Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Lagi..!! Indonesia kembali mendominasi dengan para pembalap dari Astra Honda Racing Team (AHRT) sekali lagi menunjukkan tajinya di ajang Asia Road Race Championship (ARRC) seri ke 4 Race 2 yang bertempat di Sirkuit Sepang Malaysia 2022.. Di kelas 250cc AP250 race kedua ini lagi lagi para pembalap Indonesia sabet tuntas all podium!! Sengitnya persaingan dimana kali ini yang juara adalah Herjun Atna lads.. Sayangnya hasil hari ini kurang beruntung bagi pembalap nasional di kelas SuperSport 600..

Balapan kedua putaran keempat ARRC 2022 berlangsung di Sepang International Circuit, Malaysia, Minggu (9/10/2022). AHRT kembali mancatat hasil membanggakan di kelas Asia Production (AP) 250. Herjun Atna Firdaus dan M Adenanta Putra tampil fantastis sejak start hingga finish.

Mereka sama-sama kembali naik podium, seperti balapan pertama. Bedanya, kali ini Herjun yang keluar sebagai pemenang, sementara Adenanta finis kedua. Sayangnya, Rheza Danica Ahrens tidak bisa berbuat banyak karena terkendala masalah teknis dan finish di posisi ke-16. Di kelas SuperSports (SS) 600, Irfan Ardiansyah finish di posisi ke-6, sementara Andi Farid Izdihar ke-15.

Herjun dan Adenanta melakukan start brilian pada balapan kedua AP250 hari ini. Mareka bertahan di grup depan dan keduanya selalu bergantian memimpin balapan, lap demi lap. Hingga akhirnya Herjun berhasil menyentuh garis finish lebih dulu sekaligus mencatat kemenangan perdananya di persaingan ARRC. Sementara Rheza tidak berbuat optimal pada balap hari ini atas kendala teknis yang ia alami dan harus puas finish di posisi ke-16.

Sayangnya jika melihat perolehan angka serta siapa yang jadi juara yaitu bergantian (di tim AHRT), akan menguntungkan tim pabrikan namun tidak demikian bagi para pembalapnya sendiri, karena tidak ada yang konsisten laiknya Gerry Salim dahulu yang benar benar gila juara 1 terus. Artinya ada kemungkinan pembalap non AHRT justru yang akan tampil sebagai juara umum di akhir musim.

KLASEMEN SEMENTARA – AM. FADLY KAWASAKI KENAPA?

Dapat dilihat dari klasemen sementara saat ini dimana (untungnya) Indonesia dengan AM Fadly memang masih memimpin, tapi kembali jika membahas tim AHRT, pembalapnya tidak ada yang konsisten juara maka lihat saja klasemen sementara di bawah ini:

  1. AM Fadly 121 poin
  2. Aldy Satya 96 poin
  3. Adenanta 92 poin
  4. Rheza Danica 92 poin
  5. Herjun Atna 82 poin

Rheza Danica yang seharusnya bisa memimpin atau setidaknya menempel ketat AM Fadly dari Kawasaki malah melempem di 4 race belakangan, kendala teknis terus menghantui pembalap suksesor Mario Aji tersebut. Akibatnya, diam diam pembalap Yamaha Racing Indonesia yaitu Aldi Satya Mahendra mampu bertengger di posisi kedua klasemen sementara. Tidak konsistennya Herjun Atna dan juga Adenanta sama saja.. Herjun berada di posisi keempat dengan selisih 10 poin dari Rheza.

Meski aman dengan selisih 25 poin dengan Aldi Satya namun dalam 4 balapan terakhir performa M Fadly dengan Ninja 250-nya sangat signifikan menurun. Dan bukan Fadly saja, karena rekan setimnya Aiki Iyoshi juga sama.. Bahkan dalam 3 race, Aiki meraih NIL poin! Ada apa dengan Kawasaki ya?

Sementara Yamaha, meski belum jadi juara sejauh ini selama 4 putaran (8 race), namun 3 race terakhir mampu meraih poin poin krusial.. Artinya, performa Yamaha YZF-R25 belum bisa dianggap sebelah mata lads!! Jika di ronde atau putaran kelima dan terakhir di Thailand bulan depan misal AM Fadly gagal finish atau NIL poin sementara cukup bagi Aldy dua kali podium dan Adenanta gagal meraih poin maksimal, maka dirinya lah yang menjadi juara umum!!

Namun bright side-nya, siapapun yang juara umum, sudah pasti itu Indonesia ya gak lads?!!

SS600 RACE 2

Drama mewarnai lap pertama balapan SS600. Andi yang memulai balapan dari posisi terdepan harus terjatuh di tikungan pertama karena bersenggolan dengan pebalap lain. Namun Andi bisa melanjutkan balapan dan masuk ke pit pada akhir lap pertama untuk memperbaiki beberapa bagian motor serta mengganti helm untuk memastikan dirinya tetap aman. Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan ini mampu kembali ke lintasan balap dan berhasil mengantongi satu poin hasil finish di posisi ke-15. Sementara rekan satu timnya Irfan menyelesaikan balapan di posisi ke-6.

Putaran keempat mengubah persaingan di kelas AP250. Dua kali naik podium di Sepang membawa Adenanta naik ke posisi ketiga klasemen dengan 94 poin, Sementara Rheza, yang tidak mendapat tambahan poin pada balapan kedua, turun ke posisi keempat dengan 92 poin. Lalu Herjun naik ke posisi ke-5 dengan 82 poin. Di kelas SS600, Andi masih berada di posisi kedua klasemen dengan 108 poin, sementara Irfan di peringkat ketujuh dengan 75 poin.

Putaran kelima atau terakhir ARRC musim ini akan berlangsung pada 19-20 November 2022 di Chang International Circuit, Thailand.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

11 KOMENTAR

  1. Kalau ga salah , masanya Gery Salim belum diterapkan limit pada motor . Sekarang udah kayak mode WSBK
    Kalau ga salah sih , baca disebelah dulunya 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..