Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Modifikasi mengganti knalpot standar dengan knalpot alias muffler racing bukan berarti tanpa resiko.. Mengganti knalpot racing kadang ditemukan kekurangan, seperti gejala brebet atau nembak nembak. Gejala brebet biasanya di awal start atau di RPM rendah, sedangkan gejala nembak biasanya saat sudah jalan dan throttle ditutup.. Speed Sparks Open Looper dibuat dan diklaim dapat mengurangi brebet dan nembak pada knalpot racing after market seperti pada Suzuki GSX-R150 ini..

Open Looper sendiri merupakan device atau alat yang dibuat oleh Om Adrian, juragan Speed Sparks… Speed Sparks sendiri memiliki beberapa produk seperti volt stabiliser yang sudah terpasang di motor motor milik KBY seperti NMax, PCX dan GSX-R150. Ada juga coil booster dan Fuel controller.. namun kali ini KBY hanya akan bahas Speed Sparks Open Looper aja, karena menurut juragannya, alat ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala brebet pada knalpot racing WRX Trioval yang terpasang pada Samehada..

Seperti yang kerap dikeluhkan pemilik Suzuki Satria FU FI ataupun GSX-R dan GSX-S150, setelah mengganti knalpotnya dengan tipe racing alias after market (semua merek), adanya kondisi brebet di putaran awal, sementar untuk nembak nembak sih aman.. Yak persis, Samehada yang pake WRX juga begitu, brebet di awal malah kadang mati.. risih kalau di kondisi stop dan go.. Nah Speed Sparks Open Looper ini diklaim dapat membantu mengurangi kondisi tersebut lads..

Speed Sparks Open Looper itu apa?

Ini ada info dari om Adrian tentang Open Looper, mangga disimak.. Sebelum membahas Open Looper itu apa, kita perlu memahami prinsip kerja ECU (Electronic Control Unit) atau biasa disebut dengan komputer sistem injeksi terlebih dahulu. Yang akan kita bahas pertama kali adalah:

  1. Open Loop System, dan
  2. Close Loop System.

Dua sistem ini merupakan dasar utama bekerjanya ECU dalam sistem injeksi.

1. Open Loop System adalah suatu proses di mana ECU bekerja tidak mengacu pada masukan dari Oxygen (O2) sensor.
2. Sedang Close Loop System adalah suatu proses di mana ECU bekerja mengacu pada masukan dari Oxygen (O2) sensor.

speed sparks open looper

Pada motor injeksi saat ini hampir semuanya dilengkapi dengan O2 sensor, yang sangat diperlukan untuk mengendalikan emisi gas buang atau debit bahan bakar. Agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan maupun pemerintah, yang saat ini mengacu pada standar Euro3. Pada RPM rendah atau saat bukaan gas kurang dari setengah (part throttle), bahan bakar dibuat seirit mungkin dengan perbandingan udara dan bahan bakar di sekitar 14.7:1, agar tingkat emisi gas buang rendah dan pemakaian bahan bakar irit atau ekonomis.

 

Tentu saja ini akan berimbas ke keluaran tenaga mesin yang tidak maksimum karena campuran bahan bakar dengan udara yang menghasilkan tenaga mesin maksimum ada di sekitar 12.5:1.

Pemakaian piggyback semacam fuel controller atau fuel adjuster misalnya di rentang RPM rendah ini pada mode Close Loop menjadi kurang efektif karena ECU akan berusaha mengatur debit bahan bakar berdasarkan masukan dari O2 sensor meski piggyback juga berusaha untuk mengkoreksinya.

speed sparks open looper

Untuk menghindari hal ini dan untuk membuat kinerja mesin yang lebih stabil tanpa terpengaruh masukan dari O2 sensor maka perlu untuk dibuat sebuah alat yang bisa mengeliminasi O2 sensor sehingga ECU bisa bekerja pada mode Open Loop. Alat ini kemudian kita sebut sebagai Speed Sparks OpenLooper, karena berfungsi membuat ECU bekerja dalam mode Open Loop.

Pengaturan melalui sebuah potensio cukup mudah dengan bantuan obeng min, perbandingan bahan bakar dan udara bisa diatur irit atau boros. Yang tentu saja akan membuat tenaga mesin terkoreksi serta mendukung kerja piggyback fuel controller atau fuel adjuster lebih stabil khususnya di RPM rendah hingga menengah. Dan tentunya berefek positif hingga RPM tinggi.

Nah lads, itu adalah versi penjelasan ringkasnya, om Adrian juga menambahkan, knalpot brebet itu juga gak hanya dari satu faktor saja seperti kurangnya AFR (AFR kering), tapi bisa juga karena faktor desain knalpot. Cukup kompleks aspeknya, bikin mumet ndase, ujarnya dalam bahasa jawa yang cukup kental hehe..

PEMASANGAN SPEED SPARKS OPEN LOOPER

Nah ini yang agak ribet, gak bisa sembarangan orang yang masang, kecuali demen ngulik apalagi elektrikal motor karena ada beberapa kabel yang masuk ke sensor, mboh lah ra pahaamm keke.. KBY memasang open looper untuk Suzuki GSX-R150 sesuai rekomendasi om Adrian, yaitu di Harel (RoLED Custom) Jl. Nusa Indah, Ruko Blok U, No 65, Taman Galaxy  Kalimalang telp 085891671400.

Untuk harga Speed Sparks Open Looper sendiri dijual seharga Rp. 200ribu, belum ongkir dan pasang, murmer kan? Nah bagaimana efeknya setelah dipasang di Suzuki GSX-R150, benarkan brebet knalpot WRX nya ilang? Ternyata gak hehe.. Sudah lebih minim tapi gak hilang.. Settingannya sih gampang banget! Seperti yang Om Adrian bilang, tinggal puter pakai obeng min saja lads.. Makin mentok ke kiri makin Rich, Makin ke Kanan makin lean, alias makin sering brebet…

Nah kalau tenaga, ini yang kerasa, begitu disetting makin rich, power juga terasa lebih menghentak di tengah dan atas.. Dan yang lebih senang lagi, skrg BBM nya udah mulai masuk akal.. awalnya saat brebet banget, mau 1:30 aja susah.. sekarang bisa 1:31 lah.. Rekomen kah? Menurut KBY dengan harga segitu sangat worth to buy lads… Semoga bermanfaat

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

25 COMMENTS

  1. Modif ECU yg paling di motor Old CB150R yg masih open looper, ganaaassszzz dan gahaaaar bro

    Old CB150R mo pake Piggy back nya Speed Spark Oke atau

    mo pake Stand alone ECU punyanya BRT mantaf

    Apalagi pake ECU dari luar yg banyak banget merknya.

    Hany OLD CB150R yg bisa ngeladenin Suzuki GSX 150 R dan Yamaha New R 15 VVA

    Gimana menurut sdr2 semua ?

  2. Mang berarti open looper bisa bikin AFR basah ya soalnya motor saya habis di pnp sama custum noken AFR nya jadi kering

  3. motor standar dikasih open looper jg enak.
    motor sekarang setelan afr dr pabrik rata2 terlalu kering.
    kalo dpt unit yg bejo baru standar udah enak hehe

  4. manteb, motor saurngan ya kodratnya behave like motor sarungan. alias boros tapi kentjang hehe gaspolll

  5. Mau tanya pak, apakah sejak pasang open loopers ini kalo pagi motor jadi sering susah di hidupin?
    Kasihan accu nya (Krn penasaran sampe ganti accu baru, dan tetep sama aja).

    Soalnya yang saya alami kok gitu yah?
    Dan brebet memang tetep kgk hilang.

    Itu karena sy pasang open looper atau ada fakto lainnya shg kalo pagi2 di starter tidak mau hidup?

    Tetapi skrg brebet bisa hilang sama sekali setelah sy pasang DB Killer di knalpot saya.
    Cuma yah gitu, suara jadi kurang gahar, dan power berkurang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..