GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sejak ada rumor kalau salah satu mobil legendaris di Indonesia akan tutup usia alias disuntik mati, prosesnya ternyata tidak secepat beritanya. Ya lads, berita atau kabar bahwa Isuzu Panther stop produksi di Indonesia sebenarnya sudah sejak pertengahan bahkan awal tahun 2020 lalu. Namun kali ini sudah fix kalau mobil yang pernah jadi musuh bebuyutan Toyota tersebut tutup buku, sang Rajanya Diesel tidak akan dijual lagi!

Saat berita Panther akan stop penjualan dan stop produksi, KBY sudah membahas hal tersebut dengan menerbitkan artikel Curhatan Seorang Loyalis Isuzu Panther saat tau bahwa kendaraan andalan keluarganya tersebut tidak akan ada lagi versi terbarunya. Silakan di klik link-nya dan iklannya awoookk..

Di mata KBY pribadi, Panther bukanlah mobil yang diidam idamkan, kalau harus memilih antara tiga mobil sejenis yaitu Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda dan Toyota Kijang, maka pilihannya adalah Kuda dan Kijang. Wkwkkw..

Ga tau nih, meski gak benci tapi KBY gak pernah suka Panther, mungkin karena merasa MPV keluarga tersebut merupakan mobil prasejarah dan sangat konvensional – terutama saat para kompetitornya bebenah, dimana akhirnya Mitsubishi Kuda menyerah dan Kijang bertransformasi menjadi Innova.

Hanya Panther yang gitu gitu aja dari dulu, boro boro ABS, Air Bags aja gada (eh kalau ini colek ya, siapa tau versi terakhir terakhir dah lengkap fitur safety-nya). Fitur modern juga sangat minim di kabinnya. Sudah gitu yang bikin sebel, harganya itu loh, mahal! wkwkkw.. udah pake Turbo tapi kenceng kagak, limbung pulak 😀

Pun begitu KBY tidak mengabaikan bahwa Isuzu Panther pun memiliki segudang kelebihan dibanding kompetitornya, salah satunya berkat prasejarah-nya itu, karena konvensional gada fitur modern, durability-nya badak banget! Gapuro kalau istilah orang Motuba.

Selain itu mesinnya tangguh, jago tanjakan meski full loaded dan iritnya sudah terbukti, AC tetap dingin meski minim perawatan, cruising di kecepatan 80km/jam adalah yang terbaik saat mengendarai atau menjadi penumpang di Isuzu Panther.

Kekurangannya kalau yang sering KBY lihat sih ada di kaki kaki depan, yaitu As roda depan, pada beberapa kasus ada ditemui patah..

TERBENTUR REGULASI EURO IV

Well, berita soal stop produksinya Isuzu Panther di Indonesia sudah resmi lads, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) secara resmi mengumumkan kalau mereka telah menghentikan produksi Isuzu Panther sejak akhir tahun 2020 (11/2/2021 – kontan.co.id).

Hal ini dilakukan karena Isuzu mengaku ingin konsentrasi pada pengembangan kendaraan komersial. Di sisi lain, Isuzu juga terbentur dengan regulasi Euro IV.

Attias Asril, GM Marketing Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan pihaknya terbentur dengan dilaksanakannya regulasi Euro IV yang akan diimplementasikan pada tahun 2022.

“Dibutuhkan untuk penggantian mesin, yang cukup membutuhkan investasi besar. Dan pada saat ini Isuzu memang konsentrasi pada pengembangan kendaraan komersial,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (11/2).

Adapun Attias menegaskan IAMI akan fokus dengan segmen komersial pada produk Isuzu D-max, Isuzu Traga, Isuzu Elf, Isuzu GIGA dan kendaraan penumpang Isuzu mu-X.

SPARE PART AMAN HINGGA 8 TAHUN MENDATANG

Lantas mengenai layanan purnajualnya, Attias mengatakan sesuai dengan aturan pemerintah, bahwa selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) wajib menyediakan suku cadang selama 8 tahun terhitung sejak produk tersebut berhenti diproduksi.

Adapun untuk layanan bengkel, IAMI memastikan terus menerima pelayanan perawatan dan perbaikan, tidak serta merta langsung berhenti.  “Layanan baik service maupun suku cadang tidak akan berubah dari yang ada sekarang,” tegasnya.

So, selamat tinggal sang Rajanya Diesel, angkat topi sudah selama ini bertahan.. Gimana lads ada yang piara di garasinya?

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

8 KOMENTAR

  1. emang harusnya dah suntik mati dari dulu ini.. yang barunya aja ngebul lumayan (compare mu-x dan rival2nya)

  2. Jaman dulu punya varian yg hi sporty berasa gagah dan berwibawa pakenya, dikenendarai empuk nyaman ACnyess dingin puoll tp tiap kali abis pake tuh mobil kepala mesti puyeng cz ada efek vibrator mesin diesel!?

  3. Mesin tangguh disain kolot?..padahal kalau mau beradaptasi fans yang loyal masih banyak..

  4. Eh, Traga kan sama mesinnya sama si Panther ini mang, kok gak ikut disuntik mati? Atau regulasinya sudah memenuhi Euro 4?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..