PCX YSS G Euro XL

Kobayogas.com – Hola lads… Setelah YSS G Euro terpasang pada New Honda PCX, kini saatnya mereview performanya secara keseluruhan di segala kondisi jalan yang sering KBY lalui, termasuk impresi saat berboncengan… Bagaimana end resultnya? Ekpektasi dan tujuan KBY memasang suspensi YSS G Euro Honda PCX ukuran XL ini adalah dengan maksud memperoleh kenyamanan dan pengendalian yang lebih baik dari yang dihasilkan oleh suspensi standar. Dimana kenyamanan tidak berkurang drastis namun bantingannya mantap dalam menerjemahkan setiap ayunan bodi dari jalan.

Tentunya definisi nyaman dapat berbeda bagi tiap-tiap individu, versi dan definisi nyaman menurut KBY dalam artikel ini adalah, kenyamanan bantingan atau ayunan suspensi-nya tidak terlampau jauh dengan bawaan originalnya.. meski tentu dari sisi kehalusan atau kelembutan ayunannya jelas masih lebih lembut original…

Sedangkan definisi mantap di sini adalah, pada jalan halus atau sedikit bergelombang, si bodi motor tetap melekat dengan aspal/ jalanan, tidak terguncang guncang dan mentul-mentul. Mantap disini juga dapat berarti handling yang sangat baik saat harus menikung dalam kondisi cepat dan miring. So bagaimanakah hasilnya?

MENGAPA YSS G EURO?

Ohlins jelas out of reach…so sebelum memutuskan membeli tentunya KBY banyak mencari referensi juga, salah satunya dari grup HPCI (Honda PCX CLub Indonesia), dan dari sekian tipe YSS, G Euro banyak direkomendasikan, plus dia ada ukurannya, seperti yang KBY pilih itu tipe XL dengan bobot rider 70-90 kg asumsi si Sniego lebih sering sendirian. Jika ingin lebih keras dan sering berboncengan, tipe XXL atau G-Plus tabung atas bisa jadi pertimbangan lain.

YSS G Euro XL PCX

PEMASANGAN

Pada saat pembelian, harganya sudah termasuk gratis pemasangan plus garansi selama 6 bulan. Oleh karena itu Sabtu kemarin KBY mengunjungi show room TDR Racing yang terletak di kawasan Cakung Jakarta Timur. KBY hanya memperhatikan para mekanik handal milik TDR bekerja memasang suspensi YSS G Euro pada Sniego. Ada beberapa baut di balik jok yang harus dilepas terlebih dahulu agar suspensi dapat di pasang.

Kencangnya setelan baut bodi milik pabrikan akhirnya memakan satu korban baut bintang, karena sepertinya dikunci ‘mati’ oleh pabrik. Sharing dari para mekanik hal ini selalu terjadi pada merek apapun, selalu saja ditemui satu baut yang harus menjadi korban dalam melakukan pemasangan, baik suspensi maupun rotor rem. Akhirnya baut yang rusak tersebut diganti dengan yang baru, for free πŸ™‚

Setelah dicoba, posisi Sniego sedikit lebih tinggi dari original, mungkin tidak mencapai 1 cm sih, namun terasa perbedaanya.. Cekidot foto-foto pemasangannya lads….

PERFORMA YSS G EURO DI ATAS EKPEKTASI

Perasaan kawatir akan kerasnya bantingan suspensi YSS G-Euro ini sebenarnya sudah ada di benak jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk meminang sang YSS. Yang terbersit di pikiran adalah ayunannya akan sangat keras dan membuat punggung/ bokong cepat fatigue alias lelah. Namun itu adalah resiko modifikasi, pait-paitnya ya jual lagi aja jika tidak sesuai… mau diapakan lagi toh? Trial and error mau gak mau wajib dilakukan karena belum pernah mencoba mengendarai Honda PCX baru yang menggunakan suspensi YSS G Euro. Hanya teringat ayunan mantap dari YSS Primavera membuat KBY menepis rasa kekhawatiran tersebut..

