Home Moge Suzuki GSX-8R 2024, Moge Anyar 800cc 2 Silinder Ganteng!

Suzuki GSX-8R 2024, Moge Anyar 800cc 2 Silinder Ganteng!

7

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Waaahh motor ganteng lagi dari Suzuki, setelah tahun lalu yang diperkenalkan di ajang EICMA 2022 adalah saudaranya yang tanpa fairing yakni Suzuki GSX-8S, kini giliran yang pakai baju alias fairing, yaitu Suzuki GSX-8R 2024!! Yak dari penamaan yang sederhana ini sebenarnya kita sudah bisa menebak bahwasanya ya ini memang versi fairing dari GSX8S, tapi apa iya sesederhana itu? Adakah perbedaannya? Kuy kenalan dulu kita cek spesifikasi dan juga fiturnya.

Saudaranya, si Suzuki GSX-8S menggunakan mesin berkapasitas 776cc DOHC paralel twin-silinder (dua silinder paralel), yang dilengkapi engkol 270 derajat. Mesin ini memang belakangan menjadi trend moge pada umumnya dimana mereka akan bermain di kubikasi mesin sebesar 600-800cc dengan cukup menggunakan silinder sebanyak dua buah saja. Bagaimana dengan Suzuki GSX-8R??

SUZUKI GSX-8R 2024 DESAIN

Silakan dipelototin hehe, yak ternyata memang plek ketiplek sama ya antara Suzuki GSX-8R 2024 dengan Suzuki GSX-8S 2023. Dari mulai headlamp, kaki kaki, frame dan sub frame hingga knalpot yang underbelly. So, bisa dibilang bedanya hanya di baju saja, ibarat yang satunya pakai atasan lengkap, satunya lagi pake tank top hehe.. FYI, kembaran lainnya di kelas adventure ada V-Strom 800 lads.

suzuki gsx-8r 2024

Apakah seplek ketiplek itu? Ternyata tidak lads.. Perbedaannya antara GSX-8R dengan GSX-8S adalah sbb:

  • Lampu belakang sama tidak nangkring di bodi belakang, melainkan di ujung spakbor, bentuknya pun beda. Kalau 8S garis kotak lurus berwarna bening, sementara Suzuki GSX-8R 2024 sangat mirip dengan Hayate!! Yak terbagi dua oleh cover.
  • Suspensi depan sama sama upside down, tapi milik 8R berwarna hitam dan tipenya Showa SFF-BP
  • Lampu sein, kalau GSX-8R 2024 sudah LED, GSX-S8 belum

Bicara desain tentu akan kembali ke selera, KBY pribadi melihatnya cakep cakep aja, tidak fail, Namun mungkin bagian fascianya bisa jadi kontroversial, pada dasarnya wajahnya mengambil persis dari sang saudara, bedanya di versi 8R ya jadi lebih lebar di bagian muka karena ada fairing. Pada dasarnya bentuk ini memang lebih pas di versi naked.

ERGONOMI

Jika kita melihat posisi setang, sudah bisa diperkirakan bahwasanya seperti 8S, GSX-8R ini lebih ke sport tourer, selain itu namanya pun sudah menjelaskan hal tersebut, dengan huruf R di belakang angka, bukan di depan, memang identik dengan motor sport yang lebih user friendly, tidak seberingas sport tulen macam GSX-R atau GSX-S misalnya.

FITUR

Suzuki GSX-8R 2024 dibekali fitur fitur keknian sebagai berikut:

  • Switchable ABS
  • Suzuki Intelligent Ride System (SIRS)
  • Suzuki Drive Mode Selectror (Active, Basic, Comport)
  • Bi-Directional Quick Shift System
  • Suzuki Clutch Assist System (SCAS)
  • Suzuki Traction Control System (STCS)
  • Suzuki Easy Start and Low RPM assist
  • Panel speedometer full TFT warna dengan night mode

Sedangkan untuk spesifikasinya, sangat umum jika motor fairing ini lebih berat 3kg dari versi nakednya yakni mencapai 205 kg, namun dengan konfigurasi mesin yang sama yakni mengusung mesin baru 776cc DOHC 270° crank parallel twin engine berpendingin cairan, power maksimum justru lebih tinggi, yakni mencapai 83 Hp (dari 81.7) dan torsi 78 Nm. Lebih lengkapnya bisa dilihat lihat dibawah ini :

SPESIFIKASI SUZUKI GSX-8R

MESIN
Mesin  paralel twin: DOHC 4-tak berpendingin cairan
Kubikasi mesin 776cc
Tenaga maksimum 83 HP pada 8.500 rpm
Torsi puncak 78 Nm pada 6.800 rpm
Bor x langkah 84x70mm
Pereneling enam kecepatan
CASIS
Frame Twin tube steel
Suspensi depan Garpu terbalik Showa dengan travel 130mm
suspensi belakang Tipe monoshock link showa
Roda depan 120/70 ZR 17” tanpa ban dalam
roda belakang 180/55 ZR 17” tanpa ban dalam
Rem depan Cakram ganda 310 mm
Rem belakang Disk
DIMENSI DAN BERAT
Berat 205kg
Panjang maksimum 2,115mm
Lebar 770mm
tinggi tempat duduk 810mm
Jarak antar sumbu 1.465mm
Kapasitas tangki 14 liter

Yang baru dibahas kemarin ini adalah CFMoto 800 NK 2023, motor kembaran dari KTM Duke 790 Adventure tersebut juga bermain di rentang kapasitas mesin yang sama serta jumlah silinder yang sama pula, yakni dua buah. Belum lagi ada Yamaha MT-07 (dan si fairing R7), Honda CB750 Hornet (dan si fairing CBR750), Kawasaki Z650, Triumph Speed Triple serta Aprilia RS660. Kecuali Triumph, semuanya dua silinder.

Memang dari sisi tenaga, Suzuki GSX-8R 2024 ini masih kalah telak dari CFMoto, KTM dan Aprilia bahkan CB750 Horent, tapi ternyata masih ada di atas Yamaha R7 yang bahkan gak sampai 80Hp. Tapi kapasitas mesin R7 emang gak sampe 700cc juga sih.

Terkait harga belum diumumkan, pastinya akan lebih mahal dari versi nakedbike nya, setidaknya kita bisa tau bahwa melalui situs Suzuki Global, Suzuki GSX-8R ini memiliki 4 pilihan warna termasuk warna silau men, KUNING!! Mantapppp.. Gimana menurut lads nih

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version