Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sudah baca artikel review New Yamaha R25 di sirkuit Sentul kemaren kan? Nah seperti janji KBY, kali ini giliran Freego yang bakal kena bahasan. Berada di lokasi yang sama namun berbeda tempat yaitu di pelataran parkir Sentul, KBY yang masih pake racing suit usai test New R25, bergegas ke belakang dimana Yamaha Freego sudah menunggu, ada 3 unit yang disediakan disana lads, okeh langsung saja ini lah review dan test ride Yamaha FreeGo 125! Oia ini juga 2 halaman loh, jangan lupa ada di bawah hehe. 

Biasanya kalau ada sesi test ride skutik, Yamaha melakukannya di sentul kecil alias go-kart sirkuit, berbeda dengan kali ini, satu tepuk dua lalat kena, sekali dayung dua produk bisa dites hehe. Hanya saja si FreeGo jadi kebagian di parkiran mobil yang memang luas dan disulap menjadi sedemikian rupa dengan menggunakan cone (kun) sebagai pembatas. Baca juga: Namanya Yamaha FreeGo

Aturannya jelas, para peserta yang sudah selesai ngetes New R25 dipersilakan untuk melakukan test ride Yamaha FreeGo, mau langsung silakan, mau leyeh leyeh dulu juga gak dilarang. Nah sementara itu peserta yang sudah kelar tes FreeGo dipersilakan gantian ngantri buat ngetes Yamaha R25 terbaru tersebut di lintasan.

Biar gak ngabisin waktu, KBY sengaja gak ganti baju dulu, tetap pake racing suit dari Bestri wkwkkw.. biar sekalian lah, kelar tes FreeGo baru beres beres dan leyeh leyeh sambil makan siang. Akibatnya jadi becandaan teman teman di Yamaha dan blogger laen wkwkw.. Satu satunya peserta test ride Yamaha FreeGo 125 yang pake wear pack, ujar mereka. Yoi, untuk FreeGo cukup pakai jaket dan protector, gak perlu racing suit.

ERGONOMI FREEGO

Sambil nunggu giliran, sebat dulu dong haha.. akhirnya KBY dipanggil juga, unit yang dites adalah warna silver dan merupakan Freego tipe S ABS (yang mana KBY baru ngeh setelah tes kelar), artinya unit ini sudah keyless – smart key plus rem ABS di bagian depan yang rodanya 12 inchi. Sekedar flash back, fitur Yamaha Freego ini termasuk lengkap di kelasnya, bahkan melampaui loh, sebut saja selain smart key dan ABS, ada juga SSS, hazard dan power socket buat ngecas hp.

Duduk di atas joknya, wah empuk, khas jok Yamaha dah. Kaki napak meski gak sempurna alias masih jinjit dikit. Naik ke dek, ruang kaki cukup lega, terasa deknya agak tinggi, sepertinya mengkompensasi tangki yang berada di bawah dek agar lebih aman dari gesekan seperti polisi tidur misalnya. Dan seperti skutik Yamaha pada umumnya, setangnya agak tinggi dengan posisi duduk rendah, posisi ini mengingatkan kita pada Mio atau Lexi, tidak seperti Aerox yang cenderung sporty.

Karena sudah keyless, jadi tinggal tekan kenop dan putar ke arah On, tarik salah satu tuas rem baru tekan starter..nyusss hening tanpa bunyi, kan sudah SMG starternya lads. Up we gooo.. sang FreeGo melaju pelan mengikuti road captain di depan. Wah treknya tricky, berpasir dan banyak kerikil kecil, kok jadi rada jiper nih, ngeri ngesot wkwkkw..


64 KOMENTAR

    • Agak aneh juga disedian fitur buat cas hp tp minus laci.
      Oh iya, cone itu kalo di indonesiain jd kun ya? Tdnya sempet bingung…..hihihi

      • hmmm….kebanyakan temen ane yang punya fitur itu, kalo ngga dimanfaatin ya dimanfaatin tapi ga ditaro dilaci. Naronya di tas gitu yang ditaro di depan. kebanyakan alasannya krna kurang aman, takut dicolong dsb. kecuali kalo ojol, naro hp kebanyakan di area speedo. Entah itu ditempel atau digantungin. Mungkin krna itu kali ya, Yamaha berani kompensasi laci depannya.

