CBR

Opini: Bagaimanakah Trik AHM Menghadapi Persaingan Pasar 250cc 1 Silinder?

image

Dengan telah terjunnya Kawasaki di ranah 250cc 1 Silinder, tentunya hal ini cukup membuat khalayak di blogsphere terhenyak. Hal ini lebih dikarenakan nama Kawasaki itu cukup populer dengan kebijakannya mempositioningkan harga dengan cukup layak.

wpid-honda-cbr-250r-photo1.jpg

Seperti yang mungkin telah kita ketahui bersama, Honda CBR 250 bukanlah produk yang buruk mengingat Honda adalah salah satu sesepuh di dunia roda dua dan sering dijadikan barometer bagi produsen lain.

Namun CBR 250 bisa dikatakan produk yang gagal, gagal dari sisi penjualan, bukan dari produknya. Penjualan CBR 250 di Indonesia tidaklah terlalu moncer atau menggembirakan, jika dibandingkan dengan kompetitor. Padahal, CBR 250 bisa menjadi paket yang sempurna jika saja positioning harganya bisa lebih bijak.

Bahkan lebih jauh lagi, CBR 250 bisa menjadi raja diraja di kelas yang dia kuasai sendiri, betul, kelas 250cc 1 silinder. Tidak ada pemain lain sebenarnya yang terjun di pasar ini. Bayangkan jika diset pada harga yang pas, CBR 250 bisa membuat senyum lebar para petingginya karena laris manis. Laris karena calon buyer yang ingin dua silinder harus merogoh koceknya lebih dalam lagi, sehingga akhirnya melirik dan meminang CBR 250.

Namun kenyataannya, harga CBR 250 mendekati kompetitornya di kelas dua silinder. Tentu buyer di kelas ini akan rela mengeluarkan koceknya sedikit lagi asal dapat paket yang lebih lengkap bukan?

Andai saja di awal lahirnya CBR 250 di set cukup jauh harganya dengan kompetitor dengan mempertimbangkan jumlah silindernya, maka seretnya penjualan tidak akan terjadi. Namun nasi sudah menjadi bubur, tinggal bagaimana membuat bubur tersebut lebih lezat dan menarik.
image

Biasanya, tidak ada dalam kamus marketing, suatu produk turun harga, hal yang sebisa mungkin dihindari oleh para marketing. Namun bukan berarti tidak bisa sama sekali, jika kita katakan CBR 250 dirakit lokal, maka mungkin saja harganya bisa diset lebih terjangkau, atau sekalian, jedotin dengan harga Kawasaki 250cc 1 silinder nantinya. Dengan bekal nama Honda sih harusnya cenderung tertebak publik pilih yang mana.

Pun begitu, salah satu pengunjung blog, bro #034 bilang, bahwa dari lahirnya pun, gen CBR dibuat dengan harga jual dan keeklusifan tinggi, so Honda (Global), gak khawatir CBR series di Indonesia mau laku atau tidak, Honda sudah cukup pemasukan dari skutik dan produk lain (asumsi di Indonesia). Jadi bisa disimpulkan, Honda tidak akan bergeming dengan masuknya Kawasaki di kelas ini.

What d ya think think lads? Mangga digeber ah…

image

Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3423 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

94 Comments

  1. di saat honda mencoba menstereokan heandlampnya malah kawasaki menjomblokan pistunya……… piye iki wkwkwkwkw lokal berkwalitas ayo di tunggu harga masuk akal wkwkwkwkkw

  2. simpel bikin verza 250 harga 25 jt, laku dah tu xixixixi
    sebenernya ane justru tertarik sama kalimat
    “gen CBR dibuat dengan harga jual dan keeklusifan tinggi, so Honda (Global), gak khawatir CBR series di Indonesia mau laku atau tidak, Honda sudah cukup pemasukan dari skutik dan produk lain (asumsi di Indonesia). Jadi bisa disimpulkan, Honda tidak akan bergeming dengan masuknya Kawasaki di kelas ini.”
    menurut ane, klo begini terus justru kurang menguntungkan ahm, soalnya mulai banyak orang punya mindset sport ahm itu BIASA dan MAHAL, ada yang MURAH tapi harus siap dengan PENYAKITNYA (if you know what i mean). yang akhirnya membuat orang berpikir ulang untuk membeli sport…

  3. ada kok ommm pemain 250cc 1 cyl
    itu tuhhh yang ngeluarin 3 produk sekaligus, fairing, naked sama supermoto 😀
    buatan mana aye sendiri ga paham abisan ga jelas heheheh

