MESIN FREEGO 125cc TANPA VVA

Dengan absennya teknologi VVA di mesin 125cc Yamaha FreeGo terbaru, jelas sudah kalau Yamaha memberikan perbedaan antara Lexi dengan FreeGo, jadi kalau ada yang mau bandingin sah sah aja tapi kurang tepat, Lexi sudah VVA sedangkan Frigo belum. Tapi bisa disebut kalau model ini memang merupakan kasta tertinggi di kelas skutik 125cc Yamaha – Non VVA. Mangga diintip: Fitur dan Spesifikasi Yamaha Freego

Jika melihat desain, ada siluet dan garis milik Yamaha Soul GT125, ada juga garis Honda Moove, tapi gak banyak, lebih ke Soul GT ya dengan bodi yang lebih proporsional dari depan hingga belakang. Di awal agak aneh melihat bagian bawah setang kosong melompong tanpa laci, eh iya baru inget kan tutup tangkinya ada di kiri hehe, sebelah kanan untuk anak kunci atau kenop smart key. Yah memang jadi kompensasi lah ya.

Oke saatnya melesat.. Mesinnya cukup halus nih, hentakan di awal cukup terasa, melihat trek yang ada sepertinya emang gak bisa geber pol, perkiraan ada di 60-70km/jam maksimal di trek lurusnya. Melahap kun kun yang disediakan, body control nya baik, ketemu trek lurus geber dikit, wah ngeden, oia lupa belum VVA, jadi kalau lads di rumah punya skutik Yamaha bermesin bluecore Non VVA, gakan kaget karena karakternya memang sama.

PENGEREMAN DAN PERFORMA

Remnya baik, mau depan dan belakang sama, rata rata kaya skutik non Maxi Yamaha lainnya lah ya, kecuali rem belakang Aerox wkwkw.. Hanya mindset nya udah kepancing duluan sama kontur trek yang berpasir dan berkerikil, ngeri ngesot aja euy, sampe lupa kalau rem depan Freego yang KBY pakai udah ABS, kesempatan nyobain jadi skip wkwk. Semua tester KBY liat juga pada hati hati terutama saat berkelok diantara kun.

Duk..duk.. Aduh keras juga bantingan sok breker belakang Freego ini, karakter rata rata skutik Yamaha banget sih, jadi can’t complain. Ditambah ban ukuran 12″ yang memang membuat redaman berkurang, contoh Skupi atau Vespa Sprint. So kalau mau terasa nyaman memang sok kudu dibuat lembut dengan kompensasi agak limbung saat nikung cepat. Pilih mana?

Eh udah ketemu trek lurus lagi, geberrr.. Yak confirm tanpa VVA atasnya nahan, wajar lah ya, yang penting gak loyo, intinya jangan disamain dengan yang udah VVA, oceh? Dengan kondisi trek terbatas, hanya sekitar 65km/jam yang bisa didapat, gak masalah, toh KBY juga nyari impresi kenyamanannya, bukan speeding.

THE VERDICT

Usai test, KBY liat liat sektor dashboardnya termasuk nyobain buka tutup tangki yang unik di sebelah kiri, sangat mudah! Sayang speedometernya termasuk mini ukurannya untung semuanya jelas terlihat. KBY juga menyayangkan minim fitur di speedo, hanya ada tegangan accu (batere), tripmeter dan odometer. Tidak ada AVG tapi lumayan ada Eco Bar kaya di NMax, posisinya juga sama, di kanan.

Bagaimana dengan penjualan dan harga? Menurut KBY jangan dulu deh dibanding bandingin sama Vario 125, konsentrasi aja ke penetrasi pasar. Yang jelas Yamaha FreeGo memberikan pilihan lain di kelasnya, unik, dek rata, desain oke dan fitur mumpuni. Belum sempurna memang, masih bisa ditambahi beberapa fitur lain seperti rem LED. Saat ini Yamaha Freego memiliki 3 varian yaitu FreeGo S Keyless ABS Rp. 22.5 juta (2 warna), FreeGo S Keyless Rp. 19.7 juta (2 warna) dan standar Rp. 18.5 juta (4 warna). Semoga artikel review dan test ride Yamaha FreeGO 125 ini bermanfaat ya lads.. (kby)

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

78 KOMENTAR

    • Agak aneh juga disedian fitur buat cas hp tp minus laci.
      Oh iya, cone itu kalo di indonesiain jd kun ya? Tdnya sempet bingung…..hihihi

      • hmmm….kebanyakan temen ane yang punya fitur itu, kalo ngga dimanfaatin ya dimanfaatin tapi ga ditaro dilaci. Naronya di tas gitu yang ditaro di depan. kebanyakan alasannya krna kurang aman, takut dicolong dsb. kecuali kalo ojol, naro hp kebanyakan di area speedo. Entah itu ditempel atau digantungin. Mungkin krna itu kali ya, Yamaha berani kompensasi laci depannya.

    • Shok belakang perkara ngak gede mang, lexi ane diganti shok murah 135.000 merk DBS warna ulir putih.. jadi lebih empuk dan w.putih bikin lexi tambah keren , freego pake DBS murah lebih empuk. Btw shok H skrg jg agak stiff. Sodara ane beatnya blm keluar plat nomor , dia tuker pake hari itu dgn my suzuki Nex ll (FBS ?) … Shok beat lebih keras berasa di pinggang , shok nex ll nnnyaamaaaannn

    • Yup, klo nex ll itu merk H ..udah menjadi pemimpin pasar dah , mesin tenang nyaris minim getaran, shok nyamann tapi ngak ngayun , build quality 1 tingkat diatas b**t (disensor mang) biar ngak ada yg SWAT eh SEWOT kwkwkwk

    • Duh sayang ga VVA ..padahal ane naksir fitur2nya ..udah ngerasaim gemerasi new soul GT..paling impresinya kurang lebih sma yah??

    • Tak, kira tangkinya kayak zx130.. Rupanya di bawah, pijakan kaki..
      Sayang mesin yg ini.. Mau nya min 125 cc xeon dulu napa

  1. Ngecasnya gimana enaknya ya…sambil berhenti dlu sambil ngecas hape…atau mungkin diakalin beli asesoris apa gitu buat ngegantung hape pas di cas…lagian ngapa gak taro di box aja yaa colokannya.

    • sudah kenalan sama yang namanya tempelan gurita???
      kalau belum kenalan dulu gih, kan ojol udah banyak yg pake looh

      • Tullll bisa pake gurita.. Tapi jujur aje itu lebih cocok buat ojol atau mereka yg gak sayang hp nya kena terik matahari langsung.. Kecuali sesekali ya.. Tapi bisa kok sambil di kantongin, ga masalah juga sih

      • Ngerih bro pake gurita…lagian kalo kaca speedo rata baru rada aman..btw iyah sih sayang banget ga ada tempat naro hp..tapi banyak jalan mebuju zamban…

    • Pake kabel yg agak panjang, dikantongin kan juga bisa. Cuma laci emang berguna banget, kalo ane buat nyimpen botol minum, uang receh buat parkir

    • tapi kalau ada laci juga sayang sih hpnya kena poldur tau2 ilang dari laci dashboard wkwk ???. Ya lebih baik dikasih aftermarket buat wadah hp sih. Hardcas ditempel pake gurita gel wkwkwk ?

    • Ane liat ojol ada yg pake tempat hp ky kotak plastik tebel transparan ada talinya bisa digantung di cantelan barang dpn , lebih terlindung dari panas dan hujan

  2. *Wah ngeden ….

    *Eh udah ketemu trek lurus lagi, geberrr.. Yak confirm tanpa VVA atasnya nahan, wajar lah ya …

    Ane highlight mang ….fix di dol sm mbario …..hahay

    • coba bantu jawab…

      “akhirnya KBY dipanggil juga, unit yang dites adalah warna silver dan merupakan Freego tipe S ABS (yang mana KBY baru ngeh setelah tes kelar), artinya unit ini sudah keyless – smart key plus rem ABS di bagian depan yang rodanya 12 inchi.”

  3. Desainnya bagus dan menurut ane nggak perlulah VVA utk tipe ini. Layak utk dibeli. Moga suspensi belakang nggak sama kerasnya dgn Aerox tipe standar yg goncangannya terasa sampai ke otak.

  4. Berarti impresi mesin, suspensi mirip mio/soul gt lama yah?
    Apa mesinnya lebih halus mang?
    Moga2 ga vampire

  5. tenaga ngeden dan shock belakang keras.. yamaha non-maxi banget… kenapa bisa semahal ini yah? apa karena sasis baru karena tangki di dek bawah?

  6. kurang lngkap mang ulasanna…. jujur sayah rda tertarik euy…
    tapi naha asa leutik nya……. buleudanna….ban

  7. “Kaki napak meski gak sempurna alias masih jinjit dikit.”

    ah….ciuz MangKo? (minjem panggilan sayang si Sidiq) tapi ngga sampai jinjit balet kan? apa karena joknya yang lebar ya, makanya jadi kudu ngangkang berlebih sehingga kaki jadi jinjit?

  8. apakah arm kanan xeon karbu bisa PNP di freego? setidaknya bisa jadi dual arm kayak vario 125/150 walau single shock..

  9. Foto test boncengan ama permana triaz ga ada?

    Serius dikasi nilai 4,5 untuk desain?
    Gw aja ngasi 3-4 hahaha

  10. mungkin ga disediain kantong hp agar ga bahaya, karena posisinya pasti ga jauh2 dari lubang pengisian bensin ( di tengah dekat anak kunci) kalo kantongnya di taro di kanan (deket anak kunci) ngeri di jambret tu hp

  11. Enakeun mang, saya udah nyobain freego…..
    Yg jd ingin meminang yaitu bagasi nya bisa muat ternak lele mang kobay. .

  12. Bang untuk shock depan gmn?apakah sama persis dengan aerox atau dengan soul gt125?dudukan dan ukurannya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini