CBR

Dua Silinder Saja Sulit, V Twin is Too Good To Be True?

Honda-VTR1000F-Firestorma

Kobayogas.com – Ini dia berita yang menarik, bahkan mungkin paling menarik sejak semua pembahasan artikel di dominasi oleh si Tsunami bernama Yamaha R25… Honda gerah dan gregetan, harga dirinya tercabik? Lantas V Twin Engine kah jawabannya sebagaimana yang diulas TMC dan MindGenesis?

Bicara varian mesin dan model, sebagai raksasa otomotif roda dua di dunia, Honda bisa dipastikan sebagai pemilik varian terbanyak, tidak ada yang tidak bisa bagi mereka jika ingin.. hanya tentunya semuanya disesuaikan dengan culture negara setempat, termasuk kebiasaan dan daya beli masyarakatnya, dalam artikel ini tentunya Indonesia…Tapi bagaimana jika pride pada kelas flagshipnya sudah terkoyak? Akankah Honda tetap diam?

Sebagai produsen yang terkenal sebagai pelopor teknologi harusnya sih tidak diam ya… apalagi yang di toel toel ini adalah klan CBR, flagship sport mereka yang secara resmi dijual di Indonesia. Saat Kawasaki nyolek-nyolek, mereka mungkin akan cuek, kali ini, sang Nemesis langsung yang mencoleknya, jika tidak mau dibilang ditoyor oleh Yamaha. Kalaupun masih tetap diam, sebenarnya tidak ada yang salah dengan itu, toh hak Honda untuk tidak merespon…

Kita anggap saja Honda merespon, sejauh ini KBY sudah membuat beberapa artikel yang menyentil sepertiΒ Honda dua silinder (haruskah CBR 2 Silinder?) , atau Apa taktik Honda ke depan? Bisa dikatakan, sulit bagi Honda (AHM) membuat mesin dua silinder untuk dimasukkan atau diproduksi untuk pasar Indonesia, banyak sih pertimbangannya, misal Principal tidak melihat urgensi penerapan mesin dua silinder untuk pasar Indonesia, atau Principal masih sangat percaya 1 silinder adalah yang paling tepat untuk kubikasi di bawah 600 cc, bisa jadi juga Honda global melihat CBR 1 silinder masih sangat diterima pasar di eropa sana… berat kan usaha AHM memperjuangkan alasan CBR untuk menjadi dua silinder?

Belum lagi, konfigurasi V itu tidak ada yang murah, karena secara desain dia lebih kompak, lebih ringkas, lebih njelimet, lebih balance yet powerful, penampilannya pun terlihat lebih luxurious daripada parallel… singkatnya, kalau pun iya, harganya dijamin gakan murah!! Kalaupun dibuat bersaing, pasti akan ada trade off nya… nah ini yang dikawatirkan…Jika mampu membuatnya, siapa yang akan membelinya?

Honda VTR1000-SP1-2
VTR1000 berbasis mesin V Twin

Dengan alasan di atas, KBY pun berpendapat, too good to be true jika benar Honda global mempersilakan Thailand atau lebih dahsyat lagi, AHM untuk menerapkan mesin dua silinder pada klan flagship mereka, CBR. Alih alih V-Twin engine lads, 2 silinder paralel saja sudah sangat bagus itu jika diijinkan. Pun begitu, tidak ada yang tidak mungkin, jika benar V-Twin engine sampai turun, berarti Honda menatap serius persaingan di kelas ini dan tidak perduli seberapa banyak yang akan terjual, yang penting gw ada di atas rival… lagi-lagi efek dahsyat Tsunami R25… So, 2 tahun lagi? Next Year even better!!

Thanks for reading and sharing lads, mangga digeberrrrrr V Twin ENgine -nya πŸ˜€

About Kobayogas 3428 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

144 Comments

      • udah baca dr mlm tp br sempet komen.
        bisa jd masspro nya thn dpn,kl niat tdk ada yg mustahil bagi honda tp syg AHM nya peliittt utk mslh sport,ntr kburu kawak brojolin zx250 reborn 4silinder inline baru nyahok….!!!
        scr konsumen 250cc keatas tdk begitu peduli harga asalkan cucok,value,prestige&pride…. yg penting tampil beda.
        imho

