CBR

Opini: Razia Knalpot Racing (Bising) – Pengalihan isu?

wpid-CYMERA_20131123_115759.jpg

Judul di atas, murni opini KBY..di saat Indonesia (tepatnya Jakarta), butuh kenyamanan transportasi dan pelayanan jalan raya yang sudah super crowded, eh ini ada isu yang kaset lama judul lama dikemas cover baru.

Tak dapat dipungkiri kalau memasang knalpot racing (aftermarket) merupakan keasikan tersendiri. Ada yang memang cuma aksesoris (tenaga gak naik, hanya suara saja yang tambah besar), sampai benar benar untuk menaikkan tenaga mesin (dengan settingan lebih lanjut). Suaranya (jika pas) akan terdengar merdu dan syahdu (Bang Oma kalee).

wpid-CYMERA_20131103_210219.jpg wpid-CYMERA_20131123_231703.jpg

Masalahnya adalah, motor 250cc ke atas knalpot standarnya cukup anyep, kita gakan tau ada motor yang melaju cukup kencang dari belakang kita yang bahkan, posisi kita saat itu mungkin saja menghalang-halangi atau bikin kagok motor yang melaju cepat itu. Memang ini terkesan pembenaran, tapi sekaligus fakta bahwa dengan adanya suara maka pengemudi di depan akan lebih aware sejak awalΒ  terhadap posisi motor/ kendaraan lain yang ada di belakang.

wpid-CYMERA_20131115_230411.jpg

Kasih lampu (dim) atau klakson dong…helooo…berapa rider sih yang benar benar menggunakan spionnya? di klaksonin aja kadang gak ngeh, alih alih pakai lampu dim saja, tambah dicuekkin hehe. So, diharapkan, dengan adanya suara yang cukup, maka rider lain akan waspada terhadap surrounding areanya.

Tapi, mari kita kembali ke judul. Opini KBY soal razia ini adalah banyolan, why is that? Jika lads perhatikan, setiap ada isu atau kasus cukup besar yang menyangkut pemerintahan, maka tak lama kemudian akan ada isu isu “sampingan” yang dibuat agar masyarakat dapat paling tidak, mengalihkan fokusnya terhadap isu besar tersebut.

Kali ini KBY belum menemukan isu besar yang pas untuk disebut sebagai sumber pengalihan, malah mungkin lads sendiri sudah lebih tau dari KBY? Opini KBY sih sebagai rakyat jelata, daripada mikirin “remahan” begini, mending beneran deh itu transportasi dibenerin, jika transportasi nyaman dan aman, maka masyarakat dengan sendirinya akan beralih kok dengan sukarela karena kemudahannya itu. Gak perlu ada isu pemasangan RFID, isu batas jalur Trans Jakarta ditinggikan, isu pembatasan BBM dan terakhir razia konyol suara knalpot. Hadeeuuhhh…saya sebagai rider yang motornya pake knalpot aftermarket, jelas gak setuju :D…

Hanya sekedar opini loh lads, ojo bin ulah serius tenan hehehe…Tapi KBY setuju, ada beberapa knalpot yang gila bunyinya, dah kayak knalpot motor balap beneran padahal tuh motor cc-nya aja gak sampe 150cc dan dipakai di jalan raya pula, yang kaya gitu KBY setuju untuk dibinasakan hehe, intinya, kepolisian yang merazia harus sedia alat pengukur desibel (dB) dan standar parameter pengukurannya harus jelas, misal idle berapa, RPM sekian maksimum berapa dB dlsb.

Enjoy ur weekend

wpid-CYMERA_20131124_222111.jpg wpid-KobaY-logo-OK.jpg

 

About Kobayogas 3428 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

100 Comments

  1. Peraturan GeJe ne.. Operatornya juga geje terkesan sangat dipaksakan.. Juklak gak jelas n db meter jg gak punya kok asal nilang.. Pdahal hukum itu Ada kepastiannya,kok kuping dijadikan alat ukur tntu sngat subyektif kn hasilnya.. Itu desibel 90 pda rpm brp kn jg g jelas.. Knalpot standar klo di gas pda rpm tinggi jg berisik.. cb deh wktu servis motor itu.. Blm lg suara knalpot 2tak, gak cm disable tp emisinya jg parah itu.. Apa aturan ini g konyol… Apa lg kmarin sempet tu pak hindarso blg klo HD g ditilang gr2 knalpot uda dri pabrik gt.. Ini bnr2 g mutu jg omongannya.. Klo HD melanggar batas DB ya g usah ksh ijin impor n jalan lah.. Goblok kok dipelihara..

  2. knalpot alay, silakan ‘ditertibkan’. Saya jg gak yakin, apa cara2 razia spt ini masih bs efektif dan kontinyu. Bs jd alat sound meter jg blm siap scr nasional. Atau malah byk petugas yg blm tahu klo ada aplikasi sound meter/dB meter di android, iOS dll yg bisa di download..

  3. Oknum berseragam ig banyak yg pkein snalpot recing di motornya, mereka asik2 aj tuhh…

  4. Bener bang tegakkan razia motor yang memakai knalpot racing kecuali bonus #aw ketauan deh gw…

  5. Bukan pengalihan isu, justru pengarahan isu ke pemilu 2014. Kasus2 besar di negara ini sebelum pemilu maupun setelah pemilu, itu gak hanya pengalihan, tapi macam2 mulai dari manuver politik sampe penghancuran citra. Hal remeh-temeh mcm razia, itu cm ibarat batu asahan agar pisau semakin tajam di momen 2014 nanti. Kita rakyat cm sbg penonton sekaligus korban.

  6. ane setuju ny kalo pake batas decibel……
    coz kadang ane sebel jg liat supr* fit ato jupit*r yg pake knalpot tong aspal tnpa saringan…..berisikny….hadehhh….suara dah kayak motor balap drag….tp lariny memprihatinkan…. πŸ˜€

  7. Mas Kobay ini aneh aneh saja….
    masa nyuruh transportasi umum di benerin….
    biar masyarakat umum beralih dr alat transport pribAdi ke umum….
    la entar ga ada yg di tilang dunk kl semua rame2 pake transport umum….
    mending di gawe campur aduk bin ruwet gini aza…
    tinggal di buat pearaturan begini begitu biar ada alasan kena tilang…
    lumayan buat pemasukan daerah…… dan sesekaLi untukpemasukan oknum di lapangan…..
    πŸ˜€

  8. Tilang aja motor yg pake knalpot bukan buatan pabrikan alias knalpot replika,custom dll..setuju gw..

    Baca : ngahahahahaha

  9. kl ia beneran mau berantas knalpot bising,knpa ga sekalian aja sama yg toko yg jual knalpot,atau sekalian sma pabrik yg bikin,coba deh kl ga ada yg jual knalpot bising,gw yakin se yakin yakin nya bakalan jarang yg pke knalpot bising πŸ˜›

  10. Kira2 klo knalpot bobokan digaruk jg gk ya?? Secara skrg bnyk knalpot bobokan yg suaranya jauh lebih rusuh drpd yg knalpot R9 Monza yg nempel di si Red Hare (tunggangan ane yg culun)…

    • lahhh……motor <250 CC jg pd SOMBONG plus BELAGU.liat dh kalo lg d jln ato gk kalo lg konvoi/touring kek gmn klakuan 2x d jln

  11. Itu smua VERSI BIKERS yg mayoritas gk biasa tiap hr bw mbl pribadi cb d liat dr VERSI DRIVERS mbl pribadi pst gk spt itu.msh gk p’caya,liat deh klakuan n cr bw mtr d jln baik tu ndiri mopun lg rame 2x slalu d anggep benerrrrr…
    intinya ini slh 1 bentuk kecemburuan sosial.pst ngerti lah bikers mana ada yg mw d salain?scr logika kalo mrasa mampu bli bensin tiap hr utk operational pst lbh milih nyaman pk mbl tiap hr ketimbang hrs cape 2x n sengsara d jln pk mtr yg kepanasan n kehujanan(msk logika donk)

  12. kalo yg kenalpot abal+abal yg suaranya njijiki mah ane setuju aja kalo yg suaranya adem + ngebas tp masih enak didengar jangan. sama 1 lg kalo beneran terealisasikan tolong entar polkis diberi pelatihan cara pakai db meter kalo entar ngukurnya dimoncong knalpot mah sama ata boong entar knalpot standar pun kayaknya bisa melebihi ambang batas contoh knalpot NMP kan lumayan ngebas itu knalpot standarnya

  13. Giliran yg pke knalpot oblong pas kampanye pemilu p0l*si2 pd ngumpet dkandang!!tp ada baiknya jg bwt nmbh penghasilan pol*si2 bagian bwah,.yg atas tinggl k0rupsi aja

  14. Gua kga ngerti sama pemerintah dan kepolisian dah ..
    Udh jelas2 polisi jalan raya ittu makan duit haram, studi kasus’a dna berita’a pun banyak ..

    Eh, malah buat peraturan yang membutuh’n perlengkapan yang keberadaan’a kga Ada!!!

    Loh, secara logika jelas itu malah jadi makanan oknum polisi korup ..
    Ini pemerintah mihak rakyat atau mihak konco2 korup’a ..

    Lalu KENAPA malah buat aturan penilangan, KENAPA enggak tutup ajah itu dan denda pabrik yang buat knalpot racing??

    Soal aturan lampu disiang hari juga itu aneh, indonesia disama’n dgn bangsa eropa jelas beda, dari iklim dan kuantitas jalan’n’a ajh beda, dan bukan’a knalpot juga masih masuk hitungan keamanan kalo gtu sprti yang dijelas’n sama yang punya warung mata sama kuping jelas lebih respon kuping ..

    Dlu pernah debat sama polisi yng kata2 mereka yang buat aturan pemerintah kita itu org pintar, selidik punya selidik yang Ada pemerintah kita BODOH !!!

    Gini nich dimana yang jadi pemimpin itu org BODOH, sesuai dgn yang pernah di ramal’n dan di ucap’n Nabi Muhammad SAW ..

    Klo mau atas nama rakyat indonesia dan juga biker ente semua bergabung nyari data bareng lalu tuntut tu pemerintah sama aparat/keparat kepolisian ..

    Mana kata’a aparat itu mengayomi dan membawa ketentraman ..
    Yang Ada KEPARAT yang menindas rakyat’a padalah keparat itu baris depan dlam pelayanan masyrakat ..
    Khusus’a untuk tindak keadilan ..

    FBY smart gimana nich?? Jgn modal BC doank kata’a Smart tindak tu pemerintah sama aparat’a tu ..

  15. saya mah pake kenalpot berisik supaya gak kesepian pas pulang pagi buta. soalnya takut kalo pake kenalpot anyep dibegal. maklum motor sejuta umat, gampang dijual. padahal kalo jalan paling kenceng 90an saja.

    kalo yang pake casing item di foto terakhir itu kenalpotnya udah racing belum bang kobay, diintip-intip gak keliatan.. ekekekeke

  16. Gambar paling bawah pengalihan isu….hahahaha..Tenang aja, motor kalo nggak lagi bener2 razia nggak di berhentiin. trus pasti cuma rame sebulan pertama. Buktinya dulu yang motor harus paling kiri, kecuali ada jalur lambat dan jalan protokol, peraturannya basi tuh. Seharusnya kan semua. Dan masalah penegakan hukumnya, basi bangetttttt……beneran dah, cuma perlu hati2 kalo ada razia gabungan. hehehehe. Tapi kalo gue sih knalpot standaran aja. Kuping udah budeg gara2 dulu CBR150R pake Endurance dan sehari 70 km. Sekarang lebih nyari tenang.

