Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Tak disangka ternyata KBY dapat juga kesempatan melakukan test ride Suzuki V-Strom 650 bermesin v2 berkapasitas 650cc.. Meski badannya terlihat bongsor nyaris serupa Yamaha FJ series, tapi kejutan hadir ketika sudah duduk di atasnya! Ayo cari tau dulu moge dari Suzuki yang terlihat cukup jarang di jalanan ini.. bagaimana impresinya?

Suzuki V-Strom 650

Beberapa waktu lalu KBY diinfokan oleh sahabat tukang modif dan juragan aksesoris, mangbro Ihsan Motoshop via whatsapp.. Pesannya singkat, Maen kesini Om, ada Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom.. ! Waaahh sungguh ajakan yang menggiurkan, secara fisik baik CRF250 Rally maupun V-Strom 650 sudah pernah KBY pegang dan duduki.. Tapi untuk test ride, sama sekali belum pernah.. Nah kali ini yang akan KBY review adalah Suzuki V-Strom 650 terlebih dahulu..

DESAIN SUZUKI V-STROM 650

Desainnya gak neko neko, khas Suzuki, cenderung sederhana tapi efek massive dan bongsornya dapet banget! Sosoknya juga bisa dikatakan motor adventure banget deh lads, instead of pakai sudut sudut tajam sporty, Suzuki V-Strom 650 Indonesia ini punya bodi yang chubby chubby alias gemuk gemuk..

Lampu depan berjumlah dua buah dengan bohlam, desainnya kaya mata burung hantu, ada kemiripan dengan saudaranya, Suzuki Burgman 200.. Hanya saja bicara kekinian, Suzuki V-Strom 650 masih menganut pencahayaan bohlam, belum LED, sayangnya bagian lampu rem juga sama, belum dilengkapi dengan LED.

Suzuki V-Strom 650

Bicara suspensi Suzuki V-Strom 650, bagian depan gada tuh yang namanya USD alias upside down, well rata rata ramuan motor adventure memang pakai shock konvensional karena dipercaya dari sisi peredaman dia lebih nyaman lads.. diameternya besar, persisnya kurang tahu tapi di atas 41mm sepertinya.. Sementara bagian belakang sudah monoshock dengan pengaturan tinggi – rendah yang sistem putar.

Biar kata dia motor adventure, tapi sasisnya twin spar/ delta box punya loh lads.. tuh liat aja pada foto keliatan segede bagong sasis yang memeluk mesin Suzuki V-Strom 650 berkapasitas 650cc tersebut.. Sementara desain joknya lebar dan empuk, tapi tak sampai mengganggu ergonomi bagi rider seperti KBY yang punya tinggi 165cm ini..

Bagian dashboard, speedometernya punya latar berwarna putih, sayang bentuknya tidak terlalu menarik untuk dilihat berlama lama.. desain speedometernya ada kemiripan dengan Benelli TNT series, tapi soal fitur lumayan lengkap. Disini ternyata KBY baru tahu kalau Suzuki GSX-150 series meniru fitur speedometer Suzuki V-Strom 650, ada Average BBM pada trip A maupun trip B.. Sementara tuas di ujung itu bukan pass beam melainkan untuk merubah MID pada speedometer..

Suzuki V-Strom 650

ERGONOMI Suzuki V-Strom 650

Melihat sosok Suzuki V-Strom 650 yang sedang parkir pasti awalnya akan berpikir, hadeuh ni motor pasti berat banget.. lha ternyata gak tuh lads, KBY cukup mudah menegakkan motor yang punya bobot ±190kg ini.. Dan begitu sudah tegak, wah centeringnya baik sekali, sasisnya terasa well balance. Gada tuh rasa rider agak tertarik ke satu sisi akibat bobot motornya.. well done! Sayang bagi KBY tuas gigi Suzuki V-Strom 650 ini terlalu panjang, jadi kaki kudu dimajuin sedikit agar proses menaikkan maupun menurunkan gigi lebih mudah lads..

Bicara jinjit, pasti jinjit, tapi gak balet hehe.. Sepertinya Suzuki V-Strom 650 Indonesia ini sudah disetel suspensi belakangnya sehingga tidak terlalu tinggi. Karena dia punya keseimbangan yang baik, kaki turun satu atau dua duanya tidak membuat rider kerepotan saat harus berhenti di kemacetan atau lampu merah misalnya..

ergonomi Suzuki V-Strom 650

joknya nyaman banget

PERFORMA MESIN Suzuki V-Strom 650

Tenaganya sendiri dapat dikatakan smooth tapi bertenaga…Untuk kelas ini kita jauh jauh lah dari membicarakan tentang power yang bastard apalagi binal, karena yang dicari adalah kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh, kemudahan berkendara dan kemampuan bermanuver.. Dari sisi ini tentu Suzuki V-Strom 650 bukanlah level motor 150 dan 250cc, bentuknya sendiri sudah moge beneran, jadi kelincahannya ya harus dibandingkan dengan moge lainnya. Dalam hal ini, Suzuki V-Strom 650 2 silinder masuk kategori moderate.

Meski powernya smooth saat digas, tapi silakan coba puntir throttle nya lebih banyak, siap siap aja terlempar dari tempat duduk kalau setang gak dipegang dengan erat hehe.. KBY berikan dua jempol untuk kinerja suspensi belakangnya, nyaman banget! Belum lagi busa joknya yang bikin betah berlama lama duduk.. Suspensi empuk mengorbankan handling, agak goyang ketika bermanuver cepat, namun jangan kawatir, soalnya bisa disetel kok kekerasan dan ketinggian suspensinya.. Sementara shock depan agak sedikit firm tapi gak sampai mengganggu..

shock belakang bisa disetel

THE VERDICT

Suzuki V-Strom 650 dijual resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada harga Rp. 209.405.000 (dilihat per 9 April 2017), cukup tinggi memang. Hanya saja kelas moge itu unik, yang suka dan jelas duitnya ada ya gak masalah, tinggal beli.. Secara keseluruhan moge berkapasitas 650cc dengan mesin konfigurasi V-Twin (V2) ini sudah sangat cukup untuk adventure dan turing jarak jauh.. Tinggal pendekatan seperti apa yang pas bagi Suzuki dalam melobi para money maker yang punya karakter unik hehehe.. Videonya menyusul ya lads..

Thanks to: Ihsan Motoshop

SPESIFIKASI SUZUKI V-STROM 650

Mesin

  • Tipe 4-stroke, 2-cylinder, liquid-cooled, DOHC, 90˚ V-twin
  • Daya Maksimum –
  • Torsi Maksimum –
  • Diameter x Langkah : 81.0mm x 62.6mm
  • Volume Silinder : 645cc
  • Ignition system : Electronic ignition (transistorized)
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel injection
  • Perbandingan Kompresi : 11.2 : 1
  • Starter system : Electric
  • Jumlah Transmisi : 6-speed constant

Dimensi

  • Dimensi (PxLxT) : 2,275mm x 910 mm x 1,405 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1,560 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 170 mm
  • Kapasitas tangki : 20 liter

Rangka

  • Suspensi depan : Inverted telescopic, coil spring, oil damped
  • Suspensi belakang : Link type, coil spring, oil damped
  • Ukuran Ban Depan : 110/80R19M/C 59V, tubeless
  • Ukuran Ban Belakang : 150/70R17M/C 69V, tubeless
  • Rem Depan : Disc, twin
  • Rem Belakang : Disc

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

39 COMMENTS

  1. Pernah mnt Vandra ngereview ini motor, malah Kang kobay yg dapet duluan. Hehehe. Udh custom-an yah itu fairingnya?

    Mustinya review agak lbh mendalam Kang, soalnya suatu saat bs jd perbandingan andai SIS jd bawa VStrom 250 dimarih.

  2. gaada bagus2nya, motor adventure bongsor gini bakalan susah masuk hutan, nerjang gurun pasir lanhsung ambles deh

    • Yakali adventure-tourer gini disuruh masuk hutan sama gurun pasir… ga bisa bedain yah peruntukannya motor adventure-tourer dengan motor enduro?

  3. Btw mang Kobay, bentuk paruh di depan motor adventure itu kegunaannya apa yah ?
    Cuman desain pembeda aja atau ada fungsinya yah….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..