        πŸ˜€

      • bukan pelit keknya, terbentur kebijakan dan approval pusat menurut ay sih ya…

        Kayaknya gini, lo bebas buat skutik dan bebek, sport kudu approve kita dulu yeeeee

  1. V twin itu mesin 2 silinder paling mahal konfigurasinya, bahkan dibanding boxer sekali pun, cmiiw. Kalo mau V twin, walau honda MAMPU karena ada basis vtr 250, mau dijual berapa? Logis sih. Bisa sentuh angka 60 jt++ tuh.
    Kalo pun iya bikin, dugaan gue akan tetap nyomot sasis vtr yg teralis tp konfigurasinya mirip twinspar, kan cocok sama motor sport. Kaya ducati jaman 1198 ke belakang tuh.

    Sebenernya kalo males bisa aja sih, comot aja sasis dan mesin vtr 250. Ganti arm, suspensi depan belakang, setang, dan body plus kasih fairing. Risetnya ga mahal gue rasa, tp cogsnya ga ketulungan :))

  2. apa yang nggak bisa? memang niatan honda dari awal memang pakai 1 silinder saja. kalaupun ingin 2 silinder, power lebih tinggi dari yang lain, semua atpm pun bisa membuatnya kalau ingin. #JMO πŸ˜€

  3. projek ini udah pasti masbro mesin glondongannya ud ad yg diblah impo dri om ane yg di ahm knapa honda tdk membikin cbr 2slin tdinya terlalu pd dgn kemampuaan enjiennya ternya pasar bda untuk respon terutama pasar asia khusnya indonesia. pasar memilih motor 250 bkan semata power dan mdl tpi suara jga yg ingin beda pada motor umumnya yg suaranya mono. mtr ini pungsinya nanti pendamping cbr dipenjualan nanti kta om ane nantinya ada tiga mdl. mdlnya dri beda ama vtr jepang yg sama hannya dari rangka saja katanyasih beberapa pendor udah merapat ke ahm pembicaraan dlman mesin vtr so ad beberapa bagian beda ama vtr jepang oh iya tdinya riset vtr ini jtuhnya ke thai berhubung thai lgi aga kisruh dipindah deh ke indonesia tercinta ini.

  4. Seru juga sih kalo iya. Tapi dari pengembangannya bahkan kelas seperti NC700 sama Integra aja udah dipaksa twin inline walaupun 270 derajat pengapian. Efeknya suaranya v-twin. Sempet nanya2 VTR250 di Hobby Motor yg di Jaksel, harganya 90an. Itu waktu dollar masih 9000an. Kayaknya “RCV250” pasti AHM import mesin dari jepang, sisanya rakitan sini. Kalo misalnya masih mau maksa masukin. Tapi production linenya bakalan kepake buat K45, so very highly unlikely karena di Jepang cuma ada VTR. Dari segi pangsa pasar kalo sebulan target 2000, mahal sih buka pabrik baru hanya untuk “RCV250”

    • Betul bro, dan gak mungkin AHM bakal korbanin line produksi bebek dan skutik yg penjualannya massive hanya utk sebuah VTR250 yg jelas2 penjualannya gak bakal banyak. AHM itu pure business oriented company, jadi cari untung segede2nya adalah tujuan utamanya, bodo amat motor flagshipnya dicabik2 kyk apa yg penting bkn market bebek dan skutiknya aja yg dicabik2. That’s why i never ever demen ama Astra’s products.

  5. menurutku sih v twin itu percuma bingit di terapkan di 250 cc doang…apalagi harganya juga akan merangkak naik, percuma bikin motor sangar gitu tp sedikit yg beli kan…mending ya dua silinder paralel aja udah cukup…

  6. Buat ay yg penting ada pass beam n engine cut off button…. mau v, s, o, t engine terserah
    mangga digeberrrrrr link monocrossnya-nya πŸ˜€

  7. cost nya pasti mahal.. dr blok silinder harus bikin 2, cam shaft 4 biji klo DOHC, kepala silinder jg 2, rantai keteng jg lbh panjang atau pake 2 biji.. tp menarik bgt klo benar hadir dan harga yg bisa main di 50jt an, persaingan 250 multisilinder makin berdarah-darah… juoos

  8. Kalo setting hargaX nnti sama ato bahkan lebih murah dr kompetitor bs2 az mas bro, tp dgn catatan kualitas part bakalan bnyk dpt potong sana sini biar bs ngimbangiX, krn mesin V2 lebih bnyk partX dibanding inline 2, ujung2 bakal trjadi lg klotok2 Versi kesekian kaliX, Buahahahaha…

  9. All New CBR250 CKD : 250cc, DOCH, V-Twin dan Liquid Cooled. (AHM).
    Kalo memang benar diproduksi, maka itulah Honda saudara-saudara.
    Pararel sudah biasa, ini yg lebih canggih : V-Twin. Apakah RC213V itu pakai
    konfigurasi V juga ? Berarti teknologi MotoGP yg sesungguhnya ? Meski itu
    “hanyalah” rekayasa dari MC33-nya VTR250. Jadi krn ini rekayasa dari MC33,
    tentunya semua enthusiast bikers Endonesia mengharapkan 1 thn pun cukup
    utk me-launching-kan All New CBR250 CKD. Santailah dulu sis Yogas, ndak usah
    buru” beli fairing 250. Ditunggu dululah, Honda jangan ditinggal. Lebih baik lagi
    kalo launching-nya kwartal IV 2014 ini, sama spt project Honda global yg katanya
    juga akan merilis All New CBR 250. Bisa jadi AHM yg disuruh membuatnya.

    • Utk masalah harga, dipatok 60jt pun masih oke jika memang All New CBR 250
      menang segala-galanya, termasuk “Pride” krn motor ini memang beda dgn yg lain.
      Para bikers pun lambat laun akan sadar realitisnya harga segitu krn memang
      bagaimana pun Honda lebih unggul.

      NB : Kalo memang benar ya pake V-Twin hehehe ….

  10. namanya juga rumor hahaha

    ;
    ;
    ;
    ;
    ;
    ;

    Sering denger kabar bahwa mobil A kandungan lokalnya 84 %, mobil B 85 %, motor A 90 %, motor C 94%, artinya part kan bikinan Indonesia semua, Jelasnya vendor juga Indonesia.

    Tapi kok belum ada gerakan kuat ke arah pembuatan mobil atau motor nasional ya, padahal tinggal bikin merk aja kan, asal didukung segenap komponen bangsa Indonesia yakin bisa. Esemka dll berlalu gitu aja!

    http://bonsaibiker.com/2014/06/04/banyak-dibilang-80-sekian-90-sekian-part-lokal-tapi-kok-hingga-kini-indonesia-gakpunya-mobilmotor-nasional-ya/

    • Pemerintahnya kacrut…sebenarnya sudah banyak sumber daya manusia yg siap membuat Mobil Nasional dan Motor Nasional…tp kembali lagi ke DUIT…kalo pakai Lisensi, otomatis orang yg berwenang dibalik layar pasti dapet DUIT…kalo Impor, otomatis pejabat yg berwenang dalam Impor selalu kecipratan duit…pertanyaannya, kemanakah Motor Nasional kita??kemana itu SMI (Sepeda Motor Indonesia)??Jatayu??

      • Harus belajar dari kasus mobil timor.. jd sbnrnya bisa aja kita punya mobnas atau motnas.. tp pemerintah gk boleh ikut campur tangan, harus pemberdayaan mandiri dan investor.. nah itu nya yg susah..

  11. Kalo dipikir2 sebenernya kesalahan ada di “market di Indonesia telat ngikutin perkembangan motor dunia”. Lht aja thn brp baru motor 250cc bisa diterima pasar sini, apalagi sport fairing? Di sini kaga berkembang, hanya berkutat di tempat. Skrg minat pasar baru terbentuk, tp motor2 yahud udah keburu didiskontiniu. Kesalahan ada di tgn market/konsumen di Indonesia. Kesalahan pemerintah ada jg, krn pajaknya tinggi. Semua itu saling berhubungan. It’s too late…! Stop dreamin’ of V-twin bros…

