CBR

Ini Dia Fitur Pada Mesin Yamaha R25 – Engine Auto-Stop System

Buku manual R25

Kobayogas.com – Tergelitik mengetahui penyebab mesin Yamaha R25 tiba-tiba mati saat sedang dibiarkan idle, milik salah satu indener yang sudah menerima unit Yamaha R25, KBY mendapatkan pencerahan dari beberapa pengunjung blog…. ternyata penyebabnya adalah fitur Engine Auto Stop System…

Apa itu fitur Engine Auto Stop System? Awalnya sang pemilik, bro Yoko terheran-heran ketika mengetahui mesin motor miliknya tiba-tiba mati saat sedang dibiarkan idle sebanyak dua kali percobaan. Percobaan pertama dilakukan selama 35-40 menit sebelum mesin kemudian mati, percobaan kedua dilakukan selama 20 menit lebih lalu mati kembali. Keduanya dilakukan di area terbuka, teras rumah milik bro Yoko.

Asumsi awal mengingat bro Yoko belum mendapatkan buku manual dari dealer setempat, adalah aktifnya fitur auto shut down jika mesin mengalami overheat. Namun yang membantah asumsi tersebut adalah posisi temperatur mesin yang berada di tengah, artinya, mesin si Yamaha R25 tidak mengalami overheat.

Asumsi kedua, apakah sebenarnya si mesin mengalami overheat namun indikator temperatur tidak berjalan sebagaimana mestinya. Terima kasih kepada bro Dimas Syauqi Rafsanjani yang telah membaca buku manual Yamaha R25 dan menginfokan kepada blog ini sbb:

β€œEngine auto-stop system. Mesin akan berhenti secara otomatis jika ditinggalkan langsam selama 20 menit. Jika mesin berhenti, tekan tombol start untuk menghidupkan mesin kembali.” Buku Petunjuk Pemilik R25 halaman 6-1.
Semoga membantu.

Berkat informasi dari Bro Dimas tersebut, KBY dan pengunjung lain mendapatkan pengetahuan baru seputar mesin Yamaha R25. Jadi seperti yang dijelaskan buku manual, Yamaha R25 memiliki fitur yang akan mematikan mesin apabila terdeteksi mesin menyala namun tidak ada aktivitas (idle) selama 20 menit. Ini fitur yang support green dan blue earth menurut KBY, bagus lah.

Tambahan dari bro Victory, thanks atas bantuannya untuk mengabadikan keterangan dari bro Dimas dalam bentuk foto dari buku manual hal 6 – 1. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya para pemilik Yamaha R25… Jadi bukan overheat, tapi fitur Engine auto-stop system lads….

Mangga digeberrrrr….

R25

About Kobayogas 3377 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

94 Comments

  1. Josss…kalo lejek lma2 kaya si kuro jalan bentar pet” auto stop..ngengkol lagi deh tu ah.. eh spa tuh namanya? Yg biru2 yg pnya fitur sma persis? @_@
    ini trgolong tehnologi lma gak sih? Vespa kan dri taun 60an tuh nerapinya??

  2. Nahh… Ternyata yang ngasih info si om Dimas toh.. ROCK juga haha…

    Makin laris ni blog kayanya… Sabtu bukber lah, traktir di panahan, kang…

  3. emang di Vario wantufaiv ISSnya cuma 3 detik baru mati ya, atau 30 detik baru mati ya?
    wah ntar apa Yamaha gak takut digugat di meja hijau nih ikut2an fitur mesin idle mati ndiri, secara tekno itu kan katanya udah dipatentkan Honda, hihihi…..?!?:))

    • 3 detik om. malah di unit PCX yang saya tes selama 5 hari aktifnya terlalu cepat..gak sampe 3 detik sudah mati. Tapi itu ISS bener2 dah bikin iritnya.

      Tanpa ISS teman saya cuma 1:28 dapatnya, begitu beberapa hari kemudian mencoba selalu mengaktifkan ISS, langsung jadi 1:38… hehe

  4. wah ada fitur itu ya, ane baru tau hahaha.
    makasih loh kang Kobay udah nyantumin nama ane di artikel, senang bisa membantu, royalti bisa dititipin ke kang Victory ya kang haha.

  5. ya begitu deh indonesia. punya barang baru pengen buru-buru dipake sampe gak sabar nunggu manual book :mrgreen:

  6. om kobay: ahh motor bebek saya juga bisa kok fitur kek ISSnya Wantufaev, tapi namanya jadi Manual Tech Idling Stop System, tak perlu nunggu 3 detik dulu baru mesin mati, tepat setelah berhenti pada saat itu juga mesin langsung mati: DDD

  7. halahhh.. trs ane harus bilang wowww… sudah terlabat lo yamaho dgn 250 lo.. fitur2 250 lo syangnya sdah terlambat, cz ane sudah bosen makai 250.. lagian inilo sudah waktunya 650 or 800. . .

    • Sekarang pake berapa cc, masbro? 650/800 cc?
      Ada fitur beginiannya juga kah? Numpang foto2 dong….

  8. Engine auto stop system kayanya beda sama ISS
    EASS aktif saat motor belum dijalankan atau saat mesin dipanaskan terlalu lama untuk menghindari bensin terbuang percuma saat memanaskan mesin.
    ISS aktif saat motor sudah dijalankan dikecepatan minimal 10 km/h dan akan mematikan mesin saat berhenti selama 3 detik untuk menghindari bensin terbuang percuma saat motor berhenti ←kata agnes di iklan

  9. Canggih tapi 20 menit kelaaan dak hemat bbm Kang Kobay itu bagi yang lupa menghidupkan tapi motor gak dijalankan

  10. Kasihan motornya bro Yoko. Dibiarkan idle masih baru padahal. Suram masa depanmu R25 milik bro Yoko.

  11. pantesan bang… kmarin waktu manasin mesinnya mati sendiri… rupanya gitu to……??

Yuk Tinggalin Jejak Lads..