GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Motor jenis bebek bisa jadi sedang dalam kondisi hidup segan mati ogah, penjualannya tetap ada namun stagnan cenderung turun. Tapi di beberapa Line Up, motor bebek kelas mungil seperti Super Cub yang sejatinya merupakan kelas segmented, potensi penjualannya sangat baik – tentu untuk kelas motor tersebut lah ya. Nah di tahun 2021 ini, bebek 125cc dari Honda, yakni Super Cub C125 2021 memiliki warna baru yang membuatnya terlihat lebih gahar sekaligus makin elegan.. hitam doff!

 

Bicara Super Cub di Indonesia – versi modern bukan lawas – kelasnya memang segmented, malah masuk ke ranah produk hobi, mengingat selain unitnya terbatas, harganya juga dibanderol bukan main untuk sebuah motor bebek! Jelas biker yang membeli motor ini bukan kaum mendang mending yang mempertimbangkan harga dan value for money sebagai patokan utama untuk membeli motor.

Mayoritas biker yang membeli motor di kelas ini selain duitnya memang ada, juga memiliki alasan bahwa motor jenis ini unik karena memiliki dimensi yang mungil serta desain yang unik dan cantik menawan, dan pastinya eklusif karena tidak banyak yang punya yekaaan. Kalau KBY? Ya tar tar dulu, murah sih, cuma duitnya aja kurang nih lads, mohon bantuan dananya yaaaa wkwkwk..

HONDA SUPER CUB C125 2021

Di segmen ini, salah satu produsen dan penjual resmi di Indonesia yakni Honda yang diwakili AHM memiliki beberapa Line Up dengan mesin yang salome, seperti Monkey 125, Grom 125, dan yang terakhir ini yang akan dibahas, yaitu Super Cub C125. Setelah Monkey 125 2021 dirilis, kali ini giliran Honda Super Cub C125 yang diluncurkan di Thailand beberapa hari lalu. Seperti apa sosoknya, simak detilnya dibawah ini…

Desain Super Cub 125 ini bukan satu satunya setidaknya di Indonesia, karena SM Sport – pabrikan motor asal Cina yang R&D nya di Malaysia – juga mengikutinya meski tidak 100% menjiplak. Lihat saja penampakannya di bawah ini:

Motor ini diproduksi sebagai bentuk penghormatan kepada Super Cub C100 legendaris terdahulu lads. Seperti KBY sebut sebelumnya, bebek 125cc ini menggunakan basis mesin yang sama dengan Monkey 125 dan Grom 125 (bahkan dipercaya sebangun dengan Supra 125) – mengingat rasio kompresinya yang sama.

Perbedaan dari ketiga motor tersebut ada di transmisinya lads, dimana Honda C125 mengadopsi transmisi 4 speed, sementara saudaranya, Honda Grom 125 maupun Monkey 125 mengadopsi 5 speed. Hal yang wajar karena dua produk yang disebut terakhir memiliki genre sport, so sentuhan sporty dengan menambahkan 1 gigi meski sebagai overdrive is a must. Klaim Honda sendiri mengatakan dengan penyematan 4 speed akan membuat motor ini lebih praktis dalam pemakaian. Yaaa kaya Supra 125 lah wkwkw..

Selain bentuk dan harganya, tidak ada yang istimewa dari spesifikasi mesinnya, masih 4 stroke 124cc silinder tunggal berpendingin udara dengan Bore x Stroke sama persis dengan Monkey 125 dan Grom 125 yakni diangka 50mm x 63.1mm.

Untuk mendukung kenyamanan motor ini dibekali dengan kopling sentrifugal otomatis yang terkenal mudah dan nyaman ketika digunakan – namanya juga bebek non kopling – jadi pengoperasiannya ya kaya bebek non sport biasa, rotari style juga afaik cmiiw.

Sebagai penutup, Honda Thailand menawarkan motor ini dalam tiga varian warna yakni Original Blue, Essence Grey, dan Gentle Black yang membuatnya makin misterius sekaligus elegan dan mewah. Sayangnya hingga artikel ini terbit, banderol Super Cub C125 belum dipublikasikan lads.

Sekali lagi, setelah beberapa line up moge dan motor jenis segmented dikuasai oleh AP Honda Thailand, makin terlihat bahwa Jepang memang lebih memilih Thailand dibandingkan Indonesia sebagai basis produksinya. Karena dengan share saham yang lebih besar, cuan buat mereka juga lebih banyak dibanding kudu bagi 50-50 dengan AHM wkwkkw..

SPESIFIKASI HONDA SUPER CUB C125 2021

Specifications of Honda’s new “Super Cub C125” (Thailand specification)

Overall length x width x height1910 x 718 x 1002 mm
Wheelbase1247mm
Seat height780mm
Vehicle weight109kg
Engine typeAir-cooled 4-stroke OHC 2-valve single cylinder
Total displacement123.94cc
Bore x stroke50 x 63.1 mm
Compression ratio10.0
Fuel tank capacity3.7L
Transmission type4-speed return
Tire size (front / rear)70 / 90-17 / 80 / 90-17
Brake type (front / rear)Disc drum

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

17 KOMENTAR

  1. Terakhir denger harganya 70an lebih.. auto mingkem kang. Trus sementara masih tergoda produk cub sym,harga 23an d kota ane.

  2. Yg warna essence grey cakep kayaknya mang.
    Tapi kalau kita pake ni motor orang bakalan “ngeh” gak ya kalo ni motor mahal

  3. Motor ini motor klasik ya, bukan untuk kaum mendang mending.

    Om Kobay ga bahas Otomotiv TV Awards nehh ? tuh PCX 160 dapat awards banyak.Skutik dikuasai honda semuah. Beat,Scoopy, tapi tnpa vario,tp vario ga butuh awards,krn sudah terbukti handal.

    PCX160 : Bike of The Year oleh Otomotiv TV

    • Gimana caranya ini motor ada di PD2? Soichiro Honda bikin pabrik motor aja setahun setelah PD2 usai itupun dia baru bikin sepeda yg dikasih mesin, supercub baru dibuat 12 tahun setelah pabrik Honda dibuat jadi jangan ikut-ikutan ngarang sejarah kaya Vision aka Soundwave.

  4. kalo di jepang sendiri positioning dia sama gak ky disini mang? segmented. btw kl liat yg jdm banyak yg belakangnya diganti pake top box bentuknya kotak asli kotak ky box roti mana bahannya metal pula wkwkw. tapi tetep lucu sih krn versi jadulnya pun top boxnya sama kotak thok

Yuk Tinggalin Jejak Lads..