  17. Setuju om… Knalpot bersuara itu berguna banget, khususnya buat saya yang tinggal di daerah banyak truk n kontainer. Kalo cuma mengandalkan lampu dim atau klakson, susahhh… Contoh pengendara motor yang sering jalan pelan di lajur kanan, udah diklakson bukannya minggir malah noleh -_-

    Tapi tergantung suaranya juga, kalo merdu sih gak masalah. Lah kalo kaya knalpot bikinan yang suaranya cempreng, hancurin aja dah…

  18. walaaah, baru aja seneng beli knalpot resing, udh ada razia ginian…
    klo knalpot yang pake db killer tetap kenakah? klo misalnya parameternya ga jelas, apa iya bisa langsung maen tilang?
    klo emng jadi gitu, ya sama aja nilang orang yang pake helm shoei, arai, dll. lha wong ga ada SNInya…

  19. liat2 knalpotx dl om…..
    klo yg bagus bs tmbh merdu tp knalpot kelas teri bs bikin telinga budek pa lg pas lewat di gang ato jln perkampungan….
    ampun dah, pengen timpuk pakai batu tuh pengendara motor

  20. Untung si merah a.k.a n250 ane dah balik k snalpot ORInya! ‘Coz kangen dnger ‘zwinngg..zwinnggnya’ πŸ™‚ Dah gto biar mkin btah riding harian krn minim vibrasi πŸ™‚ Biarinlah mski orang bilang cupu yg pnting bage ane faktor knyamanan&safety lbh diutamakan πŸ™‚ Btw smakin bnyk isu y smkin ‘gemuk&subur’ ladang PakPol ?!?

    #UUD

  21. pemotor cm mau dimengerti tp ga mau ngertiin sikon sekitar.nihh gw ksh tau ya,bawa motor ngaca dulu biar ga malu sm pemobil,jgn bawa motor lgs bangga.motor blm bs rapi pake sok dijlan.ga heran sbg org normal masyarakat bawah emang susah diatur

  22. ..moge msk kategori pengecualian πŸ˜€ , aneh mosok motor garang knalpot koyok metic :mrgreen: bingung toh motornya yg salah atau undang2nya yg prematur.. gambar paling bawah sing gawe adem knalpot..wkwk..

  23. om, ane sebenernya masih bingung sama peraturanx, setau ane kan batas suara max bahkan 175cc ++ cuma sampe 90 db tuh, sementara motor bebek standard pabrikan aja kalo dibetot sampe 9000rpm pasti tembus 100 db…
    bener2 nih oknum, bener2 pinter bikin lahan garapan baru…

  24. Alah gaya! Pake acara razia2an segala! Emangnye alat pengukur kebisingan murah ya? Lha wong benerin lalu lintas yang semrawut aja pada nyerah! Pake acara bising2an segala! Mau nutupin kelemahan? Apa ada yang laen? Who knows?

  25. tenang bro.. ntar ada proyek pengadaan tools dB/sound meter.. ladang lagi tuh.. bisa dibikin mark up gila2an lagi kan.. hahahah

  26. Mohon razia knalpot gini tetap sering dilanjutkan agar Bandung benar2 bebas dari knalpot bising. Saya tinggal di tepi jalan besar, tiap malam dan pagi masih sering terdengar motor jelek berknalpot bising yg ditumpangi orang ga berperasaan atau ga bertelinga.
    Kalo knalpot berkelas sih masih mending, suaranya besar tapi ngebass gitu. Ini mah seringnya knalpot murahan yg dibobok, suaranya ampunnn ngebrebettt gitu, selera rendah !

  27. Setuju sama KBY sekalipun saya bkn pemakai knalpot bising krn motornya matic hihi. Setuju sekali dengan pendapat berapa banyak org yg mau liat spion. Terkadang udh d klakson jg sering sengaja nahan lajur. Selama suaranya ga cempreng kampungan saya jg setuju krn saya ngalamin sendiri kl ada suara seengganya saya lgsg aware buat liat spion. Lebih baik razia yg lampu remnya warna kuning. Itu jauh lbh membahayakan apalagi malam hari. Dan knalpot pun sebenarnya knalpot standar tidak memenuhi standar yg ditentukan oleh Menteri Lingkungan Hidup. Bagi pengguna Android bs menggunakan aplikasi di android untuk ngetes decible dr knalpot standar dan silakan bandingkan sendiri dgn peraturan Menteri Lingkungan Hidup.

1 Trackback / Pingback

  1. Knalpot Racing akan ditilang! Mungkin karena desakan banyak pihak. Bagaimana nasib NOB1 dan 250cc? | Ndeso 94 | Caruban To Night | Anak Desa

Yuk Tinggalin Jejak Lads..