    • Shok belakang perkara ngak gede mang, lexi ane diganti shok murah 135.000 merk DBS warna ulir putih.. jadi lebih empuk dan w.putih bikin lexi tambah keren , freego pake DBS murah lebih empuk. Btw shok H skrg jg agak stiff. Sodara ane beatnya blm keluar plat nomor , dia tuker pake hari itu dgn my suzuki Nex ll (FBS ?) … Shok beat lebih keras berasa di pinggang , shok nex ll nnnyaamaaaannn

    • Yup, klo nex ll itu merk H ..udah menjadi pemimpin pasar dah , mesin tenang nyaris minim getaran, shok nyamann tapi ngak ngayun , build quality 1 tingkat diatas b**t (disensor mang) biar ngak ada yg SWAT eh SEWOT kwkwkwk

    • Duh sayang ga VVA ..padahal ane naksir fitur2nya ..udah ngerasaim gemerasi new soul GT..paling impresinya kurang lebih sma yah??

    • Tak, kira tangkinya kayak zx130.. Rupanya di bawah, pijakan kaki..
      Sayang mesin yg ini.. Mau nya min 125 cc xeon dulu napa

  1. Ngecasnya gimana enaknya ya…sambil berhenti dlu sambil ngecas hape…atau mungkin diakalin beli asesoris apa gitu buat ngegantung hape pas di cas…lagian ngapa gak taro di box aja yaa colokannya.

    • sudah kenalan sama yang namanya tempelan gurita???
      kalau belum kenalan dulu gih, kan ojol udah banyak yg pake looh

      • Tullll bisa pake gurita.. Tapi jujur aje itu lebih cocok buat ojol atau mereka yg gak sayang hp nya kena terik matahari langsung.. Kecuali sesekali ya.. Tapi bisa kok sambil di kantongin, ga masalah juga sih

      • Ngerih bro pake gurita…lagian kalo kaca speedo rata baru rada aman..btw iyah sih sayang banget ga ada tempat naro hp..tapi banyak jalan mebuju zamban…

    • Pake kabel yg agak panjang, dikantongin kan juga bisa. Cuma laci emang berguna banget, kalo ane buat nyimpen botol minum, uang receh buat parkir

    • tapi kalau ada laci juga sayang sih hpnya kena poldur tau2 ilang dari laci dashboard wkwk 😂😂😂. Ya lebih baik dikasih aftermarket buat wadah hp sih. Hardcas ditempel pake gurita gel wkwkwk 😂

    • Ane liat ojol ada yg pake tempat hp ky kotak plastik tebel transparan ada talinya bisa digantung di cantelan barang dpn , lebih terlindung dari panas dan hujan

  2. *Wah ngeden ….

    *Eh udah ketemu trek lurus lagi, geberrr.. Yak confirm tanpa VVA atasnya nahan, wajar lah ya …

    Ane highlight mang ….fix di dol sm mbario …..hahay

    • coba bantu jawab…

      “akhirnya KBY dipanggil juga, unit yang dites adalah warna silver dan merupakan Freego tipe S ABS (yang mana KBY baru ngeh setelah tes kelar), artinya unit ini sudah keyless – smart key plus rem ABS di bagian depan yang rodanya 12 inchi.”

  3. Desainnya bagus dan menurut ane nggak perlulah VVA utk tipe ini. Layak utk dibeli. Moga suspensi belakang nggak sama kerasnya dgn Aerox tipe standar yg goncangannya terasa sampai ke otak.

  4. Berarti impresi mesin, suspensi mirip mio/soul gt lama yah?
    Apa mesinnya lebih halus mang?
    Moga2 ga vampire

  5. tenaga ngeden dan shock belakang keras.. yamaha non-maxi banget… kenapa bisa semahal ini yah? apa karena sasis baru karena tangki di dek bawah?

  6. kurang lngkap mang ulasanna…. jujur sayah rda tertarik euy…
    tapi naha asa leutik nya……. buleudanna….ban

  7. “Kaki napak meski gak sempurna alias masih jinjit dikit.”

    ah….ciuz MangKo? (minjem panggilan sayang si Sidiq) tapi ngga sampai jinjit balet kan? apa karena joknya yang lebar ya, makanya jadi kudu ngangkang berlebih sehingga kaki jadi jinjit?

  8. apakah arm kanan xeon karbu bisa PNP di freego? setidaknya bisa jadi dual arm kayak vario 125/150 walau single shock..

  9. Foto test boncengan ama permana triaz ga ada?

    Serius dikasi nilai 4,5 untuk desain?
    Gw aja ngasi 3-4 hahaha

  10. mungkin ga disediain kantong hp agar ga bahaya, karena posisinya pasti ga jauh2 dari lubang pengisian bensin ( di tengah dekat anak kunci) kalo kantongnya di taro di kanan (deket anak kunci) ngeri di jambret tu hp

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.