Home Moge Yamaha R9 2023, Versi Fairing Yamaha MT-09??

Yamaha R9 2023, Versi Fairing Yamaha MT-09??

1

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Pengamat otomotif roda dua pasti sudah kenal dengan mesin buatan Yamaha yang fenomenal, CP3 alias cross plane 3 cylinder.. Meskipun pabrikan berlogo garputala ini juga memiliki CP2 alias mesin sesama crossplane tapi dua silinder, yang berjumlah tiga lebih terkenal kehebohannya. Kaya torsi dan tenaga, serta beringas sehingga Yamaha sendiri memberikan nama MT yang konon merupakan Monster of Torque pada MT seriesnya. Langsung saja, kini Yamaha R9 2023 dikabarkan sedang dalam proses rilis, dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau moge ini merupakan versi fairing dari MT-09.. Affah iyah??

Tidak terlalu sulit untuk menduga-duga dan menerka calon produk baru Yamaha di kelas moge atau motor gede ini.. Baik itu dari sisi desain maupun dari sisi spesifikasi mesin yang akan diusungnya. Mengapa demikian? Ini dia rahasianya..

YAMAHA R9 2023

Yang pertama yang membuat kita gampang menebaknya akan seperti apa sosok dan bentuk Yamaha R9 2023 ini nantinya adalah desain universal, hooh lads, bahasa universal yang sudah ramai di dunia roda empat alias mobil, belakangan ini juga merambah lagi arena sepeda motor.

Sebenarnya konsep satu bahasa ini bukan hal yang baru baru amat juga di sepeda motor, yang paling mudah untuk diingat sih Honda CBR1000RR Fireblade Dual Keen Eyes yang turun plek plek ke adik adiknya, baik itu 250R 1 silinder maupun 150R. Honda sempat menghilangkan konsep ini tapi belakangan hadir lagi meskipun hanya ada di dua model, CBR250RR ke 150R dan CBR1000RRR ke CBR600RR..

Soal desain yang sangat mirip ini bisa kita lihat di jejeran motor sport Kawasaki, dari Ninja 250FI 2 silinder ke ZX25R, ke ZX6R dan terakhir di ZX4RR. Untungnya untuk ZX10R masih berbeda dan mudah dikenali wkwkwk..

DESAIN

Kembali ke Yamaha R9 2023 terbaru, desainnya akan mirip atau tidak akan jauh dari Yamaha R7 dan juga R15.. Satu mata proyektor LED di tengah fascia. Sisa lekukannya juga tidak akan terlalu jauh, tapi pasti fairing akan sedikit berbeda menyesuaikan besarnya sasis..

Yamaha R9 2023 akan mirip Yamaha R7

Yamaha R7 dengan R15 dapat dikatakan identik dari sisi wajah dan buritan, bentuk lampu rem-nya serta terowongannya pun serupa. Ini yang KBY gak suka dari corporate design.. Seakan berlindung dari kata-kata “ciri khas”, namun sebenarnya ya menghemat biaya produksi.. Lihat Mazda, awalnya sih keren, lama lama kesel juga, susah bedain. Yang murah sih enak bisa bikin bangga, lah yang varian mahal disamain sama yang lebih murah? Pride-nya dimana?? Eh tapi itu sih KBY hohoho..

Sooo, desain Yamaha R9 disebutkan tidak akan jauh dari saudara-saudaranya tersebut lads..

SPESIFIKASI YZF-R9

Begitu juga dengan sisi spesifikasinya.. Mudah untuk ditebak. Jika Yamaha R7 mengambil dari saudaranya yang bermodel street fighter yakni Yamaha MT-07, dengan kapasitas mesin 689cc inline twin DOHC 8 klep Crossplane, maka YZF-R9 2023 ini sudah pasti akan menggendong mesin saudaranya, si MT-09..

Berkapasitas 890cc CP3 – crossplane 3 silinder bertenaga 118ps yang juga digunakan oleh Tracer 9 serta XSR900 dan seharusnya juga, Yamaha Niken eh Niken sama ga ya, keknya beda, dia 847cc meski CP3, tepatnya pakai mesin MT-09 lawas, bukan versi terbaru.

KAPAN YAMAHA R9 2023 RILIS?

Kemungkinan besar, moge sport fairing 900cc 3 silinder ini baru akan diperkenalkan di EICMA Milan 2023 mendatang – biasanya di bulan Desember dengan prediksi baru akan diperjualbelikan secara resmi pada kuartal awal 2024..

Sooo, jika kita sudah dapat memprediksi dari sisi desain dan juga spesifikasi, tinggal nunggu harga Yamaha R9 2023-2024 ini nantinya. Kayaknya tembus 200 jutaan kurs rupiah ya?

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version