kucing aja demen di jok NMax wkkwkw
GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat NMax terbaru rilis tahun 2020 lalu, rasa skeptis pun timbul, apalagi saat masih liat dalam bentuk foto foto-nya, yah masih NMax banget sih tapi ya B aja, Yamaha main aman banget! Tak bisa disalahkan sebenarnya, karena harus hati hati mengingat kompetitor memang memiliki desain yang lebih eye catching. Nah Nmax warna hitam doff yang sempat diadu drag dengan PCX 160 tempo hari, kini ada di garasi.. Dan setelah review All New NMax, KBY gak ragu untuk mengatakan, terbukti kini memang makin Nyaman!!

Meski kerap mendapat ancaman serius dari kompetitor, namun berkat hadir “duluan” secara lokal sehingga harganya terjangkau ditambah teknologi pertama dan satu satunya di skutik, NMax pun mampu diterima banyak konsumen sejak kehadirannya. KBY pun sempat memiliki si Frozen yang harus mengalah untuk dilipat demi Kobayogas Manor.. Yah namanya juga belum level sultan wkwkw..

Setelah melihat langsung tahun 2020 lalu di salah satu dealer Yamaha, yaitu Yamaha SBW Cipinang, ternyata sosoknya masih sangat bisa diterima, malah efek lebarnya lebih terlihat dibanding versi lawas, meski sebenarnya hanya efek visual saja, kenyataannya, Old NMax masih lebih panjang dan lebar loh..

baca: First Impression All New NMax Terbaru

So dari sisi desain dan penampilan, KBY gakan ulang lagi di artikel ini ya, silakan saja di klik link di atas. Pada artikel ini KBY akan mengkhususkan apa apa yang belum dicoba dari sebuah All New NMax.. Betul lads, baru kali ini KBY berkesempatan mengetes secara menyeluruh skutik yang jadi mesin uang Yamaha Indonesia saat ini..

Loh waktu di Sentul kumaha Kang? Kan udah nyoba.. Betul lads, tapi saat itu benar benar fokus ke performa, ditambah aspal Sentul yang relatif mulus jika dibandingkan kondisi real jalan raya yang variatif. Jadi secara umum, seperti ergonomi, bantingan suspensi di dunia nyata, akselerasi, handling sata selap selip, belumlah sepenuhnya tertuangkan..

Tentu review ini bersifat subyektif karena dinilai oleh KBY, pun demikian tetap mencoba untuk menilai secara obyektif dong.. Ye kaaann.. agar dapat mewakili kebanyakan calon konsumen. So ini dia plus minus All New NMax menurut Kobayogas.com.

KELEBIHAN ALL NEW NMAX (PLUS)

  • Desain makin dewasa dan efek maxi lebih terlihat
  • Ergonomi, KBY lebih cocok ini dibanding naik PCX 160. Bukan berarti PCX itu gak enak, tapi dari sisi postur (165cm/71kg), posisi duduk All New NMax yang lebih rendah lebih pas bagi KBY. Terasa lebih santai aja dibanding PCX yang tinggi (bukan seat height-nya tapi posisi duduknya).
  • Setang juga relatif sejajar dengan dada, sementara PCX lebih di bawah lagi posisi setangnya. Agak aneh juga jika segitiga riding milik PCX ini dibuat sama (global), kebayang yang memiliki tubuh lebih tinggi dari KBY pasti lebih rendah lagi terasa setangnya. Sekali lagi ini subyektif, bisa saja yang lain justru merasa kurang cocok.
  • Ergonomi berlanjut ke area kaki, di sini juga masih terbukti ALL NEW NMAX lebih nyaman dari PCX jika bicara pijakan kaki.. Dek-nya luas baik bagian bawah atau atas (selonjoroan mode). Perjalanan dari Citayam ke Duren Sawit sejauh 34,6 kilometer tidak ada rasa lelah, nyaman dan pas banget..
  • Masih dari kenyamanan, jok-nya masih yang terbaik! Empuk dan gak licin seperti PCX (yang sudah lebih baik dari versi lawas tapi tetap licin). Lekukan joknya mungkin tak se-ergonomis PCX yang seakan membentuk untuk siap di duduki, namun di sisi lain justru ini kelebihannya All New NMax lads, model jok yang lebar dengan busa tebal bahkan hingga ke bagian tertipis pun (sisi jok) membuat banyak bagian paha tertopang dengan sangat baik. Ini yang membuat kenyamanannya tetap terjaga bahkan puluhan kilometer sekalipun.
  • Fitur; di speedometer sangat KBY sukai! Meskipun Display-nya masih LCD kaya Karce, tapi sangat jelas dilihat baik siang atau malam. Tapi bukan itu yang bikin KBY kasih dua jempol, melainkan one touch operation-nya lah yang luar biadab! Ini bukan main main – setidaknya bagi KBY yes wkwkkw..
  • Cukup dari satu tuas yang dioperasikan oleh telunjuk di setang kiri, kita bisa mengetahui banyak informasi pada speedometer; odometer dan real time BBM – Trip 1 & AVG BBM – trip 2 & AVG BBM – tegangan aki – jadwal ganti oli – jadwal ganti V-Belt.. Bahkan mereset dari mulai jam hingga jadwal ganti oli pun cukup pake telunjuk doang!
  • Tripmeter 1 dan 2 hanya All New NMax yang punya di kelasnya, ini bagi KBY sangat membantu karena suka iseng hitung jarak yang berbeda, kalau hanya ada 1 tripmeter, otomatis kudu direset dulu, membuat catatan sebelumnya hilang.. Contoh, saat dari Citayam ke rumah, KBY pakai Trip 2, trip 1-nya tetap menyimpan data sebelumnya.
  • Fungsi one touch operation ini pun sangat bermanfaat dalam menjaga konsentrasi rider saat riding, gak perlu mencondongkan badan untuk menekan tombol di area speedometer untuk melihat informasi, cukup tekan telunjuk kiri aja, mata pun hanya melirik sekejap ke bawah.. Aman kan?
  • Performa; sangat halus!! Tentu jika dibandingkan model sebelumnya. Old NMax itu getarannya hingga ke setang! Dan itu terjadi sepanjang jalan, membuat setelah selesai riding bikin jari jari gak nyaman, kesemutan! Namun hal itu tidak ditemukan lagi di All New NMax, kehalusannya setara dengan Freego, bahkan mendekati level PCX!
  • Dengan makin halusnya kinerja mesin, tentu berkendara apalagi jarak jauh – menjadi semakin nyaman dan menyenangkan. Ditunggu tunggu getarannya gak nongol, fix kali ini Yamaha sudah bikin mesin yang lebih nyaman bagi rider.. Ada gejala gredek, tapi normal lah.. seperti pada skutik pada umumnya..
  • Mesin yang lebih halus dan tenang berimbas pada fun to ride, dulu di old NMax, skutik ini bawaannya gugup dan gak tenang kaya orang lagi pedekate, terutama saat dibawa low maupun cruising speed. Makanya di artikel terdahulu KBY pernah bilang, NMax itu gak enak dibawa santai, bawaannya mau arogan terus wkwkw.. Kini dibawa santai sambil liat yang uwu uwu juga nikmat.. dibetot? Hayu ajah..
  • Tenaga atas, valid, no debat no kecot, kecepatan paling mengasyikkan untuk All New NMax ada di atas 60km/jam, atau tepatnya saat VVA aktif optimal.. Swiiingg.. cepet lah besutanny dan aksi menyalip pun tetap menyenangkan seperti pada NMax Old..
  • Keiritan BBM, nah ini juga satu lagi yang layak dapat jempol. Jadi terjawab sudah mengapa torsi All New NMax terbaru ini justru turun meski secara tenaga naik dibanding versi lawas.. Ya karena hentakan torsi di awal awal di kurangi, membuat besutannya lebih halus sehingga mampu menjaga konsistensi semprotan BBM di kecepatan rendah. Ini juga mencegah terbuangnya BBM yang gak perlu di kecepatan rendah.. Nice!!
  • Keiritannya sudah mampu mendekati PCX meski belum mampu melewatinya (akan tergantung gaya riding sang rider dan juga kondisi lalu lintas). Setidaknya di tangan KBY, angka 1:42,2 mampu diraih dari Citayam ke Duren Sawit dengan kondisi jalan variatif, lancar dan macet terutama di Jalan Raya Pasar Minggu.
  • Handling; masih sama dengan versi old, tetap lincah dan cekatan. Paket sasis, suspensi serta ban juga terasa sangat mantap untuk kebutuhan track (sirkuit). Namun jika dibanding PCX 160 khusus penggunaan jalan raya, masih kalah sigap sih.
  • Pengereman; bisa ada dua muka, plus dan minus, minusnya nanti aja ya wkwkw.. Plusnya, tetap responsif dengan feedback ke rider sangat baik! Singkatnya predictable lah..
konsumsi BBM All New NMax

Wah wah, sudah 1000 kata aja ya gak kerasa.. wkwkkww.. Sepertinya dari sisi plus alias positif sudah semua KBY bahas, kalau ada yang terlewat nanti ditambahi.. so next artikel akan dibahas seputar minus atau kekurangannya, tentu versi KBY pribadi.. So stay tune lads..  Video juga lagi KBY siapkan, nanti akan duet dengan Sena..

kucing aja demen di jok NMax wkkwkw

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

135 KOMENTAR

    • Pendapat pribadi, mungkin subjektif, kalau mesin pilih pcx, halus, irit, torsi besar. Meskipun nmax lebih kencang. Kalau desain pilih pcx juga, sebaiknya kedepan update pakai shock tabung dan jok kulit yg lebih baik lagi. Kalau nmax, baiknya update model knalpot, update panel indicator, update bokongnya, update lampu sein dgn led, dan update antar spakbor depan dengan tebeng yempat lampu utama, supaya tidak menganga, sehingga kalau dilihat dr depan, shock nya tersembunyi, seperti di pcx, seperti di freego

  1. Cihuyy dengan keluarnya artikel ini maka nyatalah sudah bahwa Mang Kobay emang netral!!! ? Ane suka…ane suka?

    • Agak kurang terima dengan statement soal getaran, keiritan serta handling yang mendekati (alias di bawah) Peceka..kami masih kurang terima ituuu…ujarnya???

  2. mang, lagi ronda nih… numpang komen ah….
    yg gw heran ya mang, gen pertama emang cakep out of teh kotak ponona mah… nah pas liat yg olnu gila bohay bgt kurang cakep… tp lama2 kok cakep ya… gak ngebosenin gt. tp untuk area cover stang dan lampu depan sih masih ok yg lama hehe… tp yg olnu lebih membulat di sambungan body (designa ranum) alias bakal gak ngebosenin 10-20th kedepan. biasanya sih begitu kalo yg bulat2 wkwkwkwk. untung engine khas yamaah sih… tenaga jambak tp minumnya(oli) kuat hehehehe…

    • Ada kelebihan Nyemex , ada kekurangannya
      Begitupun PCX ..banyak kelebihan dan beberapa kekurangan ?
      Lah trus hasilnya ? Imbang dong .
      Son Wet ? Lu pilih kelebihan yang Mana ? ?

  3. Alhamdulilah masih pelihara gen1 dari awal beli ampe sekarang sangat terawat, junjur aja mang suspensi gen1 itu keras, klo jdi ridermah enak mang, pernah sekali awal2 beli di gonceng jarak 5km perut sakit mang ampe ke2 tangan jdi bantuan penopang badan

    Dsitu saya sadar bahwa ada yg perlu saya ganti dan perbaiki, alhamdulillah berkat kejadian itu saya jdi tau kenapa pacar saya klo jalan pake motor pilih beat dia ketimbang naik nmax ato scoopy saya ???

    Oh iya mang si scoopy siap tak jual klo saluto hadir lumayankn buat nambah2??, mongtor mony*t, grom ama saluto sampai detik ini saya kesengsem mang,
    Karna saluto yg paling rasional secara harga maka saya akan pilih saluto, ntah knapa ama vespa saya ga ngelirik mang padahal cakep ya haha

    Mindset saya jepang brand masih lebih baik soal perawatan

    • Bersyukurlah masih punya yang gen 1 , lah yang dipakai mang kobay ini …gegara PCX mangkanya dijual ?

  4. Kira2 kapan ya NMAX dilengkapi lapisan carbon piston & 4 maping kaya exciter vva.? Jadi walo nmax near aquare to tetep ences digeber sampe mentok 12rb rpm.

  5. kalau motor harus kencang , baru dibeli, mestinya fino lebih banyak dibeli daripada scoopy

    • Kecele bisa komen kek begini setalah picek mampus drag test lawan nmax dan aerox ???
      Dulu awal2 beha bangga dengan spek brosur picek lebih powerpul daripada nmax, eh setelah di test dilapangan mencret, dan muncul komen kek bgini ???

      • PCX memang mencret , cukup lihat Nyemex lewat Spionnya , gegara cuma 117 kmh ? ?

        • mbok jangan BEgo-Bego amat.

          Pcx 117 km/j didepan (menang akselerasi 0-100m)
          Dibelakang ada Nmax 122 km/j lagi merangsek maju.
          Kalo cuman 2-4 detik ya jelas belum mendahului lah. Lgpl trek dah mule terpotong. Kasih waktu lg sampe 5-7 detik. PASTI DIKENTUTI tuh si Pcx. ITU PASTI.
          Dah mule banya yg membuktikan dijalanan.

          • Yuk intip vidioh lainnya ? ( pengulangan komen yang ke seribu kalinya ) ?

          • Beha mah emang halu jadi lebih baik iyain aja dari pada ntar nangis terus bunyinya gredeeekkk gredeeekk kaya picek ?

  6. Arep nang endi papan,
    Ora nang umah ku
    Ora nang umaeh Kang K0bay.

    Memang Koceng Oleng itu suka bobo di atas jok motor.

  7. Masih ada lagi plus nya mang, desain jauh lebih tampan diatas picek.
    Picek dengan setang jengki lebih mirip barongsai kawin sama perahu ???

    • Sebelum soichi…eh
      Sebelum Nyemex lahir tuh PCX dah diDisain dengan Stang sept itu , Bukan lagi PCX jika Stangnya dah kayak Forza ..karena PCX adalah Pcx dan Forza adalah Forza ??
      Apa gara2 stang sept itu …PCX laris manis ? ?

      • Sekarang Fby fokus dan gotong royong nge BC PCX ….dengan 1 judul kekurangan dalam 1 hari.
        Tapi yang Unboxing PCX malah 1000 unit sehari , njomplang ….masih larisss PCX daripada BC Fby ?

      • laris apanya
        motor klo ditarik gasnya kok getar semua dari setang sampe sepakbor kok ngimpi bakal laku

        • Ngimpi ? Di Indonesiah Lariss…diasiah larisss dieropah larisss ? silahkan cek dan kroscek saja. Gunakan hitung2an yang memang masuk akal ?

        • bikinan pabrik mana tuh yg di eropa asia AHM?
          ga mungkin lolos standard kualitas AHM untuk export global
          kualitasnya ecek ecek

      • Betul mang , bc an Fby gak berkelas kek anak SD gak tamat 2 isi kepalanya ? jangankan Son wet …juragannya saja yang Monologhhh sekolah tinggi2 , Gelarnya digunakan cuma buat BC ?

  8. Nitip tanya mang kobay, unit masih low km kan nih,
    apa juga ngerasa saat jalan antara 50-60 km/jam,
    Ada rasa gret gret gret bukan gredek (mirip stelan rantai terlalu kencang)
    dari sebelah kiri/cvt ?

  9. review yang seimbang..penjelasan yang masuk akal kenapa NMAX sangat susah digoyang dari posisi nomer satu.. sepertinya akan berlanjut walaupun sudah ada PCX 160..

  10. kurang panas mang …. mantau dari awal terbit artikel smpe saat ini komen di tulis kurang greget kolom komentar nya …
    entah beye nya yg sudah lelah
    atau beha nya yg ga keluar pasukannya

  11. Nah ini baru pembahasannya netral sangat!!!!!

    —-
    Eh jadi namex baru ga lebih alus dari peceka?
    Lah emang namex lama geter?
    Peceka kan gudangnya gredeg, harus ada pembuktian secara jelas ini. Tolong jangan asal bikin statement.

    • Wah , Son wet makin meleleh pasti nih ? ada korelasinya sama judul mang kobay kah ?
      Terbukti makin nyaman…alias dah gak kuat kencang ?

      Weeeeet….????! ?

    • Sudahkah ada yg menguji pakai alat ukur? Biar bisa tahu perbandingan real secara angka? Soal rem abs 1 chanell vs 2 chanell juga sudah ada yg tes (reviewer luar negeri) dan terbukti abs 1 chanell (pcx) ngepot dan akhirnya ndlosor ?

      • Berarti revier luar negeri gak ada apa2 nya dibanding Mang kobay mang kobay bisa Ngesot asooooy bawa ngepot PCX ?
        Ente modal sikitlah Nonton PCX ..jangan yang gampang dan rame trus copas link dan narok sini.
        Aslinya ABS Nyemex itu gak sampe 5 pijitan perdetik…aslinya lowh ya , cuma dibulatkan saja 4 pijitan , itu 1 channel…dikali 2 ya +- 8 pijitan perdetik . Genapin 10 deh ( bonus 2 ) .
        1 channel ABS PCX 150 atau ADV itu hampir 12 pijitan Perdetik . Dan malah kata sebelah sekarang PCX 160 20 pijitan Perdetix.
        Yang lu baca apesnya doang sih ? emangnya 2 channel ABS Nyemex itu gak ada yang nabrak tiang listrik ? Remux nyium bokong truck dll ? ?

  12. Mang kobay jahat…masa motor canggih spidometer dibilang kaya karce..lebih tepatnya gimbot tetris…ekekekekek

  13. Sekencang2nya ENeghmakk gak bakal di depan Mbeat, Pario dan Skupi?. Tak percaya?? Nah coba pinjamin (karena gak beli) SiSon, Mpeng atau segenap bayangannya unit ENeghmakk dan suruh gaspuoll mulai dari Banten sampe mentok Pantura..abis nyalip 50 Mbeat ketemu 50 Pario di depan..gas lagi ketemu 50 Skupi..gas lagi ketemu lagi 50 Mbeat dan begitu seterusnya sampe kering ilernya???..buktikan!!! #GakHabis2YangDiDepan

    • Habis tes drive yamaha gear dirumah… Aduh gile build quality edian… Posisi riding nyaman sekali… ruang kaki lega tidak seperti sebelah yg kaki dipaksa nekuk ke atas karna ada aki dibawah deck ???… lampu ada aksen smoke nya mantap.. ada charger hp,, ada lampu hazard,, pijakan kaki untuk anak… Aduh enak poll rasanya..

  14. Ada ygterkozel kozel picek dikepretin nmax dan aerox
    Udah gitu picek hitungan hari mesin udah gancet, njirrr mocin banget ???

