GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Baru baru ini ada kehebohan di aktivitas Sunmori alias Sunday Morning Riding Lembang. Area yang memang dikenal luas sebagai tempat asik untuk sunmorian tersebut memang dalam satu tahun belakangan makin ramai di hari Minggu pagi. Akibat ramai, pro kontra pun menyeruak ke permukaan terlebih karena pada senang ngebut dan cornering diiringi dengan suara knalpot memekakkan telinga. Akhirnya pihak yang berwajib turun tangan, heboh karena tak hanya polisi menghentikan kendaraan tapi masyarakat ikut merusak motor terlebih knalpotnya, boleh gak sih?

Tentu kejadian di atas yaitu sweeping oleh Kepolisian yang dibantu sipil alias masyarakat akan hadir pro dan kontra. Memang berita makin ramainya jalanan Lembang oleh para sunmorian sudah cukup lama, dan yang dianggap mengganggu warga sekitar adalah selain knalpotnya pada berisik alias bising, kelakuannya juga ngebut ngebutan cornering..

Sudah sulit menghitung berapa lakalantas yang terjadi di arena Lembang tersebut, mirip mirip Monasco lah kalau di Jakarta. Jadi bisa disebutkan puncaknya adalah kemarin ini saat tahun baru.. tepatnya tanggal 3 Januari 2021 kemarin.

baca: Adu Banteng Yamaha Xabre vs Honda Blade 

braakk tabrakan tak terelakkan!

Jadi saat itu selain menghentikan dan merazia, pihak berwajib memberikan hukuman kepada mereka yang dianggap melanggar (tepatnya menggunakan knalpot racing) yaitu dengan bentuk menggeber geber knalpot di kuping sang pemilik motor.

Sementara keikutsertaan sipil terlihat pada foto, lebih ke arah brutal, menghentikan paksa dan ikut merusak knalpot.

PRO KONTRA TINDAKAN POLISI DAN SIPIL

Apa yang dilakukan Polisi bersama masyarakat tersebut ternyata menuai protes dari para warganet. Terutama adalah yang penggemar dan pemilik Knalpot racing. Simak saja beberapa komentar berikut:

  • alfonsiushans
    Kami membeli knalpot pakai uang pribadi bukan uang negara, kami membeli kendaraan puluhan juta rupiah dan bayar pajak jutaan rupiah bukan untuk kendaraan kami dirusak oleh anda. Anda bernaung dibawah seragam harusnya ada berlaku penilangan sesuai UU bukan dengan merusak milik orang lain #Save_logika_kewarasan
  • Alviana Ridwan
    Undang undang nya mana ya pakpol? Mengayomi? Atau menghakimi?.
    Rider lembang salah satu nya sampe ga bisa denger telinga kanan.
    Semoga ada hukum balik nya buat pakpol🙏
  • Aree Lingkar
    Saya sih setuju aja kalo mau ngerazia knalpot berisik…..tapi bukan seperti ini caranya main pukul dan main tendang sembarangan….apa pak polisi tidak bisa menggunakan etika???dan juga buat apa ada yang namanya “TILANG”??? apa yg dilakukan polisi ini sesuai dengan prosedur Kepolisian?? dan apa dibenarkan melakukan penganiayaan di jalan dilakukan oleh oknum Polisi?? lalu dimana letak fungsi “Mengayomi”??

Sementara yang pro memang lebih dari pihak warga sekitar yang mengeluh banyak yang geber-geber knalpot racing secara bareng-bareng sehingga bikin brisik. Maka wargapun mengeluh dan mengadu. Apa yang dilakukan aparat di Sunmori Lembang pastinya buah dari laporan warga.

Simak saja bebberapa komentara berikut :

  • Eko Kusdiyanto
    Jalur ciater iku.. sunmorace yg selama ini meresahkan warga, gk cuma kali ini aktivitas tsb diobrak abrik warga, tp yo cen dho tambeng. Bnyk yg ngeblock parkiran warung dr pagi sampe menjelang sore jajane kur kopi rong gelas. Sing arep jajan bener akses parkir terhalang. Buat warga yg jd masalah bukan knalpotnya, tp balap2an, cornering2an bolak balik, trs pada tdk tahu diri ngeblock parkiran, blm lagi kl ada yg celaka krn aksi ugal2an tsb. Itu yg bikin warga selama ini kesal. Warung sy udh 2x fasilitasnya rusak akibat ketubruk aksi ugal2an model begini. Giliran diminta ganti rugi seenaknya aja bilang namanya musibah gk ada yg ngarepin. Pale lo peyang, lo yg ngundang musibah bilang musibah gk gk ada yg ngarepin.
  • Iwan Budianto
    Lembang nggeh, pagi tadi rame banyak rombongan yang pake knalpot bising😂
  • any N
    Yang komentar menindak terlalu arogan dan bilang bukannya ditilang aja, sini main ke daerah ciater biar tau keadaan aslinya, ketika mereka bawa motor, warga disini udah kesal hampir tiap minggu suka ada yang kecelakaan, itu juga salah satu jalan utama klo saya pergi dari rmh mertua ke daerah lembang hampir tiap hari minggu saya lewat jln itu, klo masalah di tindak ditilang itu udh sering, tpi kadang mereka puter balik dan menghindar, ujung”nya minggu depan diulangi lagi pada ngumpul lagi, yang paling penting ada sebagian orang yang cuman bulak balik di jln itu agar bisa dapet shot foto

OPINI PRIBADI

Sebelum menuju opini KBY pribadi, kita kepoin dulu opini dari masbro Lawyer yang ganteng tapi kalah charming dari KBY ini, yaitu Om Leopold..

Maksudnya om Leo adalah, mengacu pada hukum, maka seharusnya paragrap 1 yang harus ditegakkan dan digunakan.. Jadi tindakan merusak barang bukti knalpot racing dan menerapkan sanksi fisik di tempat itu tidak ada undang undangnya. Artinya, kalau yang dirugikan mau menuntut, secara teori bisa banget.

Namun di paragrap kedua, tidak akan ada asap tanpa ada api.. Jadi tindakan warga oleh polisi seakan “diijinkan” karena buah dari kekesalan yang sudah memuncak. Ini yang dimaksud om Leo kalau mau nuntut ya pikir lagi, yakin ga salah?

Sementara menurut KBY pribadi, kalau ngerusak sih udah savage lah, itu barang orang, masalahnya jalanan Lembang itu jalanan umum yang benar benar siapapun pasti lewat situ, kecuali di perumahan atau gang yang ketebak elu lagi elu lagi yang lewat, lah kalau yang apes lewat gimana? wkwkw..

Kedua soal sanksi, setuju, silakan geber di kuping pemilik tapi jangan sampe bikin cacat! Kalau sampe cacat bisa dituntut, memangnya kalau lewat doang bisa bikin kuping budek? Knalpotnya dimana, kupingnya dimana wkwkw..  Lah ini kuping di taro depan lubang knalpot lads! Disamping aja udah cukup pengeng, dan itu lebih dari cukup loh hukumannya..

Udah ah kepanjangan, pada dasarnya sih KBY gak bisa menyalahkan juga aksi savage warga setempat yang mungkin udah gregetan juga, udah mampir kagak beli, menuh menuhin parkiran doang, berisik dan ugal ugalan pula.. Tapi tetap ada batasnya.. atau jangan jangan yang merusak itu karena gak bilang bos padahal iri? 😀

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

51 KOMENTAR

  1. Ini bukan tentang menyalahkan knalpot berisik , tapi lebih mengacu pada aturan dan siapa yang berwenang melakukan tindakan jika itu memang menyalahi UU .
    Masyarakat yang merasa terganggu sudah seharusnya melaporkan hal tsb kepada pihak berwajib ( tahap dan proses yang benar ) , dan sudah seharusnya pihak berwajib melakukan tindakan.
    Jika tak ada tindakan dari pihak berwajib atau boleh dibilang angot2an, maka disanalah letak kesalahannya.
    Pihak kepolisian juga harus menindak masyarakat yang sewenang wenang tsb . Dengan membiarkan itu sama saja meLegalkan anarkis.
    Sampai bikin cacat pendengaran seseorang termasuk juga perlakuan ILLEGAL , yang melakukan hal tsb harus dihukum.

    • Setuju ini. Polisinya yang seharusnya bijak juga dan ndak kemakan emosi sih. Iya memang warga udah gedeg sama perilaku pengendaranya. Tapi polisi harus jadi penengah sih. Kasarannya melampiaskan kemarahan warga tapi dengan tindakan yang sesuai hukum

    • Saya aja berisik denger motor pake knalpot yg berisik,, bikin sakit telinga mengganggu pengendara lain/warga sekitar,,, Jangan Cari Pembenaran menggunakan Knalpot Non Original bawaan pabrik itu sudah melakukan pelanggaran apalgi dipakai dijalan umum mau jalan gede atau kecil atau jalan2 gang.
      Seharusnya mang kobay jg harus ngasih contoh ke netizzen2 dgn kendaraan motor pribadinya untuk selalu menggunkan kenalpot original pabrik.. kecuali saat disirkuit silahkan..
      Jangan sampai ada netizen bilang wah itu bloger2 pke knlapot non ori dipkai dijalan umum…

    • Ya klo emang mw sunmori gak perlu lah pamer cornering di jalan umum. Sirkuit kan ada, tinggal main kesana kelar urusan, Hari minggu ke lembang biasanya banyak jg keluarga yg main kesana. Klo cornering dan menimpa yg disana apa gak merugikan org lain?

      Gw jg akui gw suka kebut2an tp itu hanya malam dan ketika pulang kerja (takut di begal – krn temen gw robek punggungnya di begal pas pulang kerja dan 2 org lg meninggal di tusuk leher n perutnya).

      So, klo mw Sunmori alangkah baiknya kurangi kebut2an, nikmati udara pagi menggunakan sepeda motor. 60-80kph cukup lah buat menikmati hari minggu pagi dgn motor.

      Klo Hukum tidak bisa memberangus para kebut2an, itu adalah aksi terakhir dr warga sekitar.

  2. Saya sih yesss…. Klo ada yang bilang “Knalpot punya sendiri dibeli pke uang sendiri” Klo itu alasannya ya dipakenya juga di area terbatas juga misal sirkuit ato di dalam rumah sendiri…. Klo pecicilan dan geber2 di area umum jelas itu gak respect banget sbb yang bayar pajak selain yang pke knalpot bising jauh lbih bnyak ya setidaknya lebih beradab…..

  3. iya sih, motor dan knalpot beli pake uang sendiri dan rutin bayar pajak ke negara … tapi kalau dipakainya di jalan umum dan menimbulkan potensi bahaya, ya gak tepat juga

    cornering ato balapan lah di sirkuit biar aman dan puas, kecuali emang menangin ego biar cakep angle nya pas di foto

  4. kebebasan kita di batasi kebebasan orang lain
    ga usah ngomong UU … jelas2 knalpot tdk sesuai standard dr sini kalian sdh salah kemudian menggangu ketertiban umum ….jgn cari pembenaran … klo aja rmh saya di daerah situ saya sambit pake batu itu yg lewat cornering2an bolak balik

  5. Salah sendiri lah, pake knalpot berisik, cornering ngebut kayak pembalap.. inget bung, kalo mau ngebut, cornering, elbow down, pake knalpot berisik, ya di sirkuit lah. Kalo jalanan umum kan milik semua nya, bukan cuma yang pake motor, pejalan kaki, warga, dan pengguna kendaraan lain juga sama punya hak, bayar pajak juga. Ini sih menurut saya buntut keksalan warga, apalagi kalau banyakan, udah knalpot berisik, sok jago, arogansi nya berlebihan,bikin jengkel. Saya penggemar motor sport, tapi kalo jalanan rame, ada ibu-ibu atau anak kecil, lebihi pelan aja bawanya. Coba deh kalo udah punya anak, terutama bayi dan balita, anak saya juga sering kaget kalo ada knalpot racing yang bikin sakit telinga, dia sering meluk, gemetaran!! di tempat saya juga pernah dikepret sama warga, anak alay pake FU, bolak balik di jalan kecil, knalpot berisik. Bikin resah…
    Pabrikan sudah memberikan knalpot yang didesain sedemikian rupa, supaya matching sama desain dan performa motor, dan yang paling penting safety dan memnuhi regulasi. Kalau mau di luar itu, ya silakan ke sirkuit, terima sendiri akibatnya.
    Yang bikin kasihan kan yang mau riding santai, kena juga deh getah nya.

  6. Kenalan saya yg punya warung di sekitaran sana , sering gedek karena tempatnya suka dipake buat kongkow anak2 sunmori, udah mah berkerumun (beware Corona) ,mesen makanan-minuman cuma satu dua orang sisanya menuhin tempat doang, jadi klo ada orang yg beneran mau makan jadi susah juga

  7. efeknya ane jadi serem klo nanti mau lewat sono. meskipun knalpot ane standar, tapi kan namanya orang klo uda kesel ya semua disikat.. lom lagi klo ada yang pake 3-4cyl lewat sono, ato moge2 twin yang suara knalpot aslinya uda “lumayan”

  8. mantul komen mamang Leo77. scr hukum mmg seharusnya ngga bisa langsung dieksekusi. tapi kasus lembang ini lain ceritanya krn kondisi real disana sering terjadi kececelakaan dan atsmosfir masyarakat sana juga sudah jengah ngadepin yg begini scr terus menerus. krn kondisi tsb reaksi masyarakat setempat jg tidak bisa disalahkan.
    akhirun kata. kl mampu beli motor kenceng + knalpot yg bunyi kenceng, pengen gaya kenceng2an silakan beli jalanan yg bisa buat kenceng juga jgn pake jalan umum

  9. Pertanyaan nya berani nggak polisi dan warga nggak tebang pilih rombongan moge di gituin juga?

  10. ane jg bs ngerti perasaan warga sekitar, toko ane jg posisi d pinggir jalan raya, sama ngerasa keganggu suara knalpot motor after market, kenceng lari na kaga, berisik na aja.

    klo sebagai biker, ane jg pengen ganti knalpot after market. cuma klo ane sih pengen na engga berisik, ngebas halus & klo d ukur klo bisa 2 angka d atas ambang batas gt.

    soal knalpot, pemerintah harus merevisi lg undang² na, harus na boleh pake knalpot after market tetapi harus sesuai SNI & sesuai batas kebisingan ( harus na pabrik knalpot bikin sesuai peraturan)

    win² solution lah, warga aman tentram, biker juga bisa bergaya.

  11. Sebenarnya klau kebiasaan dari dulu cuma riding santai ngak pakai geber2an ataupun sekedar nongkrong2, tanpa aksi keplek miring, saya rasa ngak masalah mau pakai knalpot aftermarket…
    Ditambah lagi sembari nongkrong beli jajanan warga sekitar rokok,kopi atau apalah bukan sekedar lewat…
    Saya kira aman2 saja…

  12. Dah gini aja, pasang aja polisi tidur di setiap tikungan sweet spot cornering dan jalan lurusan, biar gak pada pecicilan, wkwkwk.

  13. Kalo cuman di tilang nanti juga dipasang lagi, begini aja terus…..
    Ketika polisi udah ga bisa hukum sosial lah yang terjadi, warga sekitar pun turun tangan.
    Ngga usah sok bijak lah, secara sosial aja udah berisik dan mengganggu orang lain

  14. kalo berani pak polnya razia itu produsennya.
    knalpot racing itu ibarat rokok… dilarang tapi di jual bebas.

    kalo mau itu dibina produsen knalpotnya… lah ntr gak ada kerjaan dong pak polnya.. jalanan aman sejahtera.. xixixixi

      • Emang ada om knalpot yg diproduknya ada tulisan ‘for closed circuit only’ ?

        Seandainya ada dan masih dipakai juga di jalan umum, masukin aja aer empang ke knalpotnya.

        Setuju sih, yg dirazia polisi dan warga itu harusnya produsen dan distributornya. Biar tuntas ampe akar-akarnya nih masalah.

        Klo cuma dipenyokin doang mah, minggu depan juga rame lagi yg pake knalpot racing. wkwkwk land.

    • Emang ada sebab akibat, namun produsen hanya menjual. Inti nya balik ke diri sendiri, mau beli apa tidak? Karena bukan senalpot standar dan siap2 disumpahin orang lebih parah nya seperti kasus tsb.
      Kalo ga ada yg beli lama2 juga tutup itu produsennya

  15. Ini masalah klasik. Dari dulu yang ditebang itu daun atau ranting. Harusnya akarnya dong.

    Polisi dan warga kalau berani razia tuh yang jual knalpot racing. Kalau ga ada yang jual, siapa yang beli?

    Aman dah tuh dunia.

    Salam wkwkwk land.

    • kalau dibalik, kalau gak ada yang beli, siapa yang jual gimana? balik lagi ke masing2 org sih. kalau gak egois mestinya gak bakal beli knalpot mberr yang udah pasti bakal bikin kesel org lain.

      gw sendiri pingin banget pake knalpot mber, bahkan sempet nyari knalpot racing yang dipastikan suaranya adem di kuping. tp tetep aja, bakal gak tenang pas di jalan, riding kok ribet mikirin ketemu polkis apa kagak, mending standart an ae lah..

  16. beli motor mahal, knalpot mahal, helm mahal, apparel mahal. g bisa nyewa sirkuit 😂

    warga geregetan dibuat angin lalu.
    giliran dibales sama warga, pada g terima.

    motor masi nyicil kali😂ngirit 50 orang cm beli 2 cangkir kopi 3000an

    yah itulah hukum sebab akibat, dia yg menabur dia jg yg menuai
    #salampeoplepower
    #salamakalsehat

  17. Modif Mampu Beli Kenalpot DLL (Hobby Kami MAHAL Cenah mang Kobay).

    Nu aneh Na Nyewa Sirkuit te Gableg Duit (Ga Punya duit)

    Aneh kan Mang Kobay

  18. Sebagai pecinta mongtor sport saya gak setuju pokoknya…..saya punya knalpot racing buat mongtor sport….tpi mongtor sportnya yg blm punya😄 ngomong apa si yaa…mbuh lahh🙃

  19. Nu matak nu mawi
    Mirip mirip daerah saya di ciwidey kang, ngan untungna jalanna raruksak
    Jadi teu warni corneringan ayeuna mah 😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..