review Hyunda Creta

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Dalam satu dekade terakhir ini perkembangan fitur keselamatan yang ada pada mobil terus berkembang pesat. Kendaraan roda empat alias mobil sendiri tentu banyak kelasnya, dari yang murah alias terjangkau banyak konsumen, menengah, hingga yang super duper mahal dimana hanya kelas shulton doang yang mampu membelinya wkwkkw.. Pun demikian di era saat ini, ada fitur keselamatan yang wajib ada pada mobil modern sekalipun di model atau versi termurah! Apa saja sih fitur wajib tersebut? Cekidot

Saat ini, sudah menjadi kewajiban bagi pabrikan manapun untuk melengkapi produk yang dijualnya dengan fitur keselamatan pasif maupun aktif, dari level termurah hingga termahal yang sampai milyaran pun pastinya ada fitur keselamatan. Dan sesuai harga, makin mahal biasanya sudah makin lengkap, kecuali mungkin untuk beberapa jenis eksotis atau hyper car yang dimana justru menghilangkan beberapa fitur yang dianggap mengintervensi keasyikan berkendara. Kalaupun tidak dihilangkan, biasanya dapat dimatikan atau level intervensinya dikurangi.

Sepertinya kita tidak perlu membahas lebih dalam perihal mobil mobil super mahal yang notabene hanya menjadi impian bagi kaum kaum seperti kita ini, kita? Elu aja kali kang! Wkwkwkw.. Yah intinya yang akan dibahas adalah mobil people carrier dengan harga yang termurah hingga medium dimana seharusnya produk tersebut setidaknya sudah dilengkapi fitur fitur sbb:

test drive Hyunda Creta

FITUR KESELAMATAN YANG WAJIB ADA DI MOBIL MODERN

Ada fitur keselamatan pasif dan ada juga yang aktif.. secara harfiah ya pas dengan namanya. Aktif disini artinya dioperasikan oleh user/driver dan dapat dikatakan selalu dalam kondisi On, misal rem ABS, tidak harus ada impact baru aktif, karena kalau kita injak rem dia sudah standby dalam kondisi engage. Sementara yang pasif ya kaya Air Bags, sensornya wajib aktif dulu baru meletus.

  1. Air Bags

Dalam beberapa produk Toyota di kelas termurah pun SRS Air bags sudah ada sejak beberapa tahun ke belakang, meski kalau KBY pribadi lebih baik dikasih ABS dibanding Air Bags. Ya kali kudu ngehantem dulu baru aktif, kan mengsedih.

test drive Hyunda Creta

2. ABS – Anti-lock Braking System

Baru lah belakangan ini, versi termurah pun sudah diberikan varian ABS yaitu rem anti ngunci, tentu Air Bags tetap ada. Seharusnya keduanya memang jadi pasangan sehidup semati sejak awal.

Harap diketahui, adanya ABS notabene gak bikin rem makin pakem dan jarak pengereman gak bikin makin pendek, pakem akan tergantung kanvas, sementara jarak pengereman akan tergantung traksi ban.

ABS ini fungsi utamanya adalah, kemudi masih bisa dibanting kiri atau kanan bahkan pada saat kaki full menginjak rem. Ban tidak akan terkunci yang biasanya bikin ngepot atau slid, dengan demikian harapannya mobil bisa menghindar dari tabrakan. Gicuw.

3. EBD + BA

Ini biasanya juga sepaket, EBD alias Electronic Brake Distribution atau kadang ada F-nya menjadi Electronic Brake Force Distribution. Fungsinya secara paksa mendistribusikan tekanan atau tenaga rem secara merata ke seluruh ban, ini juga membuat mobil stabil saat melakukan pengereman penuh.

Saudaranya adalah Brake Assist alias BA, dan seharusnya juga satu paket dengan ABS, karena kinerjanya mengandalkan sensor ABS. Dimana ada momen pengendara melakukan panic braking, maka system akan membantu memperkuat injakan tersebut.

4. Kontrol Kestabilan

Banyak namanya tergantung pabrikan maunya apa, ada ESP (Electronic Stability Program) ini biasanya terlengkap karena sudah mencakup traction control), merek dagang Daimler AG, identik dengan Mercedes Benz. Ada juga ESC (biasanya BMW), VSC (Mitsubishi), VSA (Honda), TCS (Toyota) dan lain lain. Ada juga yang cuma Traction Control doang.

