Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Urrraaaaa pecinta balapan terutama motoGP, balapan fenomenal sejagad akan segera di mulai pada esok hari dengan seri pembuka adalah di sirkuit Losail, Qatar. Tentu musim 2022 ini sangat mendebarkan untuk dinantikan, mengingat dapat dikatakan di musim ini lah semuanya kembali ke “asal”, karena sudah tanpa Rossi yang pensiun, juga Marquez yang dianggap sudah fit 100 persen dan pastinya, menjadi ajang pembuktian bagi juara dunia musim lalu, Quartararo untuk tetap menjadi yang terbaik. Dengan pole sitter adalah Jorge Martin, P2 Enea Bastianini dan P3 Marquez, mampukah Fabio merangsek ke depan dan jadi juara di Qatar?

KUALIFIKASI MOTOGP QATAR 2022

Musim ini, sang legenda Valentino Rossi sudah pensiun, tidak akan ada lagi bendera hijau fluorescent berkibar terutama di sirkuit negara Italia, tapi the show must go on, seperti legenda legenda yang ada sebelumnya, semua sudah lewat, mereka ada di hati namun balapan tetap berjalan digantikan dengan generasi muda berikutnya. Well, that’s life, urrraaa..!!

Sebelum final kualifikasi, pada kualifikasi 2 (Q2) Brad Binder sempat memimpin, kemudian diikuti oleh sang juara dunia, Quartararo di P2, Johann Zarco melengkapi di posisi ketiga. Pada final ketetapan kualifikasi, Jorge Martin (Ducati) lah yang berhak memimpin di posisi satu, disusul Enia Bastianini (Ducati) posisi kedua dan grid pertama ditutup oleh Marc Marquez di posisi ketiga.

MotoGP Qatar di sirkuit Losail dapat dikatakan menjadi sirkuit idaman motor motor dengan mesin konfigurasi I-4 alias inline four atau mesin dengan tenaga yang besar. Dalam 10 musim terakhir, Yamaha membuktikanmereka adalah adalah penguasa sirkuit ini dengan 6 torehan gelar juara (2020 tidak digelar). Sisanya dibagi dua antara Honda dengan Ducati.

Suzuki mungkin memiliki kesempatan yang mirip dengan Yamaha mengingat sama sama menggunakan mesin 4 silinder segaris, namun secara paket, Suzuki masih kalah oleh Yamaha yang lebih seimbang antara performa dengan handling yang sangat baik.

Jadi siapa yang akan juara? Mengingat Vinales juara tahun lalu sudah hengkang ke Aprilia, Dovizioso juga sudah hampir habis dari sisi ability, maka kandidat juaranya terkuatnya  tinggal 3.. yang pertama tentu Jorge Martin. Mengapa? Karena ini adalah yang kedua kalinya bagi Martin untuk menjadi pole sitter setelah musim lalu di tempat yang sama (seri DOHA). Musim lalu dia finish di posisi ketiga.

Kedua tentu Marc Marquez, meski ga pernah juara sejak tahun 2014, namun posisinya selalu podium dalam 2 seri terakhir (2018-2019) sebelum absen tahun 2020 dan 2021. Kali ini dia pasti penasaran banget apalagi dikatakan dirinya konon sudah fit 100 persen untuk balap. Dengan posisi kedua dari start, tanpa Dovi dan Vinales, kemungkinan besar Marc bisa juara di sini.

Ketiga ada Joan Mir, musim lalu di seri awal Losail dia gagal podium dan drip di seri kedua (Doha Qatar). Meski berat karena harus start dari posisi 8, tapi ingat, musim lalu seri Losail dia start dari posisi 10 tapi finish ke 4. Jangan lupakan pastinya sang juara dunia, meski tidak diuntungkan dengan posisi start ke 11, tapi kalau mental juaranya baik, Fabio bisa saja merangsek ke depan.

Nama nama seperti Zarco juga bisa mengingat musim lalu tampil sangat baik, tapi sulit, posisi start-nya gak bagus. Alex Rins juga tak dapat diabaikan, Morbidelli? Rekan tandem Fabio ini bisa saja sih jadi kuda hitam. Well namanya juga balapan, teori doang gak cukup, siapa tau tiba tiba Enea Bastianini yang juara kan?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini