GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr.. Jika kita membaca judul sekilas, jangankan lads, KBY saja sempat kecele alias tertipu, kirain Yamaha Bolt R 2021 tersebut akan menjadi lawan head to head dengan Honda Rebel 500.. Ternyata bukan, karena Yamaha Bolt sendiri memiliki kapasitas hampir dua kali lipatnya sang Rebel Gopek, artinya sudah jelas, motor sport jenis bobber ini akan menantang ketuanya langsung, yaitu Honda Rebel 1100!! Apa sih modalnya sebagai penantang selain terlihat lebih gagah, sangar dan maskulin? Kuy kepoin!

baca dulu: Yamaha Bolt V Twin 2020 Rilis Di Jepang!

Sebagian besar dari kita (kita? elu doang kali Kang wkwkw) mungkin hanya familiar terhadap Honda Rebel sebagai motor sport jenis bobber, yaitu ban depan dan belakang nyaris sama lebar dan besarnya. Beberapa dari kita mungkin tau juga Ducati Scrambler, meski terlihat mirip, Bobber dengan Scrambler sebenarnya jauh berbeda, nanti kita bahas terpisah saja lah ya biar KBY juga inget wkkwkw..

Nah kembali ke Yamaha Bolt, selain Rebel, kompetitor sengit Honda juga memiliki motor dengan kategori serupa, yakni jenis Bobber, motor dengan jok lebih rendah dari setang, tangki model tear drop nanjak ke atas dan setang agak sedikit menekuk ke rider ala chopper. Dia adalah Yamaha Bolt R, yang tahun 2021 ini disiapkan versi baru dengan rem ABS. Wah ternyata termasuk “kuno” juga ya baru dikasih ABS sekarang.

Dilihat dari desain, KBY pribadi lebih suka Yamaha Bolt R dibanding Rebel, Bolt R terlihat lebih muscle alias berotot dan lebih sangat ketimbang Rebel yang flamboyan. Tapi efek ini juga bisa diakibatkan karena sudah dapat dikatakan sering melihat bobber Honda tersebut dibandingkan milik Yamaha, singkatnya sih bosen.

Efek berotot gak cuma halu atau fatamorgana, karena faktanya, mesin Yamaha Bolt R itu memang bertipe atau berkonfigurasi V, tepatnya lagi V Twin alias V2. Jadi kesan penuh di bagian mesinnya memang sangat terlihat di mata yang melihat lads. Bahkan jika hanya melihat sekilas dan selewatan saja, mungkin bisa dikira Yamaha V-Max (jelas bukan skutik Max yang ini wkwkw).

Yamaha menyematkan konsep desain “Ultimate Purely Bobber”. Dengan konsep desain tersebut Yamaha Bolt R berfokus pada tangki yang sengaja didesain seperti tetesan air mata. Tentunya dengan desain dan suasana baru membuat motor ini terlihat agak liar namun tanpa meninggalkan kesan kalem dan santai sebagai ciri khasnya.

SPESIFIKASI YAMAHA BOLT R 2021 ABS

Yamaha Bolt R ditenagai dengan mesin bertipe-V 4 stroke 4 katup 2 silinder SOHC berpendingin udara (udara? Iya udara), berkubikasi 941cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 54PS di 5500 Rpm dan torsi maksimal di angka 178.48 Nm di 3000 Rpm.

Untuk bobotnya sendiri motor ini memiliki berat 252kg dan tinggi jok biker berukuran 690mm, jelas sangat aman bagi rider bertinggi 150cm sekalipun sih. Selain itu beberapa komponen spesial telah disematkan di motor versi 2021 ini seperti suspensi belakang dengan tabung berwarna emas dan pelk jari-jari yang berukuran gambot. Tampilannya jadi bisa disebut Hampir Davidson lah, ya sama si Rebel juga wkwkw.

Yang unik, KBY seringkali meledek speedometer Honda Rebel 500 yang sama kaya milik Honda Genio 110, entah beneran didengerin atau tidak, yang jelas di Rebel terbaru speedo-nya sudah berbeda dan makin terlihat sudah sesuai dengan harga dan kapasitas mesinnya. Lah ternyata Yamaha Bolt R itu sama parahnya wkwkw..

Kalau di Rebel 1100 speedometernya sudah sangat berbeda dengan versi 500, karena mengikuti harga dan juga kapasitas mesin. Yamaha Bolt R 900 masih kaya Genio punya! Bused.. malah speedo aftermarket dari Koso terlihat jauh lebih baik loh.. Ya agak gimana aja gitu sih..

speedometer Rebel 1100

Yamaha Jepang merilis motor ini dalam dua pilihan warna yakni Grayish Blue Metallic 4 dan Black. Untuk warnanya sendiri Bolt R diklaim mengadopsi warna berkualitas tinggi dengan kesan kilauan logam sebagai ciri khas warna metallik.

Sementara itu Yamaha menjual Bolt R non ABS dengan banderol 1.045.000 yen atau jika dirupiahkan sekitar 140 jutaan. Sedangkan untuk varian ABS Yamaha belum memeberkan banderolnya resmi nya. Kemudian menurut info dari media Jepang, untuk Varian ABS baru akan dirilis pada tanggal 8 juni mendatang.

Terakhir, jika disanding dan dibandingkan dengan Rebel 1100, tentu kalah lumayan juga si Bolt R ini karena selain kubikasi yang lebih besar, ngomongin penampilan mesin “penuh” juga mampu diakomodir si Rebel, lah blok mesin 1100cc gitu loh, udah radiator pulak, fitur lebih banyak pulak.

Tapi ingat di negeri paman Sam terutama, mesin dengan pendingin udara gak dimasalahin, Harley aja gitu kok. Lagi pula, Rebel 1100 punya desain yang mirip dengan 500-nya, jadi menurut KBY sih Yamaha Bolt R ini masih lebih menarik dari sisi tampilan ya.. lihat saja foto foto di bawah ini:

Rebel 1100 red
Rebel 1100

Spesifikasi Lengkap Yamaha “Bolt R Spec ABS”

Panjang keseluruhan x lebar x tinggi 2290 x 830 x 1120 mm
Jarak roda 1570 mm
Tinggi kursi 690mm
Berat kendaraan 252kg
Jenis mesin 4-tak SOHC 4-katup tipe-V 2-silinder berpendingin udara
Kubikasi mesin 941cc
Bore x stroke 85 x 83 mm
Rasio kompresi 9.0
Output maksimal 54PS / 5500rpm
Torsi maksimum 78.48 Nm / 3000rpm
Kapasitas tangki bahan bakar 13L
Tipe transmisi Pengembalian 5 kecepatan
Ukuran ban (depan / belakang) 100 / 90-19 / 150 / 80B16
Jenis rem (depan / belakang) Disk disc

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

28 KOMENTAR

  1. artinya sudah jelas, motor sport jenis bobber ini akan menantang ketuanya langsung, yaitu Honda Rebel 1100!!
    wah wah wah awas nanti kualat

  2. Kalau Ridernya pendek , 160 cm gitu masih bisa ngelihat Speedometer kedua motor itu gak 😅

  3. Yang bener itu mang, 950cc torsinya bisa 178nm? Ajegile salah2 main throttle bisa triple backflip tuh motor 😛

  4. Simamang mau bilang spidometer kaya karce aja pake malu2…kalo genio wajar mirip kalkulator..murah…lah ini 155cc eh 900cc mirip kalkulator…ekekekekek

  5. Out of reach ini mah🤣🤣🤣…wong GeARrott aja megap2 disini..tapi desain not bad lah👋👋👋

  6. Honda RABEL
    471 cc.
    Power 44.9 hp/8500 rpm
    Torsi 43.6 Nm5500 rpm
    67 mm x 66.8 mm
    fuel tank : 11 liter
    harga 191 juta

    ===============

    Yamaha BOLT
    941cc
    85 x 83 mm
    Rasio kompresi 9.0
    Power 54PS / 5500rpm
    Torsi 178.48 Nm / 3000rpm
    fuel tank : 13 liter
    harga 140 juta

    REMBEL dikepret BOLT (spek, harga, performa, tampang)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..