terang mana yaaaa
terang mana yaaaa

Kobayogas.com – Hola lads… mengetes dan bahas suspensi Yamaha NMax sudah, performa mesin bluecore VVA-nya juga sudah.. Gimana kalau kali ini kita bahas performa lampunya jika iseng dibandingkan dengan milik Honda New PCX?

Kebetulan malam itu KBY hadir dengan membawa si Sniego, New Honda PCX yang disebut-sebut operpret 😀 Nah karena keduanya baik Yamaha NMax maupun New PCX sudah menganut headlamp dengan teknologi LED, gada salahnya kita mengetahui seperti apa performa keduanya jika disandingkan. Nanti kita lihat terangnya, lalu sinar jatuh ke permukaan jalannya seperti apa, cut off nya bagaimana serta setinggi apa lampu jauhnya.. Do it simple, no device required 🙂

Iseng tes performa dan penampakan lampu utama New Honda CBR 150 lokal vs New Honda PCX

BERBEDA TIPIS SAJA

Lokasi pengetesan adalah pertokoan agung buaran, sekitar pukul 10.30 ketika beberapa warung sudah tutup dan beberapa lampu sudah dimatikan. Sayangnya KBY lupa mengabadikan ketika lokasi sedang minim penerangan :D. Gak masalah… yuk digeber. Oia, lampu utama Yamaha NMax baru menyala ketika mesin dinyalakan, sementara milik New PCX sudah aktif ketika kunci dikontak ke ON.

Jika milik Yamaha NMax terlihat lebih redup terlihat dari depan, menurut KBY pribadi itu merupakan efek warna mika headlamp nya yang cenderung smoke (gelap) dan ketidakadaan lampu senja LED berbentuk garis. Biar foto-foto yang berbicara lads.. menurut KBY sih beda-beda tipis saja..

Terlihat di foto sih bentuk sinar New PCX cenderung membentuk lingkaran dan penuh menerangi jalan, sementara milik Yamaha NMax lebih mengotak lurus dan seperti berlapis lapis/ berbaris menuju ke depan, terlihat adanya garis hitam/ gelap pada pancaran yang dihasilkan lampu NMax pada permukaan. Sementara warna sinar keduanya sendiri sih mirip 99% lah ya?

kedua lampu menyala
kedua lampu menyala

PENAMPAKAN LAIN

Selain pancaran lampu dari headlamp, kita juga iseng mencoba lampu-lampu yang ada, seperti lampu kecil, lampu sein, dan penampakan pantulan headlamp di tembok (simulasi jika terlihat dari spion atau bodi mobil). Jika dilihat dari foto, lampu-lampu LED yang dimiliki New PCX (sein, lampu kecil/ senja, lampu nopol) tidak terlalu terlihat efek terangnya alias sama saja dengan bulb milik Yamaha NMax. Namun jika dilihat langsung memang terlihat bedanya. Sementara itu, lampu rem ketika ditarik juga tidak terlihat detail akibat keterbatasan performa kamera smartphone.

simulasi cahaya yang dipantulkan
simulasi cahaya yang dipantulkan dan bentuk cangkang yang terlihat pada pantulan

Special Thanks: Kedai Andi, Arman dan sang empunya NMax, Victory…

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

86 COMMENTS

      • anda benar bung, DC atau AC tidak dilihat dari nyala bareng ama mesin/gak. kalo mau tau pastinya ya gunakan saja multimeter.
        kalo saya sih nganggepnya lebih baik nyala bareng mesin biar menghindari aki drop walau sepersekian %

      • kalo menurut saya aja sih, tapi hal itu gak signifikan kok. intensitas waktu nyala saat kontak ON kayak sistem AHO lama dibanding nyala saat mesin distater kayak sistem AHO baru gak begitu makan waktu. kecuali motor pas mogok distater gak nyala-nyala sementara lampu on terus. ini yg saya maksud dengan kata lebih baik.

        ribet ya bahasa saya..heheh…

      • Pagi…
        Bang Kyb kl nmax itu untuk stater nya hanya menggunakan elektrik stater aja ya ga pake manual stater (Pedal setater) seperti motor matic lainnya. Nah kalo mogok ato aki nya habis atau stater nya rusak,mesti apa yang dilakukan suoaya motor nya hidup kembali.
        terima kasih

  1. Head lamp mending pk lampu biasa pd umumnya aja! lbh terang sptnya, aplg kl pas hujan! ga nampak sinarnya ditelan aspal yg hitam. cuma dpt kerennya doankz kl pk led.

  2. special request kang,,tolong dong ntar full revkew nmax vs pcx..
    tadinya udah sreg sama nmax trus liat lamou di atas kok jadi goyah..
    ngeliat nmax cocok bgt krn untuk refuel gk perlu turun dr motor,speedo full digital..
    ngeliat pcx keliatan lbh elegan tp ada beberapa kekurangan,,piyeee ikii kang,,tolong full review,pleaaseee…

  3. Kesimpulan ane dari gambar untuk kekuatan cahaya. Nmax bagus di kekuatan lux , PCX bagus di kekuatan lumens . PCX menang diterang titik cahaya, keliatan lebih silau.. nmax bagus di intensitas sebaran cahaya

  4. pcx keliatan lebih mewah + elegan om. sayang aja beda 10 jtan 😀 kalo masih 30an sih tertarik 😀

  5. Masing masing punya daya tarik tersendiri, satu Sudah senior dan tampilan ok yyng satu tampilan punya harga ok dan. Pruduk lokal harga terjangkau, kekurangan masing masing ada, non abs. Akan ada tunggu aja sampai ada perbedaan

  6. pergantian lampu nmax ketika mati cuma bohlam led nya saja atau sepaket sama headlight seperti vario?

  7. mantab pake bgt nih lampu lebih bagus dari yg lbih mahal tarikan juga lebih bagus tenaga ngisi trus ga kaya yg lebih mahal top lah pa lg yg non abs value pke bgt

  8. Jiahh tenang bray, pcx pasti unggul.
    NMax inferior.
    kaya kasus NMax shock keras fbh yg refot, fby anteng aja bry maklum p*nt*t wis kebal kapalan.
    YIMM ga perlu blogger bray, ga ada untungnya nanggapin blogger,
    yang ga suka NMax shock keras ya udah jangan dibeli, geto aja refot.
    Yamaha ms under 30% juga sante aja, ya ga bray?
    Udh bray ga usah ngurusin YIMM ms makin mengkeret salah sendiri bray. Jgn ada yg beli motor Yamaha, beli aja Honda kencang nyaman dan irit.
    Betul ga bray?

    http://tmcblog.com/2015/04/14/info-yimm-ke-konsumen-nmax-tidak-ada-penggantian-suspensi-belakang-nmax/
    http://tmcblog.com/2015/04/06/ada-penggantian-suspensi-belakang-yamaha-nmax/

    Lihat catatan blogger paling netral sejagat raya.
    Dia berani ungkap kekurangan NMax secara gamblang, ga perduli itu motor pinjaman YIMM sekalipun tetap sisi kekurangan diungkapnya.
    http://tmcblog.com/2015/03/14/catatan-tmcblog-untuk-yamaha-nmax-abs-vva/
    Dan tersebar keseluruh jagad blogsphere terungkap fakta kalau NMax adalah skutik terkeras.
    Ini YIMM yang koplak kurang sajen ke blogger kali ya? Wkwkwkwkwk
    Contohlah AHM unit yang dipinjam blogger selalu diberitakan yang bagusnya.

      • Bagus ente dong test ride Nmax punya konsumen langsung, bukan pinjaman pabrikan. Iya kan.
        Artinya anda merasakan apa adanya, tul ga?

      • Kby

        Beda bray ciri blogger.
        Ai lbh respek blogger sambilan kaya ente Kobayogas dan Mbh Dukun jg Jragan Rondo. Punya kerjaan utama diluar jd blogger. Artinya ngga kejar tayang artikel, ya kan? Hehehe.
        Mau dikata Kobayogas itu FBH, Mbah dukun ternakan AHM dan juragan Rondo ternakan YIMM, tapi ente ngga hidup dari ngeblog ya kan? Jadi sambilan saja. Dan lebih apa adanya, bukan ada apanya, hehehehe.
        Jauh bray kalau blogger sdh jadi media besar itu berdasar ada apanya (imho), apalagi sibloggernya hidup dari ngeblog. (imho) hehehe

  9. om KBY, saya jg pengguna yamaha nmax.. sewaktu saya jalan saat hujan malah hari, teman saya yang mengikuti di belakang suka mengeluh masalah lampu rem LED yang terlalu terang, sebetulnya bahaya ga sih om? takutnya kita rem,malah yang di belakang merem krn silau… hehehe…

    • menurut saya rem LED memang sudah sewajarnya lebih terang, tapi harusnya tidak silau, dan menurut saya sih gak silau ya, toh mikanya merah, kecuali diganti yg putih ala alay gitu hehe… .

      Keunggulam lampu rem LED sebenarnya bukan semata mata dia lebih terang agar lebih mudah terlihat oleh pengemudi di belakang bahkan dari jauh sekalipun, namun reaksi dia menyala dan mati juga lebih cepat dibanding bohlam.. Itu kenapa dia sebenarnya lebih safety…

      temen yang ikutin dari belakang itu silau karena selalu merhatiin lampu rem yang keren wkwkwkwkw…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..