Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Konsumsi BBM alias hemat tidaknya bensin menjadi salah satu issue penting bagi konsumen sebelum memutuskan meminang produk yang dipilihnya. Yamaha Fazzio hybrid merupakan salah satu skutik terbaru berkapasitas 125cc dengan berteknologi hybrid yang membuat saat akselerasi dari berhenti bisa lebih terbantu oleh adanya motor listrik. Tak hanya itu, ternyata efektifitas mesin terpadu tersebut terhadap konsumsi BBM sangat dahsyat! Satu liter bisa mendekati 100 kilometer! Bukan hoax bukan sihir!

First Ride Yamaha Fazzio

Informasi iritnya konsumsi BBM Yamaha Fazzio tersebut disampaikan oleh Wak Haji Taufik TMCBlog pertama kali melalui Instagram-nya. Jelas membuat terpana saat membaca hasilnya. Skutik lucu dan nyentrik tersebut mampu menjelajahi jalanan sejauh 94,76 kilometer untuk satu liter bensin! Dahsyat!

YAMAHA FAZZIO MUSUH SPBU!

Sebelum menuju ke penjelasan TMC, KBY mau berandai-andai dulu terkait berapa lama sekiranya KBY mampir ke SPBU jika menggunakan Fazzio 125 hybrid. Jarak rumah ke kantor di Pancoran itu pulang pergi 22 kilometer, dalam seminggu 5 hari kerja, dalam sebulan berarti 20 hari, konversi ke dalam kilometer berarti di dapat 440 kilo.

jika 1 liter bisa menjelajahi 94,76 kilo dan ditotal dengan isi tangki BBM-nya yang 5,1 liter, si Fazzio mampu menjelajah sejauh 483 kilometer hingga kehabisan bensin! Dengan demikian kalau KBY pake, artinya bakal balik lagi ke SPBU setelah 22 hari kemudian! Wooowww… gila ini sih ckckkc.. Ada duit tumbassss, irit duit ye kaaan. Bye bye SPBU, wkwkw..

PERHITUNGAN KONSUMSI BBM YAMAHA FAZZIO

Nah sekarang barulah kita menuju penjelasan dari TMC Blog. Menurutnya, perhitungan konsumsi BBM Yamaha Fazzio hybrid bisa 1:94,76 tersebut adalah dari Yamaha Indonesia (YIMM), bukan hasil test beliau pribadi. Yang jelas, beliau mengaku test tersebut bukan merupakan adu irit, jadi tangan kanannya ya apa adanya saja. Berikut KBY copas ya;

Start Sekitar Jam 9 pagi dari Cafe Bucketlist diJalan tegalLega Bogor Yamaha Fazzio digeber berkeliling memasuki Jalan pajajaran, Jalan Jalak-Harupat, Jalan Juanda, Jalan kapten Muslihat, Jalan Sumeru, jalan Abd Bin Nuh lanjut Jalan Soleh Iskandar, ketemu Jalan Pajajaran dan Balik Lagi ke BucketList dengan Jarak mendekati 20 km atau tepatnya 19,9 km secara total.

 

Sementara menurut beliau lagi, hasil hitungan versi dirinya menunjukkan angka 56-an km/liter. Terus tahu dari mana angka fantastis tersebut? Di bawah ini ya, sementara kalau penasaran silakan mampir ke TMC Blog langsung.

TMCBlog tahu dari hasil yang tertera pada Aplikasi Yamaha Y-Connect yang sebelumnya di-pairing ke Motornya via Bluetooth dengan Mudah menggunakan Scan Barcode yang ada di dekat Fuel Cap Filler balik Jok . . .

NYARIS REKOR MURI

Seingat KBY, tidak ada lagi motor yang paling irit di Indonesia selain Fazzio, karena penasaran ingin tau hasilnya, ya tanya mbah google. Hasil googling mengatakan, ternyata Suzuki Nex FI mencetak rekor MURI di angka 109,8km/liter! edaaan. Jadi Fazzio ini menggeser Scoopy yang awalnya di posisi kedua dengan 61,9. Faktanya gimana ya itu di lapangan si Nex FI?

Apapun metodenya, motor apalagi skutik dengan bahan bakar irit akan tetap menjadi pesona tersendiri bagi kebanyakan konsumen. Secara teori, kalau memang konsumen mencari motor yang irit bbm, sudah jelas pilihannya apa kan? Sementara Nex FI sudah gada, maka ya Yamaha Fazzio lah saat ini. Bagaimana menurut lads?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

91 KOMENTAR

  1. Dari kemaren2 penasaran kenapa nick name vision pada di panggil mas eka sama para komentator, tak disangka nemu di youtube yg komen nya sama persis sama BC-an nya si vision/blur.
    mas eka suka mantengin launching motor nya honda nih

    Kemarin udah black campaign , sekarang ada artikel fazzio jadi harus dipuji produk junjungannya biar work life balance kalo kata anak jaksel mah.