YSS dan Zelioni Primavera

Seperti biasanya, begitu terpasang rasanya tidak sabar untuk mencobanya.. duduk di atas pelana New Honda PCX yang sudah terpasang YSS G Euro, KBY mencoba mengayun ayunkan bodinya…masih goyang namun tak sebanyak originalnya, sangat terasa bodi langsung diam begitu ayunan terhenti…indikasi mantap di kecepatan tinggi nih.

Begitu keluar bengkel TDR Racing, Sniego langsung meluncur di jalan aspal campur, wah kesempatan mencoba ayunannya nih.. langsung saja KBY sengaja mencari legokan sepanjang jalan sebelum mencapai jalan raya. Ternyata ayunannya masih terhitung lembut untuk melintasi jalanan tak mulus…memang jadi sedikit keras, tapi masih sangat bisa ditolerir. Rebound-nya juga terasa cepat, selesai mengayun si YSS G Euro segera kembali ke posisi awalnya…

Menuju jalan raya… jalan raya cakung arah Buaran didominasi oleh trek lurus dengan aspal cukup mulus dengan variasi beberapa legokan, sedikit bopeng serta adanya speed trap…kondisi yang cocok untuk mengetes performa YSS G Euro XL pada New Honda PCX. Wah benar-benar mantap ternyata lads…dengan kecepatan variatif 40-80 km/jam sepanjang perjalanan, ayunannya sangat pas dan sesuai ekpektasi, bahkan lebih!!

Melintasi jalan bopeng dan speed trap tipis, body Sniego hanya sedikit saja bergeming, suspensi yang bekerja, bukan bodi motor yang naik turun… pun tanpa adanya hempasan keras yang biasanya dirasakan pada punggung atau bokong ketika melintasiΒ speed trap. Di atas jalan bergelombang seperti jalan beton YSS G Euro juga berhasil melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, gejala pengendara terombang ambing atau terhempas-hempas dirasakan sangat sangat minim.

Begitu pula di jalan lurus nan mulus, larinya Sniego menjadi lebih stabil dan tenang, mantap! Satu dua tikungan parabolik yang ditemui dapat ditaklukkan dengan mudah tanpa usaha banyak dari bodi pengendara…Berboncengan juga ternyata tidak merubah performa si YSS G Euro, masih tetap mantap dan menjadi lebih lembut saat melewati jalan tidak rata dibandingkan saat berkendara sendiri, mirip-mirip karakternya seperti originalnya…

YSS G Euro XL

Honda PCX baru

THE VERDICT

Secara singkat, KBY puas dengan performa YSS G Euro XL ini dan merekomendasikannya jika lads berniat mengganti suspensi standar dengan aftermarket… Hmmm apalagi Ohlins kali yak? πŸ˜€

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

83 KOMENTAR

  1. emg TOP BGT shock YSS ini….
    saya juga pengguna shock YSS om, tapi type yg hybrid. buat cornering disirkuit kenjeran mantap… motor tetap anteng gak geol geol kayak shock orinya

  2. kebangetan dgn hrg segitu gk dpt manfaatnya/keunggulannya dr standar, btw tampang sniego jd tambah macho, mudah2an bang Kobay rejekinya nambah biar kebeli ohlins……… #tuh dengerin ohlins!

    • disinyalir seperti itu, misal Yamaha, yang kata mekanik selalu mematikan satu baut di sektor remnya, mgkin juga biar gak ganti2 dengan milik variasi/ aftermarket

      • Ah alesan itu mekaniknya salah muter baut aja sampe slek….saya bongkar sendiri pas pasang YSS di PCX saya gak sampai slek….modalnya ya buku manual service download-an dari i-net aja….

  3. YSS mantap lah saya pake yang hybrid di PCX karena selama pake yang bawaan setiap kali boncengan pasti gasruk poldur…..

  4. saya juga pake YSS Hybrid di old jupie mx
    pake rebah enyakk..
    penasaran Sniego kalo rebah gimana ya..

  5. Klo pengen yg lebih empuk dari ori pke yg tipe apa y mang kobay?
    pengen nyari bwt old vixie nih…,pinggang udh mulai gampang pegel…

    • Wah ovi pdhal dah empuk loh…biasanya kalau empuk itu mau gak mau cari subtitusi, misal pake shock motor lain…coba cari referensi di google om

Yuk Tinggalin Jejak Lads..