  4. Coba ahm berani bikin gebrakkan buat motor 250cc mau 1 atau 2 silinder terserah yang penting sok depan upsidedown, sasis deltabox + banana arm atau gak mono arm kayak nsr sp, harga 11-12 ama kompetitor mungkin bisa merubah keadaan. Tapi gak mungkinlah, cbr aja sekarang harganya segitu, mau dihargai berapa kalau ini bisa terwujud. Tadinya saya berharap sama yamaha dengan r25nya yang sudah deltabox+banana arm, tapi lihat concepnya sirna sudah, sama aja sama ninja250 dan cbr250, cuma beda kasing doang+mesin. Oh iya, stickernya dah nyampai, thanx Kang 😀

  5. lepas aja dech CBR250. Menurut ane, lbh baik H maen di touring/dual purpose 200cc dgn fresh engine+design. Atau H off dulu dr kelas 200-250cc 1-2 thn, dan lbh fokus di kelas 150cc. Kelas 250cc akan jd red ocean..

  6. ane pikir,, honda akan lebih serius di indonesia dengan di bangunnya pabrik baru! Ternyata masih mimpi! Tetep aja thailand yg jadi prioritas! Asem tenan

  7. dengan brojolnya produk baru kawasaki n yamaha yg secara quality n penampilan ganteng banget,cbr 150 n 250 ga bakal bisa apa2 selama status masih CBU.penampilan ga bs disebut jelek sih,walau ga se-sporty kawasaki-yamaha.tp harga trlalu tinggi utk yg 150cc.lah yg 250cc harga kurang lbh kawasaki 250 2cyl.konsumen udah jelas pilih yg mana.SUZUKI belom ikut rusuh loh iki.makin menarik.moga brojol semua produk sport 150-250 dr pabrikan k,y,h,s.jd kita sbgai konsumen diuntungkan dgn varian n harga yg kompetitif.gagagagagagaga..
    *rusuh mode on

    • Hahahha.. Rusuh mode on.
      Faktanya memang gitu, kalau gada pilihan yg lebih baik dari CBR, ya CBR paling bagus, masalahnya tyata pabrikan established lain bisa bikin lebih baik, harga juga mendukung.

    • Yup bener, dah baca barusan. Saat kita bicara PCX, jederrrrr effortnya kena bangetttzzzz… kita tau lah spt apa PCX walau harganya bisa di bilang kurang motorsiawi, tapi PCX emang barang bagus, segala kelebihannya ada disitu. Dan segala kelebihannya pelan pelan diturunkan ke Vario (saat itu 125, skrg menuju ke 150).

      Tapiiii… saat kita menoleh ke CBR, menurut ay ya, sekali lagi, menurut ay hehehe… gagal dilaksanakan, mission failed not accomplished, karena apa, imej CBRnya sendiri gak sekuat PCX yang mewah dan canggih, paket lengkap bagi skutik medium premium kecuali harganya.
      CBR? Hanya menurunkan harga mahalnya doang, desain terlalu biasa utk klan CBR, teknologi juga ternyata gak terlalu melompat jauh (kecuali secara spek 1 silinder 250cc CBR terbukti bisa melompati 2 silinder jadul).

      Belum lagi masalah yg didera oleh CBSF sbg produk derivatifnya CBR, alih alih menanamkan mindset mesin tangguh, malah sebaliknya.

      Jd project mercusuar utk produk derivatif CBR menurut ay saat ini, gak berjalan lancar.

  8. Cuma satu kalimat, Honda tidak menganggap serius pasar motor sport di Indonesia.
    Semoga dengan kondisi ini, Honda global akan melek melihat gurihnya jualan motor sport di Indonesia.

    • saking ga penting nya,tutup tangki rata aja ga d restuin sama honda pusat,goblog poolll honda pusat 😆

  9. Saran ane sih, benahin dulu tutup tengki jendolnya …qiqiqiqii (sambil natap tengki cbsf ane)

  10. Klo boleh jujur..komentator di warung ni ko agk brbeda ya bhsanya.. (sdkt bnyak faham or spertinya own slh 1 dr pbrikan sport amateur 250cc) jd agk nymbung klo ngomeng.. Plg bete klo g pnya slh 1 mtornya.. Low educate..pas komeng jd rude produksi kalimt2nya.
    Klo blh curhat.. Sblm minang yg skrg..ak smpet inden ninfi slma 2 bln.. Slma periode tu jg sy gbung k club nya..trnyta bnyk tmn2 yg crhat maslh QC ny..wiih pkokny srem2..n plg parah n bkin ilfeel tu ko ya 60% dr total ownerny mngalami renggang d fairing..bbrp diantranya klaim. Djwb..”rata2 emg gtu bos”.wah bete bgt kn..mna ak dah dp 20jt. Ak nnya ke head marktingny..klo skiranya pas mtor ak dtg(wkt tu ak inden yg abs putih merah) ad ap2 sprti speedo or headlamp ngembun,shock meler,fairing mleleh or renggang bs d gnti g??dia blg bsa asl bkn kslhn knsumen..beuuh..serem..dah gtu ad tmen inden speedo 1bln lbh g dtg2.. Itu pdhl product global n CBU..gmn klo akhrnya d CKD in??
    Sigkt crta akhrnya stlh nego alot n ngluarin 1jt biar 20jt tu kmbli..ak brpaling…n smpe skrg msh ilfeel sm qwalits tu ninfi..kcwli zx636.. Ak akui bkn cma karakter swra (psang akra double in line pun swra enggine msh kedenger) tp power setingkat cbr 600

    • Bisa dipahami ternyata background dari bro #034. Dan sptnya memang sejauh ini mencoba mendalami sejarah dr CBR sendiri, bagus om hehehe..
      Kalau boleh disimpulkan, NFI ini sbnrnya sesuai dgn pengalaman masbro sendiri, kualitasnya gak baik ya (kalau ogah dibilang buruk).
      Sejauh pengalaman saya juga, beberapa teman memang mengalami yg diceritakan, tp semuanya gak pernah susah payah klaimnya, semua dilayani dgn baik komplainnya, ya mmg harus gitu apalagi Kawasaki kan lagi proses bangun imej disini, kalau bukan karena servis, andalannya dr mana lagi. Hehehe.
      Btw hal2 yg ditakuti di NFI sama sekali gada kejadian di CBRnya?

      • Yaa mmg bda2 playanan servis kmi d msing2 kota..mgkn jg krna d daerh sy msh daerh kmpung..jd lmyan lma ngindenya..tp mgkn jg krn wktu tu mmg msh fresh..jd blm bnyk sparepartnya. Sbnrnya scra pribdi bkn mslh d gnti ap ga nya. Tp imagenya dmn first impression sy yg bgitu trlena euforia mnymbut kdatangnya..krna bnyk sx pmbaharuan dr product sblmnya..dgn ftur yg sdkt mlampaui cbr. Llu mnghdpi knyataan QC yg sprti itu.bgi trsmbar ptir d siang hri. Gmn ga???msa sya hrus mmbuang uang 61jt utk kwlts yg sprti tu??fairing renggang itu spele bgt. Tp klo tiap x liat pnya tmn itu ko ya sprti nyesek gtu loh..61jt sprti ni???(maf ni cm pndpt pribdi aku)
        Kbtulan sy make cbr blm gnap 2th..n trmsuk jrg d pke jg(kbtulan d club mtor sy d posisikn sbgi mtor utk kprluan kntest. Mbah bons prnh posting bbrpa artikel tntg mtor ak).jd scra objective sy gbs kmentar utk klwits scr ksluruhn. Yg jls klo kwlts fairing.finishing scra kslrhan msh diats nfi. Maintanance cma cuci2 aj n bru 2x gnti oli.Utk top speed sprti yg srg sy singgung smntra ni yg tercapture pny tmn 193kph.. Klo ad shbt dr nfi owner yg bs mngcpture lbh dri tu..salut…

      • 61jt itu harga disana? Non ABS atau ABS? Giling…
        Oke om ane paham maksud soal QC-nya, got the point.
        Kalau soal top speed, jujur aja ane sih percaya.
        Percaya kalau sudah di modif maksimal dan digeber ditrek panjang yg memungkinkan dapat segitu.
        Percaya juga kalau NFI bisa dapet lebih dengan terms and conditions yang sama 🙂

      • Yg ABS atuh ptih merah mah brad.. G selwbay itu brads..cma sdkit ngoprek ko..sisanya standard..Boleh d coba brads..klo bsa tembus..saluut..laah di dyno test chalangenya ak juaranya..qiqiqi..
        Btw kt brtman d fb yu?tu almt emailku utk fb jg

  11. Coba dari dulu cbr dual headlamp kya diatas, ane jamin bakal banyak mata yg terlena melhatnya, trus dari sisi penjualan bakal barsaing ketat dengan ninin.. imho

  12. Semoga AHM ga coba2 ngelokalin klan cbr lah, terutama 250… ntar kualitasnya turun jauh setara mimin lg, macem 150 nya… biarlah cbr 250r menjadi urusan honda pusat, produk global ini..

    eh buset ane ditiup 😀

  13. ikut komen ah. baca komentar dimari enak ya kang adem dpt info jg. apa jangan2 komenya pada kena razia

    • ada yang kena memang kalau dobel – triple sama atau ada yang benar benar ga pantas. Tapi gada tuh yang kejaring akibat tidak pantas hehe, alhamdulillah berarti pada baik semua 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..