Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Belum lama ini melalui lama media cina info.xcar.com terkupas sebuah skutik yang konon merupakan skutik terbaru dari pabrikan motor asal Taiwan yaitu Kymco. Pabrikan otomotif yang punya nama panjang Kwang Yang Motor Co.Ltd tersebut dikabarkan akan merilis skutik Kymco People 250 ABS untuk pasar Cina. Modelnya tidak banyak berubah dari saudaranya yang 300cc lads. Akan kah skutik yang punya desain kalem dan elegan ini masuk Indonesia nantinya?

Untuk pasar lainnya, seperti halnya pabrikan Jepang lain yang ada di Indonesia, Kymco tidak merilis mesin berkapasitas 250cc, pilihan mesin tersebut hanya tersedia di beberapa negara saja dengan mayoritas di Asia, termasuk untuk pasar Cina. Begitu juga dengan pabrikan lain, 250cc hanya ada di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, sisanya kalau gak 125 ya 300cc.. 150 saja jarang.

Okey kembali ke skutik maxi terbaru dari Kymco, People 250 ABS. Menurut info yang ada model ini (People S 300) cukup banyak diminati konsumen eropa. Hal yang wajar karena selera eropa memang lebih seperti ini, membulat dan elegan dibandingkan sporty.

DESAIN KYMCO PEOPLE 250

Tapi sosok Kymco People 250 tidak mirip dengan People S 300, melainkan mirip Kymco Agility 300 yang dipertontokan di Beijing Auto Show tahun 2019 lalu. Di sini kita bisa menganggap Agility 300 sebagai versi luar negeri dari People 250; People 250 sangat menarik dalam penampilan, memiliki roda berukuran besar dan sebagai skuter berstandar Eropa yang diproduksi di dalam negeri.

Meskipun mesin yang sama digunakan pada Kymco CT250 (versi Cina), namun sangat berbeda dalam desain penampilan. Selain roda besar yang eye-catching, gaya desain yang lebih mumpuni dan garis yang lebih tajam ditambahkan agar sisi agresifnya lebih terlihat dan terasa.

Dari depan dan belakang, People 250 ABS ini mungkin terlihat “sopan” dan “anggun”, tapi tidak jika kita melihatnya persis dari samping.. skutik ini malah terlihat sangat sporty tanpa meninggalkan kesan mewah. Bahkan seperti Yamaha Aerox dengan penampilan yang lebih eklusif..

Dari desain, Kymco People 250 ini memang katanya sengaja dibenturkan dengan jagoan dari Italia, Piaggio Beverly dan juga Medley (baca: Review Piaggio Medley 155 ABS). Ketiganya, tepatnya – keempatnya plus People S 300, memang memiliki kemiripan desain.

FITUR KYMCO PEOPLE 250

People memiliki pengisian bbm di depan, Tangki 13 liter. Meski masuk keluarga Maxi, tapi karena bodinya gak bongsor, lacinya cuma ada 1 di sebelah kiri. Dari foto foto yang ada, tidak terlihat adanya power socket, mungkin ada ya, tapi si medianya lupa moto wkwkw..

Pelek depan 16 inci dan belakang 14 inci adalah salah satu fitur paling menonjol dari People 250, dan juga standar untuk Maxi Scoot Model Eropa seperti Piaggio Beverly S, yang saya uji baru-baru ini, juga menggunakan desain pelek yang sama. Modelnya sama bahkan dalam spesifikasi ban, keduanya 110/70 R16 di depan dan 140/70 R14 di belakang

Startup Keyless juga standar pada People 250, dan saat ini hanya moge Kymco AK550 yang memiliki konfigurasi mewah ini. Jadi setelah si AK550, cuma si People yang pakai keyless lads.. menarik.

Kaca depan standar adalah salah satu highlights dari People 250. Meskipun tidak dapat disetel tapi karena bawaan standar maka dijamin aman, serta braket bawaan memiliki tekstur dan kualitas yang sangat baik.

Selain kaca depan, People 250 ABS ini juga dilengkapi dengan pelindung tangan plastik alias hand guard atau knuckle, yang secara efektif dapat mencegah angin kencang dan mengindari benturan pada tangan pengendara.

Ruang kaki People 250 sangat luas, dan bagian pedal yang lebih luas juga menciptakan ruang yang lebih besar bagi pria berkaki besar. Sementara back pillion tersembunyi apik tanpa merusak bentuk keseluruhan bodi sang skutik.

Shock absorber hidrolik silinder ganda belakang menyediakan ayunan yang cukup untuk People 250. Dengan fungsi penyesuaian preload 5 tahap, pengendara dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Apa senyaman Medley ya? Jadi penasaran.

Dalam hal konfigurasi keselamatan, sistem rem depan People 250 mengadopsi konfigurasi cakram tunggal dengan kaliper piston ganda searah, dan rem belakang juga cakram tunggal dengan kaliper piston ganda searah. Pasangannya adalah sistem ABS generasi ke-10 Bosch.

Beberapa fitur standar di skutik maxi atau skutik eropa juga ada, passing beam dan hazzard misalnya. Kymco People 250 ini juga sudah menggunakan speedometer digital, lampu lampu LED yang cantik terutama di belakang. Bahkan speedometernya mirip dengan milik Like 150i, bisa diprogram.

Dan terakhir, bagasi yang lebar dan luas.. Meski tidak disebutkan berapa liter, tapi diklaim mampu menampung helm full face standar pabrikan. Iya dong, maxi itu bagasi wajib gede hehe..

SPESIFIKASI KYMCO PEOPLE 250 ABS

People 250 dilengkapi dengan mesin 1-silinder SOHC 2 katup air-cooled berpendingin air, 250 cc. Mesin ini telah diuji di pasar selama bertahun-tahun, dan memuaskan dalam hal keandalan dan performa. Daya maksimumnya adalah 16kW (22Ps / 7500rpm) , Torsi maksimum adalah 22Nm / 6500rpm, yang memenuhi standar emisi China IV.

Kalau masuk Indonesia seperti biasa sulit, pertama meskipun desain masih bisa diterima mayoritas konsumen sini, tapi pasti akan terbentur harga, apalagi People 250 ini sudah pakai keyless ala Kymco AK550.. mau dijual berapa?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

18 KOMENTAR

  1. klo kepinginan ane sih, kymco maen lagi di pasar skutik cc kecil komuter gitu, apalagi kalau banyak common part dgn produk terdahulu … pasti ditunggu Kymco lover tuh

    terakhir ane denger mau rilis produk baru buat Indonesia, tapi keburu merebak covid19

  2. “Iya dong, maxi itu bagasi wajib gede hehe..”

    Jadi keinget salah satu merk motor di indo mang, yang saya gak faham dari sisi mana maxinya selain desain dan seat heightnya, wkwk

  3. Maxi itu yang penting gede dah gitu aja, mw fungsional atw ga ya bodo Amat, yg penting gede.
    ——-

    Motor diatas secara fungsi menurut saya oke banget, tapi desainnya harus ambil segmen yg lebih tegas, mau desain sporty atw elegan.

  4. modelnya sih cakep ya…
    entah klo masuk sini itu ban depan bakal banyak opsinya ga, tapi sih overall oke ni motor

Yuk Tinggalin Jejak Lads..