  2. Sebuah angka yg mau dilihat dari sisi manapun gak sensible. Kalau memang angkanya segitu berarti dia jauh lebih irit dibanding kendaraan perang temen seperjuangan saya pas jaman habis lulus dulu, si revo fi, yg dipake pp sby-malang minimal 3x seminggu, tapi ngisinya juga seminggu sekali.

    Padahal motor matik drivetrain lossnya lebih tinggi dri yg bergigi, displacement si fazzio juga lebih gede, bobot lebih banyak, ban tapak lebar, dan hybrid juga bukan hybrid yg full assist. Kalau memang bener segitu ya magis juga dia.

    • Dan ngibridnya pun di awal start, setelah itu ini paijo berfunsi kayaknya motor biasa.
      Tapi kok bisa ya mncpai nilai mndekati 1:94,xx

      Fix pitur konek konek bisa bikin motore makin irit

  3. selamat ya Sonwep, Vision dkk … Fazzio sukses cetak rekor skutik teririt saat ini

    kali aja ada uang kaget ato ntaran sisa thr buat DP-in si Fazzio … nanti ane otismatis jadi konsumen smart dong ya

    • Real dipakai jalan 20an km, tapi bisa hitung konsumsi bisa 98km/liter🤭🤭🤭. Untunglah itu klaim dari Yiamah sendiri. Btw di salah satu yutub ada drag Squizzo gres VS SiKupi Ojol, sesuai prosedur rendahkan posisi badan…Betottt tuwaga….SiKupi nyalip dari kanan🤣🤣🤣. Padahal gak penting juga diadu 125 kenakkonek VS 110cc. Tapi ya lumayan buat hiburan

      • Skupi bawa beras 3 karung masih menang…berarti paseo keong bngt…yamlehoy bikin motor ga niat

  4. Oh mengertos saya sekarang yg dimaksud zuragan motor jadi smart dgn fitur y connect. Motor bisa berasumsi ttg konsumsi bbm dgn fitur y connect dan dengan perhitungan yg cerdas dia memberikan kesimpulan km/lt? Tapi kalo ternyata tes empirik dan hasil tidak sesuai dgn perhitungan motor itu sendiri? Apakah motor tsb benar2 jadi smart

    Karena ini juga sih gua kepikiran bikin meme :
    Hp-nya smartphone tapi user nya smartless
    Motor-nya smartbike tapi usernya smartless

  5. Positif thinking dulu ahhh, meskipun setau saya berita teririt itu pada bebek drive chain 110cc 74km/liter..

    Tapi kalau benar matik paijo bisa 82km/l 125cc yaaaaa… suka beliii, gak suka buliiii🤣🤣🤣🤣

  6. Btw ada tips untuk membuat Squid Nenk Betott lebih nyaman, yakni shock breaker belakang ganti dengan punya Mbit atau Nex🤭🤭🤭..ya ini sih saran salah satu yutuber sih. Bolehlah kiranya dipertimbangkan daripada duitnya dipakai terus2an buat ke tukang urut..ya kan???

  7. Masuk akal sih. Semisal 3 ddetik pertama dibantu listrik selama 3 meter, lalu mesin bensin nyala buat dorong sambil ngisi aki. aki full charge, bensin mati, dorong listrik lg 3 meter. Cm nyampenya kapan? Beres test aki auto wafat….

  8. hmmmm.. gmn ya?

    Cek data & fakta yg ane rangkum dari pemberitaan tsb:
    1. Pelaku (TM*blog) awalnya haya mendapatkan 56 km/l (metode konak konek), lalu direvisi oleh pabrikan jadi 94,76 km/l metode Top-Up (sorry to say: gak ada saksi atau minimal gak disebutkan dan dicantumkan saksi/bukti).
    2. Jarak tempuh 12 Volt –> ini bisa jadi bumerang, karena gak semua konsumen ter-edukasi hal ini. Ekspektasi besar atas Hybrid sdh tertanam.

    Kesimpulannya, jgn sampai pabrikan dianggap melakukan pembodohan publik, ketika konsumen tdk mendapati hal seperti yg sdh di-campaign-kan.

    Sy kuatir, metode campaign kayak gini, in the long term, malah berakibat buruk bagi pabrikan itu sendiri… mengurangi Trust dari konsumen…

    • Koq pada kepotong2 kalimatnya ya??

      Cek data & fakta yg ane rangkum dari pemberitaan tsb:
      1. Pelaku (TM*blog) awalnya haya mendapatkan 56 km/l (metode konak konek), lalu direvisi oleh pabrikan jadi 94,76 km/l metode Top-Up (sorry to say: gak ada saksi atau minimal gak disebutkan dan dicantumkan saksi/bukti).
      2. Jarak tempuh 12 Volt –> ini bisa jadi bumerang, karena gak semua konsumen ter-edukasi hal ini. Ekspektasi besar atas Hybrid sdh tertanam.

      Kesimpulannya, jgn sampai pabrikan dianggap melakukan pembodohan publik, ketika konsumen tdk mendapati hal seperti yg sdh di-campaign-kan.

      Sy kuatir, metode campaign kayak gini, in the long term, malah berakibat buruk bagi pabrikan itu sendiri… mengurangi Trust dari konsumen…

      • Masih kepotong2 aja nih…

        2. Jarak tempuh kurang dr 20 km. Mungkin kalo ditest dari rumah ke Alf*mart dekat rumah dgn posisi full-tank, lalu dgn metode Top_up bisa 150 km/l kali yah??
        3. Strategi komunikasi Hybrid” yg rupanya mesti S&K berlaku: a. dari dlm keadaan diam (kalo lg rolling, gak bisa); b. Suhu mesin sdh ideal/panas c. Aki hrs > 12 Volt –> ini bisa jadi bumerang, karena gak semua konsumen ter-edukasi hal ini karena ekspektasi besar atas Hybrid sdh tertanam.

        • Kalau saya pribadi selalu melakukan metode pengetesan konsumsi BBM ikut media internasional…

          1. Full to full. Jalanin kendaraan minimal sejauh 100km (atau setidaknya mendekati). Baru di top up full to full lagi.
          Kenapa harus 100km? Menurut mereka di bawah itu hasilnya bisa bias, kebanyakan akan irit.

          2. How far can you go, 1 liter buat berapa km sampe mesin mati. Plusnya mendekati akurat, minusnya seyakin apa gada sisa di tangki yang dikuras sebelum diisi seliter.

          Gw pilih nomor 1 karena keterbatasan waktu.. tapi belakangan ini gw andelin AVG buat yang udah ada, tapi tetap jarak tempuh wajib 100km…

          • Versi k 2 keknya jangan deh dilakukan buat Paijo Panjul…
            Takutnya bensin Habis , akinya Soak 😂

          • Nganu mang, klo soal ngetes konsumsi bbm gw sering pake full to full di hitung sampe jarak tempuh 110km karna lebih praktis dan patokan dari AVG yg ada di spedometer, klo gsx aing tembus 38-39km/liter kondisi sunmori, kalo kondisi harian pas hari senin cuma tembus 36km/liter. Nah kalo bebek injeksi keluaran sekarang kaya jupi Z1 ato revo FI aing yaqin paling irit pun gak sampe 80km/liter. Kalo metik dg power delivery ala CVT yg power loss nya lebih gede dari rante kemrosak ala revo FI kayaknya sulid dipercaya bisa lebih irit dari bebek generasi terbaru yg paling irit

    • Ini campaign blunder sih
      .kl mau irit2an sama rival paling ga 5-7km bisa dianggap bagus..kl sampe 90 ya kl ga bisa real d jalan bisa berbalik arah

      • Karena dah ada yg nyolek kek gini, gw mau opini juga..

        Dulu jaman jazz GD3, pernah ada campaign adu irit.. dan gw ikutan, wakilin club sama temen gw satu lagi. Dua mobil kita.

        Metodenya full to full, dan tutup tangki disegel.

        Yang juara dapatnya 1:90an, jarak dari Honda PangJay ke Sentul. Gw 1:42, temen gw 1:47..

        Seinget gw itu angka sang juara jadi dipake buat iklan beberapa saat, jaman berita masih lewat tabloid dan koran, belum ada sosmed kek gini.

        Dan infonya sih sempat jadi blunder karena dikomplen banyak konsumen angka riilnya gak segitu…

        Sebenernya buat yang paham sih tau namanya juga liga irit.. tapi yang awam?…

        • Dulu hasil lomba adu irit Beat yg dapat 70-an km/liter dijadiin konten iklan sama AHM efbeha pada tepuk tangan. Walau realnya harian ada di rerata 40an. Gak ada yg komplen. Termasuk asisten Kobay, gk protes merasa dibohongi.

  9. semua itu tergantung rutenya kang. coba rute dari dieng-wonosobo-salatiga-ungaran-semarang. saya yakin mbit tembus diatas 100km/l. lha wong pake rx-k 1 liter saja bisa tembus 60km kok (cemorosewu-magetan-madiun)

  10. Nunggu reviewer lain aja dah
    Klo 70km/l msih percaya, klo 94km/l kok gk yakin cuma pake bantuan dari hybrid generik
    Secara klo emang beneran seirit itu harusnya yamama ngasih fitur MID di speedometer, kelamaan klo harus konak konek, biar konsumen bisa lihat langsung iritnya dan jadi bahan marketing sekalian

  11. bahan bakar irit nyusahinnya tiap bulan..ntar ganti pelatuk,ganti piston,ganti noken as…udah gitu larinya keong

  12. Di Brosur resmi Pabrikan ( hasil tes Pantura ) berapa Km/L ya….?
    Joki……?

    Kalau di Hnd kan ada tuh…hasil pengujian internal dengan euro 3 sekian…

  13. Pembodohan Publik itu udah terang2an kok dilakukan Yhm dari dulu.
    Salah 1 contohnya :

    Dek rata dimasukin ke Maxi 😂

  14. Bagasi Squizzo yang konon katanya paling besar di kelasnya ternyata cuman bisa dimuat helm cetok buatan Yiamah yang gedean dikit dari mangkok bakso🤭🤭🤭. Bletakk..jegluk..bletakk jegluk🎶🎶🎶

  15. efbeye ga butuh motor irit …mereka butuh motor kencang … makanya yahama bikin cc selalu diatas H
    jadi klo pun itu hasil iritnya tdk valid mereka bisa ngeles ini kan 125cc … cc kami lebih besar wajar klo kalah irit …
    dan klo di balik kami 125cc lbih irit tp tdk lbh kencang dr 110cc itu karna kami fokus pd keiritan … gtu kira2

      • hehehe iya kecuali yg ini ya … walo aktualnya ga 160 juga tuh cc …. 156.9cc realnya…. yah 1.9cc pun udh lbh gede juga …
        but mostly yahama selalu lbh gede cc nya …
        makasih udh ngingetin oom

        • Yakinlah 2 tahun lagi bakalan naik cc nya jadi 180 cc, 155cc suntik mati dengan alasan regulasi Euro 6

          • Wkkwkww…
            Tapi ya memang salah satu trik paling mudah agar mampu sesuai regulasi emisi ya naekin cc…

            Tenaga gak drop, emisi dapet..
            Makanya peceka jadi 156,9 juga..

          • Ga ada yg salah sih…perubahan kapasitas mesin dan turbo memang salah satu cara buat mengakali emisi

  16. Kalau digadang2 SiKupi berasa mahal sejak Nenk Betott hadir rasanya perlahan mulai terkuak bahwasanya gak bener juga!!. Headlamp LED sinarnya pendar dan tidak fokus dan tidak lebih terang, shockbreaker tidak lebih nyaman, slot charger tidak lebih praktis, bagasi tidak lebih fungsional. Ngibrid 3detik tidak lebih responsif. Semuany mau ditebus dengan fitur konakkonek yang kegunaannya masih diperdebatkan🤭🤭🤭..dan blogger2 matrek tidak berpihak .wakakak. Semua ini bisa didapatkan faktanya dari yutup, bukan pendapat ane atau si Takada San itu🤣🤣🤣

    • Trus katanya ( bukan kata gua lowh )
      Liat lampu skupi dari spion kek liat mini Cooper

      Liat lampu Paijo Panjul kek liat apa …lupa gua , bemo mungkin 🤣

  17. nunggu yg ngetes, motor customer how far can you go with 1 ltr of petrol,

    irit iritan gini dijaman medsos, pisau bermata dua, yg ngarah kekitanya lebih tajam…

    • bener banget ni, sebelah aja klaim fuel consumptionnya udah gak pernah heboh lg.
      kalo emang mau klaim, ya paling lebih baik 10-20% kompetitor aja lah.

      lagian kemarin udah cukup menarik kok campaign dan gimmicknya.

  18. Raih profit setiap saat dengan berdagang dibroker forex terbaik di asia. ( forex, Bitcoin, Saham) kelebihan trading di Meefx :
    1. Bonus 5 usd, tanpa melakukan deposit
    2. 0 biaya swap
    3. 0 komisi
    4. deposit minimal 5 usd
    5. deposit dan penarikan dapat menggunakan bank lokal indonesia
    6. 45 USD \ Lot Rebate untuk mitra
    ————————————–
    Info lengkap langsung kunjungi website kami: https://meefxid.org

  19. main klaim2an begitu, ketemu orang gendeng malah dikasusin kek afiliator binomo. amplop dari pabrikan motor juga ga bakalan cukup tuk bayar pengacara.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..