image
Mio 125

Kobayogas.com – Hola lads, mesin Yamaha kini memasuki era baru dengan tag line BLUE CORE, namun tahukah lads bahwa Blue Core bukanlah merupakan teknologi..?

Kok bisa itu bukan sebuah teknologi? Yang ngomong bukan KBY loh namun petinggi YIMM sendiri. Postingan om Madjid cicak disini yang menginfokan penjelasan dari M. Abidin GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia (YIMM) mengatakan bahwa antara YMJET dengan Blue Core merupakan sebuah istilah yang berbeda, dimana YMJET FI merupakan sebuah teknologi, sementara Blue Core adalah filosofi.

“YMJET-FI itu kan teknologi. Kalau ini (Blue Core) lebih pada filosofi. Filosofi bekerja itu menggunakan Blue Core. Maksudnya adalah mencapai titik tertinggi di dunia enginering. Jadi siapa yang bisa buat motor irit, fun, power-nya gede,” kata M Abidin.

“Blue core ini bukan cuma pada engine, tetapi juga pada body dan lain-lain. Blue core ini adalah titik tertinggi sampai ada kata-kata, setetes pun, kami akan perhitungkan,” tambah Abidin dikutip dari merdeka.com

image
Mio 125

Jadi bagi yang berfikir bahwa Blue Core itu merupakan teknologi mesin, ya salah…karena Blue Core merupakan filosofi yang dituangkan pada keseluruhan unit atau produk-produk Yamaha. Filosofi ini mirip dengan Skyactiv milik Mazda, bedanya Skyactiv memang merupakan serangkaian teknologi yang menjadi satu yang disebut Skyactiv, sedangkan Blue Core hanya filosofi engineering Yamaha.

So, jangan sampai salah sangka ya lads, ini demi wawasan kita bersama, jangan sampai salah menjawab ataupun salah menginfokan kepada teman atau sanak saudara jika ada yang bertanya seputar Blue Core… Semoga bermanfaat..

Bonus

image
Tri Mas Kenthir

91 KOMENTAR

    • sepertinya penjelasannya kurang lengkap ya :-/

      entah kata2 Pak Abidin yg terlalu tinggi jadi sulit dimengerti atau si Wartawan yg kurang mencerna kata2 Pak Abidin jadi yg ditulis seadanya :mrgreen:

      mungkin maksud Pak Abidin itu

      kalo YMJet-FI itu kan cuma satu nama teknologi injeksi dari Yamaha

      sedangkan BLUE CORE itu nama brand baru untuk menggambarkan Filosofi Yamaha dalam pengembangan teknologi
      atau arah pengembangan serangkaian teknologi mulai dari injeksi, mesin, sasis dll, tujuannya kemana, untuk apa.
      Misalnya untuk menciptakan motor yg lebih efisien bahan bakar DLL.

      jadi sebenarnya sama seperti Skyactiv adalah SERANGKAIAN teknologi mulai dari Mesin, Transmisi, Sasis, suspensi yang dikembangkan oleh Mazda yang tujuannya meningkatkan efisiensi bahan bakar.

      mungkin lebih jelasnya nunggu versi press release aja kali ya dari pada versi wawancara :mrgreen:

  1. Pdhl dlm benak bilang, Motor baru nih… dg teknologi Blue Core, xixi…
    Masalahnya ingat PC kang, ada dual core, core 2 duo, core 2 quad…. jd dlm otak ini core identik dg teknologi…

  2. filosofi “sebelum musuh melompat, patahkan dulu kakinya” :mrgreen:
    fitur terbarunya cakep, sayang kesan mungil nan imut khas mio masih belum bisa hilang, gak tau kalo ntar liat langsung n ngerasain ndiri

  3. ealah,
    sampek penasaran
    tak cari di blog kang iwan sama kang topik,
    takiro teknologi baru spt diasil silinder

    (pantes tak ada tombol blue core, baru mudeng)

  4. ngoahahaha
    bulu kolor cuma filosofi tah?
    Jebul tampang blogger yo serem, awake kekar koyo begal begal nang dalan.

  5. Berarti kaya Skyactiv di Mazda ya. Tapi belum pernah denger pabrikan gede lain kaya BMW atau Mercy punya filosofi utama kaya gini sebagai lokomotif perkembangan produknya. Mungkin ada yang tau?

  6. Lha kalo esp itu apa? Kox gak di bahas?
    Dengan esp apakah bisa lebih irit, lebih bertenaga atau lebih awet?

  7. Saya gak tertarik dgn bluecore punya yamaha & esp punya honda atau apalah namanya…saya lebih focus pada fitur yg kasat mata…klau masalah irit atau nggak, saya pakai istilah yamaha jaman dulu :”bedanya cuma sesendok”

  8. ooh …ternyata blue core adalah nama boyband yang dibawah itu yah ,,,
    akhirnya saya tau juga ,,,

  9. gue kira buluk kolor teknologi yg bisa bikin motor irit 1 liter bisa nempuh jarak 111 km, baru mau ganti motor krn bbm naik ternyata oh ternyata sy hanya bisa pake sepeda gayung untuk irit bbm.

  10. “YMJET-FI itu kan teknologi. Kalau ini (Blue Core) lebih pada filosofi. Filosofi bekerja itu menggunakan Blue Core. Maksudnya adalah mencapai titik tertinggi di dunia enginering. Jadi siapa yang bisa buat motor irit, fun, power-nya gede,” kata M Abidin.

    “Blue core ini bukan cuma pada engine, tetapi juga pada body dan lain-lain. Blue core ini adalah titik tertinggi sampai ada kata-kata, setetes pun, kami akan perhitungkan,

    titik tertinggi dunia enginering yang bukan hanya pada mesin tapi body dll. apakah ban cungkringnya di sebut titik tertinggi ? ukuran brapa ban nya kalau di titik terendah… yamaha-_-

  11. filosofi blue core yg diterjemahkan oleh serangkaian teknologi yaitu ymjet, diasil silinder, forged piston, dll itu. gitu ya mandangnya?

    • apa bedanya dong sama filosofi pabrik sebelah yang udah menganut teknologi yang nggak jauh beda? XD

      • hoaaheemmm….ini namanya teknologi marketing..nama yang catchy penting dalam marketing walaupun isi jeroan 11-12 sama yang lain…blue efficiency, pure drive, earth dreams, skyactiv..catchy? yep…lihat bagaimana ford dapet publikasi yang baik dengan nama “ecoboost” padahal itu cuma nama lain dari turbocharger

  12. diantara 3 mas kenthir
    siapa yang paling kenthir.

    nama paket teknologi! kayak skyactive nya mazda atau esp nya honda.
    isinya pun ada persamaan dg esp nya honda, diantaranya
    – rocker roler arm
    – offset cylinder
    dll

  13. itu boyband baru ya kang? kok nggak pernah lihat di tv, trus filosofi boyband nya apa kang? wkwkwkwk

  14. mirip tag line econo power yah om kobay ….
    kalo kita preteli tu mesin2 yg ada tulisannya econo power , di pastikan kita tdk akan menenukan di mana econo power itu di sematkan….
    kecuali di tebeng motornya…. 😀

  15. Ooo ternyata begitu ya om Yogas …. apakah bisa dikatakan bahwa istilah “Blue Core” itu akan menggantikan “Semakin Di Depan” ?
    Honda = PGM-F1
    Yamaha = YMJET-F1
    Apakah “Blue Core” itu hanyalah gimnik marketing secara kalo pakai “Semakin Di Depan” kan nyatanya (dlm kiblat MotoGP) sudah “tidak berlaku” alias “Jadi yg kedua” mulu. Jadi mengalihkan customer dari “Semakin Di Depan” ke “Blue Core” yak ?
    Saya pun tadinya waktu lihat iklan mengira itu adalah teknologi baru. Ternyata …. hanyalah pengalihan perhatian dgn kata” yg baru yg boombastis “Blue Core” ….
    Apa bedanya kalo gitu dgn Filosofi “Ninja” ala Kawasaki ?
    Intinya : Honda = One Heart, Yamaha = Blue Core, dan Kawasaki = Ninja, gitu ya om Yogas ?

      • Ooo I see om Yogas … maksud YIMM Revs Your Heart = Sport R15 ke atas, Semakin Di Depan = Bebek, dan Blue Core = Matic. Kan iklan yg baru itu mesin utk matic kan ? Ada diferensiasinya kalo YIMM, kalo AHM ya Satu Hati utk semua jenis motor. Sepertinya begitu sepemahaman saya hehehe …

  16. Kalau ada waktu, mas coba sempatkan mampir ke website resmi Yamaha Indonesia, dan cek sendiri tulisannya apa, waktu saya ambil gambarnya, tulisannya pakai kata “teknologi”, nggak ada yang namanya “filosofi”. Kalau memang petingginya ngomong itu adalah filosofi tapi dipasarkan sebagai teknologi, jelas itu penyimpangan. kayaknya memang bener bahwa blue core itu cuma akal akalan marketing.

    http://www.yamaha-motor.co.id/bluecore/

    http://kupasmotor.wordpress.com/2014/12/06/blue-core-itu-teknologi-sungguhan-atau-cuma-strategi-marketing-sih/

    Sekalian screen shot ya. kayaknya penipuan macam gini segera direvisi.

    • halo mas kupasmotor, saya paham yang dimaksud mas, sudah berkunjung tadi. Spertinya memang harus ada koordinasi yang baik antara internal YIMM. Ketika petinggi bilang itu filosofi dan marketing mengatakan itu teknologi, maka akan ada tanda tanya besar dari konsumen…
      mana yang benar sih?

  17. Hemmm tampilan depannya kalo di perhatikan mirip beat ya…apa cuma saya aj yang ngerasa begitu?? Hihihihiiii

Yuk Tinggalin Jejak Lads..