  12. Bay…biar diurut atu2 aje dulu yeeee…
    Jika CBR :
    1. Klan CBR-series tidak memakai silinder V, jadi tipe mereka selalu paralel engine termasuk klan tanpa R nya, alias CB-series
    2. Klan CBR-series punya tipikal engine smooth dan tidak meledak2
    3. CBR pakai 2silinder inline, sepertinya dari pihak jepun akan menolak, karena CBR adalah pasar global, dimana wilayah Eropa dan Amerika lebih menyukai tipe engine single silinder untuk kapasitas mesin dibawah 400cc, beda sama Asia tenggara yg udah bosen denger mesin 1 silinder :p
    4. CBR kembali pakai 1 silinder, fiuh FBH bakalan pengen nonjok2 Honda karena tidak mendengar permintaan konsumen, namun dari sisi ini AHM pun akan serba salah
    Jadi agak mustahil jika Honda Motor Corp. membuat klan CBR bermesin V-Twin, namun jika AHM sudi membuat klan VTR, mungkin akan brojol tuh seri mesin V-Twin 90 derajat.
    Jika VTR :
    1. Klan VTR-series selalu memakai mesin V-Twin, dan V4, tipe mesin mereka sampai sekarang dipakai di MotoGP
    2. Klan VTR-series punya tipikal mesin yang meledak2, gahar, dan , terbukti VTR1000R SP1, VTR1000R SP2, VTR800 Interceptor, VTR750 memiliki power mesin yg melampaui zamannya
    3. Klan VTR-series sangat tidak familiar di Asia Tenggara, padahal tipe VTR adalah yg disegani di Amerika.
    Nah, apakah mungkin AHM menggunakan VTR-series untuk mengganjal R-series dan Ninja-series??ataukah tetap menggunakan CBR-series yg agak sulit dibuat 2silinder inline??

    • Bisa jadi masbro Reza Maulana. Lha kata om Taufik BuitenZorg, para mekanik senior AHASS sudah di-briefing akan ada mesin 250cc, V-Twin bla bla bla, mosok yo itu utk Next Tiger ? Bisa jadi juga AHM ingin beda mas Reza, kompetitor sudah pararel engine dan Honda ingin sesuatu yg lebih powerful, canggih dan jauh lebih valuable baik sisi performance maupun marketing. Ndak usah gembar-gembor ini itu, orang dikasih tahu V-Twin, buat yg suka nonton MotoGP pasti sudah ngerti (dikit” hehehe) itu mesin bagus.

      • Tapi jangan lupa, biaya produksi bikin mesin V-Twin ama 2inline lebih mahal V-Twin loh…kecuali AHM ga mikirin berapa duit nantinya tu motor dijual :O lho, kan motor powerfull berapapun harganya pasti dibeli :p

      • mahal? Hyosung GT250R aja, bs dijual kurang lebih sama ma ninja,. okelah emng V engine-nya cm oil cooled 5 speed suzuki punya, tp ada USD + dual discbrake depan + etc,.. asumsi ganti teleskopic +rangka diamond konvensional ato double cradle kykny masi make sense.. lebih mahal iya,. tp masi gk jauh2 bgt ma kompetitor.

  13. Kesempatan VTR untuk datang dan meramaikan pasar 250 sepertinya tipis banget…
    CBR aja baru juga nongol, diupdate & direfresh untuk bantu penjualan.
    Klo boyong VTR kemari malah ngancurin CBR donk, malah2 sia2 usaha refreshment produknya.
    VTR di atas kertas menang telak dari sodara sedarahnya, model frame sexy abis…
    Mending CBRnya aja dimaksimalkan, masih punya banyak potensi walau single cylinder.

    ini VTRnya :
    http://devmoto.blogspot.com/2014/04/honda-vtr250-naked-concept_21.html

    • AHM ga fokus jualan CBR250R kok…kan barangnya aja CBU, kecuali kalo CBR150 yang bakalan brojol baru deh bakalan gempur2an…kemungkinan sangat tipis kalo VTR-series yang bakalan diproduksi…opsi ke 2 buat cari aman palingan dibikin seri CB250R pake mesin CBR250 buat head to head ama Z250 mono

  14. Kalo bener, jadi percuma buang-buang duit oprek New CBR250 DK, percuma pula project CBR300 yang baru dibrojolin di Amrik sono …. Untuk sementara kepada FBH, teruslah bermimpi… mimpi Anda kayaknya masih panjang dan lama ….

  15. Motor korea ada yg 250cc v twin, tp kx biasa saja kalo g mau di bilang gak laku. Ntar malah ada fbh yg bilang “ini lho mesin v twin 250 cc pertama d indonesia”

    • Hyosung GT250R ama Hyosung GT250 Comet aslinya punya basic mesin dari Suzuki, dan sangat mirip dengan Suzuki GS500 untuk basic engine, tipikalnya jelas banget cruiser dan touring karena memang basic Suzuki Development untuk daya tahan. kalo AHM brojolin, yah gatau deh FBH ama Sales2 Honda bakal ngomong ape :p

  16. Kata pak eko disegmen premium harga no 2 kang.yg utama pride dan prestisus
    Andai v twin harga 70jt pasti laku

  17. sebenarnya saya tadinya itu ngarepin seperti ini…………………….mau ngemeng apa ya??????……ohhh yaa jadi kemarinkan sempet ada delay launching CBR25R dual keen eyes, saya kira tuh pas motornya bener2 launching udah pakai v-twin ini..toh body CBR250R udah keren toh cuma tipisin dikit buntutnya..klo dah pake v-twin kan trek tek tek wuuzz…gempa bumi..angin puyuh..bumi gonjang ganjing dah blogersphere di dunia..dan indo

  18. mang koby.andai aj terwujud dgn body yg 11-12 sm abang iparnya si cbr1000 .mungkin bisa buat pertimbangan buat ane tukar hati ke produk motor honda.tpi y itu 2 thn loh..hemmmm bakal keduluan ni sm zx250rr .kawasaki kn suka pedakilan n nyleneh

  19. kemungkinan sih masih ada. memang sih klan CBR itu inline, tapi kan desain awal CBR 250 itu klan VFR yang notabene V engine, nah akhir ini berubah muka ngikut klan CBR, memang awalnya kayanya agak salah. design VFR dengan nama CBR, skrg udah klop CBR memang pnya karakter smooth hampir di semua lini klan CBR saat ini baik 250CC sampai fireblade 1000CC. balik ke 250cc, nah karena dulu masih ada DNA VFR nya mungkin saja dijejali mesin V twin. hehehehe… nanti namanya CBR 250V, wkwwkk…. design sih sebenernya gak jelek2 amat CBR ini, kelihatan mewah dan gambot. cuma saya orang Indonesia itu sukanya yang mesinnya beringas2. :v lihat aja Ninja series, R series, laku, yang elegan series, cbr 250, lumayan lah…. oh iya untuk urusan tanduk, kayanya gak bakal ilang sampe kakak2nya gede cbr300, cbr400, cbr500, cbr650 masih pake tanduk, ya yg imut version masih bertanduk, wkwwk… kecuali mau dinamain cbr150rr/cbr250rr, biar kaya kakaknya yang cbr rr version tanpa tanduk. πŸ˜€ it’s all about family clan

  20. saran ane utk honda AHM nih ye kl di baca&dipertimbangkan y syukur.
    drpd 2 silinder V engine mending skalian 4silinder V engine,lah apa pertimbanganya?
    1. produk flagship men di 250cc.
    2. mindset org indo,smakin byk smakin bagus.
    3. jaga2 lah kl kawak brojolin 4 silinder inline reborn nya,kn skalian bs jd killer smua tetangga.
    4. jgn pikirkan harga,namanya jg flagship,konsumen skrg jgn dibodohi&gk mau stengah2 asal all out.
    5. tdk bikin inovasi yg out of box,jgn harap jd raja sport.

    just imho
    :mrgreen:

  21. Bay, keyakinan gw mah palingan AHM gakan brojolin V-Twin, karna bakalan tipis banget kesempatannya. Kecuali kalo AHM brojolin CB250R, pake mesin CBR250R buat pengganti tiger…sama halnya dengan CB150R
    Kenapa gw yakin ga brojol?
    Minus :
    1. Cost produksi mesin V-Twin sangat tinggi, bikin 2 cetakan blok silinder dengan 1 lobang ama bikin 1 cetakan blok silinder dengan 2 lobang, tentu lebih murah 1 cetakan dengan 2 lobang (2inline)
    2. V-Twin memakai 2 rantai keteng…2inline pakai 1 rantai keteng…cost nambah
    3. V-twin pake 2 cetakan head silinder dengan konfigurasi 4klep per head silinder, 2inline pakai 1 cetakan dengan 8 klep…cost makin nambah
    4. Penyakit mesin V-Twin ada di getaran mesinnya, kecuali Honda bisa mengatasi ini

