banner

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kobayogas.com – Hola lads, setelah menunggu cukup lama sesi peresmian pabrik baru milik Astra Honda Motor di Karawang plus mengiringi wakil presiden berkeliling pabrik, saat yang ditunggu oleh kami pun tiba.. Melihat, menatap, meraba dan mencoba Honda New Beat!!

Sayangnya memang ada pergeseran rencana dari awalnya mengetes alias test ride sang skutik baru, namun karena satu dan lain hal, area yang sedianya sudah disiapkan oleh panitia harus dibuat clear karena kedatangan orang nomor dua di Indonesia, wakil presiden RI, bapak Jusuf Kalla..

Kecewa? Sedikit sih, karena penasaran dengan mesin baru dengan teknologi mesin eSP Honda yang ditanamkan di Honda New Beat, adakah peningkatan signifikan atau tidak. Namun KBY dan sahabat blogger tetap enjoy, pengalihan test ride menjadi photo session pun sudah memadai bagi kami untuk diungkapkan kepada pengunjung blog tercinta.

NEW BEAT YANG LEBIH ADVANCE

Melihat dari sosoknya, memang bocoran awal yang KBY dapatkan seputar New Beat ACG starter – ISS ini ternyata akurat!! (artikel pendahulunya cek di sini, di sana, sebelah sini juga).  Info bodi tidak mengalami perubahan plus penambahan fitur ACG starter akurat, lalu fitur ISS juga akurat, bahkan New Beat akan di ekspor ke mancanegara pun 100% akurat! Thanks to insider.

Oke, lanjut. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, New Beat dari sisi desain memang tidak ada perubahan, hanya menurut KBY (CMIIW ya) material kualitas plastik area speedo/ setang berbeda dengan current Beat. Kayaknya sih gitu, jadi penasaran pengen liat Beat temen kantor besok :D.

Plastiknya kini hitam doff dengan tektur halus, seingat KBY sih current beat teksturnya kasar ya.. cmiiw lagi. Jadi, efek mewahnya kena, namun jenis cat dan tekstur seperti ini bukan tanpa kelemahan, biasanya rentan lecet yang meninggalkan bekas, kena kuku misalnya. Well, plus minus lah ya. Minus integrated function key, jadi pembukaan jok masih terpisah nih.

Sedikit perubahan ada pada sektor kaki belakang, emblem eSP kini menempel pada rumah filter, sisanya sama semua. Knalpot hanya terlihat perbedaan pada covernya saja. So, perbedaan atau peningkatan yang ada pada New Beat ini adalah:

  • mesin teknologi eSP pada semua varian
  • tersedia Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS) hanya tersedia pada varian tertinggi
  • Parking Brake Lock baru seperti Vario 110 LED tersedia pada semua varian
  • ACG starter tersedia pada semua varian
  • Panel Meter baru

Berikut spesifikasi umum dari Honda New Beat:

  • Volume mesin: 108,2
  • Power: 8,68 PS/7500 RPM, Torsi 9,01 Nm/6500 RPM
  • Ukuran Ban: Depan – 90/90/14 dan Belakang 90/90/14
  • Ground Clearance: 140 mm
  • Berat Kosong: Beat & Beat POP – 94 Kg (CW) dan 95 Kg (CBS-ISS).
  • Kapasitas tangki bbm: 3,7 liter
  • Konsumsi BBM: 58,5 km/l (tanpa ISS), 63 km/liter (dengan ISS) dengan metode ECE R40
  • Kapasitas Bagasi: 11 liter
  • Tinggi jok: Beat (740 mm) – POP (735 mm)

Dengan semua perubahan ini, New Beat memiliki 3 varian dengan 10 pilihan warna yaitu; Casting Wheel (CW) seharga OTR Jakarta Rp. 14,150 juta, lalu varian CBS dengan harga Rp. 14,450 juta dan varian tertinggi CW-CBS-ISS dengan harga Rp. 14,950 juta. Cukupkah menggoyang iman para pencinta skutik?

Lengkap dengan CBS dan ISS
Lengkap dengan CBS dan ISS

 

NEW BEAT POP YANG LEBIH GAUL dan FUNKY

Tak disangka, New Beat hadir bersamaan dengan varian New Beat lainnya, yaitu Beat POP (kalau kata mang Pey sih POP – Produk Orang Purwakarta)… Di mata KBY, dari sisi desain justru ini yang lebih fresh dan fungky. Pertama melihat pun desainnya sudah langsung menggoda, ingin mendekati dan menjamahnya.