  15. Son, tu cewek kenceng nunggang Ngorox alias dia beli tuh? ente kapan nyusul?? Bisa ambyar itu Burhan kalau lu pengen Turing ame die??. #noMoreTestDriveaja #bantuMS

  16. Mang, tuh si mpus memang disuruh pose diatas jok ya? Awas jok dicakarin mang (si mpus asah kuku) – pengalaman pribadi

  17. Dalam 10 taon terakhir, Eneghmakk Old merupakan cerita sukses YiaMaap yang terakhir..buktinya? Ada penampakan di jalanan secara massive. Line up lain amsyong..Namun untuk yang new ini secara jujur tak sebaik yang lama..(silakan liat visual di jalanan)?..inilah latar belakang Jezjoz Belikagak menjadi Die Hard untuk BC abis2an. So MS yang 17% itu merupakan batas sesak nafas yang ditopang oleh Eneghmakk. Honhon dengan sadisnya mau melahap satu2nya kue yang tersisa?. Seandainya New Peceka sukses membabat 50% aja share Comfort Matic mereka sudah senyum lebar. So be smart, semakin reaktif lawannya akan bikin Honhon semakin agresif. Reaktif=BCmurahan/sharelinkBC #anelagiempati?

      • Ya Bro itulah gambaran valid generasi yang Old. Pertanyaannya setelah yang New diluncurkan apakah pertumbuhannya secara visual di jalanan se-massive yang lama? Ane bilang nggak? apabila Peceka160 bisa memakan 50% dari pertumbuhan di kelas ini di 2021, maka sudah menjadi big win bagi Honhon. Itu poinnya.

  18. PCX 117 kmh jahat sih , moso lihat Nyemex 122 kmh dari spion .
    Mueeeheheheheh ?

  19. Sy punya old nmax, getarannya bikin biji mau ambrol, mau dijual eman soalnya kredit, trus kenceng jg. Klo ada dana lbh pingin nambahin old nmax sama PCX 160, jd biar ada pilihan.

    • Makanya kalau motor baru itu langsung dibejek aja Weeeet …… mumpung masih garansi , dulu 250RR gua perlakukan gitu , inreyen Hajar sampe 170an kmh ?ADV semingguan dah gua bejek nyundul2 122 kmh . Tapi aman nyaman dan masih halusssssss sampe sekarang , dan pastinya Ms junjungan gua nambah …malah eksporrtnya ” kecot ” ?

  20. Helloooow….
    Belum ada nih pidio Nyemex diatas dyno mas imam mang kobay ?? ?

      • Son, tu lady biker beli Ngorox, elu kapan?? Mosok test drive mulu sehhh???…wakakak prok3x???

        • Udah banyak beredar video pcx baru keluar dr deler suara mesin nya kaya mesin jahit ,???

          • Kapan beli baru?..SPG deler nunggu tuh sampe dah kering ilernya??? ntar di black list gaboleh test drive lagi kan gaswat…hehehe #kesianXuYingSan

          • Bukannya Mesin jahit berjalan udah Pakem metic Nyemex ? ?

          • Makin hari makin banyak Picek 160 dikentutin Nmax & Aerox di jalanan ya.

            Hohohohoho…. kenyataan emang pahit.

          • Yang rame lagi Wet ….
            Berat mengakui PCX 117 kmh bisa ngintip di Spion si Nyemex 122 kmh ya ?
            Bagian yang gak ke intipnya juga ada lowh…..Nyemex 1 nya lagi jauuuuuuhh dibelakang ?

  21. Kok ngajak2 mesin Honda sih Wet ? ?
    Biar hnd juga ngajak2 jualan lu bisa laku gitu ? ?

  22. Buih di lautan pun bisa kalah sama ilerr genkJezJoz yang kagak beli?..tapi buih tak akan bisa menggoyang kapal. MS manteng di bawah 20%. Honda leads the way. Mau perbaikan? Beli dong yang baru..inget yang baru ya??? #abistestdrivebeliya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..