vario 125 merah

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Duh agak telat nih bahas Vario 125 2022 hehe, kelupaan dah masih ngendap aja di draft. Percaya atau tidak berdasarkan data Aisi yang terakhir pada tahun 2018 lalu masih dibuka dan diumumkan rinci hingga ke masing masing tipe, Honda Vario 125 adalah yang terlaris di keluarganya, tapi itu sebelum Vario 150 menyerang sih. Nah karena ada Vario 160, bagaimana nasib yang 125cc? Akankah ikutan berubah atau jangan jangan stop produksi?

New Honda Vario 125 Advance Matte Brown

Berdasarkan data Aisi terlengkap terakhir yang sudah dipecah per varian pada bulan April 2018 (Data Aisi 10 Motor Terlaris April 2018), penjualan Honda Vario 125 adalah yang terlaris keempat di bawah Vario 150.

10 Besar Motor Terlaris April 2018

1. Honda BeAT Series: 207.113 unit
2. Honda Scoopy: 70.699 unit
3. Honda Vario 150: 45.289 unit
4. Honda Vario 125: 44.113 unit
5. Yamaha Nmax: 38.807 unit
6. Yamaha Mio M3: 22.540 unit
7. Honda PCX: 17.408 unit
8. Honda Revo: 15.213 unit
9. Honda Vario 110: 13.669 unit
10. Honda Supra X 125: 13.014 unit.

Melihat dari data di atas nyaris 4 tahun lalu tersebut bisa didapatkan benang merahnya mengapa pada akhirnya Honda membuat Vario lebih besar dan kapasitasnya mengikuti saudaranya, sang PCX 160.

Memang data rinci terkait penjualan Vario series dari 125 dan 150 (Vario 110 sudah discontinued) dalam tiga tahun terakhir tidak dapat diketahui, namun KBY cukup yakin setiap bulannya, Vario 150 penjualannya terus menerus berada di atas sang kakak (kakak lah kan dia lahir duluan wkwkw). Artinya, konsumen Indonesia (tepatnya konsumen Honda) ternyata memang suka mesin yang lebih besar/ powerful, toh konsumsi bbm-nya dianggap beda tipis saja.

New Honda Vario 125 Advance Matte Blue

Itu pula yang membuat AHM memutuskan untuk tidak lagi memproduksi Vario LED 110, karena setiap bulan peminatnya makin berkurang jika melihat dari data di paling atas. Atau mungkin juga kita tidak tahu, bahwasanya peminat Vario 110 sebenarnya tetap besar, namun secara strategi AHM membuat konsumen beralih ke 125 atau 150, produksinya pun makin dibatasi hingga akhirnya tutup usia. Mungkin loh ya..

vario 125 merah

Kembali ke Vario 125, sejauh ini saat sesi tanya jawab Honda Vario 160, jawaban petinggi AHM adalah, versi mesin lebih kecil tersebut akan tetap diproduksi dan dijual beriringan dengan saudaranya, hanya saja entah sampai kapan tidak dijelaskan. Prediksi KBY kecil kemungkinan varian ini akan discontinue. Loh mengapa?

Jika kita buka website Astra Honda Motor, tidak ada lagi skutik yang mesinnya 125cc selain Vario 125. Secara cost, V125 ini memakan biaya produksi lumayan, karena gada barengannya, satu lini produksi hanya untuk dia seorang. Dari sisi ini tentu saja tidak menguntungkan bukan?

Tapi ada satu faktor yang membuat Honda Vario 125 ini menjadi kesayangan AHM dan tidak akan discontinue dalam waktu dekat, yaitu demand ekspor yang cukup tinggi! Silakan cek artikel Ekspor Honda Tahun 2021, salah satu pendulang dollar-nya adalah ya Vario 125 selain Vario 150.

Nah mengingat Vario 150 sudah tidak ada dan digantikan oleh Vario 160, maka kemungkinan saat ini sebelum si 160 ini dipastikan dikirim ke luar negeri, maka Vario 125 sudah jelas akan menjadi penyumbang terbesar dalam mendulang dollar, kipas kipas dollar lads.. Sampai kapan? Sampai tidak ada lagi permintaan ekspor maka baru AHM memikirkan lagi strateginya hehe.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

44 KOMENTAR

    • Padahal menurut daya vario 125 lebih best value. Toh bentuknya sama, konsumsi bahan bakar beda tipis. Tapi harga dan pajak lebih mahal

    • Vario 160 downgrade pcx padahal ..aerox udah keok…..gmn pake mesin sh160 yg 16ps…bisa ketinggalan 5 kecamatan

  1. mesin bolehlah pakai yg sekarang … tapi body dan fiturnya masak gak di update juga, minimal power outlet sama rangka esaf nya

  2. sudah ada lagi yang tes vario 160 vs aerox yg sudah main kiri dan copot filter.
    dengan bobot pengendaranya 90 kg dan 117 kg. jalan sedikit naik.

    meskipun dengan bobot 117kg pake vario 160 gas menengah atas langsung nyalip aerox.

    tinggal nunggu komparasi dari otomotif yg katanya hari senin ini.

