Keeway barengan dengan Benelli. Tentu saja Kawasaki juga ada di sana. KBY cari cari Suzuki, juga Piaggio Vespa, pengen liat liat.. Tapi setelah muter muter gak ketemu Suzuki!! Wah beneran lagi berhemat ya Juki.. hiks.. Masuk ke dalam gedung (hall), siapa tau mereka ada di sana, eh gada juga!

KBY malah nemu mobil-mobil seperti Honda, Toyota, Mitsubishi dan Wuling. Suzuki mobil ada loh, majang XL7 sama Carry yang terlihat.. Tapi Hyundai juga gak ada sih, begitu juga Mazda dan Daihatsu. Motor yang ada di hall malah kaya SYM, SM Sport, WMoto dan CFMoto loh, TVS juga ada di hall ini.

Fix, gada Suzuki – semoga KBY salah, siapa tau ada tapi kelewat, gada Piaggio Vespa Family juga.. kalau Vespa family ya udah lah ya, konsumennya juga bisa dibilang agak berbeda. Kalau Juki? Sayang banget gak manfaatin momen ini.. Mungkin juga bingung karena gada produk motor baru buat dipajang, jadi mending saving… GWS juki..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

17 KOMENTAR

  1. Suzuki ini mirip Sony di smartphone, otak para prinsipalnya pada kolot, dipikir mereka apapun yg mereka bikin bakal dibeli sama fans fanatiknya

  2. Harusnya disaat mereka BUTUH duit. Di saat itu pula jualan harus digenjot. Bikin promo gede2an. Diskon dan laiinya.

  3. Suzuki kyk ny hrus gnti semua manajemen ny..
    Dr burgman smpe saluto yg byk peminat ny kgk dilaunch.. malah kecolongan sama Yamaha fazzio yg hrus indent

    Dlu sblm mutusin beli nmax ud 1 thn tgg Suzuki burgman krn rumor2 ny mau masuk Indo Tau ny smpe skrng kgk launching2

    • Setuju sih, terutama dari akar juga… (Jepang).

      Lah Itayama San lagi mimpin bagus tiba tiba dinaekin jadi direktur yg harus urus dua kaki (2w 4w)… Trus tiba tiba pindah ke divisi lain yg gak nyambung sama otomotif.

      Padahal gebrakan beliau nyata itu dan lagi bergerak positif…

  4. Kalau Vespa (PT.Piaggio Indonesia) lagi fokus ke event akbar Vespa World Days di Bali.. Kalau Suzuki ya gitu lah,,, Indomobil grup jadi sapi perah politik?

  5. Apakah itu tanda2 kalau tahun depan Suzuki bakal cabut juga dari pasar roda dua di tanah air, seperti cabutnya mereka dari MotoGP ?

  6. juki2 kapan bangkitnya ini. kl pameran aja ga ikut keknya emang gaada rencana masukin line up baru juga. paling ngga 2022 ini . sedih. Suzi R4 malah hadir ya pdhl kasus diselgate gegara divisi R4. Malah divisi R2 yg paling kena imbas

  7. btw ada tren baru dari brand2 sepeda. skrg udah pada berani bikin / jual motor listrik. yah sebetulnya gak baru2 amat. dan produknya jg keliatannya masih coba2. tapi skrg makin rame. The Big 3 apa gak gatel ya? nyemplung di ebike. tapi bikin produk yg serius tentunya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini