Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Banyak yang bertanya tanya mengapa motor baru Honda (AHM) itu tidak pernah terlihat test ride di jalan raya? Apa produknya tidak pernah dites dan langsung jual ke konsumen saja? Tapi ada juga yang sudah tau bahwa AHM sebenarnya memiliki fasilitas tes (sikrkuit) sendiri di dalam pabrik, makanya sangat jarang bahkan tidak pernah produk terbarunya kena spy shot di jalan raya. Dan apa yang akan dibahas ini adalah fasilitas terbaru mereka, pusat pelatihan berkendara Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang menjadi yang terbesar se Asia Tenggara!

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan pusat pelatihan berkendara Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Blok DD No 01 Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas ini memperkuat komitmen perusahaan dalam kampanye keselamatan berkendara untuk mendukung terciptanya budaya aman dan nyaman berkendara di tengah masyarakat.

SIRKUIT – AHM SAFETY RIDING PARK

AHM Safety Riding Park (AHMSRP) yang menjadi bagian dari fasilitas ini merupakan pusat pelatihan Safety Riding Honda terbesar di kawasan Asia Tenggara yang dibangun dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan raya dan keterampilan berkendara.

Dibangun di atas lahan 8,5 hektar, fasilitas terbaru ini mampu menampung 15.000 orang untuk berlatih berkendara setiap tahun dengan berbagai sarana dan fasilitas edukasi secara lengkap. Bangunan ini memiliki fasilitas fungsional seperti ruang multi fungsi, ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, sarana olahraga serta ruangan penunjang lainnya.

ON ROAD – OFF ROAD FACILITY

Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara ini dilengkapi dengan Safety riding course yang dibekali dengan karakter kontur jalan yang disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road. Berdiri di atas lahan 4 hektar, area ini digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak setiap tahun. Melalui edukasi usia dini, anak-anak diajarkan untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas, cara menyebrang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan, dan cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Pusat pelatihan keselamatan berkendara ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam meningkatkan budaya keselamatan berkendara di Indonesia.

Executive Vice Presiden Direktur AHM Johannes Loman mengatakan Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center ini melengkapi berbagai kegiatan pelatihan berkendara yang selama ini telah dilakukan AHM bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat.

Di sirkuit ini lah kami para blogger dan vlogger digelandang untuk mengetes Honda CBR250RR SP bertenaga 41ps dengan fitur quick shifter, auto blipper dan assist slipper clutch. Tak seperti bayangan sebelumnya yaitu Sentul kecil yang sempit, ternyata sirkuitnya besar! Juga ada dua trek, yang kecil untuk mendapatkan impresi akselerasi, agility, handling dan pengereman, trek yang besar/ panjang untuk mengail akselerasi hingga top speed!

Fasilitas lengkap, kamar mandi dan toilet yang bersih (KBY yakin kalau sudah lama pun akan tetap bersih), ada locker untuk menaruh perlengkapan peserta/ test rider, asrama selevel hotel kelas tiga, ruang olah raga dlsb..

Jangan heran jika nanti ke depannya AHM tidak akan pernah melakukan test ride di Sentul lagi, karena secara umum, sirkuit Safety Riding Park ini sudah dapat mewakili semua faktor yang diinginkan dari sesi test ride.. edan lah AHM..

TERBUKA UNTUK UMUM!

AHMSRTC dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara. Beragam kegiatan edukasi pelatihan Safety Riding yang disiapkan dan dilaksanakan di fasilitas AHMSRP ini akan dibuka dengan menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku, sehingga kegiatan berbagi ilmu keselamatan berkendara ini dapat berlangsung maksimal.

AHM bersama jaringan main dealer Honda saat ini telah memiliki 8 pusat pelatihan safety riding yang tersebar di daerah Serang, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan Bandung. Dengan bertambahnya pusat pelatihan safety riding di Deltamas, kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Konsisten 18 Tahun

Dalam kurun waktu 18 tahun, AHM bersama jaringan main dealer Honda secara konsisten menggulirkan berbagai program kampanye keselamatan berkendara di Tanah Air, seperti melalui Honda Safety Riding Festival, Kampung Safety Riding, Taman Lalu Lintas, Safety Riding Lab di sekolah, pembentukan duta Safety Riding di berbagai level pendidikan, lomba kampanye keselamatan berlalu lintas melalui media sosial, dan beragam aktifitas lainnya.

Kegiatan ini didukung oleh 159 instruktur safety riding yang unggul dan 940 unit Honda Riding Trainer (HRT) sebagai alat simulasi berkendara yang tersebar di seluruh jaringan distribusi main dealer sepeda motor Honda yang telah diutilisasi oleh lebih dari 20 juta masyarakat.

Selain itu, AHM pun terus memperkuat kampanye keselamatan berkendara dengan pendekatan khas anak muda melalui tagline #Cari_Aman yang menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda agar dapat meningkatkan minat dan komitmen mereka dalam keselamatan berkendara. Melalui keseruan bahasa anak muda, kampanye #Cari_Aman diharapkan mampu menjadi inspirasi sekaligus berkontribusinya generasi muda dalam mewujudkan keselamatan berkendara pada aktivitas keseharian untuk mencapai mimpi terbaik mereka.

Ditunggu komentarnya dari Soundwave dan Tak Ada Yang Bisa wkwkwkkw…

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

56 KOMENTAR

  1. 😂 bikin malu saya mang kobay ini….hihi

    Malu , dengan berita plus Penjabarannya diatas tentu Tak ada yang bisa membuat Tandingan ” sirkuit plus ” diatas 😂

    Kalau pembaca lagi diTol, dan lihat Plang/tulisan Deltamas Gueeeede , nah sekitar situ Koordinatnya.

    Kalau Pembaca juga lagi di Tol dan lihat Tulisan bantarGebang..nah disitulah ymh berada 😂

  2. hanya invest tanah jadi mirip cukong 😂😂😂, toh manfaatnya ya hanya untuk sebagian orang yg berkepentingan. The Real sultan Y lebih suka “BERBAGI” langsung kepada pemirsa di seluruh Indonesia Raya dengan menyajikan tontonan motogp selama puluhan tahun. Jadi alhamdulilah saya pun mendapat manfaat nya. dari awalnya tidak mengenal sama sekali motogp menjadi tahu dan suka. manfaat itu akan terus mengular dan menjadi berkah bagi siapa saja. contoh sebuah cafe ataupun personal bisa menggelar event nonton bareng tentu dapat uang kan? Ya the real sultan itu memberi bukan men cukong 😂

    • alah…. YAMENCRET malu2in aja. Udah Jarang Jurdun, ga mau mundur nyeponsorin motogp. H & S udah ngebet jadi sponsor nih. Tapi gapapa sih, jadi ngiklan gratisss. Wkkkk

  3. Bukannya sirkuit terbesar dan terpanjang didunia punya yahaha mang?
    Itu buatan menir Deandles loh,dari Anyer ke Panarukan…

  4. Bolehlah disewakan kepada pihak sebelah yang gak punya test track daripada testernya njengkang di pantura gara2 mau kabur takut dipotret..hehehe

  5. Pengadaan Lahan 85.000 meter persegi x Rp. 4 juta/ meter= Rp. 340 Milyar

    Ditambah fasilitas ini dan itu 100 Milyar
    Total 440 Milyar

    Gak sampe 10% dari laba bersih PT.AHM Rp.5 Trilyun/ tahun

  6. Menurut saya, hasil pengujian lebih valid jika dilakukan di sirkuit yg dirancang khusus untuk pengujian. Kalau di jalan raya, kondisi standarnya berubah-ubah. Kelembaban, suhu (udara dan aspal), kemacetan, kondisi aspal, angin dll termasuk kejadian tidak terduga sehingga besar kemungkinan hasil pengukuran kurang akurat. Kalau di sirkuit pengujian tinggal menunggu sampai tercapai standar tertentu utk suhu, kelembaban, angin. Lainnya bisa “diciptakan” sesuai kebutuhan. Bukan berarti lebih buruk, tapi tes di jalan raya akan dan harus menghabiskan waktu yg jauh jauh lebih banyak.

  7. Bukan nya yang sedang njengkang itu marques gara gara jendela 😂, apalah arti sirkuit tes bagi The Real sultan Y ? cukup dengan nilai kontrak 1 semusim sponsorship siaran motogp maka bisa kebeli itu tanah 😂, tp Y adalah sultan dan bukan cukong tanah 😂.. Sultan lebih senang memberi manfaat bagi indonesia raya. From indonesia to indonesia dengan siaran olah raga internasional motogp.

  8. Overlap, jadi secara tidak langsung menurutmu panjat dinding lebih valid ketimbang panjat puncak cartenz piramid 😂

  9. Kobay kejam, sadis gak empati!!! Mosok artikel receh gini ditempelin 10 foto..10 foto!! Tau gak buat yang demam liat beginian langsung nelen 1 panadol tiap liat 1 foto..lhaa inikan jadinya nelen 10 panadol alias 1 papan🤣🤣🤣 dasar Kobay kejam, sadis gak empati!!!! Wakakakak

  10. Cukup dengan jualan kampas.rem beat sama.scoopy, uda kebeli tuuh pabrik yamlehoy beserta karyawan2 kontraknya…

  11. Apakah ada pembalap nasional yang pakai megapro atau tiger 2 klep ? 😂😂😂 Coba itu megapro herex suruh turun di sentul lawan mx king di indoprix 😂😂😂

  12. Ada motor balap prototype yang punya fitur alien yakni mode kopling on/off😀 sampe pembalapnya bingung mau masuk pit apa lanjut..hihihi

    • Aduh beberapa hari ini sakit perut gw ketawa mulu…

      Gak okelah, tak ada yang bisa, sama soundwave…

      Bikin ngakak terus…

      Lanjutkan!! 🤣🤣

  13. @soundwave: tidak bisa dibandingkan karena ada panjat dinding di Carstensz Pyramid baik melalui jalur Freeport, Ilaga atau Sugapa

  14. Lanjutkan Mang? Ada tim balap superior yang mencak2 ke kontraktornya karena klep motor ambyar. Mudah2an tidak benar rumor bahwa klep dimaksud dibuat dari bahan dasar daur ulang aluminium limbah panci🤣🤣🤣

  15. Saran buat Honda, terutama AHM, atau Astra grup, bikin aja udah sirkuit international, kayak Twin Ring Motegi atau red Bull Ring, lengkap sama museum dll nya. Intinya, ini sirkuit pribadi milik swasta. Kayak nya mereka sanggup, di satu sisi ya menyediakan sarana terbaik-terbesar-terlengkap, di sisi lain juga buat mengangkat pride sama brand pabrikan. kan belum ada tuh di ASEAN sirkuit swasta yang dimiliki pabrikan otomotif. kayak nya keren juga. Secara AHM kan punya Honda, Astra juga punya Toyota, Daihatsu, isuzu, jadi bukan cuma buat Moto GP atau WSBK, bahkan F1 juga bisa!!! Ayo lahh,,, ASTRA kan duit nya banyak!

  16. Hora umum mbah…
    Setelah kelar bangun menara astra yg tinggi berapa lantai tuh…
    Tambah sirkuit internal yg gede banget…
    Pantes saja dulu yg kerja di group astra suka bikin tagar “calon menantu idaman”
    wkwkwk

  17. Sirkuit Mandalika luas lahannya di atas 1.000 hektar, sirkuit AHM cuma di bawah 10 hektar. Koq gak ada andil Honda dalam mendanai sirkuit Mandalika ya ??? Padahal jualan produknya di negeri ini, katanya MS terbesar di negeri ini???

  18. Halah…. YAMENCRET malu2in aja. Udah Jarang Jurdun, ga mau mundur nyeponsorin motogp. H & S udah ngebut jadi sponsor nih. Tapi gapapa sih, jadi ngiklan gratisss. Wkkkk

  19. Jadi kategori AKURAT itu spt itu ya…hmmm
    Lu tau VW ngga,…nah itu gede sirkuit nya minta ampun. Di situ jutaan mobil sdh di test sampe level SUPERCAR. Jadi menurut lu akurat ngga..
    D sirkuit H itu, ga cuma aspal…ada garuk tanah juga…jd klo bebek mo di test di situ juga SANGAT BISA…

    KECUALI MANUVER MENDADAK DI DEPAN Truk 24 Roda, itu mmg hanya ada di JALAN RAYA PANTURA, sirkuit elegan Y…
    Tapi dengan TARUHAN ☠ rider tester..ama biji basah dikit pake werpak di tengah hari bolong yg MACET nya NAUJUBILAHHHH

    🙄🤭😜🤣

  20. Nih, info buat fansboy yamaha biar makin seru perangnya.

    Yamaha emang lg ga fokus ke motor ICE sekarang dan ke depannya. Saat ini mereka dpt tugas dari toyota untuk develop mesin mobil listrik buat lexus.

    Lebih detailnya gmn? Minta mang kobay buat bikin artikelnya wkwkwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..