  3. 1 lagi senjata Hnd yg sewaktu waktu meledak tentu karena 125 nya yg sekarang sendirian , dan nanti ada saatnya punya saudara 125 juga.
    Nah loooo 😂

  4. Jika dipertahankan pun mesin 125 yang sekarang juga ga masalah , wong 125 tetangga setara 110 😂

  5. Knp juga ahaem gk bikin dua produk lagi sih dengan mesin 125..
    Kan dulu konsep pas diAcara otomotif.. yaitu REMIX
    Pasti bisa dong…

  6. Jangan-jangan nanti Vario 125 ini bakal kaya Vario 110, yg awalnya water cooled mesinnya bakal diganti pake air cooled dari basic mesin longstrokenya Genio yg di bore up.

  7. Sebenarnya mirip dengan replay komen Saia terhadap mang okeyla artikel sebelumya , apakah kebetulan atau tidak…selaras juga dengan tulisan Mang Kobay .

    Ekspor v125 sangat menggigit , makanya belum kena sentuhan…tapi nanti tetap bakal ada sentuhan. Apakah akan all out atau sentuhan kecil …pada Dasarnya Hnd bisa bebas. Karena dia punya 125 yang punya pasar sendiri.
    Yang perlu diwaspadai yang saya sebut diatas….berhubung v150 udah next lepel jadi 160…
    Kemungkinan hadirnya Senjata Baru sebagai saudara baru dari V125 🙄

  8. berharap spoky pake mesin ini juga. all kelas metik ngonda spoky yg terlemot dgn harga yg gak bisa dibilang murah lagi.

  9. Sudah sebulan berlalu….keknya ayam2 dibelakang jadi Gundul lagi diPermak pak Eka dan pak Joki 😂

  10. Gw saranin ke Yamaha supaya LEXI berevolusi jadi SMax125. Mesin Lexi, body SMax. Sekali pukul 2 Vario kegigit. Tapi yang lebih tepat lawan Vario 125 itu sebenarnya Cygnus Griphus-125. Ntah kenapa kedua motor ini kok blum dimasukin Yamaha, padahal secara desain keduanya punya modal utk laku.

    • Yang gak kita tau, mungkin ada semacam kesepakatan soal desain untuk masing-masing negara/regional.

      Dimana varian A ga boleh masuk ke negara X, dan sebaliknya begitu..

      Di luar sana banyak banget model Yamaha yang harusnya bisa gigit model² AHM di sini..

      Ya yang mamang sebut di atas itu contoh²nya..

    • saya sih kurang yakin lexi bakalan dibikin keren sama yamaha, ya pertaruhannya nmax bakalan kemakan.
      ga tau kenapa kok bikin strategi jualan gini banget ya. produk banyak yang ga jelas.

      • Menurut gw, line up Yamaha itu kebanyakan! … Tapi wasted…

        Memang dari sisi lain ngeliat pilihan banyak beud buat konsumen, tapi seucrit ucrit.. jadi gak efisien.

        Ini sih kalau gw jadi Yamaha, gw bakal matiin beberapa produk yang gak sehat… Dan ngikut strategi sebelah, biar dikata jiplak juga.. tapi sehaaatt…

        Bantai yang cuma jadi beban, kita isi dengan produk² baru yang secara analisa bakal bisa lebih gigit…

        • banyak pilihan sih iya, tapi jelek2 semua gimana dong???

          tadi beli makan siang, perdana liat vario160, ternyata keren euy aslinya. yakin tetep laris deh ini.

          mana nih yang katanya kejual 1000 unit per jam?

        • Tul mang kobay …Wasted.
          jadi beban pak joki dan pak Eka doang dengan bulu ayam , belum lagi yang meleleh 😂

  11. Nongol Adv 160. Terserah mau pake VTEC atau ga.
    Nah , boleh dong….hadir adv125 buat nemenin V125 ?
    Ambroooolll mang …!!

    Kasian ayam2 dibelakang , sampe bulu2 halusnya ikut dicabutin
    😂😂

  12. Menurut Mang Kobay line up Yiamah banyak tapi wasted!! Tapi kalau mau direhabilitasi dengan menggorok tipe yang mangkrak, unitnya mau diapain? Lelang kiloan di Madura Used Plaza? (Nama lain dari pangkalan barang butut)😁 banyak tuh soalnya..mulai dari MiOng all series, Xabrong, eMpTy, BaySong, PeGar, JupRobotGedek, Vyamsyong..tapi ya lumayan juga kipas2 cebanan.

  13. Lhaaa kok sepi ini?? Bukk??…sayur Bukk?🤭🤭🤭 Jengkol ada cantolan kiri, Ikan asin di cantolan kanan. Di dek ada timun dan jerigen tuak🤣🤣🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..