Fungsinya sih 11-12 lah, mencegah ban selip dan menyalurkan tenaga ke roda yang membutuhkan, melakukan pengereman, mengurangi tenaga pada mesin dan lain lain. Tujuannya pokoknya meminimalisasi kondisi mobil keluar jalur dan membantu posisi tetap pada tempatnya pada saat kondisi menikung di kondisi licin misalnya.

5. Sensor dan Kamera Parkir

Sudah jelas fungsinya dan memang saat ini kebanyakan sudah jadi standar, setidaknya sensor parkirnya dengan bunyi Buzzerp eh Buzzer. Paling bagus kalau memang sudah diberi kamera, apalagi 360 derajat. Memudahkan saat parkir.

Nah 5 fitur keselamatan di atas adalah yang wajib ada dan sudah seharusnya diberikan. Tapi fitur fitur berikut di bawah ini sebenarnya juga gak kalah wajib, sayangnya memang masih agak mahal sih teknologinya ya, terutama jika sensornya ciamik punya. Pun demikian wajib ada di kelas mobil medium up, yaaa mulai dari 250 jutaan lah. Misal:

  1. Blind Spot Warning/ Monitoring

Menurut KBY ini penting, karena blind spot ini bahayanya juga cukup besar di jalan raya terutama tol. Setidaknya kasih bunyi dan indikator di spion saat ada kendaraan yang memasuki blind spot mobil kita.

Next levelnya, misal mobil 300 jutaan ke atas, barulah kasih yang level monitoring, ini memang terkoneksi pada Head Unit, dan memang ada kamera di spionnya.

2. Lane Departure Assist & Warning

Macam macam lah namanya, LDWS, LDA,  dll.. Kalau ini cocok banget buat yang suka bengong dan ngantukan! Heran juga, dah tau ngantukan dan rajin bengong masih aja nyetir wkwkkw.. Yang KBY rasakan jika mobil keluar jalur dari garis lurus, maka setir akan bergetar dan ada bunyi bunyi peringatan.

Pada next level, setir akan terkoreksi sendiri kembali ke jalur, gas dikendorin bahkan rem ikutan diaktifkan.

3. Pre-Collison Warning & Braking

Ini juga buat yang ngantukan dan teledor, mobil gak direm juga padahal kendaraan di depan sudah berhenti dan makin dekat. Jika kondisi makin dekat, biasanya sekitar 15-30cm maka tak hanya akan ada bunyi peringatan tapi juga rem diaktifkan secara otomatis. Sayang dari semua mobil yang ada fitur ini, gagal semua KBY coba, udah deket banget masa gak ngerem juga, ya gw rem lah, mana mobil test ride pulak wkwkwkw..

4. Pedal Misoperation Control

Ini lebih tepat buat emak emak atau para manula yang udah mulai pikun. Maksudnya ngerem malah ngegas. Nah sensor akan membaca sekitar, masa di depan udah dekat kendaraan, malah injak gas, kan error, makanya diinterupsi oleh system dengan menekan rem. Hanya saja seefektif apa fitur ini, KBY belum tau..

Nah itu dia lads fitur keselamatan yang wajib ada di mobil modern saat ini.. Semoga makin menambah wawasan yesss.. (KBY dari berbagai sumber).

test drive Hyunda Creta

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

11 KOMENTAR

  1. FItur keselamatan yg wajib ada pada mobil modern adalah (maaf) otak dari sang driver itu sendiri.

    Bagaimanapun juga sepinter2nya mobil dia tetep butuh intervensi dari manusia. Kalau nyetir belum lihai, belum bisa membagi fokus, mengontrol kecepatan, dan bereaksi sesuai sikon, jangan maksa bawa mobil di jalan raya yg rame.

  2. fitur yang ngerem pas uda deket itu emang ngeri2 sedap mo cobanya, amit2 ada kesalahan teknis malah nabrak beneran.

    kalau hill start assist perlu ga? mencegah mobil mundur kan safety juga ya

    • IMHO, hill start assist / brake hold sih tidak wajib, tapi nice to have.
      menurutku yg paling penting dan harus ada di mobil itu adalah airbags, ABS, dan stability control.
      semoga pihak regulator di sini mau membuat peraturan yg mewajibkan mobil baru untuk punya ketiga fitur tersebut. ya setidaknya minimal wajib punya airbags dan ABS lah.

  3. Fitur yg biar mobilnya gak belok sendiri pas ada janda cantik/ pas ada warteg di siang bln Ramadhan gk disebutin mang ? 😁

Yuk Tinggalin Jejak Lads..