GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tidak ada satupun pembalap yang ingin mengakhiri karirnya saat dia merasa masih berada dalam top condition, baik dari sisi mental, skill juga stamina. Juga saat dirinya merasa masih memiliki a lot to offer, kecuali memang sudah tidak ada lagi passion pada dirinya ya.. Cidera Marc Marquez yang berkepanjangan memang disebut sebut dapat membuat dirinya terancam pensiun dini, yang menarik adalah statement pribadi Matteo Guerinoni saat webinar bersama AHM dan mbah Sattar.. Apa opini eks pembalap motor tersebut?

Marc Marquez menjalani operasi ketiga di Rumah Sakit Ruber Internacional di Madrid menyusul cedera patah tulang humerus pada seri pembuka MotoGP 2020. Marc Marquez menjalani cangkok tulang untuk merangsang pembentukan jaringan tulang baru pada tulang humerus kanannya yang patah. Meski operasi yang berjalan selama 8 jam tersebut sukses dilakukan, Marquez ternyata mengalami infeksi pada tulangnya, hal ini akan membuat masa penyembuhan menjadi semakin lama.

Cidera yang dialami Marquez tak kunjung sembuh adalah karena dia mengalami pseudo-arthosis, atau kondisi ketika penyembuhan cidera patah tulang bermasalah.

Tim dokter yang menangani operasi ketiga Marc Marquez menemukan infeksi pada patahan tulangnya dan Marquez terpaksa akan dirawat di Madrid selama beberapa pekan ke depan untuk diobservasi dan menjalani perlakuan antibiotik.

Dokter Angel Villamor, mengatakan bahwa Marc Marquez bisa kembali menjalani operasi untuk menyembuhkan infeksinya.

Dokter Villamor  menyebut bahwa infeksi tulang terkadang sulit disembuhkan karena kurangnya antibiotik untuk melawan kuman yang bersarang.

“Komplikasi utamanya adalah kuman tersebut mencegah pembentukan kalus sehingga menyebabkan pseudo-arthosis,” kata Villamor, dilansir dari AS.

“Terkadang kami perlu melakukan operasi ulang untuk menghilangkan material logam karena di situlah kuman bersarang, bahkan lebih banyak daripada di tulang.”

Bahkan, infeksi yang timbul membuat Villamor memperkirakan Marquez memerlukan masa penyembuhan yang lebih panjang.

“Fakta bahwa kuman bersarang di frakturnya meningkatkan risiko pelambatan penyatuan tulang sehingga pembentukan kalus akan lebih lama,” kata Villamor.

PERNYATAAN RESMI REPSOL HONDA:

“Situasi klinis Marc Marquez pascaoperasi dinyatakan memuaskan oleh tim medisnya di Hospital Ruber Internacional, Madrid. Meski begitu, proses kultur yang dilakukan dalam operasi pseudarthrosis mengonfirmasi adanya infeksi pada patahan sebelumnya, yang membuat Marquez harus mendapatkan perlakukan antibiotik secara spesifik pada beberapa pekan ke depan. Marqiez akan tetap dirawat di Hospital Ruber Internacional, Madrid.”

OPINI MATTEO GUERINONI

Eks pembalap motor yang juga pengusaha restoran Italia di Indonesia dan komentator balapan ini mengungkapkan opininya setelah KBY bertanya di satu kesempatan webinar bersama AHM 2 minggu lalu..

Pertanyaan KBY kurang lebih begini; Menurut Matteo, apakah cidera Marc Marquez bisa mengancam karirnya di MotoGP? Harusnya para pecintanya khawatir Marc tidak akan bisa balapan lagi? Akan kah dia sehebat dulu saat comeback?

Matteo merespon; Cidera Marc memang sangat parah, vital dan fatal. Cidera yang sangat berpengaruh pada performa seorang pembalap. Tulang humerus dapat dikatakan merupakan tulang penyangga yang vital saat pembalap berlaga, akselerasi dan pengereman merupakan titik dimana tulang tersebut berperan besar.

Ngeri memang membayangkannya, jawaban saya pribadi adalah Marc hanya akan kembali balap saat dirinya sudah pulih 100%, saat ini dia sedang recovery dan akan menjalani operasi ketiganya (saat webinar operasi baru direncanakan).

Kita tidak pernah tau apakah Marc akan kembali seperti sebelum cidera atau tidak, tapi opini saya ya tadi itu, Marc kembali saat dia sudah pulih 100%. Konyol jika dia memaksakan untuk kembali sebelum pulih total. Jika kita melihat dia balapan lagi nanti, artinya kondisi dia sudah normal, tutupnya.

Pecinta Marc Marquez sang legenda memang banyak, bahkan mungkin sebanyak hatersnya dia.. jika nanti Marc terpaksa harus pensiun dini akibat cideranya, yah berarti memang sudah jalan karirnya seperti itu. Yang jelas dunia balap akan kehilangan dirinya dan bisa jadi butuh bertahun tahun lagi untuk menemukan yang sekelas Marc atau Rossi atau legenda hebat MotoGP lainnya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

25 KOMENTAR

  1. si iwan mulut dah di sumpel banner yamaha, sekarang artikel nya puji yamaha terus, kok bisa ya, sudah tidak kritis sekarang artikel nya, kobay kapan di sumpel banner yamaha ya

  2. Opini saya karena yang patah adalah tulang penting yaitu lengan, dan dengan kecerobohan marques sendiri hingga harus operasi 3 kali maka akan sulit untuk sperti sediakala..

    Teorinya adalah : besi yg patah kemudian dilas, kemudian patah lagi, lalu dilas lagi, lalu patah lagi, terus dilas lagi itu sudah tidak bagus…

    Bagaimana dengan komentar si “tak ada yang bisa” ?

  3. duh kasian jg sih ya nasibnya..
    abisnya heran jg sih, fraktur itungan minggu kok udh d push latian beban.. saya sndiri ngalamin fraktur femur (paha kanan) pen tanam tulang baru nyambung skitar 3bln, dan itu bertahapa pemulihannya, 1bulan pk 2 tongkat, 2bln lepas 1 tongkat, dan bulan ke 3 coba lepas tongkat.. lah ini Marc udh bs lgsg pushup, angkat barbel..

    waduh, ini masa dokternya ngijinin sih.. yg salah dokternya yg overpede sm kondisi marc, apa tim repsol yg ngepush marc biar bs lgsg race nih??

  4. Tapi kok saya lihatnya media kayak membesar2kan berita seolah marc emang mau pensiun aja ya ? kalaupun iya paling rehat dulu satu musim kemungkinan besar, soalnya saya lihat marc masih belum kehilangan passion balapnya kayak lord hohe, dan kalau jadi peluang dovi gabung repsol kayak artikel sebelumnya bakal terwujud wkwkwk.

  5. ini hanya asumsi dan juga doa saya sebagai penyuka alias fans marq ….
    //////93 akan race di seri kelima 2021 atau lebih cepet dr itu … Aamiin

  6. waktu dia balik pasca operasi ada yg rancu kang. Sblmn turun infonya dia minta approval dokternya dan ternyata oleh si dokter diperbolehkan turun. Akibatnya setelah race cideranya kembali bermasalah. baca2 malah sepertinya bakal ada tuntutan hukum dari keluarga MM ke pihak dokter tsb
    Eniwei, gws MM. selama absen ky ada bumbu yg kurang di motoGP wlpn tidak mengurangi rasa nikmatnya scr keseluruhan 😀

  7. knapa gak ada info MM93 pakai terapi alternatif ya ? di Indonesia mah banyak itu ahli patah tulang dengan metode tradisional

    pernah baca2 artikel kalo atlet sepakbola ada yg pakai terapi “non medis” buat proses recovery cidera nya

  8. Kang K0bay, mau tanya:
    1. Foto pertama tidak ada Kang W3beh sama Kang T4ufik, karena?
    2. Yang tahu 100% kondisi Marq, adalah Marq sendiri. Maka sebetulnya yang mengambil keputusan adalah Marq sendiri? Apakah seperti itu Kang?
    3. Menurut Kang K0bay, 100%nya Marq itu yang seperti apa?
    4. Matteo: “Marc kembali saat dia sudah pulih 100%”, kalau pun tahun 2021 belum pulih total, misal baru 90%, maka semoga tahun depannya lagi, sudah 100%
    5. Kang, itu AHM sudah gandeng Matteo bahas MotoGP, apakah ini ada indikasi tentang tayangan motogp di tipi?
    6. Kok gak ada foto SPG, Kang?

    Suwun, tulung dijawab ya Kang,
    Ora dijawab ya ora papa.

  9. @kutukupret wkwkwk jadi logikanya misal ada siswa berprestasi di kelas saking hebatnya juara satu terus, dan biar siswa yang dibawahnya yang biasa aja bisa juara juga si anak yang juara harus dikeluarkan gitu ? Awowkowwkok kenapa gak si anak tinggal kelas aja yg disuruh keluar coba biar bisa diisi sama calon bibit juara lain ? Pas zamannya Agostini aja gak ada yang komplain beliau juara terus tuh. Ah palingan…

    • Kalau ada yang hebat biasanya yang lain itu terpicu utk menjadi sama hebatnya di kendaraan, nah kalau kendaraan sudah sama hebatnya berarti faktor ada di pengendara..

      Ya lucu saat ada yang hebat, yang hebatnya yang disuruh stop dan berdoa yang gak gak, biar yang gak hebat bisa jadi juara..

    • @akira,balapan jangan disamakan dengan moto GP kurang logis,jika anak sekolah terlalu pandai akan membuat nama sekolah terlihat luar biasa , berbeda dengan MotoGP jika terlalu dominan maka secara perlahan akan menghancurkan irama balapan MotoGP ” buat apa nonton MotoGP jika yg juara cuma itu2 aja” seperti dominasi Mercedes di F1 yg menurun kan rating F1 (sebenarnya bukan kesalahan Marc jika terlalu dominan tapi juga bukan terlalu lemahnya musuh) tapi balapan akan terlihat begitu indah jika jurdun bisa di tentukan di race terakhir contoh yg sangat luar biasa tahun 2015 Rossi dan Lorenzo hanya berpaut dibawah 5 poin ,saya bukan fans fanatiknya Rossi cuma di saat kejayaan Rossi dan Marc gaya balapnya beda ,jika Marc hit dan run tapi rossi baru fight di 5 lap terakhir itulah yg menjadi kan MotoGP tidak membosankan karena ada drama walau dominasi Rossi juga sangat tidak wajar

  10. Pdahal patah tulang gitu mah gampang bawa aja ke dukun patah gak perlu keluar biaya banyak
    Tapi disana memang gak ada kali ya dukun patah

  11. Padahal penerus dominator setelah rossi & marc belom keliatan hilalnya, sayang jg kalo harus pensiun dini. Mudah2an bisa lanjut walopun gak jadi dominator lagi.
    Bakat alaminya gak ada obat

  12. Boleh saya tidak suka Marc di lintasan tapi saya berharap Marc cepat sembuh dan bisa balapan lagi

Yuk Tinggalin Jejak Lads..