Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Para pecinta motoGP, makin ke sini di ajang balap MotoGP, Dominasi Team Suzuki Ecstar MotoGP terlihat semakin kuat. Hal tersebut dibuktikan pada seri Catalunya GP (27/09/2020) sebagai tim pabrikan yang berhasil menguasai Double Podium 2 & 3, lewat laju Suzuki GSX-RR yang dibesut Joan Mir dan Alex Rins. Rekor selama 13 tahun Suzuki pun pecah oleh duet maut tersebut. Kini, tinggal podium pertama alias juara yang belum direngkuh Suzuki di musim 2020 ini..


Kedua rider Tim Suzuki Ecstar Moto GP menganggap Circuit of Barcelona – Catalunya, Spanyol sebagai balapan kandang mereka, dan pasangan tersebut yang memang berkebangsaan Spanyol mampu menampilkan performa yang luar biasa di sirkuit dengan membawa pulang Double Podium pertama bagi Suzuki, sejak Misano GP tahun 2007 silam bersama Vermeulen (podium 2) dan Hopkins (podium 3). Yak, sudah 13 tahun berselang lads..

Meski perlu perjuangan lebih di sesi kualifikasi, baik Joan Mir dan Alex Rins yakin dengan
kecepatan dan kemampuan mereka membawa GSX-RR mampu ke barisan depan. Menjalani sesi balap dari posisi start ke-8 dan ke-13, kedua pebalap memainkan permainan panjang dengan cerdik, menyesuaikan diri dengan kecepatan balapan yang dahsyat dan menjaga pesaing terdekat mereka di depan mata setiap saat.

Joan Mir mengulangi penampilan baik yang dia lakukan selama beberapa minggu sebelumnya. Secara bertahap memberi tekanan pada lawan-lawannya dan mengoptimalkan teknik berkendara dengan ban yang digunakan. Dia memotong dan melakukan aksi overtaking dengan bagus untuk mendorong dirinya ke podium.

JOAN MIR CATAT SEJARAH

Dengan dua lap tersisa, dia berhasil menempati posisi kedua dan makin mendekati pebalap terdepan ketika bendera finish dikibarkan. Podium berturut-turut sebanyak 3 kali dalam musim ini membuat sejarah baru bagi Joan Mir, karena Ia mencatatkan diri menjadi Pebalap Suzuki pertama yang mencapai prestasi seperti ini sejak tahun 2000.

Alex Rins juga melakukannya dengan baik untuk menjaga posisi di belakang Joan Mir sejak
awal balapan, mengendalikan kecepatan dan menjaga fokusnya dengan kuat di lintasan
terdepan meski memulai dari posisi ke-13. Alex Rins mendapatkan ritme yang bagus saat
pertengahan balapan dan dia bertekad untuk mengubah posisi balapan Top 5 menjadi
podium.

Dia bekerja keras untuk mengejar lawan di depannya dan mengambil tempat ketiga yang teknik yang bagus, sehingga ia makin dekat dengan Joan Mir. Hasil ini menandai kembalinya Alex Rins ke podium, dan berarti Suzuki telah meraih podium ganda pertamanya semenjak tahun 2007.

NAIK KLASEMEN SEMENTARA

Joan Mir bergerak ke posisi kedua dalam klasemen pebalap kejuaraan, atau selisih delapan
poin dari puncak. Sedangkan Alex Rins naik ke posisi delapan. Joan Mir membagikan cerita kebahagiaannya,

“Balapan yang cukup sulit kali ini, terutama start dari baris ketiga. Itu berarti Anda harus mendorong di lap awal dan ini bisa sedikit berisiko. Saya mencoba untuk menghindari masalah dan menundukkan kepala sementara juga mengalahkan beberapa pebalap. Ketika saya berada di belakang Miller, saya tahu saya harus tetap bersamanya dan siap memanfaatkannya.

Saya mendekati kemenangan hari ini, mungkin dengan beberapa lap lagi itu bisa terjadi, tetapi Fabio mengelola segalanya dengan sangat baik dan dia melakukan balapan yang hebat. Sangat menyenangkan bagi Suzuki untuk  memiliki dua pebalap di podium setelah sekian lama dan saya sangat senang dengan pekerjaan hari ini!”

Demikian pula dengan Alex Rins. “Saya telah berjuang keras dalam beberapa minggu terakhir, dan naik podium di sini hari ini di balapan kandang saya terasa fantastis. Sejak cedera bahu saya di Jerez, segalanya tidak mudah, dan saya merasa sulit untuk cukup kuat secara fisik untuk bersaing di lini depan. Tapi saya telah bekerja keras di atas motor dan tim telah bekerja sangat keras dan banyak yang mendukung saya, jadi saya ingin berterima kasih kepada mereka. Saya juga ingin berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka dan untuk mendukung saya di musim yang sulit ini. Aku sangat bahagia.”

DAVIDE BRIVIO BANGGA

Kepuasan dan kebanggaan juga dirasakan oleh Manajer Tim, Davide Brivio, “Kami sangat senang, ini adalah hari yang luar biasa dengan kedua pebalap kami naik podium! Ini adalah sesuatu yang sudah lama tidak terjadi dan perasaan yang luar biasa untuk mencapainya. Joan Mir mempertahankan tren yang sangat positif dan saya sangat senang untuknya.

Saya juga sangat senang untuk Alex Rins yang melakukan performa hebat dalam balapan, terutama dari urutan ke-13 di grid dan beberapa minggu yang sulit. Kami akan merayakannya di dalam tim, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah bekerja keras, para personel di sini, di rumah, dan di Jepang. Ini mungkin karena mereka”.

Berita MotoGP ini merupakan saduran dari berita resmi Suzuki-Racing.com dengan beberapa penyesuaian bahasa.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

8 KOMENTAR

  1. Suzuki MotoGP lagi jadi sorotan publik pecinta balapan karena aksi dan pencapaian duo pebalapnya

    Suzuki motor Indonesia … dealer dan bengkel resminya malahan berubah jadi indomar@t hahahaha

  2. Nah kan,
    setelah baca sampai selesai,
    terbukti kalau itu PR dari Sizuka racingdotcom.
    Tapi gak papalah, berita bagus ikih / inih

    Sukses terus buat Sizuka
    Semoga tahun depan gak kehilangan pembalap hebat macam Mir dan Rins,
    Karena dilirik / melirik tim lain.
    Kalau pun kehilangan, sepertinya Sizuka sudah punya SDM yang handal untuk:
    Memilih pembalap berbakat, dan secara internal juga ok, motor juga ok.

    Ga sabar, pengin lihat Sizuka podium 1. Ahaai

    Kang, kapan Marc turun balapan?

  3. Justru start dr grid belakang(an) bisa podium itu kan poin menariknya, klo dideapn duluan nanti ngeluh turang turing turang turing

  4. Momentum bagus buat gelontorin line up baru asal desainnya jangan acakadut kayak kemaren2😀 wake up suzuki!!!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..