  22. Strategi kebakaran jenggot ala AHM. Aneh, dulu kan CBR250 1cyl kan emang market sharenya plg gede di Eropa. Jualan di indo cm sbg flagship /image representatif. Skrg tiba2 panik? jualan yg 1cyl aja udah terbingung2 mau nentuin harganya sampe nunggu rival nelorin harga baru ngekor. Kalo AHM ngeliat V-twin lebi murah atau sebanding dgn 2cyl inline udah salah besar. V-twin PASTI lebh ribet & cost lebih mahal. Mau dipasang sbg produk flagship lagi? kl galaku ntar tiba2 nurunin harga lagi dgn alesan Dolar tekor? tepok jidat aja deh :p

    mending bikin 2cyl 250cc dgn spek sebanding sama kompetitor tapi dgn value marketing yg lebih. toh mindset Honda sbg penguasa market share terbesar udah cukup lah sbg modal

  23. nanti 2 tahun lagi om VTR lokal bukan 32 ps ntar jadi mahal, dibikin tenaga cukup 23 ps (dibalik) πŸ˜†

  24. 10-20 th kedepan eranya bukan bukan motor bensin 4 silinder yg laris, tapi motor listrik percayalah!! minyak bumi makin langka brot

  25. wah menarik nih.
    tapi ada pertanyaan juga. jika iya dibuat, dgn konvigurasi “V” kayanya ga mungkin dengan varian CBR. kan nama CBR klan nya selalu inline/sejajar(walau yg kubikasi kecil cuma satu)

    jadi, apakah berani honda menambah varian khusus segmen 250 dengan misalnya “VTR 250” ?

    *hanya komentar orang awam. maaf banyak salah :p

  26. amati tiru modifikasi strateginya kawasaki aja, ambil mesin 2 silinder model lama, kasih injeksi, bikinin cover baru. Honda dengan segala sumber dayanya dan pride yg telah terkoyak, rasanya bukan hal sulit menerapkan counter attack untuk kompetitor…

  27. dunia perailatan bakal kacau balau bila v tuin muncul dengan range harga 50 s/d 60 jutaan di indonesia bang…insyaalloh klelep semua dengan gaung v tuin ini (IMHO) meski tidak beli karena gak mau ribet dengan 3s purna jualnya

  28. biar ga rancu, versi semprotnya di indonesia jangan dinamain VTR 250, tapi RVT 250 aja, ngikutin penamaan VTR n VFR di US . . .

  29. ga ada yang mustahil bagi Honda. 1. Honda itu berduit 2. Honda itu brand ternama yang disemua ajang balapan pasti ada 3. kualitas honda adalah terbaik. CBR 250R harga barunya knp bisa menyaingi Ninja 250? karena CBR dibuat dengan bahan terpilih. sedangkan ninja dikasih bahan yang biasa” seperti klep ninja 250 yang terkenal bosok. jadi walau 1 cyl harga tetap sama dengan ninja 250

    Intinya mbok nanti kalo Honda kasih harga CBR 250R vtwin 60jt pasti tetap laku.

    • Ahh kata sapaaa material CBR 250 lebih bagus? Fairing tipiss gan! Coba raba aja bandingin sama Ninja 250 lebih halus mana finishing nya? Yang bikin mahal itu stiker repsol yang katanya replika decal motoGP Padahal ya rider nya cuma jadi papan iklan repsol berjalan. Malu2in hahaha

      Di luar sana harga CBR250 cuma $3600an brand new. Artinya seharusnya ada selisih sampe 15juta dengan harga Ninja 250. Buktinya di Indo, harga baru cuma beda 5jt an dengan Ninja.

      Kesimpulannya? AHM terlalu pede dengan produk CBR, dijual lebih mahal dr harga di pasar global. Akhirnya kualat, hancuuur cur currr

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Opini: Jika memang benar honda berniat memasukkan motor 250 berbasis mesin VTR, mungkin inilah alasannya… | Lovemotobike.com
  2. Yamaha R25 Wajib Juara IRS..! Demi Honda… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  3. (Opini) Monoarm & Mesin V Twin Untuk CBR 250 R | Achirul Personal Blogs
  4. Satu Rangka Misterius Terlihat, Milik Motor Apakah? Jangan-Jangan… « KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..