Yang unik, sisi fascia alias wajah, seperti gabungan dari beberapa jenis skutik yang menurut KBY hasilnya justru menjadi memuaskan. Dari sisi, posisi lampu sein seperti milik Suzuki Burgman, dari depan, seperti Mio Soul lawas :D. Namun yang paling KBY suka adalah bagian buritannya. Di saat New Beat sudah sangat familiar dan cenderung membosankan, Beat Pop hadir dengan kesegaran baru… cocok lah dengan desainnya dari belakang. Tapi kok mirip Kawasaki Athlete ya? 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Perbedaan lainnya adalah kantung depan milik Beat POP lebih kecil dari Beat. Sayangnya, desain yang sudah oke, malah dikebiri dengan menempatkan lubang kunci pembuka jok pada bagian buritan Beat POP. Betul, pembuka joknya masih terpisah dan tidak terintegrasi, sama seperti New Beat, well sangat disayangkan nih. Panel meter stylish dengan dasar sporty putih mirip Beat lama. Fiturnya sama dengan saudaranya, ACG starter, ISS, CBS, PBL dll.

Dengan desain dan fitur seperti itu, KBY pikir harganya lebih mahal, ternyata KBY salah, berikut pilihan atau varian yang ada dari Beat POP termasuk harga OTR Jakarta:

  • Beat POP CW – Rp. 13,850 juta
  • Beat POP CBS – Rp. 14,150 juta
  • Beat POP CBS-ISS – Rp. 14,650 juta…

Target penjualan keduanya menurut AHM diharapkan mampu menyerap 200,000 unit/ bulan. So, manakah pilihan lads? Dan mampukah sang Beat still Unbeatable? …

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

61 KOMENTAR

  1. sorry telat absen lek…lagi makan tadi…menurut sayah yang paling menggoda iman…yang boncengan cantik…sesuatu bingitz…he…he…

  2. Headlight beat Pop dibikin sipit dikit trus lampu senja pake led ala DRL jadi satu sama sein nambah keren.

  3. si beat pede lawan blue coe 125 cc.

    CC besar dilawan ama fitur

    si beat pop , headlampnya kalu diperhatiken secara seksama,

    tatapan matanya . kaya cbr sempak om.

    tapi bentuk siluentya emang kaya si suzuki neck.

    kalu head lamp beat esp, tetap dipertahankan spt karena,

    image gigi si cepot membawa berkah kali om

  4. dari sisi design

    mungkin mio blue core lebih baek 1 tingkat,

    tapi tdk jadi jaminan menang,

    casenya adalah pada saat fino keluar dgn design lebih baek dari scoopy dari sisi konsumen,

    ternyata babak belur sama scoopy

    • karena setelah ditinjau lebih jauh, Fino gak bisa apa2 saat dibenturin sama fitur, jadi gak kepake sama mereka yang mentingin juga fungsionalitas… padahal mungkin saja awalnya mereka kepingin Fino…seperti saya misalnya.

      • yach itulah, konsumen sekarang dah pada ngerti apa funsi dari fitur iss, sss, dsb.

        bahkan yg dicari ibu-ibu juga yg kaya gini,

        sebab kadang lupa naekin sandard setelah belanja, yg laki juga sich.

        iss juga konsumen suka karena, kalu brenti lama, ndak perlu matiin mesin buat hemat bensin.

        kalu idupin tinggal plintir gas.

        kalu sebelahm mesti matin mesin, puter kunci kontak kalu mau jalan dan gas

        • begitulah hehe… ay pilih scoopy karena bagasinya gede, males bawa2 jas hujan di tas, plus barang bawaan sbgian besar bisa masuk ke situ. Kalau desain sebenarnya lbh suka fino.

    • kapan ya sport ahm d kasih fitur selengkap matik
      ya minimal mesin mati ketika sandaran sampingnya gak d naikkan utk safety aja sih

      mgkin karna ahm belum terlalu serius, cba kalau serius mode: on mgkin fitur iss bakal d sematkan d varian semprotnya
      :v

  5. Keluaran terbaru New honda beat fi memang tidak ada perubahan sama sekali dari keluaran sebelumnya baik dari striping maupun modenya. Yang membedakan hanya pada teknolgi iss esp yang dimana saat pertama kali distarter tidak ada lagi tedengar suara gesekan mesin. DN memang suarnya lebih halus dari keluaran yang sebelumnya.

    Pengenalan beat mode terbaru, lebih terlihat pada jenis honda beat pop. Yang juga otomatis menggunakan teknolgi iss esp.

    Keuntungan beat :
    -Injeksinya terbukti irit
    -modelnya kekinian, cocok dipakai gaul bwt anak muda baik cewek ataupun cowo dan keren dibawa bareng sama pasangan.

    Kelemahan honda beat :
    – komstir/kones harus sering di servis rutin
    – kunci jok sering bermasalah, daya tahan besi pengait jok sekuat kawat sehingga mudah bengkok
    – kualitas dasbord plastik sangat buruk. Jangan berani jemur motor beat di matahari terbuka, warnanya plastik dasboard akan cepat pudar

    Buat yang lagi di bali pengen nyobain pake beat buat muterin bali bisa coba konsultasi sama saya. Qt ada kecil-kecilan usaha sewa motor beat di bali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini