Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Para pecinta balapan motogp, sudah 4 seri tim kawakan Repsol Honda tidak pernah podium. Hal tersebut membuktikan bahwa Honda tanpa Marc Marquez bagaikan macan galak kehilangan pawang.. bisa juga disebut bagaikan macan tanpa taring. Ini tentu merugikan tim tersebut baik dari sisi poin pembalap maupun konstruktor. Boleh ya KBY beropini bahwa mereka wajib berbenah dengan memiliki motor yang “rider friendly” karena tidak semua pembalap memiliki skill setara Marc!

Selama Marc dalam kondisi prima, hampir dipastikan raihan juara dan podium akan dimiliki oleh Honda secara umum – pembalap dan konstruktor. Tapi tidak aja jaminan Marc tidak akan mengalami cidera parah pada kecelakaan yang kerap dialaminya, seperti pada kejadian di Jerez seri pertama musim 2020 ini (baca: Marc Marquez Crash, Bakal Absen Lama!).

Begitu Marc cidera, tidak ada pembalap Repsol Honda yang mampu mengatasi keganasan Honda RC213V, tidak Alex Marquez, tidak Crutchlow, bahkan rider pengganti Stefan Bradl juga tidak, mungkin hanya Nakagami yang bisa dianggap bersinar – dilihat dari sisi dia pembalap Honda. Itupun Cal maupun Nakagami merupakan tim satelit dari LCR Honda.

Hasilnya? Zonk.. poin sih ada, di dapat tapi seadanya, podium? Nihil! Untuk tim sebesar Repsol Honda sih parah ya. Meski para pengamat MotoGP sudah paham sejak mendominasinya Marc di MotoGP, Repsol Honda hanya mengandalkan pembalap Spanyol tersebut untuk mengeruk poin maksimal..

Bisa dibilang kebalikannya dari Yamaha, mesinnya mungkin kerap bermasalah, saat ini saja sudah menyisakan berapa biji mesin yang sehat? Beberapa sumber mengatakan bahkan tinggal 1. Tapi secara umum, motor Yamaha M1 merupakan motor yang “rider friendly”, siapapun bisa menjadi pembalap hebat di atasnya. Bukti sahih, Quartararo sudah dua kali juara, sisanya seperti Rossi, Vinales, Morbidelli bisa dikatakan langganan podium.

Bahkan Ducati, motor yang kerap disebut sebagai motor sulit dan binal, sudah merasakan podium musim ini melalui Dovizioso dan Zarco, Dovi malah juara di seri terakhir kemarin di Austria. KTM bahkan lebih mengejutkan! Binder sudah merasakan menjadi juara di Brno kemarin ini. Suzuki? Joan Mir sudah meraihnya baru saja kemarin, hanya karena Rins masih belum bisa menjaga emosinya lah yang mencegah dirinya meraih podium musim ini.

Artinya, secara paket, Honda RC213V adalah motor yang paling buruk dan sebanding dengan Aprilia! Sama sama belum pernah podium sejauh ini. Tanpa adanya Marc Marquez benar benar gada apa apanya. Fakta kan?

KBY sih yakin sebenarnya Repsol Honda itu sudah paham akan situasi saat ini, dan sepertinya naif banget kalau bilang membangun alias developing motor baru itu terlalu mahal bagi pabrikan cap sayap kepak ini, duitnya loba pisan! Jadi, ada kemungkinan motor terbaru mereka baru akan hadir di 2021 atau 2022, sementara itu, mau gak mau mereka “terpaksa” jalan dengan apa yang ada.

Masalahnya, apa yang ada saat ini, si RC213V itu hanya Marc Marquez seorang lah yang bisa menjinakannya, mengeluarkan semua potensinya. Lihat partnernya, tidak ada yang benar benar konsisten bisa seperti Marc, bahkan mendekati saja pun sulit. Tercatat hanya Stoner yang benar benar bisa seperti Marc.. Bahkan motor ini diledek sebagai retired maker..

Tapi ada tapinya nih, bisa saja Repsol Honda tetap keukeuh dengan RC213V-nya, karena melihat potensi Nakagami yang konsisten dan berharap Alex Marquez segera mingle dengan sang RC. Tapi tetep butuh waktu bosss!! Tar kalau MM93 cidera lagi gimana?

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

58 KOMENTAR

  1. Marc ada di levelnya sendiri.
    He is an extraordinary
    Btw saat ini MotoGP jadi sulit di prediksi tanpa kehadiran Marc..

  2. Sebenernya dari dulu semua udah tau boss. Tinggal nunggu saatnya aja. Nah kejadian deh musim ini wkwkwk

  3. Setuju puig ganti dulu.. dp26 aja ga mau jadi test rider kan juga gara2 masih ada puig
    Wkakkakak

  4. Kondisi sept itu memang benar adanya , mang kobay serta lainnya yang berfikir sept itu tidak salah. Tiap pilihan ada pengorbanan – plus minus , mungkin salah 1 nya dengan cara hnd tsb.
    Pilihan itu ada 2 : ini dan itu πŸ˜‚
    Mungkin bagi Hnd pilih yang ” ini ” dan mungkin Ymh atau lainnya pilih yang ” itu ” .
    Bukan mengecilkan tulisan mang kobay , namun
    Opini gini sudah banyak diluaran sana.. dimana opini ini baru rame saat Marc tak bisa ikut dalam Pertarungan , dan itu seolah olah sebuah kesalahan dan dosa besar bagi Hnd , nyatanya kan juga tidak.

    Kita intip Ymh , walaupun semua ” nyaman ” dengan mesinnya…apakah selama ini mampu berbuat untuk melawan 1 orang Marc? Apa Hasil Membanggakan yang didapat ymh yang ” nyaman for all ” diluar kondisi ( Marc ) sept sekarang ? Tidak….tidak ada hasil yang Hebat dari 1 pun rider2 bermesin ymh .
    dan inilah saatnya untuk Ymh….dimana Ymh ” Terlihat hebat Sementara ” saat tak ada Marc dan hndnya dilintasan…πŸ˜‚ wajib dimanfaatkan ( mumpung ).

    Lawan ymh bukan hanya Marc dengan hndnya , tapi banyak pabrikan lain, namun….
    Semua pabrikan yang ada dilintasan Lawannya Marc diatas hndnya πŸ˜‚

    Justru kesalahan2 atau dosa2, akan lebih tepat ditujukan buat ymh .. : 4 rider dengan masing2 mendapat ” mesin Nyaman ” …tapi Melempem semua πŸ˜‚ Apakah ymh salah pilihan?
    Mungkin ymh harus memilih pilihan ” ini ” yang persis dengan pilihan Hnd…bukan pilihan yang ” itu ” ?
    Ngga…ymh tidak salah pilihan dan hnd pun tidak salah pilihan , ” Ini atau Itu ” masing2 punya keuntungan dan kerugian.
    Jika yang ” ini ” menghasilkan banyak Gelar…kenapa harus pilih yang ” itu ” πŸ˜‚
    ala ala filosofi2 nya kira2 demikian.

    Nah, apakah nanti hnd akan memberikan motor nyaman juga buat semua rider ? Bisa iya bisa tidak. Terserah dia dan suka2 dia πŸ˜‚

    Pertanyaan….apakah ymh akan menghasilkan sesuatu yang hebat musim 2020 ini tanpa Marc ???( Tolak ukurnya akan selalu MarcπŸ˜‚ ) mari kita tunggu hasilnya.

  5. Menurut saya sbg awam, jangan bikin satu motor yg bisa dipakai semua orang tapi buatlah 2 jenis motor. Tahun 90an Honda pernah melakukan ini dgn 2 tipe mesin dan 2 tipe swing arm. Harusnya sekarang bisa karena punya banyak sumberdaya .. bikin airframe sekaligus propulsion HA-420 saja bisa disaat pabrikan lain tidak ada yg melakukannya. Jangan pelit2 laa …

  6. si Puig dah pernah ngomong bgt jg beberapa petinggi honda …. yg intinya “pembalap di bayar mahal utk beradaptasi menyesuaikan gaya membalap jangan berkeluh kesah, klw ngk bisa ya keluar aja” ……….bebeknya penghasil telor emas mulai sakit dikit lg jd bebek peking disajikan jika sdh tdk produktif …….resiko yg sdh sedari lama disadari …..

  7. terlalu lama honda menyimpan bom waktu. yg blm bikin lega apakah setelah balik ke lintasan MM masih bisa sekompetitif spt sebelumnya? sebetulnya kalau honda sblmnya mendevelop motor lain yg lebih friendly bisa2 sj. MM sendiri pasti tdk masalah krn dia punya skill adaptasi yg super sekali. tapi mmg akan repot di awal. disinilah investasi biaya & waktu diperlukan. mirip ktm awal2 mereka struggle tapi hasilnya skrg sudah terlihat. Podium dan selalu fight barisan depan wlpn kemarin Pol keluar karakter aslinya….bom waktu HRC yg ke 2? who knows

  8. Mang maaf oot. Saya kan pake indihome, kalo buka web mang kobay dr hp selalu masuk webnya indihome mulu.. harus diulang dulu baru bisa. Tapi web blogger yg lain kayak iwb, tmc, eno, mang vandra aman2 aja, cuma di web mang kobay yg begitu, kenapa ya? Nuhun mangg

  9. Sept yang dijelaskan juga ditread rt sebelah , jawaban sudah dibuat oleh hnd , jauh sebelum hnd mengontrak AM , dan jawaban tsb sudah diputuskan dengan hadirnya espargaro sebagai tandem Marc musim depan.
    Disini bisa dilihat jika hnd belum memilih pilihan yang ” itu ” , namun masih pakai pilihan yang “ini”..hnd lebih memusatkan mencari rider yang menurut mereka tepat , rider yang bisa memaksimalkan kemampuan mesin mereka…pastinya perlu pembuktian, perlu waktu dan itu bagian dari sebuah keputusan…itu sangat alami… jika belum mendapatkan hasil bagus nantinya, itulah Resiko .
    Hnd masih ingin melihat , dengan mesin yang sama…apakah masing2 ridernya mampu mengeluarkan sisi unik dan maksimal dari apa yang mereka masing2 miliki…jika ada , maka hnd akan mengembangkan, mensupport sesuai dengan karakter masing2 ridernya tsb.
    Dikubu ymh sendiri…dunia pun masih menunggu sebuah Pembuktian. Apakah dengan mesin “Nyamannya ” yang ada pada 4 ridernya mampu berbuat musim ini atau tidak ( walau tanpa Marc dg hndnya ).
    Tidak semua mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Contohnya AM , namun terlalu cepat juga untuk membuat kesimpulan atas perkembangan Am yang baru melakoni 4 seri dimusim yang pendek ini. Kita gak tau , bisa jadi dalam 5 race kedepan AM masuk di 3 besar sebagai pesaing berat , atau bisa jadi malah makin tanpa harapan sama sekali..namun jelas, hadirnya Am ditim Pabrikan saat ini adalah jumpstart dia untuk lebih mengenal RCv lebih awal sebagai modal dia nanti ( misteri 4 tahun kontrak Marc ).
    Semuanya masih perlu pembuktian diMusim ini..dan Pembuktian tsb tidak cukup hanya 1 kali πŸ˜‚
    Nyaman…? Masing2 rider punya kenyamanan dan level kenyamanannya sendiri2.

  10. Maaf mang kobay…
    Komen saya jangan dianggap sebagai komen penentang yang punya warung , ini hanya buat membuka mata kompetitor gua πŸ˜‚
    Jangan sampe kayak disebelah , ikutan nimbrung dalam adu komen antar geng..kemudian dia kena imbas ehh…gua akhirnya diblack list πŸ˜‚ padahal gua tak pernah dan takkan pernah punya urusan dg yang punya warung.

  11. Yoi mang. sempet ada pikiran kyny bakal yamaha yg dominasi ternyata ngga juga. semua rider punya kans yg sama. ini yg bikin greget

    • Setiap pembalap pasti punya ambisi yang sama, ingin menang dan juara..

      Termasuk Marc, begitu banyak agenda di depan dia, salah satunya memecahkan rekor dan mencetak rekor…

      Masalahnya, dia adalah yang paling menonjol di eranya.. sehingga terkesan tidak terkalahkan..

      Sama seperti para jagoan balap yang sangat hebat dan menonjol di eranya masing masing…

      Saat yang paling menonjol tidak ada, praktis yang levelnya setara lebih terlihat dalam saling memperebutkan kemenangan..

      Dari sisi ini lah balapan jadi terlihat lebih menarik kekekkeke

  12. Honda Sabar bay, sabar itu akan indah pada waktunya.

    Tapi kapan? Ya sabar aja… kwkkwkwkwkwk

  13. Tiga dari 4 seri yang sudah berlalu Yamaha selalu podium, sebelah zonk dan konsisten di papan bawah. Marc berpotensi pensiun atau ikut balap tapi hanya sebentar atau terjatuh kemudian masuk meja operasi lagi dan lumpuh total tangan nya. Calon pengganti terkuat adalah alex markues (sang juru kunci) , pol aspargaro (akik lover) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  14. Harusnya pake nomor motor 1 nih, kan katanya fansboy dana Honda tak terbatas, SDMnya juga…..bisa bikin dadakan ???

  15. Dari total 4 seri yang sudah berlalu maka Ymh, Dcti, Szuki, dan Ktm sudah menempatkan wakilnya untuk berdiri dipodium dengan tidak hanya mengandalkan satu rider tapi semua rider nya kompetitif contohnya yamaha ada fabio, maverick, rossi, franco sudah podium kemudian ducati juga sama. Saya sangat menunggu alex, cal, dan taka dan bradl untuk bisa podium juga dan marques??? prediksi akan pensiun dini

  16. Jangan kaget semua bisa terjadi hal yang tak terduga. Tentu masih ingat dengan pengumuman lorenzo yang tiba tiba menyatakan pensiun dini karna remuk oleh rcv213?

  17. Soundwave ini memang gak ada akhlak orang kena musibah malah di doain yg nggak”
    Bahaya abh abm garis keras yang satu ini

  18. Secara statistik 3 tahun terakhir, kalau H tidak maksimal maka Ducati paling berpeluang. AD04 mestinya on fire dengan hasil kemaren ditambah kepuasan psikologis untuk menabok petinggi Duc yang reaktif. Jadikan Dovi sebagai benchmark biar gak salah arah akibat cinta buta😁.Ntar kalo MM masuk dan dia liat peluang habis, maka biar diacak2 ama dia biar jurdun sesuai seleranya. So tragedi 2012 bisa berulang..,🀣🀣🀣 Apabila hal ini terjadi MM mungkin lebih meloloskan AD ketimbang FQ.

  19. Dengan catatan El Diapet juga harus konsisten di depan Legend VR46 😁😁😁 yang sebenarnya cuma menikmati passion balapnya aja. Pastilah dia tau bahwa era keemasannya sudah berlalu.

  20. Dalam sepak bola saja ketika seorang mega bintang cedera dan bisa absen berbulan bulan atau bahkan semusim penuh maka fans dan tim tidak heboh memaksa untuk tampil πŸ˜‚. ada pemain lain yang tentu masih cukup kuat dan heroik untuk mencetak gol agar tim nya tetap kompetitif dan bersaing. Ya strategi kuat disetiap lini dan pertahanan jangan hanya mengandalkan one maker mesti diterapkan.

  21. Sorry itu tahun 2015 dimana MM lebih suka JL ketimbang VR. Ay sendiri kecewa dengan hasil itu. Tapi disisi lain faktanya MM bisa mengacak hasil yang menentukan siapa yang menjadi jurdun😁. So be nice to MarcπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

  22. Terimakasih banyak , betapa Pengertiannya Mang kobay ini πŸ‘πŸ˜‚ biarpun tak pernah bertatap muka..dari gaya tulisan dan respon yang dilihat selama ini…Mang kobay sesuai dengan perkiraan saya…..santai person πŸ˜‚

    Untuk Fby
    Jwaban buat fby sudah gua tulis diatas..
    Pesaing ymh bukan hanya Hnd , dari sana sangat banyak untuk bisa diartikan πŸ˜‚
    Hal2 yang belum bisa disimpulkan .. maka kita wajib menunggu , tapi…sebagai Pabrikan yang Mentereng dalam 3 seri ” tanpa Marc dengan hndnya ” , bisa kita lihat Ymh sekarang…dengan mudahnya pabrikan lain memberi tekanan…70 persen peta persaingan langsung berubah . barangkali iya , saat ini ymh lagi berada diatas hnd …namun apa cukup sekedar berada diatas Hnd? Tanpa mampu meraih gelar tertinggi 1 musim ? πŸ˜‚
    Kutipan :

    Aku menderita balapan dengan motor Yamaha selama bertahun-tahun…ujar Vinales πŸ˜‚
    Loh …motor Nyaman pun masih bisa membuat Penderitaan ? Ataukah dia Frustasi dengan mesin Terakhirnya? Barangkali dia sudah membayangkan pensiun Pahit Getir Setengah musim ? Entahlah….
    Mari kita nikmati step by step musim ini πŸ˜‚
    Semoga Ymh memberi Kejutan dengan Juara Dunia . Kapan lagi punya kesempatan….??

  23. Ada yg nulis cerpen kuy di kolom komentar… Entah apa isi nya tp kekx sih omong kosong.

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  24. Ya nama besar vr46 yang melegenda didunia dan tercetak di part lampu, tutup pentil, minyak rem, reflektor, pelek, dll adalah suatu yang ingin disaingi oleh mm93, sayang aksinya di 2015 malah mendapat cibiran dimana mana. Ya akhirnya orang mengenal dia bukan sbg sosok entertaniner sperti rossi. Ya kita tahu fans rossi itu all brand, sedangkan fans marq itu fbh akut πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  25. karena cinta tak harus memiliki (jurdun) maka silakan cintai (dan beli) produk serta pernak perniknya. Ya walaupun gak jurdun πŸ˜†. Pecinta Y lebih baik cermati AD, JMiller, BB. Gak ada MM bukan berarti pesta milik sendiri.

  26. Selama masih ditunggangi Puig itu RHT bakal tetep jadi spanyol racing team,dimana yg masuk sana wajib berpaspor spanyol

    Gimana bisa lahir pembalap berkualitas bagus seperti Spencer dr Amrik,Doohan dr ostrali,Rossi dr itali,kalo cuma berpikir cuma ngambil pembalp dr spanyol
    Sekarang lihat tuh binder pembalap dr Nelson Mandela udah mulai bersinar,dan abis ini mereka malah nampung pembalap tempramental ber ego setinggi langit yaitu pol espargaro hanya karena dia spanyol dan mantan teammate Marquez dulu

  27. Yach karena fakta bicara, ada masanya emang. Biasa saja mang.

    2000 s/d 2019, ymh motor plg nyaman, hanya jurdun dgn 2 rider saja. VR dan JL.

    2000 s/d 2019, honda motor celeng, suka jatuhin pembalap, jurdun dgn 4 rider,
    VR, hayden, stoner dan MM.

    Jadi emang faktanya yg jurdun dgn RCV itu rider special, termasuk hayden

  28. Bradl padahal yang bantu arah pengembangan, dia jga yg lebih dipilih Marc buat bantu input rcv. Tetep aja ga gerak samsek wkwk

  29. VR, CS, MM, JL & DP adalah rider allien (husus DP alien tanpa mahkota)

    DV, fq, Miller, Jarco, CC dan Rins adalah rider level 1.

    Dan belum ada rider level 1 yg jurdun dgn motor plg nyaman , yaititu motor M1 selain rider allien.

    M1 menang di motor yg plg sedikit remukin tulang tider, itu faktanya.

  30. setuja judul om kobay pointny jelas. setelah ini hrc bner2 harus berpikir mengenai arah development motor. kejadian ini bisa dianggap kode keras. sooner or later MM will depart from hrc apapun alasannya faktor internal atau external

    • Dan mereka harus paham, pembalap kaya Doohan, Rossi, CS, MM93 itu gak lahir dalam 5 tahun sekali.. πŸ˜‚

      Tapi ga tau juga, siapa tau 3-5 tahun ke depan lahir dari Indonesia ternyata hehe

  31. Honda sdh beri ped26 kesempatan , di zaman RCV jadi kek motor anak2..
    Tapi nasib sial buat dia….tak pernah juara Dunia. Dan usia sdh selesai buat ped26 kecuali jd Tester dan pengembang.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..